10 Tempat Wisata Dieng yang Paling Populer

10 Tempat Wisata Dieng yang Paling Populer

Diposting pada
  • 1
    Share

Tempat Wisata Dieng merupakan merupakan sebuah kawasan vulkanik aktif dan dapat dikatakan sebagai gunung api raksasa. Memiliki beberapa puncak dan kepunden kawah. Hal ini menyebabkan di kawasan Dieng plateau terdapat berbagai macam fenomena alam vulkanis yang sangat menarik.

Dataran Tinggi Dieng atau Dieng plateau merupakan destinasi wisata pegunungan yang terdapat di Jawa Tengah. Jika dilihat kawasan dataran tinggi Dieng Secara administrasi, Dieng merupakan wilayah Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara dan Dieng (“Dieng Wetan”), Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo.

Wilayah ini merupakan salah satu wilayah paling terpencil di Jawa Tengah. Di Kawasan Tempat Wisata Dieng terdapat banyak hal menarik seperti pemandangan Indah dan berbagai macam fennomena alam yang banyak menarik para wisatawan untuk mengunjungi berbagai tempat Wisata Dieng. Berwisata ke dieng tentu anda ingin mengetahui tempat wisata dimana saja yang bisa di kunjungi saat berada di Dieng.

Daftar Tempat Wisata Dieng yang Paling Populer

Untuk anda yang baru pertama kali ingin mengunjungi Wisata Dieng, tentu masih bingung menentukan tujuan wisata yang ingin dikunjungi, karena memang banyak tempat-tempat menarik, mungkin lain halnya jika anda sudah sering ke dieng.

Oleh sebab itu, bagi anda yang belum tahu Tempat Wisata di Dieng yang Paling Populer. Traveluxion memberikan referensi tempat-tempat wisata dieng yang populer bisa anda kunjungi, silahkan bisa anda baca dibawah ini:

1. Kawah Sikidang

10 Tempat Wisata Dieng yang Paling Populer

Kawasan Tempat Wisata Dieng ini sebenarnya adalah berupa gunung api raksasa yang masih terdapat aktivitas vulkanik didalamnya. Bisa dilihat dari aktivitas vulkanik ini terdapatnya beberapa kawah yang terdapat di kawasan wisata Dieng. Salah satu kawah di dieng adalah Kawah Sikidang. Kawah ini memiliki luas sekitar 200 m2 serta terdapat pada tanah yang datar sehingga pengunjung dapat dengan jelas melihat gumpalan-gumpalan asap keluar dari kawah ini.

Namun bagi pengunjung harus tetap hati-hati, karena sama seperti kawah di Indonesia pada umumnya, di Kawah Sikidang ini juga mengandung kadar belerang yang tinggi, sehingga untuk menjaga keamanan pengunjung pengelola sudah membangun pagar pembatas di sekitar lokasi kawah untuk keamanan.

2. Telaga Warna Dieng

10 Tempat Wisata Dieng yang Paling Populer

Telaga Warna Tempat Wisata Dieng plateau yang tak kalah menarik untuk dikunjungi, telaga warna di dieng terletak diketinggian 2000 mdpl, dimana anda bisa menikmati pemandangan yang sangat indah di lokasi wisata ini. Telaga Warna Dieng memiliki daya tarik dan keunikan tersendiri dibanding dengan telaga atau waduk lainnya di Indonesia.

Keunikan telaga Warna Dieng ini adalah terletak pada warna air yang sering berubah ubah, kadang berwarna merah, hijau, biru, putih, dan lembayung. Fenomena alam yang unik di Telaga Warna Dieng ini kaena di telaga ini mengandung sulfur yang cukup tinggi. Sulfur ini apabila terkena cahaya matahari maka akan menimbulkan warna yang lain pada air telaga sehingga disebut telaga warna.

3. Telaga Pengilon

10 Tempat Wisata Dieng yang Paling Populer

Telaga Pengilon merupakan Tempat Wisata yang masih berada di kawasan Tempat Wisata Dieng. Terletak bersebelahan dengan Telaga warna. Meskipun letaknya bersebelahan, UniknyaTelaga Pangilon ini memiliki karakteristik yang berbeda dengan Telaga Warna.

Telaga Pengilon memiliki warna air yang jernih dan tidak memiliki warna seperti pada Telaga Warna. Berada di telaga ini anda akan disuguhkan pemandangan yang menarik khususnya bagi yang hobi selfi tempat ini sangat cocok dengan pemandangan indahnya.

Baca Juga: 15 Air Terjun / Curug Paling Indah di Jawa Tengah

4. Candi Arjuna

10 Tempat Wisata Dieng yang Paling Populer

Bukan hanya dikenal dengan wisata alamnya  saja, kawasanTempat Wisata Dieng juga terdapat wisata sejarah yaitu berupa bagunan candi yang bernama Candi Arjuna. Di lokasi ini sebenarnya bukan hanya Candi arjuna saja, namun juga terdapat candi lainnya seperti Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra, sehingga kompleks ini dikenal dengan kompleks percandian Arjuna.

Berdasarkan prasasti yang dulu pernah ditemukan di kompleks Candi arjuna ini, Kemungkinan Candi arjuna dibangun pada awal abad IX M. Tempat Wisata Dieng Candi Arjuna ini selain menawarkan pemandangan berupa candi yang eksotis juga pemandangan alam yang sangat bagus dan merupakan spot cantik untuk anda yang hobi fotografi.

5. Gardu pandang Tieng

10 Tempat Wisata Dieng yang Paling Populer

Tempat Wisata Dieng berupa Gardu pandang Tieng  yaitu sebuah bangunan di Kawasan wisata Dieng yang terletak di tepi jalan raya. Bangunan ini dijadikan sebagai tempat untuk menikmati pemandangan di Kawasan Dieng dari ketinggian yang sangat indah. Pemandangan dari spot ini sangat menarik terutama pada saat pagi hari yaitu pada waktu matahari terbit (sunrise).

Gardu Pandang di Dieng ini memiliki ketinggian sekitar 1700 dpl. Dari tempat ini anda dapat melihat pemandangan Gunung Sindoro dan Gunung Kembang, serta hamparan lahan pertanian milik masyarakat yang terlihat subur berupa hamparan hijau yang menyejukan mata memandang.

6. Bukit Sikunir Dieng

10 Tempat Wisata Dieng yang Paling Populer

Bukit Sikunir merupakan tempat wisata berupa sebuah bukit yang memiliki panorama berupa sunrise yang indah Tempat Wisata di Dieng ini terletak di Desa Sembungan. Sunrise di Dieng ini menjadi salah satu daya tarik wisata andalan di Dieng plateau. Untuk menikmati menikmati keindahan sunrise di bukit sikunir waktu terbaik adalah sekitar pada Bulan Juli-agustus dimana pada bulan tersebut merupakan musim kemarau sehingga langit akan tampak bersih dan tidak ada hujan.

Namun karena pemandangan yang dinikmati adalah matahari terbit atau sunrise, anda harus datang ke spot pengamatan Bukit Sikunir Dieng ini pada waktu fajar atauwaktu subuh. Biasanya para wisatawan akan menginap di penginapan, homestay atau hotel yang banyak terdapat di seputaran Kawasan Dieng plateau ini untuk mendapatkan moment terbaik.

7. Telaga Cebong Dieng

10 Tempat Wisata Dieng yang Paling Populer

Telaga Cebong merupakan tempat wisata dieng yang terletak di Desa Sembungan dan merupakan desa tertinggi di jawa Tengah. Jika anda berwisata di puncak Sikunir, anda bisa langsung sekaling singgah di Telaga Cebong ini, karena letaknya tidak jauh dari tempat wisata Sikunir. Disini anda dapat menikmati keindahan alam berupa telaga alam.

Disekitar Objek wisata Telaga Cebong Dieng terdapat lahan-lahan pertanian miliki penduduk sehingga menambah keindahan Telaga Cebong ini. Dengan letaknya yang diatas 2300 m dpl, maka banyak yang mengatakan bahwa Telaga Cebong ini merupakan telaga diatas awan yang bisa anda saksikan saat pagi hari sebelum matahari terbit, gumpalan awan putih akan menghiasi tempat ini.

8. Sumur Jalatunda

10 Tempat Wisata Dieng yang Paling Populer

Sumur Jalatunda adalah sebuah ceruk rekahan kawah yang kemudian digenangi oleh air dengan diameter 90 meter dan kedalaman lebih dari 200 meter. Karena air yang menggenang ini ceruk tersebut tampak seperti sumur sehingga dikenal dengan sumur jalatunda. Tempat wisata ini berlokasi di Desa Pekasiran, Kecamatan Bantur, Kabupaten Banjarnegara. Kurang lebih sekitar 12 km di sebelah barat lokasi utama wisata Dieng.

Untuk anda yang ingin Tempat Wisata Dieng khususnya di objek wisata sumur jalatunda  sebaiknya Anda harus menyiapkan fisik, karena anda harus menaikai 257 anak tangga. Pada anak tangga terakhir, Anda akan menemukan tumpukan kerikil beralaskan karung beras. Menurut mitos masyarakat setempat, barang siapa yang dapat melempar kerikil dari seberang sumur ke seberang yang berlawanan, maka harapannya bisa terkabul.

Oleh karena itu, ketika Anda mengunjungi sumur ini, Anda akan menemukan para penjual batu kerikil. Harga yang dipatok untuk batu kerikil tersebut sebesar 500 rupiah. Banyak wisatawan yang mencoba peruntungannya dengan melempar batu kerikil ini.

9. Dieng Plateau Theater

10 Tempat Wisata Dieng yang Paling Populer

Dieng Plateau Theater merupakan Tempat Wisata Dieng yang biasa dikunjungi oleh wisatawan group. Bioskop mini yang memutar film dokumtasi tentang objek wisata Dieng yang mampu menampung pengunjung hingga 100 pengunjung untuk 1 kali tayangan.

Tayangan berdurasi kurang lebih 23 menit ini mampu menambah ilmu pengetahuan tentang Dieng secara keseluruhan. Sehinga selain tempat wisata menyenangkan tempat ini bisa menjadi wisata edukasi juga. Dieng Plateau Theater  ini sangat cocok untuk  wisata para pelajar atau study tour ke Dieng.

10. Telaga Merdada

10 Tempat Wisata Dieng yang Paling Populer

Telaga merdada merupakan Tempat Wisata Dieng berupa telaga yang luas. Telaga Merdada terdapat di Desa Karangtengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara Indonesia. Destinasi wisata di Dieng berupa Telaga ini jika dilihat dari bentuknya menyerupai kaldera bekas letusan Gunung Berapi.

Sehingga Keindahan Kawasan Dieng Jawa Tengah ini memang tak tertandingi. Kontur ini akan terlihat jelas apabila dilihat dari ketinggian. Bentangan luas telaga merdada ini akan membuat kagum setiap wisatawan yang berkunjung ketampat wisata di kawasan dieng ini.

Mungkin cukup itu saja 10 Tempat Wisata Dieng yang populer yang bisa anda kunjungi saat berwisata di kawasan wisata deing. Semoga info ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk anda yang mungkin belum pernah berkunjung ke kawasan wisata Dieng. Baca Juga: 10 Objek Wisata Alam di Jawa Tengah Paling Terkenal

Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *