12 Tempat Wisata Makassar Yang Menarik Untuk Liburan

12 Tempat Wisata Makassar Yang Menarik Untuk Liburan

Diposting pada

Tempat Wisata Makassar – Kota Makasar yang dikenal sebagai nama Ujung Pandang merupakan ibu kota provinsi Sulawesi Selatan dan merupakan kota terbesar di Indonesia Timur dan terletak di pesisir barat daya Pulau Sulawesi dan berbatasan dengan Selat Makassar di sebelah barat, Kabupaten Kepulauan Pangkajene di sebelah utara, Kabupaten Maros di sebelah timur dan Kabupaten Gowa di sebelah selatan.

Dilihat dari aspek pembangunan kota Makassar tergolong salah satu kota metropolitan di Indonesia, yaitu urutan kedua kota terbesar di luar pulau Jawa setelah kota Medan. Selain itu Makasar juga banyak terdapat destinasi wisata manarik, Makasar terkenal dengan wisata pantai. Meskipun sebetulnya bukan hanya pantai saja yang bisa menjadi tujuan Tempat Wisata Makassar. Masih banyak tempat wisata makasar yang patut anda coba sebagai tempat liburan menyenangkan.

Tempat Wisata Makassar Yang Menarik Untuk Liburan

Agar saat anda berada di Makasar tidak bingung mencari tempat untuk liburan, berikut ini ada beberapa Tempat Wisata Makassar yang dapat anda jadikan referensi tujuan wisata anda.

1. Tanjung Bira

12 Tempat Wisata Makassar Yang Menarik Untuk Liburan

Pantai Tanjung Bira merupakan pantai berpasir putih yang sangat terkenal di Makasar Provinsi Sulawesi Selatan. Pantai dengan keindahan serta kenyamanannya membuat pantai ini terlihat bersih, rapi dan mempunyai air yang jernih. Karena keindahan dan kenyamanannya tersebut, Tanjung Bira terkenal di mancanegara. Banyak wisatawan asing dari berbagai negara sudah menyambangi objek wisata ini untuk mengisi acara liburan mereka.

Keindahan Pantai Tanjung Bira tidak diragukan lagi, di dalam kawasan pantai terlihat sangat bersih dan rapi serta tertata cukup baik. Pasir pantainya yang berbeda dari pasir pantai lainnya membuat Tanjung Bira sangat nyaman. Terletak di ujung selatan Pulau Sulawesi, tepatnya berada di Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Pantai Tanjung Bira berjarak kurang lebih 40 Kilometer dari Bulukumba, atau sekitar 200 Kilometer dari Makassar. Perjalanan dari Makassar ke Bulukumba dapat ditempuh dengan kendaraan umum maupun kenadaraan pribadi. Setelah sampai di Bulukumba, perjalanan dilanjutkan ke Pantai Tanjung Bira Jarak ditempuh dari Makassar sampai ke Tanjung Bira kurang lebih sekitar 4 jam lamanya.

2. Desa wisata Delta Lakkang

12 Tempat Wisata Makassar Yang Menarik Untuk Liburan

Desa Lakkang Salah satu tempat wisata yang dekat dengan pusat kota Makassar. Merupakan sebuah perkampungan yang terletak di antara Sungai Tallo dan Sungai Pampang. Desa ini adalah sebuah daratan yang kerap disebut delta. Terbentuk karena berkumpulnya sedimentasi dalam kurun waktu tertentu dengan luas daratannya sekitar 195 hektare.

Di desa yang masih asri ini, anda bisa berwisata dengan mengunjungi wisata sejarah seperti mengunjungi bungker -bungker peninggalan penjajah Jepang dulu. Untuk bisa mencapai desa lakkang ada tiga jalur dermaga yang bisa dipilih untuk menyeberangi sungai ke desa kecil tersebut. Salah satu dermaga yang banyak dipilih oleh warga adalah Dermaga Kera-kera, yang berada di kampus Tamalanrea.

Lebih tepatnya di lokasi Teaching Farm Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Hasanuddin (Unhas). Sedangkan dermaga lain berada di lokasi tol lama, yakni di kawasan pergudangan industri Makassar. Satu dermaga lagi sebenarnya berupa tambak. Jarak tempuh ke desa lakkang kurang lebih membutuhkan waktu sekitar 25-30 menit menggunakan transfortasi air.

Baca Juga: Pulau Lembeh Sulawesi Utara, Tempat Wisata Favorit Wisatawan Mancanegara

3. Benteng Rotterdam

12 Tempat Wisata Makassar Yang Menarik Untuk Liburan

Tempat wisata Fort Rotterdam yang merupakan sebuah benteng peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo. Benteng ini dibangun sekitar tahun 1545 oleh Raja Gowa ke-9 yang bernama I Manrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung Tumapa’risi Kallona. Awal mulanya benteng ini digunakan oleh Raja dan keluarga Kerajaan untuk tempat tinggal dan menetap karena terdapat rumah panggung khas Gowa di dalamnya. Namun pada saat Belanda mulai menguasai area Maluku. Mereka menaklukan Kerajaan Gowa untuk memuluskan armada dagang VOC agar dapat masuk dan menetap di Sulawesi.

Selain dijadikan tempat  wisata sejarah  tempat ini juga saat ini digunakan sebagai pusat kebudayaan Sulawesi Selatan. Untuk menuju Benteng ini sendiri dapat dicapai dengan mudah dari pusat kota Makassar karena terletak di pinggiran sebelah barat Fort Rotterdam yang disebut juga dengan Benteng Ujung Pandang (Jum Pandang).

4. Benteng Somba opu

12 Tempat Wisata Makassar Yang Menarik Untuk Liburan

wisata sejarah menarik lainnya adalah Benteng Somba Opu. Benteng yang merupakan saksi sejarah dari berbagai kegigihan Sultan Hasanuddin dalam mempertahankan kedaulatan negerinya bersama dengan rakyatnya. Di Benteng Somba Opu salah satu tujuan tempat wisata Makasar ini Para pengunjung dapat menikmati dari bentuk-bentuk rumah tradisional Sulawesi Selatan.

Seperti rumah tradisional Makassar, Bugis, Toraja, dan Mandar tak jauh dari benteng. Di dalam kompleks ini pula setiap tahun digelar Pameran Pembangunan Sulawesi Selatan. Jika anda berkeingingan wisata di Benteng Somba Opu lokasinya terletak di Jl Daeng Tata, Kelurahan Benteng Somba Opu, Kecamatan Barombong, Kabupaten Gowa. Jaraknya sekitar enam kilometer sebelah selatan pusat Kota Makassar.

5. Pulau Samalona

12 Tempat Wisata Makassar Yang Menarik Untuk Liburan

Pulau Samalona merupakan tempat wisata yang terkenal Pamandangan bawah laut Pulau Samalona terkenal hingga penjuru dunia. Tidak heran jika Pulau ini mmenjadi tempat favorit dan setiap hari selalu dikunjungi wisatawan. Baik dari wisatawan lokal maupun asing yang menyempatkan diri untuk datang ke pulau ini. Tempat ini anda juga bisa bersantai di kedai yang tersedia di pulau ini, ada bisa menikmati olahan kuliner khas daerah pesisir, seperti ikan dan kepiting bakar.

Untuk menuju Pulau Samalona ini, pengunjung harus menempuh jarak sekitar 2 km dengan menggunakan perahu motor. Jasa sewa perahu motor bisa ditemukan di dermaga Kota Makassar yang letaknya tidak jauh dari Pantai Losari. Lalu lintas di dermaga tersebut selalu sibuk. Karena, dermaga ini tidak hanya melayani wisatawan yang ingin berkunjung ke pulau, tapi juga melayani lalu-lintas warga dan para pedagang lainnya.

Baca Juga: Pulau Ular Wisata Unik di Bima Nusa Tenggara Barat

6. Pulau Khayangan

12 Tempat Wisata Makassar Yang Menarik Untuk Liburan

Pulau Kayangan merupakan sebuah Tempat Wisata Makassar berupa pulau kecil yang memiliki pasir putih seluas sekitar 1 Ha. Lokasinya yang terletak di Kelurahan Bulo Gading, Ujung Pandang, Makassar, Sulawesi Selatan. Untuk berwisata di pulau Kayangan akses transfortasinya sangat mudah, dan pengunjung hanya butuh waktu sekitar 15 menit berlayar dari dermaga khusus penyeberangan dengan menggunakan perahu motor.

Dermaga ke Pulau Kayangan ini, terletak di Jl Ujungpandang atau tepatnya di depan Benteng Rotterdam Makassar. Hanya dengan membayar tiket sekitar 20 ribuan, pengunjung akan diantar jemput kembali dengan perahu motor sesuai jadwal yang sudah tercantum di tiket.

7. Museum Balla Lompoa

12 Tempat Wisata Makassar Yang Menarik Untuk Liburan

Museum Balla Lompoa merupakan tempat wisata yang berupa rekonstruksi dari Istana Kerajaan Gowa yang didirikan oleh pemerintahan Raja Gowa ke-31 pada tahun 1936. Arsitektur bangunan ini berbentuk rumah khas orang Bugis, yaitu rumah panggung yang terbuat dari kayu ulin atau kayu besi.

Dibangun di atas lahan seluas satu hektar yang dibatasi oleh pagar tembok yang tinggi. Lokasi tempat wisata Museum Balla Lompoa ini terletak di Jalan Sultan Hasanuddin No. 48 Sungguminasa, Somba Opu, Kabupaten Gowa, yang berbatasan langsung dengan Kota Makassar.

8. Pulau Kodingareng

12 Tempat Wisata Makassar Yang Menarik Untuk Liburan

Pulau Kodingareng merupakan salah satu dari beberapa pulau tak berpenghuni yang ada di wilayah Sulawesi Selatan. Pulau ini jaraknya sekitar 14 km dari Pantai Losari Makassar atau sekitar 20 hingga 30 menit dari Pulau Samalona. Meskipun sebuah pulau kecil, namun pemandangan di pulau ini tak kalah cantik dengan pemandangan yang ada di Pulau Samalona.

Hamparan pasir pantai yang ada di pulau ini berwarna putih halus. Air lautnya berwarna biru dan jernih di tambah Terumbu karangnya yang masih alami Sangat cocok untuk melakukan kegiatan diving maupun snorkeling. Meskipun tidak berpenghuni di pulau ini terdapat fasilitas beberapa gazebo yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk berisitirahat atau berteduh di pulau ini.

Baca Juga: Pesona dan Dayatarik Wisata Kepulauan Raja Ampat di Papua

9. Bugis Waterpark

12 Tempat Wisata Makassar Yang Menarik Untuk Liburan

Bugis Waterpark makassar merupakan salah satu tujuan Tempat Wisata Makassar yang menarik. Berlokasi di perumahan bukit baruga, Waterpark dengan konsep bugis ini Menawarkan beragam wahana permainan air yang lengkap. Wahana yang terdapat di tempat ini antara lain : Multislide dan free fall, body slide, black hole & rafting slide, whirpool, kidspool dan tentu masih banyak lagi.

Tiket masuk Bugis Waterpark makassar mulai dari harga Rp 100.000  biasa (senin – jumat). Sedangkan harga tiket masuk Bugis Waterpark untuk hari Sabtu harganya Rp 130.000. Dan khusus hari Minggu serta hari libur Harga tiket mulai dari harga Rp 160.000. Waterpark ini mulai dibuka pukul 09.00 pagi hingga pukul 06.00 sore setiap hari Senin sampai Minggu.

10. Pulau Gusung Tallang

12 Tempat Wisata Makassar Yang Menarik Untuk Liburan

Pulau Gusung Tallang merupakan pulau kecil yang dekat dengan pulau lae lae, dan pulau kayangan. Pulau Gusung Tempat Wisata Makassar ini pulau yang terletak di kecamatan Bontoharu, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, Indonesia. Pulau yang awalnya sebuah tanggul yang  memanjang dari utara ke selatan sepanjang 1 km yang berfungsi untuk meredam ombak yang masuk ke areal pelabuhan Makassar. Karena proses sendimentasi yang terjadi secara terus-menerus dan sudah berlansung lama.

Sehingga di bagian sisi utara tanggul terjadi penumpukan pasir putih yang lama kelamaan semakin membesar dan melebar sehingga menjadi seperti sebuah pulau. Untuk menuju kesana bisa di tempuh dengan waktu 10 menit dengan menggunkan kapal motor. Tempat ini berada di belakang KAMPUNG POPSA atau dermaga POPSA tak jauh dari pelabuhan Makassar Jl Pasar Ikan.

Dibelakang Popsa itu ada 2 jalanan yang langsung menuju ke pelabuhan kapal-kapal kecil yang masing masing ada dermaga kecil sederhana, disitulah tertambat beberapa kapal kecil yang akan membawa penumpang ke pulau sebelah. Ada yang tujuan ke pulau kodingareng, samalona, kayangan, Gusung Tallang dan lainnya.

Baca Juga: Menikmati Keindahan Pulau Kapoposang Pangkep Sulawesi Selatan

11. Pantai Losari

12 Tempat Wisata Makassar Yang Menarik Untuk Liburan

Tempat Wisata Makassar Pantai Losari ini anda akan melihat keunikan dan keistimewaan tersendiri. Wisatawan yang berkunjung ke pantai ini dapat melihat pemandangan indah matahari terbit dan matahari terbenam. Selama menunggu pemandangan indah di salah satu Tempat Wisata Makasar tersebut, wisatawan dapat mencoba berbagai ragam Kuliner laut yang masih sangat segar.

Beberapa menu masakan laut yang dapat Sepanjang Pantai Losari seperti, lobster, cumi-cumi dan ikan pari.Untuk  Harganya anda jangan kuatir karena masih sangat terjangkau. Selain itu di kawasan pantai, wisatawan juga dapat mencoba berbagai makanan khas makassar seperti: pallu butung, pisang epek, pisang ijo, sop konro, coto makassar, dan sebagainya. Fasilitas dan Akomodasi yang terdapat di pantai losari adalah transportasi umum seperti becak, taksi, bus, dan sebagainya.

Transportasi tersebut bisa Anda gunakan untuk berkeliling di sepanjang Pantai Losari. Tersedia juga berbagai hotel dengan berbagai kelas, dari wisma sampai hotel berbintang. Rumah sakit, restoran, cafe, warung, kerajinan emas dan souvenir sebagai buah tangan. Obyek wisata Pantai Losari lokasinya berada di jantung Kota Makassar, tepatnya di Jalan Penghibur, Jalan ini berada di sebelah barat Kota Makassar.

12. Trans Studio Makasar

12 Tempat Wisata Makassar Yang Menarik Untuk Liburan

Tempat wisata Trans studio Makasar adalah Tempat Wisata Makassar berupa Taman hiburan terbesar kedua setelah trans studio Bandung. Banyak wisatawan lokal maupun luar yang mengunjungi tempat ini. Tempat Wisata Makassar ini dibangun dilahan seluas 2,7 Ha ini memiliki beberapa wahana yang bisa anda gunakan saat liburan di trans studio diantaranya: Trans City Theater, Studio Tour Holliwood Bumper Car, Rimba Expres, Sepeda terbang dan masih banyak lagi wahana lainnya.

Untuk memasuki ke wisata Trans studio Makasar anda akan dikenakan harga tiket masuk sebesar Rp.100.00, untuk senin – Jum’at dan Rp.150.000 untuk Hari sabtu-Minggu (termasuk hari libur) .

Itulah tadi 12 Tempat Wisata Makassar Yang Menarik Untuk Liburan yang menarik untuk tujuan liburan. Semoga referensi tersebut bisa bermanfaat bagi anda yang ingi merencanakan liburan. Baca Juga: Destinasi Wisata Sorong, Sebuah Gerbang Menuju Surga Dunia di Papua Barat

Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *