10 Tempat Wisata Gianyar Bali Yang Wajib Anda Kunjungi

10 Tempat Wisata Gianyar Bali Yang Wajib Anda Kunjungi

Diposting pada
  • 1
    Share

Tempat Wisata Gianyar Bali – Kabupaten Gianyar adalah sebuah kabupaten di provinsi Bali, Indonesia. Daerah ini merupakan pusat budaya ukiran di Bali. Gianyar berbatasan dengan Kota Denpasar di barat daya, Kabupaten Badung di barat, Kabupaten Bangli di timur dan Kabupaten Klungkung di tenggara. Kabupaten ini dikenal sebagai tempat seni di Bali, karena banyak desa-desa di Gianyar memiliki ciri khas seni sendiri-sendiri.

Seperti Celuk yang terkenal sebagai pusat kerajinan emas dan perak, Singapadu sebagai pusat seni ukir batu paras, Batubulan dengan atraksi barong dan kris dance, Ubud sebagai pusat seni lukis, Sukawati sebagai pusat seni ukir kayu, dan masig banyak lagi dan hampir semua desa dikabupaten Gianyar memiliki ciri khas seni tersendiri.

Daftar Tempat Wisata Gianyar Bali Yang Wajib Anda Kunjungi

Selain potensi seni sebagai daya tarik wisata, Kabupaten Gianyar juga memiliki potensi wisata budaya danwisata alam yang menjadi tujuan wisata banyak turis lokal maupun mancanegara yabg bisa anda jadikan tujuan liburan. Daripada penasaran tempat wisata apa saja di Kabupaten Gianyar yang bisa anda jadikan tujuan wisata.

Berikut 10 Tempat Wisata Di Kabupaten Gianyar Bali Yang Wajib Anda Kunjungi.

1. Bali Bird Park

10 Tempat Wisata Gianyar Bali Yang Wajib Anda Kunjungi

Taman burung ini merupakan salah satu Tempat Wisata Gianyar Bali yang memiliki salah satu jenis burung langka dan merupakan ikon dari pulau Bali, yaitu Jalak Bali. Taman burung Bali atau Bird Park Bali Bali berlokasi di Jalan Serma Cok Ngurah Gambir Singapadu, Batubulan – Gianyar – Bali. Mengunjungi taman ini  anda akan dapat melihat beraneka ragam jenis burung, mulai dari jenis burung dari Papua, Elang Jawa, Elang-ular Bido dan masih banyak lagi burung yang lainnya.

Di tempat ini, anda tidak hanya dapat melihat burung, melainkan anda juga dapat melihat proses pengembangbiakan burung, mulai dari telur sampai proses pemberian makan. Aktivitas yang paling disukai oleh anak-anak saat berwisata ke taman burung ini, adalah foto bersama burung. Tentunya dengan mengajak anak-anak anda berwisata ke taman burung, selain memberikan suasan liburan tentunya anak-anak anda dapat belajar mengenal tentang burung-burung yang ada di alam liar

2. Desa Celuk 

10 Tempat Wisata Gianyar Bali Yang Wajib Anda Kunjungi

Celuk adalah sebuah desa wisata terkenal dengan hasil produksi seni kerajinan perak yang sudah sangat terkenal. Sehingga  desa ini menjadi salah satu tujuan wisata identik sebagai penghasil perak di Bali. Bukan hanya itu saja, desa celuk itu juga memproduksi juga kerajianan emas, yang memang sudah terkenal sampai ke mancanegara.

Sebagai desa terkenal dengan kerajinan perak dan emas, sehingga desa ini menjadi tujuan wisata favorit di kalangan wisatawan. Untuk berkunjung di Celuk desa ini buka setiap hari dari pagi sampai sore. Berkunjung ke desa celuk anda bisa melihat langsung  para seniman dalam mengerjakan kerajinan tradisional ini, seperti berkreasi membuat perhiasan emas, perak dengan hasil produksi yang berkualitas.

Di celuk Anda bisa dengan mudah menemukan ataupun membeli seacara langsung perhiasan-perhiasan di etalase yang dipajang langsung di workshop para seniman. Celuk masih termasuk dalam wilayah Sukawati, kabupaten Gianyar, sehingga menjadi satu paket perjalanan terutama yang suka shopping nelanjutkan untuk belanja oleh-oleh khas Bali ke Sukawati.

Lokasinya sangat mudah ditemukan, karena di jalur pariwisata Batubulan-Sukawati-Ubud-Kintamani, berada dalam jaringan pengrajin seperti desa Batubulan, Batuan dan Mas. Ditempuh sekitar 30 menit atau dengan jarak 15 km Timur Laut Denpasar.

3. Museum Blanco Renaissance

10 Tempat Wisata Gianyar Bali Yang Wajib Anda Kunjungi

Ubud memiliki berbagai keunikan tersendiri bagi pencinta seni dan budaya, Ubud adalah salah satu pilihan yang sangat tepat karena Ubud memiliki keunikkan tersendiri yang didukung oleh masyarakat yang mengerti betul akan seni. Salah satunya destinasi wisata Gianyar Bali adalah Museum Blanco Renaissance. Museum ini begitu terkenal di kalangan wisatawan terutama bagi pecinta seni.

Banyak terdapat lukisan yang terkenal dari seniman – seniman muda maupun tua bali. Lukisan tersebut di abadikan di museum ini dan bahkan seniman dari luar negara pun ikut didalam nya dan untuk lebih membuktikannya anda bisa mengunjungi lansung objek wisata Museum Blanco Renaissance.Wisata Museum Blanco Renaissance beralamat di Jl. Raya Penestanan No .8, Sayan, Ubud, Kabupaten Gianyar.

4. Taman Gajah (Bali Elephant Safari Park)

10 Tempat Wisata Gianyar Bali Yang Wajib Anda Kunjungi

Taman gajah atau yang lebih dikenal dengan Bali Elephant Safari Park, Tempat Wisata Gianyar Bali ini lokasi tepatnya berada di desa Taro, Gianyar Bali. Taman gajah merupakan salah satu wahana yang bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan kepenatan dari rutinitas sehari-hari. Seperti bersantai sambil melihat hewanGajah.

Patut diketahui bahwa taman ini merupakan wahana Gajah yang unik, menarik dan langka. Oleh karena itu keberadaannya juga selain berfungsi sebagai tempat wisata juga menjadi lokasi perlindungan spesies langka yang mendapat pengakuan dunia, dan tentunya tidak bisa anda temukan ditempat lain.

Bali Elephant Safari Park, tempat ini terdapat berbagai fasilitas disediakan secara lengkap di taman Gajah ini. Fasilitas-fasilitas yang ada juga sudah berstandar internasional. Di taman ini juga tersedia museum yang cukup komprehensif, dimana didalamnya menyimpan koleksi Gajah.

Selain berwisata, di tempat ini memungkinkan bagi Anda untuk mengenal lebih dekat lagi hewan berukuran besar yang satu ini. Di hari-hari tertentu, taman safari ini juga biasa menampilkan atraksi-atraksi yang memperlihatkan kepiawainya Gajah.

5. Pantai Lebih 

10 Tempat Wisata Gianyar Bali Yang Wajib Anda Kunjungi

Pantai lebih merupakan salah satu pantai terindah yang berada di Gianyar Bali dengan pemandangan perahu nelayan dan pulau Nusa Penida. Suasananya pantai yang aman, tentram, dan tenang membuat tempat ini pantas dijadikan lokasi liburan keluarga sambil berwisata kuliner dengan aneka jenis makanan dari laut.

Sebagai daya tarik pariwisata Pantai Lebih telah dilengkapi dengan fasilitas area parkir yang luas. Warung-warung yang menjual makanan dan minuman serta kolam renang yang bisa manfaatkan untuk menghabiskan liburan bersama keluarga. Untuk lokasi Pantai ini Lebih berada di selatan Kota Gianyar atau tepatnya di Desa Lebih, Kecamatan Gianyar yang jaraknya dari Kota Gianyar sekitar 7 km.

6. Ubud Bali

10 Tempat Wisata Gianyar Bali Yang Wajib Anda Kunjungi

Ubud merupakan salah satu Tempat Wisata Gianyar Bali yang terkenal dan sangat populer. Di kalangan wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Ubud sebagai tempat wisata di pulau Bali, sudah terkenal semejak tahun 1930-an. 

Ubud Tempat Wisata Bali Sangat Terkenal Sampai Mancanegara dan tempat ini menjadi semacam ikon pariwisata Gianyar bali. Banyak tempat tujuan wisata di Kawasan ubud seperti obyek wisata seperty Monkey Forest, Puri Ubud, Museum Neka, Gallery Lukisan, pertunjukan tari dan pasar seni Ubud. 

Lokasi Ubub terkenal karena terletak di antara  pemandangan persawahan dan hutan yang terjaga, terletak di antara jurang-jurang gunung yang membuat pemandangan alam sangat indah. Untuk mencapai Desa Ubud dari airport Denpasar, berjarak kurang lebih 40 kilometer, dengan kendaraan anda akan menempuh waktu sekitar satu setengah jam perjalanan.

7. Pasar Sukawati 

10 Tempat Wisata Gianyar Bali Yang Wajib Anda Kunjungi

Pasar Sukawati merupakan tujuan wisata belanja di Kabupaten Gianyar Bali, karena tempat ini merupakan pasar seni yang terletak di Kabupaten Gianyar, Bali. Pasar ini menjual berbagai kerajinan seni khas Bali seperti sandal manik-manik, pakaian, tas, lukisan, patung kayu dan lain-lain.

Jika anda ingin mencari oleh-oleh berkunjung kepasar ini adalah pilihan tepat karena memang disini pusatnya kerajinan dan oleh-oleh khas Bali. Pasar Sukawati juga tempat paling pas dan lengkap serta harga yang di tawarkan pun murah untuk produk khas Bali.

8. Bali Zoo Park 

10 Tempat Wisata Gianyar Bali Yang Wajib Anda Kunjungi

Bali Zoo adalah kebun binatang di Bali dan merupakan salah satu terbaik di Asia-Pasifik. di bangunnya tempat ini selain sebagai tempat  wisata juga Memiliki tujuan untuk melestarikan satwa yang hampir punah. Tempat ini memiliki luas sekitar 3,5 ha dan hingga saat ini sudah ada lebih dari 450 jenis satwa langka.

Ditempat ini juga sudah memiliki fasilitas outbound dan trekking bagi wisatawan yang bisa anda gunakan untuk mengisi waktu liburan. Letak Kebun Binatang Bali Zoo Park berada persis di Jalan Raya Singapadu – Banjar Seseh – Desa Batuan – Kecamatan Singapadu – Kabupaten Gianyar bali Indonesia.

9.  Pura Tirta Empul Tampaksiring

10 Tempat Wisata Gianyar Bali Yang Wajib Anda Kunjungi

Pura Tirta Empul Tampak Siring merupakan Tempat Wisata Gianyar Bali berupa mata air yang disucikan oleh umat Hindu. Berlokasi sekitar 39 Km dari Denpasar. Mata Air yang disakralkan ini diyakini dapat menetralisir pengaruh negatif atau kata lainnya. Mata air disini diyakini bisa membersihkan diri kita dari kekuatan jahat.

Pura ini juga merupakan tempat bersejarah karena di beberapa bangunan di pura ini salah satunya didirikan istana kepresidenan yang di bangun pada masa pemerintahan Soekarno di Indonesia. Nama Pura Tirta Empul di ambil dari sumber mata air yang dinamakan Tirta Empul. Apa bila diartikan adalah sebuah air yang menyembur dari tanah.  Jadi Tirta Empul adalah air suci yang menyembur keluar dari dalam tanah.

Pura Turta Empul Tampak Siring berada di lembah yang dikeliling bukit yang hijau. Di bukit bagian barat Pura Tirta Empul merupakan Istana Presiden Sukarno. Nama Tirta Empul termuad pada prasasti yang berada di Pura Sakenan, Desa Manukaya -Tampak Siring Kabupaten Gianyar Bali. Jaraknya kurang lebih 3 km dari Pura Tirta Empul.

10. Goa Gajah

10 Tempat Wisata Gianyar Bali Yang Wajib Anda Kunjungi

Goa Gajah tempat wisata gianyar bali, terletak di kecamatan Blahbatu, Gianyar. Tempat wisata ini adalah bangunan yang sengaja di buat untuk beribadah. Namun mempunyai bentuk dan keunikan tersendiri di banding dengan goa lainnya. Secara keseluruhan sangat indah dan direkomendasikan untuk dikunjungi untuk anda yang sedang berwisata di kawasan ubud bali.

Dengan letak lokasi dan tempat strategis tidak jauh dari jalan anda akan dengan mudah untuk menuju goa gajah ini. Anda bisa membawa kendaraan dan bisa di parkir tidak jauh dari tempat goa tersebut. Jadi tidak perlu melakukan perjalanan jauh seperti yang di lakukan jika anda sedang berwisata di goa alam.

Sebetulnya bukan cuma 10 Tempat Wisata Di Kabupaten Gianyar Bali Yang Wajib Anda Kunjungi. Tapi masih banyak lagi obyek wisata lain di kabupaten Gianyar Bali yang bisa anda kunjungi. Perlu anda tahu bahwa hampir semua desa di kabupaten Gianyar bali ada obyek wisatanya.

Jika anda suka suasana alam, anda bisa mengunjungi daerah Gianyar utara. Ditempat tersebut  banyak pemandangan yang sangat indah salah satunya adalah Cekingan. Yaitu pemandangan sawah bertingkat (terasering) yang tidak kalah indahnya dengan Jatiluwih.

Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *