15 Objek Wisata Banyuwangi Yang Paling Terkenal

15 Objek Wisata Banyuwangi Yang Paling Terkenal

Diposting pada

Objek Wisata Banyuwangi – Kabupaten Banyuwangi merupakan sebuah Kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia, Ibu kota kabupatennya adalah Banyuwangi. Kabupaten ini terletak di ujung paling timur pulau Jawa, di kawasan Tapal Kuda. Berbatasan dengan Kabupaten Situbondo di utara, Selat Bali di timur, Samudra Hindia di selatan serta Kabupaten Jember dan Kabupaten Bondowoso di barat.

Banyuwangi merupakan kabupaten terluas di Jawa Timur sekaligus menjadi yang terluas di Pulau Jawa. Oleh sebab itu tidak heran jika destinasi Wisata Banyuwangi banyak sekali. Wilayah kabupaten Banyuwangi sendiri cukup beragam, dari mulai dataran rendah hingga dataran tinggi (pegunungan).

Kawasan perbatasan dengan Kabupaten Bondowoso, terdapat rangkaian Dataran Tinggi Ijen dengan puncaknya Gunung Raung (3.344 m) dan Gunung Merapi (2.799 m). Di balik Gunung Merapi terdapat Kawah Gunung Ijen objek wisata Banyuwangi yang terkenal. Gunung Raung dan Gunung Ijen adalah gunung api aktif sampai sekarang.

Daftar Objek Wisata Banyuwangi Yang Wajib Dikunjungi

Banyuwangi biasa dikenal dengan sebutan kota gandrung. Memiliki daftar Obyek wisata yang wajib dikunjungi saat berada di sana. Banyak sekali destinasi wisata Banyuwangi bisa anda kunjungi. Berikut tempat wisata Banyuwangi yang wajib dikunjungi sebagai referensi bagi anda yang sedang merencanakan liburan.

1. Teluk Hijau ( green bay )

15 Objek Wisata Banyuwangi Yang Paling Terkenal

Pantai teluk hijau atau disebut dengan nama green bay merupakan destinasi wisata pantai di banyuwangi yang menjadi favorit wisatawan. Keindahan alam di pantai teluk hijau banyuwangi memiliki keindahan sudah tidak diragukan lagi, dengan dikelilingi hutan yang masih alami dan asri. Pantai Teluk Hijau kondisinya masih terjaga dengan baik, sehingga nampak bersih membuat tempat wisata ini menjadi tujuan wisata yang menyenangkan dengan ketenangannya.

Selain pengunjung menikmati keindahan pantai, Keunikan dan dayatarik tempat wisata teluk Hijau ini seperti adanya air terjun yang langsung mengarah ke pantai. Anda bisa menikmati panorama disekitar air terjun, wisatawan yang berkunjung kesini biasanya memanfaatkan air di air terjun tersebut untuk membilas tubuh setelah berenang di pantai.

Bagi yang ingin mengunjungi tempat wisata Teluk Hijau, objek wisata pantai ini berada masih dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri, Sarongan, Pesanggaran, Banyuwangi. Lokasinya berjarak sekitar 90 kilometer dari Kota Banyuwangi.

2. Pulau merah

15 Objek Wisata Banyuwangi Yang Paling Terkenal

Pantai pulau merah adalah salah satu tempat wisata di Banyuwangi yang sangat populer. Selain anda bisa menikmati pemandangan yang bagus, serta gulungan ombak pantai ini juga tergolong besar. Sehingga Pantai pulau merah menjadi daya tarik bagi para pencinta oleh raga surfing untuk memanfaatkan gelombang tersebut.

Pantai ini juga pernah dijadikan tempat untuk menyelenggarakan event tahunan Internasional surfing competition. Kegiatan  yang diikuti oleh 20 surfer dari berbagai Negara. Satu lagi yang tidak kalah menarik perhatian di pantai pulau merah yaitu menikmati indahnya pemandangan saat matahari terbenam atau sunset .Pantai Pulau Merah Banyuwangi ini lokasinya terletak di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran.

3. Pantai Wedi Ireng

15 Objek Wisata Banyuwangi Yang Paling Terkenal

Anda pernah dengar Pesona dan Daya Tarik Wisata Raja Ampat Papua? melihat tempat wisata pantai wedi ireng sama halnya anda sedang melihat replika kecil tempat wisata papua tersebut. Karena sejauh mata memandang di objek wisata pantai wedi ireng akan terlihat tebing-tebing yang memutari pulau.

Disini juga terdapat pulau-pulau kecil yang membentuk suatu pemandangan yang indah. Mendengar namanya wedi ireng (bhs jawa pasir hitam) tentu anda akan membayangkan pantai ini memiliki pantai dengan pasir hitam. Namun kenyatanyaannya setelah anda melihat langsung pasir dipantai ini didominasi oleh pasir putih.

Di salah satu sisi Pantai wedi ireng juga terdapat sebuah batu berukuran sangat besar yang menjadi landmark Pantai Wedi Ireng ini. Dengan adanya deretan karang yang ada di tepi Pantai Wedi Ireng ini semakin menambah pesona dayatarik tersendiri. Untuk mengunjungi tempat wisata di Banyuwangi, lokasi tepatnya berada di Dusun pancer, desa sumber agung, kecamatan pasanggaran, Banyuwangi, Indonesia.

4. Pantai Plengkung (G-Land)

15 Objek Wisata Banyuwangi Yang Paling Terkenal

Wisata Banyuwangi Pantai Plengkung atau lebih dikenal dengan nama G-Land. Pantai Plengkung merupakan salah satu tempat wisata favorit di Banyuwangi bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Terutama bagi para wisatawan yang menyukai kegiatan olah raga selancar. Pantai ini disebut-sebut sebagai salah satu destinasi surfing terbaik di dunia, karena gulungan ombaknya yang sangat besar.

Pantai Plengkung (G-Land) menjadi tempat tujuan wisata kelas dunia, khusus untuk dunia surfing dengan level internasional dan mempunyai ombak terbaik kedua di dunia setelah Hawaii di Bali. Untuk berselancar dengan ombak terbaik di pantai pelengkung anda sebaiknya mengunjungi tempat wisata ini antara bulan April hingga Agustus. pantai G-land lokasinya terletak dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

5. Pantai Watu Dodol

15 Objek Wisata Banyuwangi Yang Paling Terkenal

Pantai watudodol merupakan salah satu obyek wisata pantai di Banyuwangi yang menarik dan banyak dikunjungi wisatawan. Letaknya yang sangat stategis di jalur poros Pantura. Nama Watu Dodol sendiri merujuk kepada sebuah batu besar setinggi 6 meter yang berlokasi tepat di antara kedua ruas jalan raya.

Batu besar dengan diameter 15 meter dan tinggi sekitar 10 m tepat di tengah jalan yang juga merupakan ciri khas pantai ini. Lokasi kawasan wisata ini sekitar 5 kilometer dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi. Pantai watu dodol memiliki banyak tempat menarik sepanjang pantai. Seperti terdapat pedestrian untuk bersantai para pengunjung sambil menikmati keindahan pantai berlatar belakang pulau bali.

6. Pantai Mustika

15 Objek Wisata Banyuwangi Yang Paling Terkenal

Obyek wisata Banyuwangi yang harus anda kunjungi selanjutnya adalah pantai Mustika. Wisata pantai ini dikenal karena memiliki ciri khas dengan keberadaan sebuah bukit kecil yang biasa disebut pulau merah. Bukit ini memiliki tinggi sekitar 200 meter yang bertanah merah dan ditutupi oleh vegetasi hijau, sehingga tidak terlalu nampak aslinya.

Bukit yang disebut pulau merah ini terletak tidak jauh dari bibir pantai. Anda dapat mengunjungi dengan berjalan kaki pada saat air laut sedang surut. Pantai Pulau Merah terbentang sepanjang 3 km. Memiliki ombak yang cukup tinggi sehingga tidak sesuai jika digunakan untuk berenang. Namun ombak yang cukup tinggi di Pantai Pulau Merah ini banyak disukai oleh peselancar.

Berada di pantai mustika anda bisa Menyusuri pantai ini yang akan membuat anda dimanjakan dengan banyaknya keindahan alam.  Sangat pas untuk anda yang suka berselfi dengan pemandangan pantai yang indah. Jika anda tertarik mengunjungi tempat wisata pantai mustika alamat lokasinya berada di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran,Banyuwangi Indonesia.

7. Pantai Parangkursi

15 Objek Wisata Banyuwangi Yang Paling Terkenal

Pantai parang kursi merupakan salah satu wisata pantai di banyuwangi yang berpasir putih. Pantai ini masih sangat jarang terjamah oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Namun soal keindahan pantai ini tidak kalah dari pantai di Banyuwangi lainnya. Pantai dengan air yang sangat jernih. Dilengkapi dengan pemandangan hijau disekitar bibir pantai serta karang-karang yang tersusun rapi.

Semuanya terpadu menjadi pemandangan menarik terutama bagi yang gemar fotografi. Obyek wisata Pantai Parang Kursi lokasinya terletak di kecamatan pesanggaran banyuwangi. Dan berada di antara pulau merah dan pantai lampon. Akses menuju pantai ini cukup ekstreme karena pantai ini masih alami sehingga jalannya belum memadai.

Baca Juga: Wisata Waduk Bajulmati, Miniatur Raja Ampat di Banyuwangi

8. Air Terjun Kali Bendo

15 Objek Wisata Banyuwangi Yang Paling Terkenal

Air Terjun Kali bendo terletak di Desa Kampung Anyar, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi. Tepatnya berada di Kawasan Agro Wisata Kali bendo ini terletak di kaki Gunung Ijen. Berjarak kira-kira 15 km dari Banyuwangi ke arah barat daya. Air Terjun Kali bendo memiliki ketinggian mencapai 10 meter dan berada didalam kawasan Agro Wisata Kalibendo, dimana terdapat perkebunan kopi, karet dan cengkeh.

Pemandangan yang asri membuat salah satu tempat wisata Banyuwangi ini menjadi tujuan wisata favorit wisatawan. Kkhususnya bagi wisatawan yang hobi fotografi dengan pemandangan alam indah.

9. Air Terjun Kampung Anyar

15 Objek Wisata Banyuwangi Yang Paling Terkenal

Tempat wisata air terjun kampung anyar merupakan Obyek wisata di Banyuwangi ini dinamakan air terjun kampung anyar. Karena berada di Dusun kampung anyar, desa Taman Suruh Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi. Objek wisata ini menjadi salah satu destinasi air terjun primadona di kota Banyuwangi.

Air terjun kampung anyar mempunyai  keunikan daya tarik tersendiri. Karena pengujung dapat menikmati tiga air terjun sekaligus disatu tempat. Banyak sebutan dari air terjun ini, mulai dari air terjun bersaudara atau air terjun kembar di banyuwangi.

10. Air Terjun Lider

15 Objek Wisata Banyuwangi Yang Paling Terkenal

Tempat wisata air terjun lider merupakan salah satu air terjun di banyuwangi. Nama Air Terjun Lider diberikan karena lokasinya terletak di hutan lindung petak 74, Blok Lider. Lokasinya di kawasan lereng timur Gunung Raung di kawasan Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Jambewangi. Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Kali Setail, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyuwangi Barat.

Tepatnya lokasi wisata air terjun linder berada kawasan lereng gunung raung ini. Sehingga membuat suasana di air terjun masih bersih dan segar. Air terjun linder memiliki ketinggian terjunan airnya sekitar 60 meter. Dan menjadi salah satu wisata air terjun tertinggi di banyuwangi.

11. Pantai Boom

15 Objek Wisata Banyuwangi Yang Paling Terkenal

Pantai boom merupakan salah satu destinasi wisata andalan di Banyuwangi. Letaknya yang berada di pusat kota banyuwangi membuat pantai boom banyak dikunjungi para wisatatawan. Anda bisa juga menggunakan sepeda atau berjalan kesini jika posisi berada di alun alun blambangan.

Pantainya yang berpasir hitam dan bersih ini tidak kalah cantik dengan pantai yang berpasir putih. Di tempat wisata pantai Boom selain bisa menikmati keindahan pantai pengunjung juga bisa mencoba fasilitas-fasilitas yang tersedia di pantai boom seperti payung teduh dan berkuda yang bisa di sewa disana.

12. Kawah Ijen

15 Objek Wisata Banyuwangi Yang Paling Terkenal

Gunung Ijen adalah sebuah gunung berapi aktif yaitu gunung raung yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian 2.443 mdpl dan terletak berdampingan dengan Gunung Merapi. Saat berada di Tempat wisata gunung ijen anda akan disuguhkan dengan keindahan alam yang sangat mengagumkan. Selain keindahan kawahnya, Ijen juga terdapat blue fire atau api biru yang hanya ada dua di dunia.

Penambang yang sedang mengambil dan mengangkut belerang semakin melengkapi keindahan pemandangan kawasan gunung ijen. Biasanya wisatawan yang akan mendaki gunung Ijen memulai perjalanan dari pos paltuding pukul 1 dini hari. Karena pada jam itu baru boleh di ijinkan melakukan pendakian. Sedangkan untuk Penampakan bluefire akan terlihat sampai jam 5 pagi. Selengkapnya Baca: Fenomena Alam Api Biru, Menjadikan Danau Kawah Ijen Tujuan Wisata Favorit di Banyuwangi

13. Teluk Blue Bay

15 Objek Wisata Banyuwangi Yang Paling Terkenal

 

Teluk Blue Bay merupakan salah satu surga tersembunyi di banyuwangi. Ditambah lagi dengan keindahan taman bawah lautnya yang luar biasa menjadikan tempat wisata Banyuwangi ini menjadi salah satu alternative tempat snorkeling selain pantai. Keindahan bawah laut Blue Bay tidak kalah dengan wisata di Banyuwangi lainnya.

Dinamakan teluk blue bay karena  dari warna lautnya yang biru jernih dan juga laut disini masih asri. Teluk Blue Bay lokasinya berada di Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi. Untuk akses lokasi hanya bisa ditempuh dengan menggunakan boat dari pelabuhan nelayan muncar. Lama perjalanan menuju teluk blue bay sekitar 2-3 jam.

14. Songgon Rafting Wisata Kali Badeng

15 Objek Wisata Banyuwangi Yang Paling Terkenal

Kali Badeng merupakan salah satu destinasi wisata alam di Banyuwangi. Lokasinya berada paling timur di Pulau Jawa tepatnya berada di Desa Sumber Bulu Kecamatan Songgon Banyuwangi. Kali Badeng merupakan sungai yang berarus deras dengan jenis bebatuan kecil hingga besar yang mengalir dari kaki Gunung Raung.

Tempat wisata ini sangat cocok untuk para penelusur yang hobi olahraga ekstream, belum lagi ditambah pemandangan yang masih alami yang asri dengan hamparan hutan pinus dengan cuaca yang segar akan membuat perjalanan anda semakin seru. Anda menikmati pengalaman menelusuri sungai di kaki gunung raong menggunakan perahu karet.

15. Pantai Grajagan

15 Objek Wisata Banyuwangi Yang Paling Terkenal

Pantai grajagan merupakan tempat wisata di banyuwangi yang sangat menarik untuk dikunjugi. Pasir yang bersih terhampar di pantai yang luas. Di seberang pantai, anda akan disuguhkan pemandangan perbukitan yang eksotis. Keberadaan gua pertahanan zaman jepang juga menjadi daya tarik tersendiri di objek wisata pantai grajakan ini.

Pantai Grajagan terletak sekitar 52 km ke arah selatan dari Kota Banyuwangi. Posisinya yang dekat dengan Pantai Plengkung menjadikan pantai Grajagan sebagai pintu masuk ke Plengkung. Grajagan berada dikawasan seluas 314 hektar di hutan KPH Banyuwangi Selatan, tepatnya terletak di desa Grajagan, Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi Indonesia.

Demikan mengenai 15 Objek Wisata Banyuwangi Yang Wajib Dikunjungi. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi yang ingin berwisata ke Banyuwangi. jika bermanfaat silahkan share ke teman yang lain, terima kasih. Baca Juga: Pulau Tabuhan Tempat wisata Banyuwangi Serasa di Bali

  • 1
    Share
Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *