15 Tempat Wisata di Kota Singkawang Kalimantan Barat
Foto by: Freddy Hernawan

15 Tempat Wisata di Kota Singkawang Kalimantan Barat

Diposting pada
  • 2
    Shares

Tempat Wisata di Kota Singkawang – Singkawang adalah Kota madya yang berada di Kalimantan Barat. Kota Singkawang terkenal dengan banyak tempat-tempat menarik untuk tujuan wisata, jarak dapat tempuh menggunakan kendaraan sekitar 3 jam perjalan dari ibuKota provinsi Kalimantan Barat yaitu Pontianak.

Bidang pariwisata Kota Singkawang sidah tertata dengan baik ditunjang lagi berbagai fasilitas memasai, seperti yang bisa anda lihat hotel disingkawang semakin bertambah menandakan pariwisata Singkawang terus mengalami kemajuan.

Tempat Wisata di Kota Singkawang

Selain dikenal dengan Sebutan kota Amoy, Singkawang menawarkan keindahan objek wisata mulai dari wisata pantai, pegunungan, taman dan masih banya lagi wisata singkawang lainnya dapat dijadikan tujuan rekreasi akhir pekan maupun liburan akhir tahun.

Untuk yang dari Kalimantan Barat tentu sudah tidak asing lagi dengan tempat wisata singkawang, karena memang merupakan tujuan favorit wisatawan. Nah untuk anda dari luar kalbar dan belum pernah ke singkawang Kalimantan Barat, berikut daftar tempat wisata menarik di Kota Singkawang yang bisa anda kunjungi.

1. Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang Tempat Wisata populer di Singkawang

Pantai Pasir Panjang Singkawang merupakan obyek wisata di kota Singkawang yang menarik untuk dikunjungi saat liburan. Wisata Pasir panjang sudah sangat terkenal keberadaannya, bukan hanya kota Singkawa saja namun hampir seluruh kalbar sudah mengenal objek wisata ini. Pantai ini memiliki dayatarik dengan pasir putih memanjang sepanjang bibir pantai sepanjang 3 km.

Tujuan tempat Wisata di Kota Singkawang yang satu ini sangat ramai dikunjungi wisatawan, terutama hari-hari libur, baik libur weekend maupun libur lainnya. Banyak fasilitas yang ada di tempat ini seperti diskotik, persewaan perahu motor, sepeda air, tempat berlindung, pondok wisata, dan toko suvenir. Lokasi obyek wisata pasir panjang terletak di Kecamatan Tujuh Belas, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

2. Sinka Island Park

Tempat Wisata di Kota Singkawang Kalimantan Barat

Sinka Island Park merupakan salah satu Tempat Wisata di Kota Singkawang. Tepatnya berada di Jalan Malindo Teluk Karang, Kelurahan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Untuk menuju lokasi jaraknya hanya sekitar 8 km dari Kota Singkawang. Sinka Island Park tempat wisata ini luas area mencapai 35 hektar.

Untuk bisa berkelili pihak managemen Sinka Island Park telah menyediakan andong dan kuda. Banyak tempat bisa anda kunjungi di sinka island part seperti: Taman Sinka Island Park, Pantai Bajau di Sinka Island Park, Sinka Zoo Yang Alami,dan Spot Mancing Mania bagi yang hobi memancing.

3. Pantai Batu Burung

Tempat Wisata di Kota Singkawang Kalimantan Barat

Wisata Pantai Batu Burung memiliki pemandangan menarik, salah satu yang menjadi dayatarik pantai ini adalah batu-batu granit yang banyak berserakan di pantai ini. Sehingga menjadi pemandangan yang indah, ditambah lagi dengan deburan ombak. Bagi yang ingin berfoto di antara batu granit disini sudah terdapat fasilitas berupa jembatan yang menghubungkan pengunjung ke batu granit tersebut.

Lokasi Pantai Batu burung terletak di perkampungan nelayan, tepatnya berada di Kelurahan Sedau Kecamatan Singkawang Selatan. Pantai Batu Burung ini berdekatan dengan Teluk Mak Jantu Sedau Singkawang. Apabila anda berkunjung ke Pantai Batu Burung di sore hari, maka anda akan menyaksikan keindahan pantai ini terutama saat matahari tenggelam (sunset).

4. Wisata Rindu Alam

Tempat Wisata di Kota Singkawang Kalimantan Barat

Berada di atas ketinggian merupakan salah satu kegiatan yang cukup menyenangkan, apalagi jika dilakukan di berbagai tempat yang baru. Jika Anda termasuk satu diantaranya, jangan lewatkan untuk menikmati Bukit Rindu Alam saat berkesempatan mengunjungi Singkawang. Rindu alam tempat wisata yang menarik untuk menikmati pesona pantai dari ketinggian.

Lokasinya terletak tidak jauh dari wisata pasir panjang dan sekitar 20 kilometer jika dari pusat Kota Singkawang. Di Rindu Alam Anda akan menikmati keindahan kelap-kelip lampu Kota Singkawang pada malamnya dengan suhu pegunungan yang dingin. Selain itu yang tak kalah menarik anda bisa menikmati keindahan laut, pulau, gunung di dari ketinggian yang tampak eksotis apa lagi saat pagi hari.

5. Wisata Alam Gunung Poteng

Tempat Wisata di Kota Singkawang Kalimantan Barat

Gunung poteng adalah salah satu wisata alam pegunungan yang ada di Kota Singkawang yang masuk dalam Kawasan hutan Cagar Alam Raya Pasi. Gunung Poteng merupakan tempat wisata alam cocok bagi yang menyukai hobi berpetualang menjelajah hutan.

Gunung Poteng letaknya hanya 9 kilometer sebelah timur Kota Singkawang ini anda bisa menjumpai  bunga rafflesia tuan mudae, anggrek singkawang (Dendrobium Singkawangense), bunga law belacan (Rhizanthes Zippelii) serta berbagai jenis fauna seperti beruang madu, trenggiling dan landak.

6. Taman Burung Singkawang

Taman Burung singkawang
Img by: pesonasingkawang.com
Taman Burung Singkawang merupakan salah satu objek wisata menarik yang berada tidak jauh dari pasar kota singkawang, tepatnya di Jalan Merdeka Tengah, Kota Singkawang. Letak yang sangat strategis dan tidak sulit dijangkau menjadikan taman ini selalu ramai pengunjung. 

Taman Burung Kota Singkawang ini biasanya tamai dikunjungi masyarakat singkawang pada sore hari untuk bersantai bersama sahabat maupun keluarga. Karena taman ini sudah ditata sedemikian untuk sehingga tampak menarik seperti adanya tempat bersantai, bunga buatan dean masih banyak lagi sehingga sangat bagus untuk yang suka foto-foto.

7. Taman Bukit Bougenville

Taman Bukit Bougenville

Taman Bukit Bougenville merupakan tujuan wisata di Singkawang yang lokasinya berada di Desa Sijangkung. Untuk menuju ke wisata ini, kita bisa menempuh jarak sekitar 6 km dari pusat pemerintahan Kota Singkawang.Bisa ditempuh menggunakan kendaraan bermotor sekitar 15- 30 menit perjalanan.

Objek Wisata Taman Bukit Bougenville ini memiliki kunikan dan dayatarik tersendiri. Selain banyak tanaman bunga abda juga akan melihat pemandangan indah didaerah sekitar taman, karena dari sini anda akan melihat pemandangan Gunung Pasi. Tempat ini juga dikelilingi perkebunan dan hutan yang hijau nan eksotis tentunya, sehingga udaranya masih segar dan bersih.

8. Taman Gayung Bersambut

Tempat Wisata di Kota Singkawang Kalimantan Barat
Img by: pesonasingkawang.com
Taman gayung bersambut merupakan taman kota yang nyaman dan asri sebagai tempat untuk bersantai, lokasi berada di kota singkawang tepatnya di Jl Firdaus Pasiran Singkawang Barat, Kalbar.

Taman ini sudah dilengkapi dengan tempat bermain yang luas. Sehingga taman ini cocok untuk wisata keluarga. Fasilitas seperti tempat duduk gazeba bisa anda temukan disini dan bagi yang ingin menikmati makanan disini juga sudah tersedia kantin.

9. Taman Cinta Pajintan

Tempat Wisata di Kota Singkawang Kalimantan Barat

Taman cinta pajintan ini merupakanTempat Wisata di Kota Singkawang tergolong masih baru namun sudah mulai terkenal. Lokasinya berada di kelurahan pajintan, Singkawang Timur. Tempatnya yang menarik sehingga banyak muda mudi memanfaatkan tempat ini untuk berselfi.

Di taman cinta ini juga anda bisa menikmati pemandangan dan nuansa yang masih alami seperti pemandangan tepi danau, taman. Untuk yang dari luar kota disini juga sudah terdapat penginapan.

10. Taman Batu Belimbing

Tempat Wisata di Kota Singkawang Kalimantan Barat

Taman Batu Belimbing ini termasuk dalam wisata baru di Singkawang, namun keberadaannya saat ini sudah sangat populer dikalangan pencinta alam. Lokasinya berada di daerah Pajintan, sekitar 8 km dari Kota Singkawang. Yang menajadi dayatarik objek wisata ini karena terdapat bongkahan batu unik, Bentuknya menyerupai buah belimbing. Biasa tempat ini juga dikenal sebagai tempat wisata Batu Bergantung, dengan hutan sekitar yang masih alami.

Cerita tentang asal-asul batu ini pun bermacam-macam, ada yang bercerita bahwa batu ini merupakan batu yang tumbuh membesar hingga cerita bahwa batu ini adalah meteor yang jatuh. Dari pada penasaran mengenai Keunikan batu yang menyerupai belimbing ini, tidak ada salahnya jika anda sedang ketika berwisata ke Singkawang menyempatkan untuk mengunjungi tempat wisata taman batu belimbing.

11. Waterboom Gunung Poteng

Waterboom Gunung Poteng

Untuk anda yang ingin membawa anak-anak berwisata di singkawang, Tempat Wisata di Kota Singkawang waterboom gunung poteng bisa menjadi pilihan. Di tempat wisata ini, menyusukan berbagai fasilitas untuk bermain, seperti: wahana air pancur, kolam renang, berseluncur di kolam, bersepeda di kolam, dan lain sebagainya.

Selain menikmati fasilitas bermain anda juga disini bisa refresing, karena lokasinya yang tenang.Jika ingin menikmati suasana yang indah sebaiknya berkunjung ke tempat wisata ini adalah pagi dan sore hari. Karena bila siang hari tentu saja panas matahari terasa menyengat.

12. Danau Biru

Tempat Wisata di Kota Singkawang Kalimantan Barat

Danau Biru merupakan Tempat Wisata di Kota Singkawang. Tepatnya lokasinya terletak di Jl. Wonosari, Roban, Singkawang Tengah, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.Jaraknya kurang lebih 6 kilometer dari pusat kota Singkawang.

Danau biru tempatnya memiliki pemandangan sangat indah ditambah lagi air danau yang biru membuat tempat ini menjadi favorit para fotografer. Menjadikan tempat ini sebagai lokasi utama tempat berfoto-foto mengabadikan keindahan danau yang jarang ditemukan di tempat lain dikalbar.

13. Air Terjun Sibohe

 Air Terjun Sibohe

Objek wisata Air Terjun Sibohe merupakan destinasi wisata kota singkawang. Lokasi air terjun sibohe berada di Desa Pejintan. Tempat wisata ini masih tergolong alami. Untuk menuju Tempat wisata di Singkawang ini lokasinya berada di 6 km dari pusat kota Singkawang.

Bagi anda yang menyukai suasana alam yang masih alami, wisata ini cocok sekali. Dayatarik air terjun sibohe posisinya dikelilingi oleh akar pohon besar dan batang pohon, sehingga nampak indah sangat bagus untuk anda yang ingin mencari spot selfi dengan nuansa alam.

14. Tugu Naga Emas Singkawang

Tempat Wisata di Kota Singkawang Kalimantan Barat

Tugu Naga emas adalah Tempat Wisata di Kota Singkawang berupa sebuah tugu berada di Pusat Kota Singkawang tepatnya berada diJalan Niaga, Singkawang Barat, Kalimantan Barat. Tugu tersebut berada pas di simpang empat.

Letak yang setrategis tugu patung naga emas ini sangat mudah ditemukan jika anda sedang berkunjung di singkawang, biasanya wisatawan yang datang ingin mengabadikan moment dengan berfoto di tugu ini.

15. Masjid Raya Kota Singkawang

Tempat Wisata di Kota Singkawang Kalimantan Barat
Foto by: Freddy Hernawan
Tempat Wisata di Kota Singkawang Masjid Raya Singkawang adalah salah satu masjid tertua di Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Tepatnya lokasi masijid ini berada di tengah Kota Singkawang. Masjid ini menjadi kebanggaan masyarakat Muslim Singkawang, dengan bagunan yang nampak megah berdiri dan warna yang mencolok sehingga banyak menarik perhatian setiap pengunjung dari luar kota Singkawang.

Masjid Raya ini salah satu tujuan wisata religi di Kota Singkawang lokasinya berada di Jalan Masjid, Singkawang Tengah, Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Saat malam hari anda akan melihat keindahan dari masijid ini dengan gemerlap lampunya yang menghiasi setiap sudut bangunan masjid.

Itulah ulasan tentang 10 Tempat Wisata Menarik di Kota Singkawang Kalimantan Barat. Semoga bermanfaat bagi anda yang sedang mencari informasi tujuan tempat wisata di kalimantan Barat khususnya Kota Singkawang.

Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *