Tempat Wisata Air Terjun / Curug di Bogor Paling Populer

10 Tempat Wisata Air Terjun / Curug di Bogor Paling Populer

Diposting pada
  • 1
    Share

Bogor merupakan sebuah Kabupaten di Jawa Barat, Indonesia. Wisalayahnya yang didominasi dataran tinggi sehingga menjadikan daerah ini memiliki udara dingin. Dengan banyaknya dataran tinggi sehingga tidak mengherankan jika objek wisata air terjun/curug di Bogor sangat menarik dan memiliki pemandangan indah. Air terjun atau dalam bahasa sunda lebih dikenal dengan curug.

Curug / Air terjun salah satunya tempat wisata favorit bagi wisatawan yang ingin liburan ke Tempat Wisata Bogor. Di daerah ini banyak sekali objek wisata air terujun / curug, dari yang berukuran kecil sampai yang besar, dari yang tinggi maupun yang rendah. Semua memberikan ciri khas masing-masing sesuai dengan alam di Bogor.

Daftar Tempat Wisata Air Terjun / Curug di Bogor Paling Populer

Bila anda ingin mengunjungi tempat wisata di Bogor, air terjun atau curug di Bogor bisa menjadi pilihan yang tepat. Wisata ini akan bisa memberikan kesenangan tersendiri, karena anda akan dekat dengan alam secara langsung. Lokasi air terjun keberadaannya yang tidak bisa dipisahkan dengan alam pegunungan. Hal inilah hampir setiap air terjun / curug di Bogor memberikan pesona wisata alam yang akan membuat betah pengunjung.

Berikut daftar Tempat Wisata Air Terjun / Curug di Bogor Paling Populer, bisa menjadi referensi bagi anda yang ingin menghabiskan waktu liburan tempat liburan di Bogor.

1. Curug Cibeureum

10 Tempat Wisata Air Terjun / Curug di Bogor Paling Populer

Curug cebeureum merupakan wisata alam di Bogor berada di kawasan Taman Nasioanl Gunung Gede Pangrango. Lokasi air terjun/curug cebeureum berada pada ketinggian sekitar 1.675 mdpl. Meski lokasinya berada diketinggian yang membutuhkan sedikit trekking menantang, namun curug ini juga cukup sering dikunjungi wisatawan. Terutama wisatawan yang menyukai tempat wisata dengan nuansa alam yang asri.

Objek wisata Curug Cibeureum memiliki aliran yang cukup deras, dengan latar belakang tebing cadas.Sehingga memiliki pemandangan yang eksotis. Untuk akses ke lokasi wisata curug Cibeureum Bogor anda akan melewati jalan yang menanjak dengan undakan bebatuan. Namun kawasan ini dikelilingi hutan yang lebat sehingga memberikan daya tarik tersendiri.

Selama anda diperjalanan menuju ke lokasi air terjun ini akan disuguhi berbagai pemandangan alam yang indah dan asri dengan jarak tempuh 2.7 Km dari pos tiket. Sangat cocok untuk yang menyukai suasana wisata alam terbuka. Bukan hanya itu saja anda juga akan melihat berbagai jenis burung dan kera yang bergelantungan.

2. Air Terjun Curug Naga

10 Tempat Wisata Air Terjun / Curug di Bogor Paling Populer

Air terjun curug nangka adalah tempat wisata Bogor dikenal sebagai tempat untuk untuk kegiatan body raftig. Curug ini bisa dikategorikan sebagai wisata alam yang menyukai tantangan dengan melakukan body rafting. Kegiatan menyurusi aliran air menuju ke lokasi Curug Naga untuk menguji adrenalin, yang banyak diminati wisatawan.

Lokasi wisata Curug Naga berada masih bagian dari Sungai Cirangrang yang memiliki air jernih. Jika anda ingin melakukan body rafting ke curug ini sebaiknya untuk melakukan persiapan terlebih dahulu seperti reservasi. Curug naga banyak dikunjungi oleh wisatawan yang ingin menghabiskan waktu libur bersama sambil menikmati alam bebas.

Sebelum sampai ke lokasi Curug Naga kita akan melewati aliran air sungai sepanjang sekitar 100 meter. Untuk menuju curug, pengunjung harus melakukan river trekking/body rafting, memakai pelampung serta dipandu oleh pemandu Wisata Curug Naga. Tempat wisata Air terjun Curug Naga berada di Desa Citamiang, Megamendung  Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Baca Juga: Pesona Taman Wisata Alam Gunung Pancar Sentul Bogor

3.  Air terjun Curug seribu

10 Tempat Wisata Air Terjun / Curug di Bogor Paling Populer

Tempat wisata Air terjun Curug seribu merupakan tempat wisata di Bogor. Objek wisata ini masih masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak di Kecamatan Pamijahan, yang merupakan lokasi Curug Seribu berada. Namun, curug ini cukup sulit diakses karena akses jalan menunju curug ini masih belum memadai.

Jadi anda untuk mengunjungi tempat wisata bogor ini harus benar-benar membutuhkan kekuatan fisik yang ekstra. Karena jalan track menuju ke lokasi curug seribu cukup menguras tenaga. Curug ini juga bukan tipe curug yang bisa digunakan untuk mandi. Ada himbauan untuk tidak mendekati air terjun karna kondisi tebing yang mungkin rawan lonsor.

Di antara curug yang ada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak curug seribu ini merupakan curug yang tertinggi di Jawa Barat. Dengan ketinggian sekitar 1050 meter dari permukaan laut. Air terjun ini menyajikan pemandangan yang begitu memukau. Suara gemuruh air terjun ini bisa terdengar dari jarak yang cukup jauh karena selain tinggi, debit air yang jatuh bebas dari air terjun ini juga banyak.

4. Curug Ciismun 

10 Tempat Wisata Air Terjun / Curug di Bogor Paling Populer

Wisata curug ciismun merupakan Curug yang berada di kawasan Kebun Raya Cobidas di kawasan di kaki Gunung Pangrango. Memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Jika anda sedang berada di Cibodas jangan lupa untuk mengunjungi tempat wisata Air terjun ini. Selain itu disekeliling air terjun dipenuhi oleh batu-batu alam yang sering digunakan para pengunjung untuk tempat berselfi.

Air terjun curug ciismunberada di ketinggian 1275 mdpl sehingga tentu saja sangat memiliki udara yang sejuk. Namun udaranya masih sangat alami khas daerah pegunungan. Tepatnya lokasi curug ini terletak di dalam kawasan Kebun Raya Cibodas, Desa Cimacan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Propinsi Jawa Barat.

5. Curug Nangka

10 Tempat Wisata Air Terjun / Curug di Bogor Paling Populer

Air terjun Curug nangka tempat wisata Bogor terletak di kaki Gunung Salak. Sudah sejak lama air terjun ini dikenal sebagai salah satu lokasi wisata bagi penggemar keindahan alam. Kondisinya tidak berbeda dengan beberapa curug lainnya di kaki Gunung Salak. Curug Nangka terbentuk dari aliran air yang berasal dari Gunung Salak setinggi +- 2000 meter dari permukaan laut. Dikawasan ini memang banyak ditemukan air terjun kecil.

Anda juga bisa menikmati pemandangan alam terlebih dahulu sebelum sampai ke lokasi wisata curug nangka ini. Terlebih dulu akan melewati hujan pinus yang sangat indah karena memang Pengelola Curug Nangka masih tetap menjaga mempertahankan keasrian alam ini yang ada di salah satu sisi Gunung Salak ini. Keindahannya masih tetap terjaga. lokasinya di  Sukajadi, Tamansari, Bogor, Jawa Barat Indonesia.

6. Curug Luhur

10 Tempat Wisata Air Terjun / Curug di Bogor Paling Populer

Tempat wisata Curug luhur salah satu wisata Air terjun di Bogor yang berada dikawasan kaki Gunung Salak. Tepatnya berada di Desa Gunung Malang, Kecamatan Ciomas Jawa barat Indonesia. Air terjun Curug Luhur termasuk tempat wisata di Bogor yang sudah dikelola dengan baik. Sehingga tempat wisata ini banyak dikunjungi wisatawan.

Di bawah jatuhnya air terjun ini terdapat seperti kolam alami, namun pengelola menambahkan kolam renang buatan yang bisa digunakan pengunjung untuk mandi. Lokasi tempat wisata Curug yang mempunyai dua air terjun yang sejajar ini terletak di Gunung Salak di daerah kecamatan Ciomas, Bogor.

7.  Curug Bidadari

10 Tempat Wisata Air Terjun / Curug di Bogor Paling Populer

Curug Bidadari merupakan sebuah air terjun yang sudah dikelola untuk menjadi sebuah destinasi wisata. Sebuah kolam buatan yang airnya berasal dari aliran air terjun dibuat sebagai tempat bermain untuk anak-anak. Meski begitu, kesan alami masih dapat kita lihat di sekitar air terjun karna tepat dibawah air terjun juga terbentuk sebuah kolam alami.

Di curug Bidadari juga terdapat bongkahan batu besar, berada persis di depan air terjun yang merupakan ciri khas air terjun Curug Bidadari. Wisata Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 45 meter, dengan debit air yang sangat deras. Lokasi Air terjun Curug Bidadari berada di kawasan wisata Sentul Paradise Park.

Pada awalnya Air terjun ini bernama Curug Bojongkoneng, karna lokasinya berada di Desa Bojongkoneng. Namun, setelah dikelola Sentul Paradise Park namanya kemudian berubah menjadi Curug Bidadari Sentul Paradise Park. Atau lebih dikenal dengan sebutan Curug Bidadari.

Baca Juga: Telaga Warna Tempat Wisata di Puncak Bogor

8. Curug Cigamea

10 Tempat Wisata Air Terjun / Curug di Bogor Paling Populer

Air terjun Curug Cigamea merupakan tempat wisata curug di Bogor yang menyuguhkan alam yang masih segar alami. Wisata Curug Cigamea juga mempunyai aliran air yang jernih dan bersih yang belum tercemar sehingga sangat asik untuk tempat mandi.

Lokasinya berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak Tempat ini dapat diakses dari pintu masuk TNGHS di Desa Cibatok. Curug ini tergolong mudah untuk diakses oleh para wisatawan yang ingin menghabiskan liburan, anda bisa menempuh jarak sekitar 700 meter dari pintu masuk wisata air terjun ini.

 9. Curug Ngumpet

10 Tempat Wisata Air Terjun / Curug di Bogor Paling Populer

Wisata air terjun ngumpet adalah curug di Bogor ini berada di kawasan Gunung Salak Endah yang merupakan wilayah di area Taman Nasional Gunung Halimun Salak memiliki ketinggian sekitar 45 meter. Curug ini terlihat sangat cantik dengan pemandangan tebing yang dipenuhi oleh lumut.

Dibawahnya terbentuk sebuah kolam alami yang terlihat sangat menggoda mandi dengan airnya yang jernih. Lokasinya  air terjun curug ngumpet berada di Desa Gunungsari, Kecamatan Pamijahan bogor. Untuk menuju Air terjun Curug ngumpet  anda bisa menempuh dari Kota Bogor dengan jarak sekitar 38 km menuju lokasi ini.

 10. Curug Cikaracak

Tempat Wisata Air Terjun / Curug di Bogor Paling Populer

Tempat wisata air terjun / curug di Bogor yang populer terakhir adalah Curug Cikaracak. Merupakan air terjun yang memiliki dua air terjun yang memiliki ketianggian masing-masing 40 m dan 20 m dengan aliran air yang deras dan jernih. Curug ini memang terlihat biasa saja namun petualangan mencapai ke curug ini akan terasa amat seru karna melewati area hutan.

Dalam perjalanan kadang anda bisa melihat pemandangan monyet-monyet liar yang bergelantungan. Tempat wisata air terjun curuk cikarak lokasinya berada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Tepatnya Terletak di Dusun Cibeling, Desa Cinagara, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Propinsi Jawa Barat. Berjarak 15 km dari Ciawi atau 5 km dari Talang 3 (Talang Air Cisempur) Jalan H.E. Sukma. Baca Juga: 7 Tempat Makan Enak di Bogor Sekaligus Tempat Nongkrong Paling Murah Terbaru

Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *