15 Tempat Wisata Lampung Yang Menarik Untuk Liburan

15 Tempat Wisata Lampung Yang Menarik Untuk Liburan

Diposting pada

Tempat wisata lampung – Lampung adalah sebuah provinsi paling selatan di Pulau Sumatera, Indonesia, Ibukotanya terletak di Bandar Lampung. sebelah utara berbatasan dengan Bengkulu dan Sumatera Selatan. Provinsi Lampung memiliki Pelabuhan utama bernama Pelabuhan Panjang dan Pelabuhan Bakauheni serta pelabuhan nelayan seperti Pasar Ikan (Telukbetung), Tarahan, dan Kalianda di Teluk Lampung.

Lampung sendiri merupakan sebuah daerah yang mempunyai segudang tempat wisata yang sangat indah diantaranya seperti wisata alam, wisata religi serta wisata sejarah semua ada di Lampung, Jika anda ingin berlibur disinilah tempat yang cocok, dijamin anda tidak akan kecewa. Apalagi jika anda berkunjung dengan sanak saudara, pasangan maupun keluarga dijamin pasti liburan kalian akan lebih menyenangkan.

Tempat Wisata Lampung Yang Menarik Untuk Liburan

Berikut 15 Tempat Wisata menarik di Lampung yang harus anda kunjungi jika anda sedang berkunjung ke Lampung.

1. Air terjun Sinar Tiga

Tempat Wisata Lampung Yang Menarik Untuk Liburan

Wisata Lampung ini belum banyak orang yang tau, terutama anak-anak alay, tetapi mungkin ke depannya bisa menjadi tempat kekinian bagi anak muda, khususnya anak-anak alay di wilayah Pesawaran dan Kota Bandar Lampung. Setelah tiba di air terjun tentukan anda akan disajikan pemandangan yang begitu indah, air yang jatuh dengan hembusan embun yang sejuk.

Selain mendapatkan pemandangan air terjun anda juga bisa merasakan sejuk dan jernihnya air tersebut, sehingga hasrat ingin mandipun begitu menggebu. Air terjun Sinar Tiga  yang terletak di dusun Sinar Tiga Desa Harapan Jaya Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung, indah dan tinggi. Debit air terjun ini tidak begitu besar tetapi karena jatuh dari ketinggian sekitar 20an meter.

2. Pantai Gigi Hiu 

Tempat Wisata Lampung Yang Menarik Untuk Liburan

Pantai Pegadungan atau yang biasa disebut dengan Pantai Gigi Hiu bukan berarti dipenuhi dengan ikan hiu. Namun lebih pada keindahan batuan karang dan tebing yang menjulang menyerupai gigi hiu. Yang menarik dari pantai pegadungan ini adalah pemandangan alam di pagi hari, tepatnya ketika matahari mulai terbit. Akan ada pemandangan indah sinar matahari memancar merah disela-sela bebatuan karang yang menjulang.

Pastinya, akan sangat menarik diabadikan dalam jepretan foto. Pantai Pegadungan terletak jauh dari permukiman warga, berada di kecamatan Klumbayan, Kabupaten Tanggamus LampungUntuk mencapainya, diperlukan usaha keras karena memang akses menuju tempat wisata ini masih menjadi permasalahan. Karena memang obyek wisata ini masih belum setenar Teluk Kiluan dan desitinasi wisata lain di Lampung.

3. Pulau Balak

Tempat Wisata Lampung Yang Menarik Untuk Liburan

Pulau Balak Wisata Lampung ini tepatnya berada di Kabupaten Pesawaran Lampung tepatnya dekat daerah Bawang dan Punduh Pidada.yang berada dalam Teluk Punduh Pidada membuat air di sekitarnya cukup tenang. Kondisi tersebut mempermudah para penyelam menikmati keindahan terumbu karang di sekitar Pulau Balak. Sekitar 80 persen terumbu karang di perairan ini masih terjaga.

Salah satu kelebihan terumbu karang dipulau ini adalah keberadaannya tidak begitu dalam, saat air laut surut terumbu karang yang besar bisa terlihat jelas dipermukaan laut. Salah satu daya tarik alam bawah laut lainnya di perairan pulau Balak adalah komposisi terumbu karang yang rapat. Terumbu karang jenis Oxypora lacera, Pectinia lactuca, dan Montipora digitata mudah ditemui. 

Biota penghuni terumbu karang seperti ikan nemo, ikan bendera serta beraneka jenis dan warna hidup di antara terumbu karang berpadu begitu serasi, sungguh pemandangan eksotis keseimbangan alam yang sempurna terlihat jelas dipulau ini.

Baca Juga: 11 Lokasi Wisata Bengkulu Dengan Pemandangan Terindah Tak Tergantikan

4. Teluk Kiluan

Tempat Wisata Lampung Yang Menarik Untuk Liburan

Obyek wisata Kiluan ini merupakan sebuah Teluk yang terletak kurang lebih 80 km dari kota Lampung atau sekitar 3 s.d 4 jam perjalanan menggunakan mobil. Jika dilihat dari jaraknya yang tidak terlalu jauh, sebenarnya waktu yang diperlukan tidak selama itu, namun berhubung beberapa kondisi jalan yang dilalui masih rusak dan berlubang-lubang, maka perjalananpun menjadi lebih lama.

Kelebihan di teluk ini anda bisa melihat atraksi lumba-lumba langsung dari pantai. Setiap pagi lumba-lumba di lautan lepas saling berlompatan dan menyajikan pertunjukan yang memanjakan mata setiap pengunjung, Jika anda tertarik melihatnya  paling tepat di pagi hari. Lokasi tempat wisata ini berada di Kiluan Negeri, Kelumbayan, Tanggamus, Lampung.

5. Pantai Klara 

Tempat Wisata Lampung Yang Menarik Untuk Liburan

Pantai ini memiliki air laut dengan kadar garam tinggi dari pantai ini Anda juga bisa menyebrang ke pulau pahawang, bermain banana boat, berenang terkadang juga dibuat tempat kemah atau outbond anak-anak sekolah dan wahana canoe. Lokasi Pantai Klara berada tidak jauh dari pusat kota Bandar Lampung yang juga merupakan ibukota dari provinsi Lampung.

Pantai ini bisa ditempuh hanya dalam waktu 1 jam bila menggunakan kendaraan bermotor menuju lokasi pantai yang berada di wilayah Kabupaten Pesawaran. Untuk memasuki pantai Klara anda harus membayar karcis masuk sebesar Rp 25.000 per mobil yang bisa dibayarkan ke petugas penjaga loket masuk.

Ada sebuah dermaga lengkap dengan gazebo yang cukup luas untuk ditempati beberapa orang sekaligus di pantai Klara. Klara yang digunakan sebagai nama pantai itu sendiri diambil dari kata Kelapa Rapat. Katanya sih asal muasal nama kelapa rapat itu maksudnya merujuk pada jejeran pohon kelapa yang berbaris rapat di sepanjang pantai. 

6. Pantai Duta Wisata

Tempat Wisata Lampung Yang Menarik Untuk Liburan

Pantai Duta wisata, tempat ini menyediakan pondok-pondok di sepanjang tepi pantai yang dapat digunakan pengunjung untuk bersantai dan bercengkerama bersama keluarga. Selain olahraga air dan bersantai di pondok, bagi Anda yang memiliki hobi memancing, pantai ini juga cocok sebagai tempat memancing. Banyak hal yang dapat di lakukan di Pantai Hiburan Duta Wisata seperti berenang, bermain perahu atau bermain pasir.

Pantai Hiburan Duta Wisata menawaarkan keindahan yang begitu alami. Pantai ini terletak di Jln. Laksamana R.E. Martadinata hanya berjarak kurang lebih 5 km di sisi barat Teluk Betung. Pantai Duta Wisata termasuk pantai dengan tepian berkarang, sehingga cocok untuk melakukan aktivitas olahraga air. Pada akhir pekan, tersedia berbagai fasilitas seperti jetski, banana boat, sepeda air, kano, dan lainnya.

Baca Juga: Wisata Bengkulu, Menikmati Spot Sunset Menarik di Pantai Tapak Paderi

7. Pulau Pahawang 

Tempat Wisata Lampung Yang Menarik Untuk Liburan

Pulau Pahawang merupakan sebuah pulau yang terletak di Kecamatan Punduh Padada, Kabupaten Pasawaran, Lampung Selatan. Pulau ini terbagi menjadi dua yakni Pulau Pahawang Besar dan Pulau Pahawang Kecil. Untuk mengunjungi pulau pahawang hanya menghabiskan waktu perjalanan sekitar 1,5 jam dari kota Bandar Lampung menuju dermaga penyeberangan Ketapang untuk naik perahu menuju pulau pahawang besar. 

Pulau Pahawang ini berada di kecamatan Punduh Pidada kabupaten pesawaran. Pulau yang memiliki luas sekitar 1.084 hektar ini terbagi menjadi 2 pulau, yaitu pulau pahawang besar dan pulau pahawang kecil. Pulau ini sudah tersedia penginapan dengan harga yang cukup terjangkau.

8. Air Terjun Putri Malu 

Tempat Wisata Lampung Yang Menarik Untuk Liburan

Air Terjun Putri Malu adalah salah satu tempat Wisata Lampung yang mempunyai nama unik ini berasal dari bentuk air terjun yang bengkok sehingga terkesan seperti malu-malu. Air Terjun Putri Malu mempunyai ketinggian kurang lebih 80 meter, dilengkapi dengan lingkungan yang asri dan sejuk. 

Disini anda juga dapat menikmati wisata panjat tebing, berkemah, dan trekking dengan keindahan yang masih alami dan asri. Air terjun putri malu ini terletak di wilayah Way Kanan. Selain itu lokasi wisata air terjun ini tempatnya juga tidak jauh dari permukiman penduduk sekitar. Jadi para wisatawan tidak perlu khawatir jika berkunjung ke tempat ini.

9. Air Terjun Curup Tujuh

Tempat Wisata Lampung Yang Menarik Untuk Liburan

Tujuh Air Terjun Curup Tujuh merupakan tempat Wisata Lampung yang terletak di Desa Margajaya Kecamatan Padang Ratu. Lokasi air terjun ini berada pada kawasan hutan lindung yang berada di desa Margajaya. Untuk mencapai lokasi ini dapat menggunakan kendaraan roda empat dan selanjutnya dengan motor Trail sewaan menuju batas hutan lindung di mana air terjun berada. 

Konon kabarnya, keindahan air terjun Curup Tujuh merupakan saingan Curup Maung yang merupakan andalan tempat wisata di Palembang. Keduanya memiliki kesamaan dalam hal cara mencapai lokasi air terjun yang harus melewati hutan.

10. Taman Purbakala Pugung Raharjo 

Tempat Wisata Lampung Yang Menarik Untuk Liburan

Wisata Lampung Taman Purbakala Pugung Raharjo adalah kompleks peninggalan kebudayaan masa lalu. Taman Purbakala Pugungraharjo berada di Desa Pugungraharjo, Kecamatan Sekampung Udik, Kabupaten Lampung Timur. Taman Purbakala Pugungraharjo merupakan peninggalan nenek moyang yang sangat unik karena jarang terjadi di daerah lain. Di situs yang memiliki luas areal sekitar 30 hektar itu, Anda akan menemukan ciri-ciri dari tradisi megalitik yang ditandai dengan alat-alat kehidupan terbuat dari batu-batu besar.

Anda bisa menjangkau daerah datar berketinggian 80 meter itu dengan menempuh jalan beraspal sejauh 52 km dari Bandar Lampung. Anda bakal melintasi areal perkebunan karet yang luas. Taman ini mempunyai koleksi peninggalan purbakala berupa kuburan batu, meja batu, altar batu, batu mayat, dan koleksi lainnya.

Baca Juga: 10 Tempat wisata di Sumatera Utara Wajib Anda Kunjungi

11. Menara Siger 

Tempat Wisata Lampung Yang Menarik Untuk Liburan

Menara Siger merupakan bangunan unik berwarna kuning emas yang saat ini sudah menjadi ikon kota Lampung. Menara Siger adalah bangunan indah bewarna kuning yang saat ini sudah menjadi ikon Lampung.  Menara ini berdiri cantik di atas sebuah bukit, Menara Siger adalah titik nol jalan lintas Sumatera yang sudah menjadi salah satu tempat transit dan tempat wisata di Lampung.

Menara Siger adalah bangunan kebanggan masyarakat provinsi Lampung karena mempunyai arsitektur tradisional khas Lampung. Menara Siger yang terletak di Bukit Gamping, Bakauheni, Lampung Selatan, ini memiliki bentuk yang unik dengan sembilan kerucut berwarna kuning keemasan yang berderet memanjang.

Bentuk ini mengadaptasi bentuk mahkota pengantin wanita (siger) dalam adat Lampung. Sedangkan, pucuknya yang berjumlah sembilan adalah simbolisasi sembilan bahasa yang ada dalam masyarakat Lampung. Kerucut pada bagian tengah berukuran lebih besar dan lebih tinggi yang menjadi puncak dari menara ini.

12. Taman kupu-kupu

Tempat Wisata Lampung Yang Menarik Untuk Liburan

Taman kupu-kupu Gita Persada merupakan tempat rekreasi sekaligus sarana belajar. Di taman ini kita bisa mengenal dan mempelajari keanekaragaman jenis kupu-kupu khas sumatera. Sekaligus menikmati keindahan warna-warni sayapnya beterbangan di lingkungan yang masih alami.

Lokasi Taman Kupu-Kupu Gita Persada ini berada di di daerah kaki Gunung Betung, Desa Tanjung Manis, Kelurahan Kemiling. Untuk menuju lokasi ini memang agak sulit, karena di sepanjang jalan tidak ada sama sekali papan informasi. 

13. Taman Wisata Bumi Kedaton

Tempat Wisata Lampung Yang Menarik Untuk Liburan

Taman Wisata Bumi Kedaton merupakan salah satu wisata Lampung yang menjadi andalan sektor pariwisata di Kota Tapis Berseri ini. Taman Wisata Bumi Kedaton didirikan pada tahun 2004, dan popularitasnya sudah dikenal luas oleh masyarakat Lampung. Taman Wisata Bumi Kedaton menyajikan wisata panorama alam perbukitan.

Lokasinya terletak di perbukitan Gunung Betung, dengan kesejukkan khas dataran tinggi, meskipun tentu saja tidak sesejuk daerah Gisting sana. Taman Wisata Bumi Kedaton terletak di Kecamatan Teluk Betung Barat, tepatnya di Jalan Wan Abdul Rahman, Batu Putu.

Untuk mencapai Taman Wisata Bumi Kedaton sangat mudah, karena papan penunjuk jalan menuju kawasan wisata Batu Putu sudah terpampang di jalanan. Jarak dari pusat kota pun cukup dekat, sekitar 7 km, membuat tempat wisata ini menjadi salah satu wisata alam murah di Bandar Lampung.

14. Taman Nasional Way Kambas 

15 Tempat Wisata Lampung Yang Menarik Untuk Liburan

Taman Nasional Way Kambas adalah salah satu taman nasional tertua di Indonesia. Taman Nasional Way Kambas adalah taman nasional yang berfokus pada pelatihan dan perlindungan gajah. Tempat wisata ini hingga sekarang telah melatih sekitar 300 ekor gajah yang sudah disebar ke seluruh penjuru Tanah Air. 

Selain gajah, Taman Nasional Way Kambas juga melindungi beberapa hewan yang hampir punah seperti harimau Sumatera dan badak Sumatera. Taman Nasional Way Kambas berlokasi sekitar 2 jam perjalanan dari kota Bandar Lampung.

15. Pantai Mutun

15 Tempat Wisata Lampung Yang Menarik Untuk Liburan

Pesona wisata yang ditawarkan di pantai ini adalah hamparan pasir putih indah dan lautan tenang yang menggoda pengunjung untuk berenang-renang. Dari tepi pantai anda juga akan disajikan pemandangan yang luar biasa yaitu pemandangan pegunungan, pulau-pulau, bahkan kota Bandar lampung pun dapat terlihat indah. 

Fasilitas yang disediakan di Pantai Mutun tergolong lengkap baik itu fasilitas umum maupun arena permainan. Wahana yang tersedia pun beraneka ragam seperti Waterboom, Kano, Banana boat, Jet sky, Ban apung. Pantai Mutun berada di Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pasawaran. Keidahan yang dimiliki pantai mutun memiliki pasir putih dengan air lautnya yang tergolong bersih dan jernih. 

Ombak pantai mutun cukup tenang sehingga menarik untuk bermain lebih jauh dari bibir pantai. Wisatawan juga akan disunguhkan dengan pemandangan pulau kecil yang masih hijau nan asri pulau ini terkenal dengan nama Pulau Tangkil. 

Demikian 15 tempat wisata lampung yang menarik untuk liburan. Tempat yang banyak tempat wisata ini merupakan daya tarik tersendiri jika anda berkunjung ke lampung. Baca Juga: 15 Oleh Oleh Khas Lampung Menggoda, Murah dan Paling Banyak Dicari

Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *