10 Tempat Wisata di Buleleng Bali Yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Buleleng Bali Yang Wajib Dikunjungi

Diposting pada

Tempat Wisata di Buleleng Bali – Membahas wisata di bali tidak luput juga Kabupaten Buleleng yang merupakan salah satu kabupaten di provinsi Bali dengan  ibu kota kabupaten Kota Singaraja. Kabupaten buleleng bali ini berbatasan langsung dengan Laut Bali dibagian utaranya, Sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Jembrana, Kabupaten Karangasem di sebelah timur dan Kabupaten Bangli, Tabanan serta Badung di sebelah selatan.

Kabupaten buleleng memiliki garis pantai  membentang sepanjang dari sebelah timur perbatasan karangasem sampai ujung barat perbatasan Jembana, hal tersebut selain memiliki potensi hasil perikanan juga membuat kabupaten ini menawarkan potensi wisata pantai yang indah dan menarik dan sudah terkenal luas bukan hanya dalam negeri saja namun sudah sampai mancanegara.

Tempat Wisata di Buleleng Bali Yang Wajib Dikunjungi

Bukan wisata panatai saja di Buleleng Bali, tapi jika anda sedang berwisata di Bali khususnya di kabupaten Buleleng tidak lengkap rasanya jika belum mengunjungi 10 Tempat Wisata di Kabupaten Buleleng Bali Yang Wajib Dikunjungi dibawah ini:

1. Danau Buyan 

10 Tempat Wisata di Buleleng Bali Yang Wajib Dikunjungi

Danau Buyan ini adalah salah satu tempat wisata di kabupaten Buleleng Bali yang memiliki daya tarik alam yang masih alami dan sangat mempesona. Danau ini berada di kawasan Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali Indonesia. Danau ini merupakan satu dari tiga danau kembar yang terbentuk di dalam sebuah kaldera besar. Danau Buyan yang diapit oleh dua danau lainnya, yaitu Danau Tamblingan di sebelah barat dan Danau Beratan di timur. Danau Buyan adalah yang terbesar dari ketiga danau tersebut.

Di antara danau Buyan dan Tamblingan ini dipisahkan oleh hutan sepanjang kurang lebih satu kilometer, terdapat sebuah kolam yang terhubung langsung dengan danau Buyan melalui sebuah kanal sempit. Oleh masyarakat kolam ini dinamakan Telaga Aya, suasana alam yang pas buat anda yang menyukai suasana yang tenang.

2. Danau Tamblingan

10 Tempat Wisata di Buleleng Bali Yang Wajib Dikunjungi

Masih mengenai Danau selain danau Buyan Masih di dalam kawasan danau buyan yaitu ada sebuah Danau yang bernama Danau Tamblingan. Tempat Wisata di Buleleng Bali ini terletak di lereng sebelah utara Gunung Lesung, kawasan Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali Indonesia. Danau ini merupakan satu dari tiga danau kembar yang terbentuk di dalam sebuah kaldera besar.

Namun untuk Danau Tamblingan masuk ke dalam wilayah Kecamatan Sukasada, di Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, kurang lebih 21 km sebelah Selatan Kota Singaraja. Dengan udara yang sejuk dikelilingi pegunungan yang serba hijau, suasana yang tenang dan nyaman, bisa dibilang cukup pas buat anda yang suka dengan suasana tenang, karena tempat ini jauh dari bisingnya kota.

3. Pantai Lovina (Lovina Beach)

10 Tempat Wisata di Buleleng Bali Yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Buleleng bali terkenal dengan garis pantai yang panjang tidak heran jika menawarkan pesona wisata pantai yang indah yaitu wisata pantai Lovina. Kawasan  wisata pantai Lovina (lovina Beach) ini memiliki air laut yang tenang, pasir pantai berwarna kehitam-hitaman bercampur dengan butiran pasir putih dengan karang laut beserta ikan-ikan tropisnya.

Apalagi ditambah adanya lumba – lumba yang jinak bisa anda lihat yang setiap hari muncul di pantai ini sehingga  menjadikan pantai ini dikenal sampai mancanegara. Lokasi pantai lovina kurang lebih 7 km barat ota Singaraja, kondisi pantai lovina yang berair tenang cocok untuk berbagai aktivitas seperti : berenang, snorkling,  memancing, berlayar dengan perahu tradisional yang banyak bisa dijumpai ditempat ini.

Pantai ini merupakan Habitat asli Ikan lumba-lumba, dengan begitu jika nada mengunjungi lokasi wisata ini akan menyaksikan atraksi yang jumlahnya ratusan, biasanya lumba-lumba muncul pada pagi hari.

Baca Juga: 8 Tempat Wisata di Bali Selain Pantai Yang Wajib Dikunjungi

4. Pulau Menjangan 

10 Tempat Wisata di Buleleng Bali Yang Wajib Dikunjungi

Pulau menjangan merupakan pulau kecil tanpa penghuni yang menjadi tempat wisata di kabupaten Buleleng Bali. Destinasi wisata yang Menawarkan potensi keindahan bawah laut sangat cocok untuk  aktivitas  Snorkeling dan Scuba Diving. Keindahan alam bawah lautnya dengan berbagai bentuk dan warna terumbu karang serta flora dan fauna laut sehingga banyak di datangi oleh wisatawan yang hobi dengan kegiatan diving dari mancanegara. 

Sekitar pulau juga tampak beberapa hewan menjangan yang sengaja dibawa dari daratan Taman Nasional Bali Barat Bali. Untuk mencapai pulau ini para wisatawan harus naik perahu bermotor (boat) dari tempat penyeberangan salah satunya di Labuhan lalang, menenempuh perjalanan laut  sekitar 30 menit dari Labuhan lalang ini.

5. Taman Nasional Bali Barat

10 Tempat Wisata di Buleleng Bali Yang Wajib Dikunjungi

Taman Nasional Bali Barat (TNBB), memiliki berbagai jenis flora dan fauna liar. Beberapa diantaranya  berstatus langka yang sangat dilindungi. TNBB dengan lahan seluas  19.002,89 ha. berada di ujung barat kabupaten buleleng. Untuk mencapai arah ke pelabuhan gilimanuk. Taman Nasional Bali Barat terletak di bagian barat dari pulau Bali di Indonesia.

Taman nasional ini mempunyai luas 77,000 hektar, yang kira-kira meliputi 10% dari luas daratan pulau Bali. Taman Nasional Bali Barat terdiri dari berbagai habitat hutan dan sabana. Di tengah-tengah taman ini didominasi oleh sisa-sisa empat gunung berapi dari zaman Pleistocene, dengan gunung Patas sebagai titik tertinggi di tempat ini.

Sekitar 160 spesies hewan dan tumbuhan dilindungi di taman nasional ini. Hewan-hewan seperti Banteng, Rusa, lutung, kalong dan aneka burung. Taman Nasional Bali Barat merupakan tempat terakhir untuk menemukan satu-satunya endemik Bali yang hampir punah, Jalak Bali di habitat aslinya.

6. Air Sanih

10 Tempat Wisata di Buleleng Bali Yang Wajib Dikunjungi

Air Sanih atau biasa disebut  juga dengan nama Yeh Sanih merupakan sebuah tempat wisata pemandian alami. Lokasi wisata pemandian ini terletak sekitar 17 km timur kota Singaraja. Dikawasan ini ada dua kolam ditempat pemandian, satu untuk orang dewasa dan satu untuk anak-anak. Beberapa meter di sebelah utaranya dikelilingi oleh laut yang relatif aman untuk berenang dan aktifitas olah raga air lainnya. 

Sangat cocok buat acara tujuan liburan keluarga. Untuk penginapan anda tidak usah bingung karena disekitar obyek ini sudah tersedia beberapa penginapan kecil. Anda juga tidak perlu kuatir jika tidak membawa makanan disini juga sudah tersedia restoran. Sebagai penunjang wisata tempat ini juga sudah menyediakan area parkir untuk pengunjung.

Baca Juga: Daftar Nama Hotel di Buleleng Bali Lengkap Dengan Nomor Teleponnya

7. Pantai Penimbangan

10 Tempat Wisata di Buleleng Bali Yang Wajib Dikunjungi

Pantai Penimbangan sebagai destinasi yang selalu ramai setiap harinya, terutama saat sore hari menjelang petang. Pantai yang terkelola dengan baik dan bersih ini biasa di ramaikan sebagian besar kawula muda kota singaraja. Dikawasan ini sambil nongkrong banyak tersedia  warung-warung tenda dengan aneka hidangan yg menarik dan murah.

Jika anda mau cari tempat nongkrong yang asik di pantai penimbangan ini sangat cocok. Bukan hanya menikmati kuliner saja namun anda akan melihat aktifitas pengunjung seperti joging, memancing. Atau hanya duduk santai sambil menikmati  sunset yang indah di Pantai penimbangan.

8. Air Terjun Gitgit

10 Tempat Wisata di Buleleng Bali Yang Wajib Dikunjungi

Air terjun Gitgit Tempat Wisata di Buleleng Bali, tepatnya terletak di Singaraja, Bali. Air terjun ini terletak di Desa Gitgit, Kecamatan Sukasada, Buleleng. Berjarak 11 km ke arah selatan dari Singaraja. Air terjun ini mempunyai ketinggian 35 meter. Merupakan air terjun tertinggi di pulai Bali. Tempat ini cocok untuk pecinta wisata treking. Dengan medan berkelok dan naik turun disertai pemandangan hutan yang alami. 

Air terjun ini berjarak kurang lebih 11 km dari Kota Singaraja  ke arah selatan menuju Desa Pancasari dan Bedugul. Air terjun ini memiliki ketinggian ± 35 meter tampak sangat asri. Memiliki panorama yang indah dan berada di lingkungan yang berhawa sejuk. Untuk mencapai lokasi air terjun, dengan jalan yang menurun berjalan kaki dari tempat Parkir kendaraan. 

Ketika  mulai menapaki jalan turun telah terdengar deburan suara air terjun dan kicauan burung. Disisi lain tampak hamparan sawah, perkebunan cengkeh dan kopi. Begitu pula tumbuhan bambu sepanjang jalan menuju air terjun menyuguhkan suasana damai dan alami.

9. Air Panas Banjar

10 Tempat Wisata di Buleleng Bali Yang Wajib Dikunjungi

Pemandian air panas alami Banjar salah Tempat Wisata di Buleleng Bali berupa wisata pemandian air panas yang paling terkenal. Hampir setiap hari ramai di kunjungi wisatawan, baik wisatawan lokal Bali, wisatawan domestik Indonesia dan wisatawan asing. Lokasi dari pemandian air panas Banjar berada di sebuah desa di Bali utara. Nama desanya Desa Banjar berada di kecamatan Banjar kabupaten Buleleng. 

Dari ibu kota kabupaten Buleleng yaitu Singaraja, untuk mencapai lokasi pemandian air panas Banjar Tempat Wisata di Buleleng Bali akan menempuh jarak 19 kilometer dengan waktu tempuh 30 menit perjalanan. Sumber mata air Panas Banjar diperkirakan berusia sudah lama yaitu sejak jaman pendudukan Jepang telah mulai dibenahi dan dimanfaatkan.  

Air panas yang banyak  mengandung belerang diyakini banyak  menyembuhkan penyakit kulit. Sampai saat ini pemandian tersebut ramai dikunjungi masyarakat dan para wisatwan  untuk berendam dan berenang.

10. Gedong Kirtya

10 Tempat Wisata di Buleleng Bali Yang Wajib Dikunjungi

Gedong Kirtya adalahTempat Wisata di Buleleng Bali berupa sebuah perpustakaan yang didirikan pada tahun 1928 oleh bangsa Belanda yang berada di Jl. Veteran No. 20, Singaraja, Kp. Singaraja, Kec. Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali yang waktu itu berfungsi sebagai ibu kota Sunda kecil. Nama gedung ini artinya mencoba dalam bahasa Sanskerta. Gedung ini terletak di kompleks Sasana Budaya, yang merupakan istana tua kerajaan Buleleng.

Di perpustakaan ini terdapat koleksi manuskrip daun lontar, prasasti, manuskrip kertas dalam bahasa Bali dan huruf Romawi termasuk dokumen-dokumen dari zaman kolonial (1901-1953). Mantan Bupati Buleleng Dr. Ketut Wirata Sindhu telah mengembangkan perpustakaan ini menjadi sebuah museum.

Jika pengembangan tempat ini selesai, akan menjadi sebuah museum bangunannya meliputi seluruh wilayah kompleks Sasana Budaya. Satu-satunya museum lontar di dunia, yaitu museum yang menyimpan, memilihara dan meneliti peninggalan berupa tulisan-tulisan, mantra yang ditulis pada daun lontar.

Demikian tadi ulasan mengenai 10 Tempat wisata di Buleleng Bali Yang wajib dikunjungi. Sebenarnya bukan hanya itu saja, tapi masih banyak sekali tempat-tempat menarik lainnya. Ini bisa juga anda kunjungi saat sudah berada di kabupaten Buleleng. Bisa juga di kabupaten lain di bali banyak objek-objek wisata menarik. Baca Juga: 10 Objek Wisata Bali Paling Sering di Kunjungi Wisatawan

Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *