15 Tempat Wisata Kalimantan Barat Paling Terkenal

15 Tempat Wisata Kalimantan Barat Paling Terkenal

Diposting pada

Wisata Kalimantan Barat – Propinsi berada di ujung barat pulau Kalimantan atau dikenal dengan nama Borneo, ada Kalimanatan Barat yang ibukota provinsi di Kota Pontianak. Provinsi ini merupakan provinsi terluas keempat setelah Papua, Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah. Daerah Kalimantan Barat termasuk salah satu daerah yang dapat dijuluki provinsi “Seribu Sungai”.

Julukan seribu sungai selaras dengan kondisi geografis yang mempunyai ratusan sungai besar dan kecil. Di antara sungai tersebut dapat dan sering dilayari dan menjadi salah satu tempat rekreasi di pontianak. Beberapa sungai besar sampai saat ini masih merupakan urat nadi dan jalur utama untuk angkutan daerah pedalaman. Walaupun prasarana jalan darat telah dapat menjangkau sebagian besar kecamatan. Baca Juga: Cafe Terapung, Sensasi Bersantai di Tepian Sungai Kapuas Pontianak

Provinsi Kalimantan Barat berbatasan darat dengan negara bagian Sarawak, Malaysia. Walaupun sebagian kecil wilayah Kalimantan Barat merupakan perairan laut, akan tetapi Kalimantan Barat memiliki puluhan pulau besar dan kecil yang indah. Saat ini palau-palau tersebut sebagai destinasi wisata kalimantan barat. Lokasinya tersebar sepanjang Selat Karimata dan Laut Natuna yang berbatasan dengan wilayah Provinsi Kepulauan Riau.

Tempat Wisata Kalimantan Barat Paling Terkenal

Kalimantan Barat juga merupakan salah satu propinsi yang dilalui garis khatulistiwa. Tepatnya garis khatulistiwa melewati ibukotanya yaitu kota Pontianak. Oleh karena itu Propinsi kalbar banyak sekali terdapat destinasi wisata yang menarik dikunjungi mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya dan wisata lainnya. Lebih jelasnya berikut daftar Tempat Wisata Paling Terkenal di Kalimantan Barat rekomendasi dari Traveluxion sebagai tujuan traveling anda.

1. Tugu Khatulistiwa Pontianak

15 Tempat Wisata Kalimantan Barat Paling Terkenal

Jika anda mengunjungi Kota Pontianak jangan lupa untuk mengunjungi tugu yang satu ini yaitu Tugu Kaltulistiwa. Tugu yang merupakan icon dari Kota Pontianak Kalimantan Barat Indonesia. Tugu Kaltulistiwa letaknya di jalan Kharulistiwa Pontianak Utara, Provinsi KalBar. Berjarak sekitar 3 km dari pusat kota Pontianak.

Yang menjadi daya tarik di tugu khatulistiwa adalah Setiap tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September. Di Tugu Khatulistiwa menjadi lokasi Hari Kulminasi Matahari. Titik kulminasi merupakan titik di mana matahari tepat berada di atas garis khatulistiwa. Saat fenomena alam ini berlangsung, bayangan tugu akan ‘menghilang’ selama beberapa detik meskipun diterpa sinar matahari. Ini menjadi tontonan sekaligus wisata yang jarang ditemui ditempat lain.

2. Istana Kesultanan Kadariah Pontianak

15 Tempat Wisata Kalimantan Barat Paling Terkenal

Keraton Kesultanan Kadariah merupakan tujuan tempat wisata Kalimantan Barat, khusunya wisata sejarah. Wisata Istana Kesultanan Kadariah Pontianak cukup terkenal keberadaanya. Oleh karena itu istana ini menjadi tujuan wisata yang banyak dikunjungi wisatawan dalam maupun luar kota Pontianak.

Istana Keraton Kesultanan Kadariah ini masih menyimpan berbagai macam benda peninggalan sejarah. Seperti Singahsana, Kaca Pecah Seribu, Al-Quran tulisan tangan dan silsilah keturunan Sultan Pontianak dari sultan pertama, Sultan Sharif Abddurahman Alkadrie. Hingga kepada sultan kelapan, Sultan Syarif Hamid Alkadrie yang memerintah pada tahun 1945.

Tempat wisata di pontianak Kesultanan ini terletak di Kampong Dalam Bugis, Kec. Pontianak Timur, Pontianak ini telah berdiri sejak tahun 1771 M. Kendati demikian, tempat wisata di Pontianak yang bersejarah ini masih tetap terjaga dan terawat dengan baik.

Baca juga: Penginapan / Hotel Murah di Pontianak Dengan Harga Mulai Dari Rp 100 ribuan.

3. Rumah Radakng

15 Tempat Wisata Kalimantan Barat Paling Terkenal

Wisata Kalimantan Barat, khususnya Tempat wisata di Pontianak salah satu yang terkenal adalah replika dari Rumah Radakng. Objek wisata Rumah Radakng Pontianak merupakan rumah adat Suku Dayak. Biasa dikenal dengan nama Rumah Panjang atau Rumah Betang yang dibangun di Kota Pontianak Kalimantan Barat.

Tempat ini juga menjadi salah satu tujuan wisata Budaya di Pontianak. Bangunan rumah Radakng ini memiliki panjang 138 m, tinggi 7 m, dan lebar 5 m. Dengan Bagunan Rumah panggung ini dibuat untuk melestarikan bangunan adat khas dayak. Jika mau mengunjungi Reflika rumah radakng, alamat lokasinya terletak di Jalan Sultan Syahrir, Kota Baru, Pontianak Kalbar.

4. Pantai Pasir Panjang Singkawang

15 Tempat Wisata Kalimantan Barat Paling Terkenal

Pantai Pasir Panjang telah lama menjadi tempat rekreasi yang terkenal, menghadap ke laut Natuna serta beberapa pulau kecil di sekitarnya, antara lain pulau Lemukutan, pulau Kabung dan Pulau Randayan. Perahu-perahu kecil dan speed boat dapat disewa di sini untuk menuju ke pulau-pulau tersebut. Pantai Pasir Panjang berada di Kecamatan Tujuhbelas, hanya 17 km dari pusat kota Singkawang.

Fasilitas yang lengkap dan nyaman dapat anda rasakan saat berwisata atau berlibur ke pantai Pasir Panjang ini. Mulai penginapan, kolam renang keluarga, tempat bermain anak-anak, warung-warung makan hingga fasilitas olahraga seperti motorcross, road race dan gokart. Anda dapat pula memancing langsung ke kawasan laut.

5. Pulau Randayan  Bengkayang

15 Tempat Wisata Kalimantan Barat Paling Terkenal

Pulau randayan sekarang sudah menjadi obyek wisata Kalimantan Barat yang sudah cukup terkenal. Termasuk wisata di Kalimantan Barat yang populer dikalangan wisatawan, khususnya wisatawan kalbar. Letak Pulau Randayan yang setrategis, karena berada diantara kota singkawang dan Kabupaten Bengkayan. Namun Secara Administrasi Pulau Randayan Masuk kewilayah Kabupaten Bengkayang.

Kawasan pulau randayan di kelilingi banyak pulau di sekitarnya, sehingga melengkapi keindahan tempat wisata Pulau Randayan. Untuk Akses menuju ke pulau Randayan dapat ditempuh melalui dua dermaga yang menyediakan akses transportasi untuk umum. Yaitu Dermaga Teluk Suak dan Dermaga di Pantai Samudera Indah.

Waktu perjalanan kurang lebih 1 – 2  jam tergantung cuaca dengan menggunakan kapal motor dan membayar ongkos sekitar 35.000,-/orang. Kapal-kapal motor ini juga membawa barang keperluan pokok masyarakat Pulau Lemukutan, pulau yang sangat dekat jaraknya dengan Pulau Randayan. Umumnya kapal motor ini berangkat pagi menjelang siang sekitar pukul 09.00 – 10.00 Wib.

6. Pantai Temajuk Sambas

15 Tempat Wisata Kalimantan Barat Paling Terkenal

Pulau temajuk merupakan tempat wisata Kalimantan Barat yang terkenal. Di tempat ini anda akan merasakan eksotisme pantai yang masih alami di kawasan perbatasan Indonesia dan Malaysia. banyak spot-spot menarik bisa anda explore saat berada disini. Mengunjungi objek wisata Pulau Temajuk pasti akan menjadi kenangan tak terlupakan bagi pengunjung, Karena Memiliki pemandangan khas pantai yang indah.

Mengunjungi tempat wisata pulau temajuk Anda akan menikmati birunya laut, dan putihnya pasir pantai yang menajubkan. Selain liburan anda bisa sambil merasakan secara langsung kehidupan di titik terdepan masyarakat perbatasan. Walau tempat wisata ini terpencil namun sangat terkenal di kalimantan Barat. Lokasi tempat wisata Pulau Temajuk berada di desa terpencil lokasinya di Kec. Paloh, Kab. Sambas. Pantai ini hanya berjarak 4 Km dari border Indonesia-Malaysia.

7. Air Terjun Mananggar Landak

15 Tempat Wisata Kalimantan Barat Paling Terkenal

Air terjun yang sangat terkenal di daftar wisata Kalimantan Barat khususnya di Kabupaten landak adalah air terjun Riam mananggar. Air terjun ini ada yang bilang reflika dari air terjun Niagara di Amerika, walaupun lebih kecil di banding dengan air terjun niagara namun keindahan yan ditawarkan tidak kalah menarik.

Air terjun Riam Mananggar ini lokasinya terletak di Kec. Serimbu, Kab. Landak, bisa ditempuh sekitar 5 Jam perjalanan darat dari Kota Pontianak. Air terjun yang masih alami menambah keindahan wisata alam kalimantan.

8. Taman Nasional Danau Sentarum

15 Tempat Wisata Kalimantan Barat Paling Terkenal

Taman Nasional Danau Sentarum adalah taman nasional Indonesia, lokasinya berada di Provinsi Kalimantan Barat. Tepatnya berada di Kabapaten  Kapuas Hulu Kalbar. Untuk menuju kawasan destinasi wisata taman nasional danau sentarum dapat di akses melalui dua jalur. Pertama perjalanan menggunakan jalur darat dari Kota Pontianak ke Kapuas Hulu sekitar satu hari perjalanan.  Kedua menggunakan jalur udara, yang bisa ditempuh sekitar 45 menit perjalanan.

Danau Sentarum merupakan danau penampung air hujan yang sangat luas. Dikala musim penghujan keadaan danau akan pasang dan menggenangi pepohonan yang ada disekitar danau. Namun saat musim kemarau air mengering atau surut. Sehingga anda akan melihat di areal danau seolah menjadi padang Sabana seperti lukisan yang nampak indah jika dilihat dari atas. Danau ini juga sangat terkenal di Kalimantan Barat dan merupakan habitat Ikan Arwana kalbar.

9. Taman Nasional Gunung Palung

15 Tempat Wisata Kalimantan Barat Paling Terkenal

Taman Nasional Gunung Palung Kalimantan Barat Indonesia merupakan kawasan yang mempunyai ekosistem. Bisa dikatakan sebagai taman nasional terlengkap di antara taman-taman nasional di Indonesia lainnya. Di kawasan Taman Nasional Gunung Palung juga terdapat Gunung Palung yang mempunyai ketinggian kurang lebih 1.116 meter dari permukaan laut.

Selain itu, Taman Nasional ini juga habitat bagi sekira 2.200 ekor orangutan. Untuk jenis Bekantan mamalia dengan jumlah terbesar populasinya di Taman nasional tersebut. Taman Nasional Gunung Palung (TNGP) adalah sebuah taman nasional yang terletak di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, sekitar 30 menit penerbangan dari Pontianak.

Luas taman nasional ini adalah 90.000 hektar, yang terbentang di Kecamatan Matan Hilir Utara, Sukadana, Simpang Hilir, Nanga Tayap, dan Sandai. TNGP mempunyai ekosistem yang dikatakan sebagai yang terlengkap di antara taman-taman nasional di Indonesia.

10. Bukit Kelam Sintang

15 Tempat Wisata Kalimantan Barat Paling Terkenal

Wisata Bukit Kelam adalah objek wisata di Kalimantan barat berupa bukit batu.  Tempat wisata Bukit Batu merupakan batuan monolit terbesar di dunia, lebih besar dari Uluru di Australia. Mendaki bukit ini merupakan sesuatu kegiatan yang menantang. kegiatan yang sangat disukai bagi yang menyukai petualangan. Dan cocok untuk mereka yang suka dengan olahraga panjat tebing, karena memang lokasinya yang curam.

Lokasi wisata Bukit Kelam berada di Kabupaten Sintang Kalbar. Untuk menuju Sintang dapat ditempuh sekitar 9 Jam perjalanan darat dari Kota Pontianak. Tempat ini sangat bagus untuk dijadikan tempat untuk berfoto dengan pemandangan bukit yang dihiasi bebatuan terjal yang nampak indah.

11. Air Terjun Riam Merasap Bengkayang

15 Tempat Wisata Kalimantan Barat Paling Terkenal

Objek wisata Air terjun riam merasap merupakan air terjun yang sudah cuckup terkenal di Kalimantan Barat.  Karena memiliki daya tarik yang berupa keindahan alam sekitarnya yang memang masih asri karena banyak tumbuh pepohonan di sekitar air terjun tersebut. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 20 meter dan lebar sekitar 8 meter.

Dengan air jernih yang mengalir deras dan panorama alam asri membuat air terjun ini semakin indah dan tidak membosankan untuk dinikmati berlama-lama. Lokasi Air terjun Riam Merasap terletak di provinsi Kalimantan Barat tepatnya di desa Batang Air, kecamatan Tujuh Belas, Kabupaten Bengkayang.

Jika anda dari Kota Pontianak Jarak bisa anda tempuh untuk menuju air terjun ini sekitar 300 Km atau sekitar 6 Jam perjalanan. Sedangkan dari pusat kota Bengkayang sekitar 62 km sekitar 1,5 Jam, dari sebelah timur kota Singkawang sekitar 130 km sekitar 3 Jam perjalanan, dan dari perbatasan Indonesia-Malaysia hanya berjarak 10 km. Air terjun Riam Merasap juga cukup banyak didatangi warga Malaysia.

12. Bukit Jamur Bengkayang

15 Tempat Wisata Kalimantan Barat Paling Terkenal

Destinasi wisata Bukit jamur adalah salah satu bukit Wisata Kalimantan Barat terletak di Kabupaten Bengkayang. Salah satu kabupaten di Provinsi Kalimantan Barat, merupakan Daerah yang di kelilingi, bukit dan lembah yang memiliki panorama alam yang indah dan masih asli terjaga keasriannya.

Sehinga membuat para pendatang yang haus akan tempat santai menjadi betah. Bukit Jamur ini yang dikenal warga setempat dengan nama Gunung Batu itu letaknya tidak jauh dari kota Bengkayang yang merupakan ibukota kabupaten Bengkayang. Lokasi tempat wisata alam Bukit Jamur persisnya terletak di Desa Belangko yang hanya berjarak sekitar 6 km dari pusat kota Kabupaten Bengkayang.

Untuk mencapai desa ini hanya diperlukan waktu kurang lebih sekitar 15 menit saja dari pusat kota dengan menggunakan kendaraan pribadi roda dua maupun roda empat. Untuk akses jalan ke bukit jamur sendiri sudah terbilang cukup bagus meskipun jalan untuk menaiki bukit jamur yang dilalui  kecil.

13. Makam Juang Mandor

15 Tempat Wisata Kalimantan Barat Paling Terkenal

Makam Juang Mandor adalah salah satu situs bersejarah tempat korban pembantaian oleh tentara penjajah Jepang. Antara tahun 1942 hingga 1945 di Kalimantan Barat, tepatnya berada di Kecamatan Mandor, Kabupaten Landak. Di monumen makam juang mandor ini terdapat relief yang menceritakan sejarah asal mula kejadian pembantaian oleh jepang ini bermula yang di jabarkan oleh pak Sakimin Juru Kunci Makam.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi tempat bersejarah ini Anda bisa menempuh perjalanan darat dari Pontianak ke Mandor. Dengan jarak tempuh perjalanan sekitar 3 Jam. Akses ke Wisata Makam Juang mandor bisa dilalui dengan semua jenis kendaraan. Karena Jalanan yang dilalui sudah lumayan bagus (beraspal).

14. Pantai Pulau Datok Kayong Utara

15 Tempat Wisata Kalimantan Barat Paling Terkenal

Pantai pulau datok merupakan obyek wisata yang banyak di kunjungi. Karena pantainya yang indah dan bersih akan membuat betah setiap penjungnya. Apa lagi sekarang sudah banyak pembenahan yang dilakukan oleh pemda Kayong Utara Kalimantan Kalbar. Anda bisa menikmati pemandangan pantai denga terbentang luas hamparan pasir yang memanjang.

Salah satunya permainan yang bisa dinikmati pengunjung untuk membantu anda menjelajah pantai pulau datok. Seperti banana boad, Cano dan permainan anak juga sudah terdapat di pantai ini. Pantai pulau datok sangat banyak dikunjungi terutama hari minggu, atau hari-hari libur lainnya. Pantai Pulau Datok yang terletak di sukada, sukada Kabupaten Kayong Utara Kalimantan Barat Indonesia.

15. Pulau Selimpai Sambas

15 Tempat Wisata Kalimantan Barat Paling Terkenal

Tempat wisata Pulau Selimpai adalah wisata pulau yang lokasinya terpisah dari daratan utama oleh sebuah sungai. Pulau Slimpai Wisata Kalimantan Barat yang berbatasan langsung dengan laut Natuna. Wisata ini menawarkan keindahan pantai pasir putih dan jajaran hutan pinus yang berjajar rapi di tepi pantai. Pulau slimpai juga menjadi habitat penyu bertelur yang merupakan daya tarik tersendiri bila datang ke pulau slimpai.

Pulau ini juga sudah familier di kalangan wisatawan kalbar. Pantai Selimpai Paloh juga merupakan salah satu kawasan konservasi yang terdapat di Kabupaten Sambas Kalimantan Barat dengan nama Taman Wisata Alam Tanjung Belimbing. Lokasi Pantai Selimpai berada di desa Sebubus Kec. Paloh kabupaten sambas Kalbar.

Tempat ini berjarak kurang lebih tujuh kilo meter dari ibukota kecamatan dan 45 km utara kota Sambas yang merupakan ibu kota dari Kabupaten Sambas. Bisa di tempuh dengan kendaraan roda dua maupun empat dengan waktu sekitar dua jam  dari Sambas ke Paloh.

Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

0 thoughts on “15 Tempat Wisata Kalimantan Barat Paling Terkenal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *