10 Tempat Wisata di Kuningan Yang Paling Populer

10 Tempat Wisata di Kuningan Yang Paling Populer

Diposting pada

Tempat Wisata di Kuningan – Kuningan Adalah salah satu Kabupaten di provinsi Jawa Barat. Dilihat dari posisi geografisnya terletak di bagian timur Jawa Barat berada pada lintasan jalan regional yang menghubungkan kota Cirebon dengan wilayah Priangan Timur. Sebagai jalan alternatif jalur tengah yang menghubungkan Bandung-Majalengka jawa barat dengan Jawa Tengah.

Bagian timur wilayah kabupaten ini adalah dataran rendah, sedang di bagian barat berupa pegunungan, dengan puncaknya Gunung Ceremai (3.076 m) di perbatasan dengan Kabupaten Majalengka. Gunung Ceremai adalah gunung tertinggi di Jawa Barat.

Tempat Wisata di Kuningan Yang Paling Populer

Seperti kabupaten lain di Indonesia, Kabupaten Kuningan juga menarik yang menawarkan sejuta pesona wisata yang tak kalah dengan kabupaten lain di Indonesia. Di kabupaten yang bersebelahan dengan Kota Cirebon ini banyak dijumpai tempat wisata mulai dari wisata alam hingga sejarah. Untuk lebih jelasnya tempat wisata di Kuningan yang menarik dan menawarkan keindahan bisa baca ulasannya dibawah ini.

1. Telaga Remis

10 Tempat Wisata di Kuningan Yang Paling Populer

Telaga Remis adalah tempat wisata kuningan yang berhubungan dengan wisata air.  Tempat ini menjadi salah satu tempat wisata di Kuningan yang populer di kalangan wisatawan. Objek wisata Telaga Remis menyuguhkan keindahan alam yang asri dan udara yang masih segar. Jika sedang wisata di kuningan Telaga remis tempat yang cocok untuk relaksasi dan menghilangkan segala kepenatan dari kebisingan dan rutinitas sehari-hari.

Lokasi tempat wisata Telaga Remis terletak di Desa Kaduela. Jarak tempuh lokasi telaga remis kurang lebih 37 km atau dapat ditempuh 1 jam dari pusat Kota Kuningan, Telaga Remis memiliki lahan seluas 13 hektar untuk wilayah keseluruhan. Sedangkan luas danau atau telaganya hanya mencapai 3,25 hektar.

2. The Mountain Recreation Park

10 Tempat Wisata di Kuningan Yang Paling Populer

Tempat wisata hiburan dikunikan yang menarik adalah The Mountain Recreation Park. Tempat yang menawarkan keasyikan permainan wahana air yang bisa dinikmati oleh semua kalangan. Mulai dari anak-anak hingga dewasa. Ini tempat wisata di Kuningan yang mengusung konsep waterboom.

Tempat wisata ini akan ramai sekali diwaktu akhir pekan maupun hari-hari libur lainnya. Lokasinya The Mountain Recreation Park berada di Kompleks Pesona Alam Kuningan Residence, Jalan Raya Cirendang-Cigugur. Tempat wisata ini cocok sekali sebagai destinasi wisata keluarga untuk menghabiskan akhir pekan.

3. Cibulan

10 Tempat Wisata di Kuningan Yang Paling Populer

Tempat wisata di Kuningan yang populer lainnya adalah Cibulan. Di tempat wisata ini, Anda bisa menikmati tiga kolam yakni Kolam Linggarjati, Darma Loka, dan Cigugur. Tempat wisata ini memiliki daya tarik karena keberadaan ikan dewa yang dipercaya sebagai wujud reinkarnasi dari prajurit Prabu Siliwangi. Uniknya, spesies ikan ini tidak berkurang ataupun bertambah jumlahnya.

Wana wisata ini dapat dicapai dari Kota Kuningan dan dari Kota Cirebon. Terletak di Jalur Jalan Raya Kuningan-Cirebon. Kondisi jalan umumnya beraspal dan baik, dapat dilalui kendaraan roda dua dan empat. Jarak rute perjalanan dari  Cirebon ke Cibulan kurang lebih 20 Km dan jika dari kuningan ke cibulan sekitar 10 Km. Artikel terkait: Cibulan Tempat Wisata Kuningan Terkenal dengan Legenda Ikan Dewa.

4. Taman Purbakala Cipari

10 Tempat Wisata di Kuningan Yang Paling Populer

Tempat wisata populer di Kuningan yang bersejarah adalah  dengan mengunjungi Taman Purbakala Cipari. Yang menarik di tempat wisata ini anda akan melihat benda-benda purbakala seperti peti kubur batu, gerabah, perkakas dapur, perunggu, dan bekas fondasi bangunan. Pesona Kuningan ini menarik dan menyajikan daya tarik yang berbeda.

Taman Purbakala tempat wisata yang harus dikunjungi untuk mengisi masa liburan Anda dan keluarg. Tempat  wisata ini Berada di Desa Cigugur, Kecamatan Cigugur. Tempat wisata di Kuningan ini dipercaya dulunya menjadi permukiman manusia purba masa neolitikum.

5. Lembah Cilengkrang

10 Tempat Wisata di Kuningan Yang Paling Populer

Lembah Cilengkrang merupakan tempat wisata di Kuningan yang menawarkan paket wisata yang menakjubkan. Di sini, Anda tidak hanya sekadar menikmati ngarai yang hijau, tetapi juga bumi perkemahan, sumber air panas, dan juga air terjun.

Lokasi tempat wisata Lembah Cilengkrang terletak di Desa Pajambon, Kacamatan Karamatmulya, Kabupaten Kuningan, termasuk salah satu kawasan wisata alam Gunung Ciremai.

6. Gunung Ciremai

10 Tempat Wisata di Kuningan Yang Paling Populer

Ingat Gunung Ciremai, sudah pasti ingat Kuningan. Gunung Ciremai memang identik sebagai tempat wisata di Kuningan yang menjadi destinasi bagi para pecinta alam. Gunung dengan ketinggian 3.080 mdpl ini menjadi gunung yang tertinggi di Jawa Barat.

Hamparan pemandangan alam yang begitu mempesona seolah menarik para petualang dari seluruh pelosok negeri untuk menaklukkan gunung ini. Di sini, Anda bisa menikmati keindahan matahari terbit, kecantikan bunga edelweiss, kawah, dan lainnya.

7. Curug Bangkong

10 Tempat Wisata di Kuningan Yang Paling Populer

Curug Bangkong merupakan tempat wisata alam di Kuningan memiliki ketinggian sekitar 20 meter yang di sekitarnya telah dibangun tanggul sebagai pengaman dari ancaman abrasi sungai. Cururg Bangkong menjadi salah satu tempat wisata di Kuningan yang menarik untuk dikunjungi.

Air terjun ini menawarkan panorama alam yang indah, sangat cocok buat liburan bersama sahabat yang menyukai wisata alam. Air terjun atau curug Bangkong Berlokasi di Desa Kertawiratma, Kecamatan Nusaherang, Kuningan Jawa Barat.

8. Curug Sidomba

10 Tempat Wisata di Kuningan Yang Paling Populer

Curug Sidomba menjadi tempat wisata di Kuningan yang menawarkan keindahan alam air terjun di pegunungan. Meski ketinggiannya hanya berkisar 3 meter, namun wisata air terjun yang terletak di kaki gunung Ciremai ini tak kalah cantik dengan wisata air terjun lainnya.

Lokasinya berada di kawasan bumi perkemahan Sidomba, tepatnya di Desa Peusing, Kecamatan Jalaksana, Kuningan Jawa Barat Indonesia.  Untuk mencapai tempat wisata ini diperlukan waktu kurang lebih 45 menit dari pusat kota Kuningan.

9. Curug Ciputri

10 Tempat Wisata di Kuningan Yang Paling Populer

Tempat Wisata alam Curug ciputri memang selalu mengasyikkan yang menyajikan  Panorama alam yang indah dengan kesegaran udara juga hawa yang sejuk, tempat nyaman untuk bersantai untuk refresing dari rutinitas sehari-hari. Tempat wisata di Kuningan ini menyajikan pesona air terjun  / curug dengan ketinggian kurang lebih 20 meter.

Airnya yang jernih dan segar berasal dari mata air di hutan Gunung Ciremai. Tempat wisata Curug Ciputri atau Putri berlokasi di kawasan bumi perkemahan Patulungan, tepatnya Kecamatan Cigugur, Kuningan, jawa barat Indonesia.

Baca Juga: 12 Air Terjun / Curug Andalan Tempat Wisata Majalengka di Jawa Barat

10. Waduk Darma

10 Tempat Wisata di Kuningan Yang Paling Populer

Waduk Darma menjadi tempat wisata di Kuningan yang juga menawarkan keindahan alam dan  udara yang segar sehingga nyaman untuk dinikmati saat liburan. Daya tarik yang ditawarkan tempat wisata ini tentu saja kecantikan alam di sekitar, waduk yang memiliki luas area 425 hektar.

Tak hanya sebagai tempat untuk bersantai dan menikmati panorama alam yang menyenangkan, namun Waduk Darma ini juga bisa menjadi tempat tujuan camping. Lokasi Tempat wisata Waduk Darma berada tidak jauh dari Curug Bangkong, tepatnya di Jalan Raya Cirebon-Kuningan-Ciamis, Desa Jegara, Kecamatan Darma.

Demikian 10 tempat wisata di kuningan yang populer. Semoga bisa menjadi referensi sebagai tujuan wisata untuk liburan anda. Selain itu anda juga bisa mencicipi 5 Wisata Kuliner Kota Bandung Yang Perlu Anda Coba.

Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *