10 Kuliner Makanan Khas Aceh Paling Populer

10 Kuliner Makanan Khas Aceh Paling Populer

Diposting pada
  • 2
    Shares

Kota yang mendapat sebutan dengan nama Serambi Mekah yaitu Nanggroe Aceh Darussalam. Ternyata banyak memiliki kuliner Makanan khas Aceh. Kuliner ini bisa anda coba saat sedang berwisata di Provinsi ini. Tentu Kita tahu dalam kegiatan traveling memang tidak bisa dipisahkan dengan yang namanya wisata Kuliner.

Meskipun Aceh dikenal sebagai propinsi dengan mayoritas agama Islam paling tinggi di Indonesia. Anda juga akan banyak sekali menemukan menu kuliner yang bisa anda nikmati jika sedang berada di provinsi Aceh. Meskipun tidak akan di ulas semua pada artikel ini namun minimal dapat menjadi referensi wisata kuliner anda untuk bisa mencoba makanan khas Aceh.

Wisata Kuliner Makanan Khas Aceh Paling Populer

Sebelum mencicipi Masakan Khas Aceh ada baiknya anda juga mengetahui 12 Tempat Wisata Banda Aceh yang Populer di Kalangan Traveler. Agar semakin memperlengkap kegiatan liburan anda di Provinsi Aceh, Indonesia. Langsung saja, Adapun makanan Khas Aceh yang terkenal adalah sebagai berikut:

1. Bubur Kanji Rumbi

10 Kuliner Makanan Khas Aceh Paling Populer

Bubur yang bahan dasarnya terbuat dari beras pulen ini ditumbuk kasar yang direbus dengan campuran rempah-rempah. Seperti ketumbar, lada, bawang merah, jahe, biji pala dan adas manis. Biasa disajikan dengan ayam, udang atau telur setengah matang di atasnya. Bubur kanji rumbi mempunyai rasa yang enak.

Bila anda ingin mencoba kuliner Aceh yang satu ini, biasanya bisa anda temui menjelang bulan ramadhan. Bubur kanji rumbi biasanya masyarakat Aceh menikmati untuk berbuka puasa. Dengan rasa khas yang tidak seperti bubur pada umumnya. Menjadikan bubur kanji rumbi banyak diburu para wisata kuliner saat jalan-jalan di Aceh.

2. Roti Canai Aceh

10 Kuliner Makanan Khas Aceh Paling Populer

Rasanya kurang lengkap jika berwisata kuliner di Aceh kalau belum minikmati roti yang satu ini. Roti yang sudah sangat terkenal dikalangan pecinta kuliner aceh yaitu Roti Canai. Bahannya terbuat dari tepung terigu yang sudah dibentuk bulat dan dimasak dengan menggunakan mentega. Kemudian disajikan dengan berbagai macam rasa seperti durian, kari ayam, kari kambing, cokelat ataupun hanya gula pasir.

Untuk menikmati Roti Canai Khas Aceh anda bisa ditemukan di Canai Mamak KL, Setui. harganya sangat terngkau mulai Rp 8.000 per porsi dengan varian rasa yang beraneka ragam sesuai selera anda masing-masing.

3.  Mie Aceh

10 Kuliner Makanan Khas Aceh Paling Populer

Masakan terkenal Asal aceh ini berupa mie, namun dengan ciri dan rasa yang khas membuat Mie ini sangat populer. Bukan hanya terkenal di masyarakat Aceh saja namun para wisata kuliner juga sudah tidak asing dengan makanan khas Aceh ini. Mie yang dimasak dengan berbagai macam rempah sehingga aroma dan rasanya akan menggugah selera setiap pecinta kuliner.

Biasa mie aceh di masak dengan berbagai macam isi seperti kepiting, cumi-cumi, udang atau jamur. Anda bisa menikmati Mie Aceh ini di RM Mie Razali, Yellow Cafe, REX, Coffee Bay. Dan masih banyak lagi tempat yang menyediakan mie Aceh. Harga per porsinya mulai Rp 12.000 per piring.

4. Sate Matang

10 Kuliner Makanan Khas Aceh Paling Populer

Seperti daerah lain juga di Indonesia Aceh juga terkenal dengan Sate.  Namun yang membedakannya dengan sate lainnya sate khas Aceh ini mempunyai tekstur dagingnya yang empuk. Di lengkapai dengan kari yang lezat di tambah lagi bumbu kacangnya yang gurih dan di kenal dengan nama sate matang.

Untuk menikmati Sate  anda bisa mengunjungi di REX, Peunayong. Untuk menikmati kuliner Khas Aceh Sate Matang ini anda cukup merogoh kocek Rp 20.000 untuk per porsinya.

Baca Juga: Sate Kambing dan Asal mula Sate di Indonesia

5. Ungkot Kemamah (Ikan Kayu)

10 Kuliner Makanan Khas Aceh Paling Populer

Ungkot Kemamah mungkin masih asing bagi anda yang bukan masyarakat Aceh. Namun ini merupakan masakan khas Aceh, seperti masakan Khas Aceh lainnya, eungkot keumamah sangat terkenal. Makanan khas Aceh ini di buat yang bahan utamanya menggunakan ikan tuna yang telah direbus dan dikeringkan. Kemudian diiris-iris jadi mirip seperti kayu, makanya ada yang menyebut ikan kayu. Karena ikan ini bentuk dan kerasnya seperti kayu.

Ikan kemamah dapat dimasak dengan menggunakan berbagai bahan masakan. Seperti dimasak menggunakan santan kelapa, kentang, cabai hijau dan bahan rempahan lainnya. Sebetulnya pada awal pembuatan ikan kayu ini untuk membuat ikan lebih tahan lama. Namun masih menggunakan cara tradisional, sehingga sampai sekarang masyarakat masih sering membuat ikan kayu ini.

6. Gule Plik U

10 Kuliner Makanan Khas Aceh Paling Populer

Plik U adalah kelapa yang sudah difermentasi yang di masak dengan berbagai jenis sayuran segar yang dicampur. Kemudian dimasak dengan bumbu khusus khas Aceh. Kuah Pliek ‘U merupakan makanan khas Aceh yang melambangkan keanekaragaman dan kekerabatan masrarakat Aceh. Kuah Pliek U biasanya disajikan satu kuali berbagai macam rasa.

Makanan ini sangat populer di Aceh karena rasanya yang unik dan digemari oleh seluruh masayarakat, bahkan turis asig yang sinnggah di sana. Beragam sayuran dapat ditemukan di Kuah Pliek U ini. Sehingga berasa memakan semua jenias sayuran yang ditanam di Aceh. Masakan ini sangat mudah didapatkan, hampir setiap rumah makan di Aceh pasti menyediakan Kuah Pliek ‘U.Harga per piringnya Rp 8.000. Bisa didapat di RM Aceh Rayeuk, RM Ujung Batee dan rumah makan Aceh lainnya.

7. Ayam Tangkap

10 Kuliner Makanan Khas Aceh Paling Populer

Ayam Tangkap merupakan kuliner khas aceh yang lagi populer di kalangan pecinta kuliner. Ayam yang digoreng dengan berbagai macam rempah dan bumbu, seperti daun temurui, bawang merah, bawang putih dan cabai hijau. Biasanya disajikan dengan bumbu kecap dan nasi yang hangat.

Untuk bisa menikmati Ayam tangkap anda bisa mengunjungi RM Aceh Rayeuk, RM Cut Dek dan RM Hasan dengan harga per paketnya Rp 60.000 per ekor. yang bisa di nikmati untuk 4-5 orang.

Baca Juga: 10 Makanan Khas Sumatera Barat Yang Paling Terkenal

8. Martabak Telur Aceh

10 Kuliner Makanan Khas Aceh Paling Populer

Martabak ini terbuat dari tepung terigu yang ditutui dengan telur yang sudah dicampur dengan berbagai jenis sayur yang telah dipotong kecil-kecil. Biasanya disajikan dengan acar bawang merah dan cabe rawit.

Yang unik dari martabak telor khas aceh ini di lihat dari alat masak yang digunakan berbentuk petak dan datar. Martabah telor khas Aceh bisa ditemukan di REX, Peunayong, Ulee Kareng, Helsinki, Dapu Kupi, dll. dengan harga mulai Rp 7.000 per porsi.

9. Rujak Aceh

10 Kuliner Makanan Khas Aceh Paling Populer

Berbeda dengan rujak yang biasa kita makan, rujak Aceh ini memiliki ciri khas tersendiri. Sehingga membuat rasanya rujak aceh ini berbeda dari rujak pada umumnya. Yang membuat rujak Aceh berbeda adalah buah yang dipakai. Rujak Aceh menggunakan buah rumbia khas Aceh. Buah yang daunnya digunakan untuk membuat atap rumah ini diserut bersama buah-buahan lainnya.

Rasa unik dan ke khasan rujak aceh ini banyak mengundang para wisata kuliner untuk mencicipi rasanya. Karena tidak ada dan beda dari tempat lain jangan sampai anda lewatkan jika anda sedang berwisata ke Aceh untuk mersakan nikmatnya Rujak Aceh.

10. Kuah Sie Itek

10 Kuliner Makanan Khas Aceh Paling Populer

Masakan ini terbuat dari bahan dasarnya dari bebek yang di masak menggunakan berbagai bumbu khas aceh. Dimasak dengan resep khas Aceh makanan ini jadi salah satu kuliner paling terkenal di nusantara karena kelezatannya yang patut anda coba.

Demekian ulasan mengenai 10 Kuliner Makanan Khas Aceh Paling Populer saat ini. Dan banyak di cari para wisata kuliner yang sedang di wisata di aceh. Dengan banyaknya kuliner di Aceh, jadi bisa menambah dan melengkapi daftar kekayaan kuliner  nusantara. Baca Juga: Tempat Wisata Sejarah di Aceh, Napak Tilas Peninggalan Bersejarah

Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *