10 Tempat Wisata di Semarang Paling Populer

10 Tempat Wisata di Semarang Paling Populer

Diposting pada

Tempat Wisata Di Semarang Semarang merupakan ibukota provinsi Jawa Tengah. Provinsi ini memiliki banyak tempat wisata menarik untuk anda kunjungi. Tempat wisata di semarang  bagian dari daftar tempat wisata di Jawa Tengah yang memiliki daya tarik tersendiri sebagai tempat tujuan wisata. Semarang juga menjadi Salah satu Kota yang cukup berkembang baik, terutama dalam hal pariwisata.

Sebagai salah satu tempat wisata di Jawa Tengah yang cukup populer, Semarang juga memiliki beraneka ragam objek wisata menarik yang tidak boleh dilewatkan saat anda berada di Ibukota Provinsi Jawa Tengah ini. Banyak sekali bagunan bersejarah, terutama bangunan peninggalan pada masa penjajahan Belanda. Dengan kejelian Pemerintah Kota Semarang menjadikan latar belakang sejarah Kota ini menjadi dayatarik Pariwisata.

Sebagai salah satu kota yang berperan penting pada masa pendudukan Belanda, sehingga semarang memiliki banyak tempat-tempat bersejarah. Seperti bisa kita jumpai saat ini banyak bangunan-bangunan tua yang menjadi salah satu destinasi wisata  favorit di Semarang. Hal ini karena historis Kota Semarang yang panjang dalam perannya ketika terjadi perebutan kekuasaan pada masa kemerdekaan Indonesia.

Daftar Tempat Wisata di Semarang Paling Populer

Bukan hanya wisata sejarah saja kota Semarang juga banyak terdapat destinasi wisata lainnya, seperti wisata religi, wisata pantai, Taman dan masih banyak lagi. Jika anda sedang berlibur tidak ada salahnya untuk mengunjungi beberapa wisata Semarang Kota dan sekitarnya. Sebagai Referensi tempat wisata di Semarang, silahkan simak ulasan beberapa tempat wisata di Semarang yang paling populer dibawah ini.

1. Masjid Agung Jawa Tengah

10 Tempat Wisata di Semarang Paling Populer

Masjid Agung Jawa Tengah adalah salah satu tempat wisata di Semarang paling populer oleh penikmat wisata religi.Masjid Agung Jawa Tengah adalah masjid yang terletak di Semarang, provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Masjid ini mulai dibangun sejak tahun 2001 hingga selesai secara keseluruhan pada tahun 2006. Masjid ini berdiri di atas lahan 10 hektare. Bagi anda yang mengunjungi kota ini jangan sampai terlewatkan untuk mengunjungi Masjid agung Semarang.

Masjid ini termasuk dalam daftar sebagai salah satu Masjid yang paling besar di Indonesia, dan tidak heran jika membuat masjid ini selalu ramai dengan para pengunjung untuk yang sekedar menjalankan shoalat lima waktu maupun yang datang untuk menikmati kemegahan dari arsitektur bangunan Masjid Agung Jawa Tengah ini.

Masjid Agung Semarang merupakan masjid yang sengaja di bangun bukan sekedar sebagai tempat ibadah semata melainkan juga untuk berbagai tujuan termasuk wisata religius di Semarang. Hal ini terlihat dari ada berbagai sudut bangunan yang ditunjang dari berbagai keperluan dari mulai untuk keperluan ibadah, pernikahan, perpustakaan, dan juga penginapan lengkap dengan kamar-kamar.

Salah satu hal yang sangat menarik  dan menjadi daya tarik dari Masjid Agung adalah dengan desain arsitekturnya yang bergaya campuran antara Jawa, Islam, dan Romawi, yaitu adanya adanya 6 buah menara payung besar setinggi 20 meter dengan payung yang bisa terbuka dengan lebar payung masing-masing 14 meter yang terlihat sangat indah.

2. Kota Tua Semarang

10 Tempat Wisata di Semarang Paling Populer

Bila anda berwisata ke semarang Belumlah lengkap rasanya jika belum mengunjungi Kota Tua Semarang yang berada di Jalan Letnan Jenderal Suprapto, Tanjungmas, Semarang Utara, Semarang, Jawa Tengah. Kota tua di semarang merupakan kota yang sangat bersejarah yang menjadi pusat pemerintahan dan perdagangan sejak jaman dahulu, oleh sebab itu kota ini memiliki sejumlah bangunan tua bersejarah.

Ada beberapa sudut kota semarang yang sebagian besar bangunannya merupakan bangunan tua yang sangat kuno. Ini menjadi ciri khas dan daya tarik dari wisata kota tua di Semarang. Di kota tua Semarang inilah anda bisa melihat sudut-sudut kota tua yang bangunan terkesan sangat kuno. Banyak sekali bangunan bercorak kolonial maupun bercorak khas negeri Tiongkok.

Bagian kota ini juga oleh sebagian masyarakat dikenal dengan komplek Pecinan. Karena banyak sekali ditemukan bangunan Cina yang sangat khas dari tiongkok. Tempat wisata di Semarang dengan daya tariknya dan ke khasannya menjadi tempat wisata di Semarang paling populer dan menjadi tujuan rekreasi di semarang dengan suasana yang berbeda.

3. Pantai Marina

10 Tempat Wisata di Semarang Paling Populer

Tempat rekreasi Pantai Marina merupakan salah satu tempat wisata di Semarang . Objek wisata pantai yang banyak dikunjungi wisatawan. Pantai di Semarang yang satu ini memang tidak pernah sepi dari pengunjung, terutama pada setiap akhir pekan atau pada masa liburan. Di dukung lagi dengan letaknya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota Semarang, sehingga lokasinya mudah dijangkau.

Sebelum dikelola dengan baik dan mendapatkan perhatian dari pemerintah setempat, pantai marina masih terlihat sepi karena kurang begitu diminati pengunjung. Dahulu tempat ini hanyalah berupa semak belukar yang dipenuhi dengan tanaman bakau. Tempat wisata pantai Marina tidak seindah yang anda lihat dan semenarik seperti sekarang .

Tempat wisata pantai Marina ini memiliki daya tarik dengan suasana pantai yang menyegarkan. Lokasi pantai yang cukup rindang dengan banyaknya pepohonan yang sengaja di tanam untuk menambah keasrian pantai. Tepi pantai yang sudah tertata rapi tempat ini mendukung anda untuk melakukan kegiatan seperti , jalan santai, berlari kecil, menyewa perahu, bermain ski air, berenang, dan sebagainya.

Untuk harga tiket masuk Pantai Marina sangat terjangkau sekali bisa dikatakan murah hanya sebesar Rp. 3.000,-/ orang. Pengunjung sudah bisa menikmati indahnya suasana pantai marina, semarang jawa tengah Indonesia.

4. Lawang Sewu

10 Tempat Wisata di Semarang Paling Populer

Tempat wisata di semarang paling populer lainnya adalah lawang sewu dalam bahasa Jawa mempunyai arti Seribu Pintu. Sebutan Lawang sewu terkait erat dengan arsitektur bangunan yang sangat megah dan luas denga ratusan jendela besar dan tinggi yang jumlahnya sangat banyak yang berada di setiap ruangan di bangunan tua tersebut. Sehingga bangunan ini dikenal dengan nama Lawang Sewu (Seribu Pintu).

Wisata Lawang Sewu ini tempat wisata di semarang berupa sebuah gedung kuno peninggalan bangsa Belanda pada jaman pejajahan dahulu. Lokasinya terletak di pusat Kota Semarang, tepatnya berada di Jalan Pemuda Semarang. Bangunan yang satu ini pada awal pembangunannya di tahun 1904 dipergunakan sebagai kantor dari perusahaan Perkeretaapian Belanda.

Jadi pada jaman dahulu semua kegiatan perkeretaapian Belanda di Jawa Tengah dan Yogyakarta dipusatkan di Bagunan ini dan termasuk bagunan termegah pada zamannya dan masih bisa anda lihat saat mengunjungi Kota Semarang. Lawang Sewu saat ini bangunan bersejarah di Semarang yang sudah tidak digunakan lagi, sehingga Bangunan ini terkesan angker saat anda berada di tempat ini. Namun karena kesan angker inilah Lawang Sewu mendapatkan daya tariknya.

Kesan angkernya lebih diperkuat lagi dengan digunakannya bangunan ini sebagai penjara bawah tanah pada masa penjajahan Jepang. Banyak sekali ruangan-ruangan sempit yang berada di bawah tanah yang dijadikan sel-sel para tahanan perang pada masa penjajahan. Walaupun angker tapi tempat ini sudah banyak mengalami perbaikan dan sekarang ini masih digunakan sebagai salah satu tempat wisata di Semarang yang sangat populer.

Baca Juga: 5 Wisata Warisan Budaya di Kota Semarang Yang Menarik Untuk Dikunjungi

5. Sam Po Kong

10 Tempat Wisata di Semarang Paling Populer

Tempat wisata di Semarang yang juga sangat populer dan terkenal adalah sebuah Klenteng yang bernama Klenteng Sam Po Kong. Uniknya sampai dengan saat ini masih banyak orang rancu dengan keberadaan bangunan yang satu ini. Banyak orang terutama mereka yang warga keturunan Tionhoa menganggap bangunan ini adalah bangunan Klenteng tempat bersembahyang.

Hal ini tidaklah mengherankan karena melihat arsitektur bentuk bangunan yang serupa dengan bangunan Klenteng pada umumnya. Selain itu bangunan ini juga memiliki aneka kelengkapa sembahyang seperti pada bangunan Klenteng lainnya. Namun di sisi yang lain berdasarkan sejarahnya, bangunan ini didirikan oleh seorang Laksamana dari Tiongkok yang bernama Cheng Ho atau Zheng He yang merupakan seorang kasim yang beragama Islam.

Tercatat berlayar meninggalkan negeri Tiongkok dan mendarat di Semarang pada awal abad ke-15 Masehi. Di tempat inilah laksamana Cheng Ho kemudian mendirikan sebuah masjid untuk bersembahyang dan menyebarkan agama Islam. Jadi berdasarkan sejarahnya diyakini bahwa sebenarnya bangunan Klenteng ini adalah sebuah bangunan masjid.

Namun terlepas dari itu semua yang sebagai bangunan religius umat Konghuchu dan juga umat Islam. Bangunan yang satu ini memang sungguh menarik dan Nilai gaya Arsitektur yang tinggi sehingga klenteng ini kental dengan nuansa Cina yang sangat kuat. Bagi anda yang sedang melakukan wisata disemarang jangan lewatkan untuk mengunjungi tempat wisata ini.

6. Taman Margasatwa Semarang

10 Tempat Wisata di Semarang Paling Populer

Kota Semarang juga memiliki tempat wisata sebuah kebun binatang yang diberi nama Taman Margasatwa Semarang. Taman Margasatwa Semarang ini memang dalam sejarahnya telah beberapa kali mengalami pergantian nama. Ini salah satunya dikarenakan lokasinya yang sempat beberapa kali berpindah tempat sehingga ada yang menyebut dengan nama Kebun Binatang Mangkang.

Namun sejak tahun 2007 yang lalu pemerintah setempat telah secara tetap memindahkan kebun binatang ini di kawasan Jalan Raya Semarang – Kendal Kilometer 17. Taman Marga Satwa Semarang atau  Kebun Binatang Mangkang merupakan salah satu objek wisata populer bagi para wisatawan yang berkunjung ke kota Semarang.

Kebun binatang ini merupakan tempat konservasi satwa yang memadukan konsep edukasi dengan konsep rekreasi. Sehingga para pengunjung yang datang ke Kebun Binatang Mangkang ini bisa mendapatkan pengetahuan yang lebih luas mengenai kekayaan flora dan fauna nusantara.

Di tempat wisata di Semarang inilah berbagai jenis koleksi satwa dan juga tanaman bisa dinikmati di lahan yang cukup luas sehingga bisa menampung banyak sekali satwa dan juga tanaman. Di tempat wisata di Semarang ini pengunjung bisa menikmati suasana rindang kebun binatang sembari melihat berbagai koleksi flora dan fauna dengan membayar harga tiket masuk yang cukup terjangkau.

7. Wonderia Semarang

10 Tempat Wisata di Semarang Paling Populer

Wonderia Semarang merupakan salah satu tempat wisata di Semarang yang menawarkan keseruan khas taman rekreasi keluarga. tempat wisata di Semarang ini memang menjadi salah satu pilihan yang bisa dicoba saat ingin menghabiskan liburan di Semarang. Di tempat wisata ini menyediakan Tempat parkir yang luas telah disediakan pengelola untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung. Selain itu kawasan Taman wisata Wonderia juga cukup teduh, karena banyaknya pohon-pohon yang cukup rindang disekitar taman.

Untuk bisa masuk anda bisa membayar tiket masuk sebesar  Rp 9.000 /orang senin s/d Sabtu dan Rp 10.000/orang untuk weekend/hari libur lainnya. Taman rekreasi ini buka setiap hari mulai dari jam 09.00-22.00. Dan khusus akhir pekan taman rekreasi wonderia buka hingga pukul 23.00.

Taman wisata Wonderia berada di pusat kota Semarang, tepatnya di jalan Sriwijaya No.29. Berbagai permainan yang disiapkan Taman wisata Wonderia mulai dari Merry Go Round, Typhoon Coaster, Boom Boom Car, Kiddy Boat,  Super Rally,  dan Space Gyro. Semua wahana tersebut akan memberikan kesenangan bagi anak-anak sehingga menjadikan liburan akhir mereka begitu menyenangkan.

Baca Juga: 9 Wisata Belanja di Semarang Yang Paling Terkenal

8. Taman Mini Puri Maerokoco

10 Tempat Wisata di Semarang Paling Populer

Taman Puri mareokoco merupakan perwujudan dari miniature provinsi jateng yang terletak di sebelah barat PRPP-Tawang Mas, Semarang, 3 km dari Bandara Achmad Yani ke timur atau di jalan lingkar utara kota semarang. Taman ini dibangun pada tahun 1993. Miniatur ini menempati areal seluas 23,84 ha. Yang terdiri dari anjungan-anjungan dari 35 daerah kabupaten/ kotamadya dati II se-Jateng. Dengan desain bercirikan arsitektur khas jateng.

Taman ini diwujudkan dengan pulau yang merupakan gambaran miniatur Jawa Tengah dibatasi oleh laut Jawa dan Samudra Indonesia dan lahan Jawa Barat serta Jawa Timur. Di luar miniatur ini terdapat jalan keliling lebar 6 m yang bisa dipakai untuk kereta mini dan sebagainya. Taman Mini Jawa Tengah Indah adalah sebuah objek wisata yang berada di Jalan Yos Sudarso Semarang kurang lebih 5 Km dari Tugu Muda.

Salah satu bagian taman dari kawasan PRPP (Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan) Jawa Tengah. Sebagai taman mini Jawa Tengah yang merangkum semua rumah adat yang disebut dengan anjungan dari 35 kabupaten dan kota yang ada di Jawa Tengah. Di dalam rumah-rumah tersebut digelar hasil–hasil industri dan kerajinan yang diproduksi oleh masing–masing daerah.

Selain menampilkan rumah– rumah adat, objek wisata ini dilengkapi dengan fasilitas rekreasi air seperti, sepeda air, perahu, juga kereta bagi pengunjung. Dibuka untuk umum dari jam 08.00 sampai 18.00. Dapat dijangkau dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

9. Pantai Maron

10 Tempat Wisata di Semarang Paling Populer

tempat wisata alam di semarang merupakan salah satu kota yang terletak di tepi pantai Laut Jawa, yang menjadikan kota ini memiliki beberapa pantai yang dapat dimanfaatkan sebagai rekreasi bagi warga masyarakat sekitar. Salah satu pantai yang ada di Kota Semarang adalah Pantai Maron Pantai ini berdekatan dengan Bandara Ahmad Yani. Untuk mencapainya anda harus ekstra hati-hati karena di jalan menuju lokas wisata ini masih berupa tanah yang dipadatkan dan bergelombang.

Hal ini menyebabkan kesulitan bagi pengunjung yang membawa mobil pribadi. Jadi saran kami apabila ingin berkunjung ke tempat ini mending menggunakan sepeda motor atau sepeda. Banyak dari warga Semarang yang pada hari libur bersepeda dan kemudian menikmati keindahan Pantai Maron di Kota Semarang ini.

10. Air Terjun Kali Pancur

10 Tempat Wisata di Semarang Paling Populer

Air Terjun Kali Pancur adalah salah satu tempat wisata alam Populer di Semarang tepat berada di Desa Nogosaren, Semarang,Indonesia. Objek wisata air terjun kali pancur ini mempunyai ketinggian sekitar 150 meter dan merupakan tempat wisata yang paling terkenal untuk kategori tempat wisata alam di Semarang.

Air Terjun Kali Pancur memiliki daya tarik berupa bebatuan alam yang ditumbuhi pepohonan hijau, dan memiliki beberapa goa walet menjadi pelengkap keindahan dari wisata air terjun kali pancur ini. Untuk mengunjungi tempat wisata alam Air Terjun Kali Pancur, gar menyiapkan terlebih dahulu fisik anda.

Karena untuk menuju tempat wisata ini anda akan melewati sekitar 900 anak tangga.  Cukup melelahkan memang untuk anda dapat menikmati keindahan Air Terjun Kali Pancur dari ketinggian. Namun tempat ini akan menyuguhkan pesona menakjubkan dan sangat cocok bagi anda yang menyukai wisata dengan nuansa petulangan.

Dekianlah referensi 10 tempat wisata di semarang paling populer yang banyak dikunjungi wisatawan. Khususnya saat wisatawan berkunjung di Jawa Tengah Indonesia. Semoga Informasi wisata ini bermanfaat bagi anda yang akan merencanakan liburan di Semarang. Baca Juga: Daftar Nama dan Alamat Hotel Bintang 5,4, dan 3 di Semarang

Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *