10 Objek Wisata Alam di Jawa Tengah Paling Terkenal

10 Objek Wisata Alam di Jawa Tengah Paling Terkenal

Diposting pada

Wisata Alam di Jawa Tengah – Membahas tempat wisata di pulau jawa seakan tidak ada habisnya. Mulai dari wisata alam, wisata budaya,wisata religi dan wisata lainnya. Khusus untuk destinasi wisata Jawa Tengah, banyak sekali  yang merupakan salah satu provinsi di pulau Jawa terletak diantara provinsi Jawa Barat dan Jawa Timur.

Provinsi Jawa tengah berada di lokasi yang sangat strategis sebagai tujuan wisata, selain itu untuk akses provinsi satu dan lainnya sangatlah mudah. Bagi anda yang ingin melakukan wisata, Jawa tengah sangat cocok karena memiliki tempat-tempat menarik untuk mengisi liburan.

Daftar Objek Wisata Alam di Jawa Tengah Paling Terkenal

Berikut objek wisata alam di Jawa Tengah Paling Terkenal menurut Traveluxion.web.id yang bisa anda jadikan referensi saat travelilng ke pulau Jawa.

1. Dataran Tinggi Dieng di Wonosobo

10 Objek Wisata Alam di Jawa Tengah Paling Terkenal

Tempat wisata di jawa tengah yang sangat terkenal adalah tempat Wisata Dieng, merupakan objek wisata berupa sebuah dataran tinggi. Dataran tinggi Dieng memiliki cuaca sejuk dan nyaman. Sehingga tempat ini menjadi tujuan wisata favorit bagi wisatawan. Lokasi Wisata Dieng berada diantara Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Tepatnya berada disebelah barat Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Objek wisata dataran tinggi Dieng memiliki panorama alam yang indah, dilengkapi dengan bangunan-bangunan bersejarah bisa anda nikmati. Di dataran tinggi Dieng wisatawan dapat menikmati pemandangan berupa kawah dan danau vulkanik. Salah satu kawah yang terkenal di objek wisata Dieng adalah Telaga Warna.

Keunikan telaga ini airnya bisa berwarna – warni, seperti memunculkan warna merah, hijau, biru, putih. Selain destinasi yang telah disebutkan, dataran tinggi Dieng anda bisa menikmati berbagai wisata sejarah. Karena disini terdapat tempat bersejarah seperti kompleks candi, gua, dan Museum Dieng Kalilasa.

2. Gunung Merbabu di Boyolali

10 Objek Wisata Alam di Jawa Tengah Paling Terkenal

Objek wisata Gunung Merbabu merupakan wisata Alam di Jawah Tengah yang cukup populer, terutama bagi yang hobi kegiatan pendakian. Medan pendakian di kawasan gunung merbabu Boyolali ini tergolong tidak terlalu berat. Namun tetap saja anda harus waspada karena biar bagaimanapun potensi bahaya perlu diwaspadai.

Diantara hal yang perlu diwaspadai saat mendaki gunung merbabu adalah udara dingin, kabut tebal, hutan homogen (hutan tumbuhan runjung) yang lebat, Tidak cukup tersedianya sarana bertahan hidup atau survival, dan ketiadaan sumber air. Gunung Merbabu mempunyai dua puncak tertinggi yaitu Puncak Kenteng Songo (3.142 mdpl) dan Puncak Syarif (3.119 mdpl). Selain itu terdapat pula lima buah kawah, diantaranya seperti Kawah Condrodimuko, Kombang, Kendang, Rebab, dan Sambernyowo.

Gunung Merbabu tempat wisata alam di Jawa Tengah yang banyak diminati wisatawan yang menyukai pendakian. Tempat ini termasuk memiliki tingkat kesulitan relatif sedang. Namun menyuguhkan pemandangan yang sangat indah sepanjang jalur pendakian. Lokasi Gunung Merbabu berada di tiga wilayah Kabupaten, yaitu Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali, Kota Salatiga, dan Kabupaten Semarang.

3. Gua Petruk di Kebumen

10 Objek Wisata Alam di Jawa Tengah Paling Terkenal

Objek wisata alam di Jawa Tengah Goa Petruk adalah tujuan wisata yang terletak diatas bukit kapur di atas ketinggian sekitar 75 meter. Untuk mencapainya pengunjung Gua petruk harus berjalan kaki menyusuri anak tangga terlebih dahulu. Pemandangan yang di tawarkan Objek wisata Gua petruk sangat indah dan unik. Ini didukung kondisinya yang alami dan belum tersentuh campur tangan pengelola.

Gua petruk memiliki panjang kedalaman hingga mencapai 2000 meter, namun yang bisa ditelusuri hanya sekitar 350 meter saja. Dalam goa ini terdapat tiga tingkatan lantai goa yaitu lantai satu, dua, dan tiga. Daya tarik dari gua petruk berupa Tetesan air kapur berjatuhan dari stalaktit gua. Bentuk stalaktit dan stalagmit gua petruk membentuk ornamen-ornamen yang sangat menarik dan unik.

Selain stalaktit dan stalagmit dayatarik lainnya di dalam goa ini juga terdapat sendang dan air terjun. Bagi Wisatawan yang akan berkeliling gua ini, tentu saja harus ditemani seorang pemandu. Seorang ahli goa, Dr Koo, menyatakan bahwa Goa Petruk  masuk dalam daftar gua terindah di Indonesia. Lokasinya berada di Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

4. Baturaden di Banyumas

10 Objek Wisata Alam di Jawa Tengah Paling Terkenal

Baturraden adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Di tempat tersebut terdapat sebuah Lokawisata yang terletak sekitar 14 km kearah utara Purwokerto. Tepatnya lokasi wisata ini di Kawasan kaki Gunung Slamet. Tempat wisata alam di Tengah ini dikenal memiliki udara yang sejuk. Karena letaknya berada di 650 mdpl.

Wisata Batu Raden Banyumas ini memiliki pemandangan alam yang Indah. Wisatawan dari tempat ini dapat melihat keindahan Kota Purwokerto, Pulau Nusakambangan, serta beberapa pantai indah di wilayah Cilacap dari atas ketinggian. Bagi wisatawan yang ingin bermalam di Baturaden disini juga sudah ada sarana penginapan berupa hotel.

Di komplek Lokasi wisata Baturaden selain pemandangannya menarik juga terdapat sebuah tempat pemandian air panas yang disebut sebagai Pancuran Pitu. Suhu airnya berikisar antara 60 hingga 70 derajat celcius. Diyakini pemandian air panas ini dapat digunakan sebagai terapi penyembuhan berbagai penyakit terutama sakit kulit.

Bagi yang ingin menikmati keindahan taman, di komplek wisata Baturaden terdapat juga sebuah Taman, bernama taman Bitanin. Di taman Bitanin ini memiliki banyak koleksi tanaman dan bunga langka. Keindahan taman ini sayang dilewatkan jika anda sedang berkunjung di wisata Batu Raden Jawa Tengah ini.

5. Tawangmangu Karanganyar

10 Objek Wisata Alam di Jawa Tengah Paling Terkenal

Tawangmangu dikenal sebagai obyek wisata pegunungan di lereng barat Gunung Lawu. Untuk akses ke lokasi wisata Tawangmangu bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan darat. Dapat ditempuh sekitar satu jam perjalanan dari Kota Surakarta (Solo). Tawangmangu adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Kecamatan ini ternama karena merupakan daerah wisata yang sangat sejuk.

Tempat ini sejak masa kolonial Belanda telah menjadi tempat berwisata. Tawangmangu berada pada arel pegunungan yang subur dikelilingi oleh hutan dan perbukitan. Namun kota kecil ini telah terkenal hingga ke manca negara karena kawasan ini merupakan objek pariwisata yang cocok untuk dijadikan pilihan saat berlibur maupun berdarma wisata. Obyek tujuan wisata utama adalah air terjun Grojogan Sewu (tinggi 81 m).

Di tempat tetirah ini tersedia berbagai sarana pendukung wisata seperti kolam renang dan berbagai bentuk penginapan. Dari Tawangmangu dapat dimulai pendakian ke puncak Gunung Lawu (Pos Cemorokandang). Selain itu, dari sini terdapat jalan tembus yang menuju ke Telaga Sarangan di Magetan lewat Cemorosewu.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Karanganyar Jawa Tengah Menarik Untuk Dikunjungi

6. Taman Nasional Karimunjawa

10 Objek Wisata Alam di Jawa Tengah Paling Terkenal

Karimunjawa adalah sebuah cagar alam laut yang dilindungi dan kini disebut sebagai Taman Nasional Karimunjawa. Karimunjawa adalah sebuah destinasi wisata yang populer di Indonesia, Berjarak sekitar 83 km di arah barat laut Jepara yang merupakan salah satu tempat wisata di Jepara yang sangat terkenal.

Pengalaman wisata laut di Jawa Tengah paling menakjubkan dapat Anda temukan di Karimunjawa. Karimunjawa sebagai salah satu tempat wisata Jawa Tengah yang sangat terkenal dan selalu ramai di kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Di taman nasional karimunjawa hampir seluruh tempat wisata pantai nya memiliki hamparan pasir putih dengan garis pantai yang panjang membentang indah. kegiatan menyelam dan berjemur adalah kegiatan yang menjadik favorit wisatawan yang datang ke taman nasional ini. Artikel terkait Destinasi Wisata Eksotis di Seputar Kepulauan Karimunjawa.

7. Curug 7 Bidadari di Ungaran 

10 Objek Wisata Alam di Jawa Tengah Paling Terkenal

Air terjun tujuh bidadari merupakan wisata alam di Jawa Tengah yang sudah terkenal. Lokasi wisata ini masih di sekitar gunung ungaran yang memang menjadi salah satu tujuan para wisatawan, terutama wisatawan dari kota Semarang dan sekitarnya. Di sekitar gunung ungaran ada berbagai pilihan tempat wisata alam bisa anda kunjungi. Air terjun di Kabupaten Semarang ini disebut air terjun bidadari karena memiliki tingkatan air terjun dan mempunyai 7 aliran yang masing-masing mempunyai keindahan tersendiri.

Obyek wisata di kabupaten Semarang ini selalu ramai di akhir pekan dan hari libur lainnya. Pengunjung tidak hanya dari Semarang namun juga banyak yang datang dari luar kota dengan bus pariwisata. Curug 7 Bidadari buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 – 16.00. Untuk hari Minggu atau Libur buka mulai dari pukul 08.00 – 17.00. Harga tiket masuk Rp 3.000 di hari biasa dan Rp 4.000 di hari libur.

8. Air Terjun Curug Sewu di Kendal 

10 Objek Wisata Alam di Jawa Tengah Paling Terkenal

Air terjun Curugsewu merupakan tempat wisata di jawa Tengah yang cukup terkenal. Lokasinya berada di Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal. Curug sewu memiliki keistimewaan dan keunikan tersendiri dibandingkan air terjun lainnya. Air terjun / curug Sewu memiliki total ketinggian 70 meter. Terdiri dari 3 terjunan, masing-masing memiliki ketinggian 45 meter, 15 meter dan 20 meter.

Wisata Curug Sewu terlihat sangat indah dan menawan untuk dipandang, terlebih pada saat tertentu, dari antara terjunan muncul pelangi paduan aneka ragam warna yang mempesona. Untuk menarik dan memberikan kenyamanan para wisatawan, Pengelola telah melengkapi dengan taman rekreasi beserta fasilitas pelengkap.  Seperti fasilitas panggung taman bermain anak, Kebun binatang mini dan Kolam Renang dan berbagai fasilitas lainnya.

9. Candi Umbul di Magelang

10 Objek Wisata Alam di Jawa Tengah Paling Terkenal

Candi Umbul merupakan sebuah obyek wisata alam di Jawa Tengah berupa pemandian air panas. Pemandian ini bangun sejak zaman wangsa syailendra. Kata ‘Umbul’ di ambil dari bahasa jawa yang artinya naik. Hal ini karena sumber air yang muncul selalu di sertai dengan adanya gelembung-gelembung yang muncul dari dasar kolam. Kolam tempat wisata candi umbul ini terbagi menjadi dua bagian. Pertama merupakan kolam berisi sumber mata air panas yang mengadung belerang. Sedangkan kolam kedua yang berada di sampingnya merupakan kolam dengan air biasa.

Dizamannya, kolam ini merupakan kolam pemandian bagi putra-putri bangsawan. Namun, sekarang anda bisa merasakan rasanya menikmati pemandian air panas yang menyegarkan. Bagi yang ingin merasakan dan mandi di permadian air panas di kawasan candi umbul ini lokasinya berada di desa Kartoharjo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah Indonesia.

10. Rafting di Sungai Progo  Atas di Magelang

10 Objek Wisata Alam di Jawa Tengah Paling Terkenal

Rafting di Sungai Progo  Atas di Magelang merupakan Wisata Alam di Jawa Tengah. Sangat cocok bagi anda, khususnya bagi yang berjiwa suka dengan tantangan air. alamat lokasi wisata Rafting sungai Progo atas terletak di Kabupaten Magelang yang beralamat lengkap di Perumahan Griya Tok Songo Kota Magelang, Jawa Tengah.

Sungai Progo Atas sangat dekat dengan obyek wisata seperti Candi Mendut dan Candi Borobudur. Untuk jarak tempuh bila anda dari kota Jogjakarta adalah sekitar 50 menit. Rafting progo atau progo rafting akan memberikan anda kepuasan tersendiri karna jeram rafting progo atau progo rafting mempunyai kelas jeram-jeram yang memiliki tingkatan bahaya yang rendah.

Guide akan memandu anda mengarungi jeram-jeram yang dimiliki oleh afting progo atau progo rafting. Jeram-jeram yang dimiliki oleh sungai progo atas adalah jeram-jeram yang mempunyai kelas III sampai dengan III+. Sungai progo atas mempunyai jarak 12 kilometer, dengan waktu untuk melakukan wisata arung jeram sekitar 2,5 jam sampai dengan 3 jam.

Demikianlah ulasan mengenai 10 Objek Wisata Alam di Jawa Tengah Paling Terkenal. Semoga bisa menjadi referensi untuk tujuan tempat liburan anda. Khususnya bagi anda yang ingin merencakan liburan di jawah tengah. Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Semarang Paling Populer

Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *