10 Tempat Wisata Purbalingga Paling Populer

10 Tempat Wisata Purbalingga Paling Populer

Diposting pada
  • 1
    Share

Kabupaten Purbalingga merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yang mempunyai geografi diantara beberapa daerah pegunungan yang ada di sekitarnya. Di sebelah Utara merupakan kawasan gunung Gunung Slamet dan dataran tinggi Dieng. Untuk bagian Selatan merupakan Depresi Serayu yang dialiri oleh dua sungai besar yaitu kali Serayu dan anak sungainya yaitu kali Pekacangan.

Ibu kota Kabupaten Purbalingga sendiri yakni berada di Kota Purbalingga yang berada di sekitar 21 km sebelah Timur Laut Purwokerto itu sekilas dari sedikit gambaran daerah kabupaten purbalinga.

Tempat Wisata Purbalingga Paling Populer

Seperti daerah lain di Indonesia khususnya jawa tengah, Purbalingga juga mempunyai banyak destinasi wisata yang bisa anda kunjungi saat berada di Kabupaten Purbalingga Jawa tengah, Indonesia. Berikut 10 Tempat Wisata Purbalingga Paling Populer. Jateng yang bisa anda jadikan tujuan wisata saat liburan:

1. Sanggaluri Park

10 Tempat Wisata Purbalingga Paling Populer

Di obyek wisata Sanggaluri Park pengunjung berwisata sekaligus bisa sambil belajar berbagai hal, mulai dari mengenal binatang reptil dan serangga di Taman Reptil, belajar Fisika di Wahana Iptek, mengenal koleksi wayang dan artefak di Museum Wayang dan Artefak, melihat koleksi uang dari zaman kerajaan di Museum Uang, hingga belajar manasik haji.

Selain itu di sanggaluri Park juga terdapat arena bermain anak mulai dari istana balon, mini train, caraousel, swinger, trampolin raksasa, taman lalu lintas, dan berbagai arena permainan anak lainnya. Tempat Wisata Sanggaluri Park terletak di Jalan Buper Munjuluhur, Kutasari. Perjalanan dari Pusat Kota Purbalingga dapat ditempuh dengan waktu sekitar 15-30 menit saja. Tempat ini biasanya rame dikunjungi pada hari-hari libur. 

2. Goa Lawa

10 Tempat Wisata Purbalingga Paling Populer

Goa Lawa (Guo Lowo) merupakan Tempat Wisata Purbalingga. Panjang goa yang mencapai 1,5 km dan luas 5 km ini pun menjadi lebih terlihat unik karena proses pembentukannya terjadi sebagai akibat dari pembekuan dan pendinginan lava. Selanjutnya lava kering ini berubah menjadi keras, tidak mengandung kapur dan tanpa menghasilkan stalagmit dan stalagtit seperti halnya goa yang berada di batuan kapur atau di lereng bukit.

Goa ini berada di Desa Siwarak Kecamatan Karangreja Kabupaten Purbalingga. Jaraknya sekitar 25 km ke arah utara dari kota Purbalingga. Anda pun tidak akan tersesat kalau ingin menikmati keindahan alam dari Goa Lawa karena pemerintah kabupaten setempat telah membangun sebuah tugu di pintu masuk menuju ke Goa Lawa, tepatnya di pertigaan Koramil Karangreja. Harga Tiket masuk ke goa Lawa  Rp5.000,-/ orang.

3. Goa Lorong Kereta

10 Tempat Wisata Purbalingga Paling Populer

Goa Lorong ini lokasinya tidak terlalu jauh dari Goa Lawa, untuk bisa masuk ke goa lorong ada banyak Jalan yang bervariasi, dari yang lebar, sempit, sampai yang super sempit. Untuk dapat masuk ke gua lorong anda harus ditemani oleh Pemandu yang sudah paham betul cara melewati goa ini agar bisa menjelajahi setiap lorong.

Goa Lorong Kereta ini terletak masih di dalam Kompleks Goa Lawa, hanya berjarak beberapa meter saja dari pintu masuk Goa Lawa. Goa ini dinaman Goa Lorong Kereta karena memang bentuknya menyerupai lorong kereta. Bagi anda yang suka tantangan silakan untuk berkunjung ke Goa ini namun sebelumnya anda harus persiapkan tenaga agar bisa menyusuri setiap lorong.

4. Air Terjun Wana Tirta

10 Tempat Wisata Purbalingga Paling Populer

AiCurug Wana Tirta merupakan wisata air terjun di purbalingga dengan ketinggian sekitar 16 meter, Curug atau air terjun Wana Tirta ini berada di Desa Panusupan, Purbalingga, Jawa Tengah. Selain bermain di air terjun, pengunjung juga bisa melakukan Tracking ke Puncak Bukit Ardi Lawet, melihat prosesi pembuatan gula merah, pembuatan souvenir khas Desa Panusupan, outbond dan camping serta river trekking di sungai Desa Panusupan.

Jika nada sedang jalan-jalan ke Monumen Jenderal Soedirman jangan lupa untuk berkunjung juga di air terjun wana tirta, sebetulnya masih banyak lagi wisata lainnya disekitar Desa Panusupan seperti ziarah ke Makam Syekh Jambu Karang, atau Makam Ardi Lawet dan berbagai peninggalan situs purbakala di jamin tidak akan nyesal.

Baca Juga: 15 Air Terjun / Curug Paling Indah di Jawa Tengah

5. Desa Limbasari

10 Tempat Wisata Purbalingga Paling Populer

Desa Limbasari terletak di Kecamatan Bobotsari, bisa ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit dari Kota Purbalingga. Lokasinya berada di kaki Pegunungan Plana, sekitar 17 km dari Pusat Kota Purbalingga. Di Desa Limbasari, pengunjung dapat menikmati keseruan bermain Tubing di Sungai Gunung yang airnya betul-betul masih jernih jauh dari pencemaran.

Sungai ini merupakan hulu yang akhirnya bermuara ke Sungai Klawing Purbalingga. Tubing sendiri merupakan kegiatan menyusuri sungai menggunakan ban, yang masing-masing ban digunakan oleh satu orang. Selain tubing, pengunjung juga dapat bermain water sliding sambil menikmati keindahan Air Terjun Patra Wisa.

6. Monumen Jenderal Soedirman

10 Tempat Wisata Purbalingga Paling Populer

Jika wisata di purbalingga jangan lupa untuk mengunjungi monumen nasional Jenderal Soedirman merupakan panglima besar termasuk pahlawan nasional yang lahir di Kota Purbalingga. Oleh karena itu dikota ini dibuatkanlah sebuah Monumen yang diberi nama Monumen Jenderal Soedirman. Monumen Jenderal Soedirman ini berada di Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga, sekitar 30 km dari pusat kota. Untuk mencapainya bisa lewat Kejobong atau juga lewat Bobotsari, bisa menggunakan kkendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

7. Usman Janatin City Park

10 Tempat Wisata Purbalingga Paling Populer

Taman Usman Janatin merupakan salah satu destinasi wisata keluarga di Purbalingga, Karena di tempat wisata ini anda akan jumpai berbagai arena permaian anak seperti bioskop mini, mini train, warma coaster, kereta luncur berbentuk ulat, dan istana balon. Taman ini dibangun diatas lahan bekas pasar kota seluas 16.000 meter persegi.

Taman Kota Usman Janatin ini terletak persis di tengah-tengah Kota Purbalingga, sekitar beberapa ratus meter saja sari Alun-alun Kota Purbalingga. Nama taman ini mengambil tokoh prajurit Korps Komando Operasi (KKO-sekarang marinir)Purbalingga yang meninggal di Singapura saat terjadi konfrontasi Indonesia dengan Malaysia tahun 1968.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Karanganyar Jawa Tengah Menarik Untuk Dikunjungi

8. Purbasari Pancuran Mas

10 Tempat Wisata Purbalingga Paling Populer

Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas mulai dibangun pada tahun 1993 oleh H. Sarimun Budi Purwanto yang awalnya merupakan tempat koleksi berbagi jenis ikan air tawar, mulai dari yang berukuran kecil hingga yang berukuran besar. Koleksi ikan yang sangat lengkap sampai dengan adanya ikan raksasa Arapaima Gigas yang berasal dari sungai di Amazon membuat tempat ini semakin dikenal masyarakat.

Taman wisata Purbasari Pancuran Mas yang terletak di Desa Purbayasa, Kec. Padamara, Purbalingga, Jawa Tengah ini memiliki konsep wisata pendidikan. Selain sebagai sarana rekreasi bagi pengunjungnya. Lokasi yang berada di desa jauh dari keramaian kota membuat suasana yang tenang sebagai tempat rekreasi untuk mengembalikan kepenatan aktivitas sehari-hari dan cocok untuk tempat edukasi tentang flora dan fauna Indonesia.

9. Pancuran Ciblon Bobotsari

10 Tempat Wisata Purbalingga Paling Populer

Pancuran Ciblon Bobotsari terletak tepat di sebelah terminal Bobotsari atau arah yang menuju Pemalang. Sangat mudah sekali tentunya menemukan Obyek wisata air pencuran ciblon tersebut, karena apabila anda sudah berada di terminal bus Bobotsari kalian pasti akan melihat obyek wisata tersebut. Pasalnya lokasi obyek wisata air panci tersebut persis di sebelah terminal bus Bobotsari yang baru.

Di Pancuran Ciblon ini disediakan beberapa kolam renang bagi orang dewasa dan juga khusus untuk anak-anak dengan kedalaman yang tentu saja berbeda. Selain kolam renang, ada juga arena bermain anak-anak, panggung terbuka, mata air, pusat kuliner, kolam terapi ikan, dan juga agrowisata. Harga tiket masuk Pancuran Ciblon sangat terjangkau bagi masyarakat Purbalingga.

10. Tirta Asri Walik

10 Tempat Wisata Purbalingga Paling Populer

Tirta Asri Walik Merupakan tempat wisata pemandian yang terletak di Desa Walik, Kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga. Perjalanan dari pusat Kota Purbalingga sekitar 15  menit saja. Di tempat wisata ini bukan cuma kolam renang saja, pengelola telah menyulap perbukitan yang ada menjadi tempat wisata alam yang menawan yang membuat betah pengunjung berlama-lama menikmati suasananya.

Pengunjung dapat menikmati kesegaran air di pemandian dan sejuknya udara di perbukitan di wisata tirta asri walik. Untuk masuk ke tempat wisata ini  dikenakan Tiket masuk hanya Rp6.500 per orang, sedangkan pada hari libur harga tiket  Rp7.500 per orang.

Baca Juga: 6 Tempat wisata Pantai di Kebumen Jawa Tengah Yang Terkenal

Demikian 10 Tempat Wisata Purbalingga Paling Populer, sangat cocok buat anda yang ingin menikmati liburan di salah satu kabupaten di jateng, dengan mengetahui dimana saja tempat wisata menarik menjadikan wisata anda lebih mudah dan tahu tujuan wisata yang akan anda kunjungi. di sekitar purbalingga.

Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *