15 Kuliner Tradisional Solo Yang Paling Terkenal Wajib Anda Coba

15 Kuliner Tradisional Solo Yang Paling Terkenal Wajib Anda Coba

Diposting pada

Solo Banyak sekali menawarkan Kuliner mulai dari kuliner Tradisional Solo maupun kuliner modern. Memang tidak bisa diragukan lagi jika daerah Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan jenis makanan dan minuman khas daerah. Dari mulai makanan yang ringan hingga makanan di Indonesia yang bisa mengenyangkan. Salah satu tempat wisata kuliner di Indonesia yang menyajikan aneka macam Kuliner menarik adalah Solo.

Sebagai salah satu tujuan wisata solo juga banyak sekali kita temukan kuliner yang bisa melengkapi kegiatan wisata anda. Meskipun namanya terutama di bidan pariwisata namanya tak sepopuler Yogyakarta. Namun, kota Solo yang juga pernah berjaya pada masa Kesultanan Surakarta ini bisa dibanggakan dalam hal aneka wisata kulinernya.

Aneka Wisata Kuliner Tradisional Solo Yang Terkenal

Berkunjung ke Solo berarti mencoba pengalaman baru, mencicipi kuliner khasnya yang tak kalah lezat dengan kuliner khas daerah lain yang ada di nusantara. Hal ini di karenakan masakan khas solo terkenal enak dan banyak sekali macam dan jenis sajian yang bisa kita dapatkan di tempat wisata kuliner di solo.

Untuk para traveler, yang sedang mengunjungi kota yang terkenal dengan keraton ini tentunya tidak pas jika tidak merasakan kenikmatan dari kulinernya. Dan berikut adalah beberapa Kuliner tradisional Solo yang harus anda Coba.

1. Srabi Notosuman

15 Kuliner Tradisional Solo Yang Paling Terkenal Wajib Anda Coba

Srabi merupakan makanan  yang terbuat dari adonan tepung beras dan dilengkapi dengan santan, gula, garam, daun pandan sebagai pewangi, dan bahan lainnya. Kemudian dipanaskan dalam suatu cetakan berupa wajan kecil yang ditutup dengan penutup dari tanah liat supaya serabi mekar. Srabi memiliki rasa yang khas dan tekstur kenyal namun tetap lembut dan rasanya sangat legit di lidah.

Jika anda sedang berkunjung ke Solo dan ingin mersakan enaknya serabi bisa mengunjungi warung yang menjualnya. Di Solo penjual serabi banyak tersedia di sepanjang Jalan Moh. Yamin Notosuman. Toko srabi notosuman yang terkenal adalah Srabi Notosuman Ny Lidia (kotak bungkusnya warna hijau). Srabi Notosuman Ny Handayani (kotak bungkusnya warna coklat/merah), dan masih banyak lagi penjual srabi bisa anda temui selain yang di sebutkan di atas.

2. Tahu Kupat/Tahu Ketupat

15 Kuliner Tradisional Solo Yang Paling Terkenal Wajib Anda Coba

Tahu Kupat merupakan Kuliner Tradisional Solo yang terdiri dari ketupat di campur dengan mie basah, taoge atau kecambah, tahu goreng. Bakwan goreng yang di sajikan dengan cara dipotong-potong, dan di tambah taburan kacang goreng. Semua bahan tersebut disajikan dengan bumbu kecap manis encer dengan rasa bawang yang pas dan ditaburi bawang goreng.

Biasanya juga kalau makan tahu kupat ini bisa ditambah dengan telur dadar dan ditemani kerupuk sebagai tambahan pelengkap. Untuk tahu kupat/ tahu ketupat yang terkenal di Solo adalah Tahu kupat Sholihin di Jalan Jl. Gajah Mada. Lokasinya disamping Masjid Sholihin (dekat dengan Stasiun Solo balapan ke arah hotel Sahid). Anda bisa mengunjungi tempat tersebut dan rasakan nikmatnya tahu ketupat membuat lidah anda jadi ketagihan jika sudah sekali merasakan.

3. Soto Solo

15 Kuliner Tradisional Solo Yang Paling Terkenal Wajib Anda Coba

Seperti di tempat lain di Jawa Kuliner Tradisional Solo yang satu ini sebenarnya sudah tidak asing lagi ya,,, soto. Untuk di kota solo yang mempunyai rasa nikmat dan terkenal antara lain Soto Triwindu yang terletak di Pasar Barang Antik Triwindu. (dekat dengan Kraton Mangkunegaran).

Soto Kirana di Jl. M Yamin (tepatnya di depan Masjid Kawasan) Solo, serta Soto Gading di daerah Gading, sebelah selatan Keraton Kasunanan Surakarta. Soto lebih enak jika di santap dalam keadaan hangat dan pedas jika anda suka dengan masakan pedas dan tambahan lain seperti kerupuk pokoknya yang sesuai dengan selera.

4. Tengkleng

15 Kuliner Tradisional Solo Yang Paling Terkenal Wajib Anda Coba

Tengkleng adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar daging kambing, Namun di dominasi dengan tulang-tulang kambing. Memiliki sedikit daging yang menempel pada tulang tersebut. Atau biasa disebut dengan nama tetelan kambing. Biasanya Tengkleng selain tetelan bahannya di campur dengan jerohan kambing, mata, pipi, kuping (kikil). Masakan yang diolah seperti gulai (berkuah kental) dan bumbunya sangat terasa.

Tengkleng yang terkenal di Solo adalah tengkleng Bu Ediyem di Pasar Klewer Solo. Lokasinya di samping Gapura Pasar Klewer. Meskipun tengkleng memiliki rasa nikmat, Namun perlu di ingat khusus untuk yang mempunyai darah tinggi jangan terlalu banyak makan tengkleng. Karena daging kambing bisa cepat menaikan tekanan darah jika makannya banyak.

5. Sate Buntel

15 Kuliner Tradisional Solo Yang Paling Terkenal Wajib Anda Coba

Sate buntel adalah Kuliner Tradisional Solo yang dibuat dari daging kambing cincang yang di buntel/balut dengan lemak kambing. Selanjutnya dimasak dengan cara dibakar. Pembuatn sate kambing dengan cara membalut daging dengan lemak inilah Kuliner trasional khas Solo ini disebut sate buntel. Buntel adalah bahasa jawa untuk bungkus. Sate buntel mempunyai rasa lebih gurih karena bercampur dengan dengan lemak kambing tersebut.

Tempat kuliner Sate buntel yang terkenal di Solo adalah Sate Haji Bejo di Jl. Sebakung 10 Lojiwetan. Tepatnya di belakang swalayan Luwes Sangkrah, di seberang GKI Sangkrah. Warung sate lainnya yang juga terkenal antara lain Sate Kambing Tambak Segaran di Jl. Sutan Syahrir No 39 Widuran. Dan Sate Kambing Mbok Galak di Jl. Ki Mangunsarkoro Sumber, Banyuanyar, Solo.

Baca Juga: Sate Kambing dan Asal mula Sate di Indonesia

6. Gudeg Ceker

15 Kuliner Tradisional Solo Yang Paling Terkenal Wajib Anda Coba

Gudeg ceker adalah makanan khas solo yang terdiri dari nangka muda, krecek (kulit sapi), telur, daging ayam dan cakar ayam (ceker). Hampir sama dengan Gudeg jogja cuma bedanya pada tambahan pelengkapnya saja. Kalau soal rasa hanya beda-beda tipislah dengan Gudeg jogja, karena bahan dasarnya sama yaitu dari nangka muda.

Gudeg ceker yang terkenal di Solo adalah Gudeg Ceker Bu Kasno. Tempatnya di pinggir jalan (trotoar) di daerah Margoyudan (dekat dengan SMA 1 Solo, kalau dari Stasiun Solo Balapan ke arah timur).

7. Nasi Liwet

15 Kuliner Tradisional Solo Yang Paling Terkenal Wajib Anda Coba

Nasi liwet adalah makanan khas Kota Solo yang terdiri dari nasi gurih dengan sayuran Jipang, daging ayam, telur, santan kental, opor, dan berbagai bahan lainnya. Disajikan dengan alas daun pisang di buat pincuk (bahasa jawa)  berbentuk kerucut.

Tempat penjual nasi liwet yang terkenal di solo adalah Nasi Liwet Wongso Lemu. Tempatnya di Keprabon, Jalan Teuku Umar, (dekat dengan Kraton Mangkunegaran). Warung Nasi liwet Wongso Lemu ini buka pada sore jam 4an sampai jam 2 malam.

8. Pecel Ndeso

15 Kuliner Tradisional Solo Yang Paling Terkenal Wajib Anda Coba

Pecel ndeso (pecel desa) adalah nasi terbuat dari nasi merah di padu dengan  berbagai bahan Tambahan. Seperti daun bayam, daun kenikir, daun pepaya, kembang turi, dan jantung pisang dicampur sambel pecel yang terasa manis-pedas. Warung Pecel Solo juga menyediakan beberapa jenis minuman tradisional. Seperti minuman Temu Lawak, Beras Kencur, Jahe Pandan, dan Kunir Asem Sirih, yang dapat disajikan dingin maupun hangat.

Warung Pecel Solo, atau dikenal juga dengan nama Warung Ndeso Resto. Tak hanya menyajikan kuliner tradisional, tapi juga memanjakan pengunjung dengan nuansa etnik khas Solo. Beralamatkan di Jalan Dr. Soepomo No. 55 Mangkubumen Solo, Warung Pecel Solo buka dua kali setiap harinya: pukul 08.00 – 16.00, dan 18.00 – 22.00.

9. Cabuk Rambak

15 Kuliner Tradisional Solo Yang Paling Terkenal Wajib Anda Coba

Cabuk Rambak adalah Kuliner Tradisional Solo dengan bahan utamanya dari ketupat. Beras ini dimasak didalam anyaman janur / daun kelapa yang masih muda. Perbedaan makanan khas Solo yang satu ini dengan ketupat dari daerah lain adalah terletak pada rasa bumbunya. Bumbu Cabuk Rambak memakai wijen yang digoreng bersama santan kelapa, cabai, bawang putih, kemiri dan gula merah.

Makanan istimewakhas solo ini disantap dengan Karak sebagai pelengkap, sejenis kerupuk dengan bahan dasar beras yang di masak lalu di jemur  agar kering. Lebih uniknya lagi, Untuk menikmati cambuk rambak anda mempergunakan lidi sebagai tusuk ketupatnya. Peracaya anda pasti ketagihan kalau sudah mencobanya.

10. Sate Kere

15 Kuliner Tradisional Solo Yang Paling Terkenal Wajib Anda Coba

Namanya yang unik tak berbeda pula dengan rasanya. Pada dasarnya pembuatan sate ini sama seperti sate pada umumnya.  Yang membedakan sate ini dengan sate pada umumnya adalah Bahannya.

Karena sate kere dibuat dengan bahan dasar menggunakan gembus (ampas tahu yang direbus). Maka tak heran jika disebut sate kere, karena bahannya yang sederhana dan murah. Ini bisa menjadi kuliner alternatif bagi traveler yang memiliki kantong pas-pasan. Jadi dengan begitu bisa lebih berhemat.

Baca Juga: 9 Wisata Kuliner Jogja Untuk Kamu Penggila Pedas dan Makanan Berbumbu Gurih

11. Timlo Solo

15 Kuliner Tradisional Solo Yang Paling Terkenal Wajib Anda Coba

Timlo ini adalah Kuliner Tradisional Solo berkuah. Mirip dengan soto tapi hadir dengan kuah bening. Timlo ini berisi daging ayam, jerohan ayam seperti ati ampela, potongan-potongan sosis solo, telur dan ayam pindang.

Timlo Solo ini juga nikmat di santap di siang hari maupun malam hari sebagai pengganjar perut yang lapar. Untuk timlo yang terkenal di daerah Solo adalah Timlo Sastro yang bertempat di belakang pasar gedhe,Solo. Jangan lupa mencoba jika sedang berkunjung ke Solo.

12. Tahok

15 Kuliner Tradisional Solo Yang Paling Terkenal Wajib Anda Coba

Mungkin makanan tahok terdengar asing di telinga anda. Makanan ini dulunya di bawa oleh pendatang Tionghoa yang mampir ke Solo. Berasal dari dua kata yaitu tao yang mempunyai arti kacang kedelai dan hoa yang berarti lunak. Tahok mempunyai bentuk seperti tahu putih yang lembut. Makanan ini di sajikan dengan kuah yang di buat dari campuran gula merah jawa dan juga rempah pilihan.

Sehingga ketika di santap akan terasa hangat di badan. Kuliner Khas Solo satu ini selain mengenyangkan bagus juga untuk kesehatan. Untuk mencicipi sajian wisata kuliner di Solo yang satu ini, anda silahkan langsung datang ke Pasar Gede yang biasa mangkal di emperan. Sangat pas sekali jika di santap pada siang hari maupun malam hari untuk menami acara santai anda di kota solo.

13. Soto Gading

15 Kuliner Tradisional Solo Yang Paling Terkenal Wajib Anda Coba

Soto ayam layak jadi pilihan sarapan pagimu saat berada di Solo. Dari sekian warung soto yang tersohor, Soto Gading di Jalan Brigadir Jenderal Sudiarto No. 75 Pasar Kliwon — atau tepatnya di sekitaran alun-alun selatan Keraton Solo — bisa jadi pilihan tepat.

Nasi dengan mie so’on dan suwiran daging ayam goreng yang disiram kuah bening kaya aroma rempah ini dijamin akan membuat semangat sarapan pagi. Untuk tambahan sarapan soto bisa di lengkapi dengan telur puyuh, sosis, tempe goreng, jeroan sapi, perkedel kentang, sate uritan, bakwan, dan berbagai lauk-pauk yang tersaji di meja. Warung Soto Gading sudah ramai pembeli sejak buka jam 6 pagi.

14. Es Dawet Telasih

15 Kuliner Tradisional Solo Yang Paling Terkenal Wajib Anda Coba

Setelah lelah berkeliling di kota Solo yang cuacanya terbilang panas, sebaiknya segera mampir ke Pasar Gede. Di sana, kamu bisa menemukan kios Es Dawet Telasih Bu Dermi yang selalu ramai pembeli. Hanya dengan 5 ribu rupiah kamu bisa menikmati semangkuk es yang berisi bubur ketan hitam, bubur sumsum, tape ketan, cendol, dan biji telasih.

Menikmati es dawet telasih di siang hari dengan cuaca panas akan lebih menyegarkan tenggorankan setelah berkeliling di kota solo. Di jamin seteleh menikmati es dawet badanmu jadi segar kembali dan siap melanjutkan perjalanan mengelilingi kota Solo.

15. Es Gempol Pleret

15 Kuliner Tradisional Solo Yang Paling Terkenal Wajib Anda Coba

Gempol terbuat dari tepung beras yang dipapatkan dan dibentuk bulat pipih. Sedangkan pleret terbuat dari adonan tepung beras dan gula Jawa. Keduanya dicampur dengan santan cair dan es batu, dan di campur semacam saus yang terbuat dari campuran gula Jawa dan gula pasir. Sehingga  membuat es ini terasa lebih segar untuk di minum.

Meskipun penjaja gempol pleret di Solo sudah tak sebanyak dulu. Anda masih bisa menjajal kesegaran minuman ini di Warung Es Gempol Pleret Pak Suhar di Jalan Dr. Wahidin. Tepatnya di samping Masjid Tegalsari Solo. Buka pukul jam 10 pagi hingga jam 4 sore, warung es ini selalu ramai pembeli.

Baca Juga: 8 Wisata Kuliner Solo, Makanan Kaki Lima Dengan Cita Rasa Nomor Satu

Mungkin cukup itu saja ulasan 15 Kuliner Tradisional Solo Yang Paling Terkenal Wajib Anda Coba. Untuk wisata kuliner khas lainya akan di bahas pada artikel berikutnya. Jadi tunggu saja updatenya untuk wisata kuliner daera-daerah lain yang ada di Indonesia. Jangan lupa di Share juga ya…

Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *