16 Tempat wisata di Gunung Kidul Jogja Yang Wajib Dikunjungi

16 Tempat wisata di Gunung Kidul Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Diposting pada

Tempat wisata di Gunung Kidul Jogja – Gunung kidul merupakan salah satu Kabupaten yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Pusat pemerintahan Kabupaten Gunungkidul berada di Kecamatan Wonosari. Daerah gunung kidul sendiri identik dengan kawasan bukit kapur yang tandus, meskipun begitu daerah ini banyak menyimpan destinasi wisata yang menarik untuk tujuan wisata.

Gunung kidul yang merupakan bagian dari jogja ini terkenal dengan wisata pantai yang indah. Tempat wisata di jogja khususnya kabupaten Gunung Kidul juga merupakan tempat wisata favorit bagi para wisatawan, karena banyaknya obyek wisata yang menarik di tempat tersebut, terutama wisata pantai-nya.

Tempat wisata di Gunung Kidul Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Meskipun daerahnya di dominasi oleh perbukitan dan pegunungan kapur yang bisa di bilang gersang jika di musim kemarau. Selain wisata pantai gunung kidul juga banyak obyek wisata lainnya yang menarik bisa anda kunjungi saat berada di Kabupaten gunung kidul Jogja. Berikut daftar tempat wisata di Gunungkidul jogja yang wajib dikunjungi.

1. Pantai Jogan

16 Tempat wisata di Gunung Kidul Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Pantai jogan merupakan wisata pantai yang memiliki keunikan tersendiri yang tidak dimiliki oleh wisata pantai di Gunung Kidul Jogja. Karena Pantai Jogan yang keberadaannya terdapat air terjun di balik bukit karst yang aliran airnya langsung jatuh ke bibir laut. Keunikan ini mungkin sangat jarang sekali ditemui di daerah manapun di Indonesia. Ketinggian air terjun ini sekitar 10 M.

Lokasi Pantai Jogan terletak di sebelah barat Pantai Siung, Untuk menuju Pantai Jogan  anda harus menempuk jarak sekitar 70 km dari kota Jogja. Tepatnya di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Jogjakarta Indonesia.

2. Pantai Pok Tunggal

16 Tempat wisata di Gunung Kidul Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Pantai pok tunggal  merupakan tempat wisata pantai jogja yang berada di kabupaten Gunung Kidul. Pantai ini memiliki keindahan yang mempesona dengan andanya tebing-tebing tinggi yang mengelilingi dan membentengi pantai ini. Keindahan alam wisata Pantai Pok tunggal sangat cantik yang dilengkapi dengan pasirnya bersih dan alami.

Fasilitas di pantai pok tunggal masih belum memadai karena tergolong wisata pantai baru di Jogja Gunung Kidul dan belum terlalu popoler. Karena tempatnya yang indah pantai ini merupakan tempat wisata yang wajib dikunjungi bila anda sedang berada di Kabupaten Gunung Kidul. Asal nama Pantai Pok Tunggal sendiri yaitu berasal dari sebuah pohon Duras yang tumbuh di bibir pantai dan pohon ini menjadi ciri khas dari pantai pok tunggal.

Bila anda ingin berkunjung ke pantai pok tunggal lokasinya berada di antara Pantai Indrayanti dan Pantai Siung. Tepatnya Lokasi Pantai Pok Tunggal terletak di Desa Tepus Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta tepatnya di sebelah Timur Pantai Watulawang dan di sebelah Barat Pantai Ngetun.

Baca Juga: Wisata Embung Batara Sriten Telaga di Atas Awan GunungKidul Yogyakarta

3. Pantai Baron

16 Tempat wisata di Gunung Kidul Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Pantai baron jogja merupakan pantai yang berupa teluk yang kanan kirinya merupakan bukit pasir. Tempat wisata ini biasa digunakan sebagai tempat untuk camping menikmati suasana alam. Di sepanjang Pantai Baron banyak ditemui perahu yang biasanya digunakan para nelayan untuk mencari ikan. Sehingga pantai ini terkenal dengan kuliner laut yang beraneka ragam.

Yang lebih serunya lagi di pantai jogja ini anda bisa membeli ikan dan bisa di masak di warung makan sesuai selera anda. Di pantai Baron yagyakarta terdapat Tempat Pelelangan Ikan (TPI), jadi banyak tersedia ikan segar yang menjadi pilihan anda. Lokasi Pantai Baron ini terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Untuk menuju Lokasi wisata Pantai Baron ini anda bisa dapat menempuh jarak kurang lebih 40 km dari pusat kota Yogyakarta.

4. Pantai Drini

16 Tempat wisata di Gunung Kidul Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Pantai drini merupakan salah satu pantai di gunung kidul, pantai ini memiliki keunikan tersendiri dengan adanya sebuah Pulau di bibir pantai. Biasa objek wisata ini dijelajahi oleh para pengunjung untuk menikmati pemandangan yang eksotis disana. Pulau ini memisahkan Pantai Drini menjadi dua bagian, sisi barat dan sisi timur.

Satu sisi bernuansa tenang dan damai dengan percikan ombak laut, sementara disisi yang lainnya terlihat ganas karena hempasan ombak yang menerjang keras ke batu karang. Lokasi Pantai Drini  terletak di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta. Persisnya di sebelah timur pantai Baron dan berjarak sekitar 1 km ke arah timur Pantai Sepanjang.

5. Pantai Krakal

16 Tempat wisata di Gunung Kidul Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Pantai krakal merupakan tempat wisata pantai yang memiliki spot surfing, karena dengan ombak yang lumayang menantang. Banyak wisatawan yang datang ke pantai krakal memanfaatkannya sebagai kegiatan surfing. Selain itu di krakal juga banyak ditemukan biota laut yang berwarna-warni sehingga menabah pesona wisata ini.

Pantai Krakal letaknya bersebelahan dengan wisata pantai lainnya di Gunung kidul jogja, dibatasi oleh bukit besar yang ditumbuhi pepohonan rindang. Diatas bukit juga disediakan gubuk sebagai tempat bersantai pengunjung untuk menikmati pemandangan laut yang membentang luas dari atas. Lokasi Pantai Krakal tepatnya berada di Desa Ngestiharjo, Kecamatan Tanjungsari kabupaten Gunung Kidul Yagyakarta.

6. Pantai Ngobaran

16 Tempat wisata di Gunung Kidul Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Pantai Ngobaran merupakan tempat wisata ngobaran yang masih dikawasan wisata wonosari. Pantai ini menawarkan pesona alam yang dipadu dengan pluralisme di lingkungan sekitarnya yang sangat Indah. Pantai Ngobaran juga cukup mempesona sebagai tujuan wisata wajib anda kunjungi juga di jogja Gunung Kidul.

Di Pantai ini jika air sedang surut banyak ditemukan rumput laut yang berwarna kehijauan. Rumput laut tersebut terhampar di sela-sela batu karang di pinggir pantai. Menurut cerita setempat, ada sebuah bukit karang yang di puncaknya terdapat sebuah kotak batu. Konon menurut cerita kotak tersebut merupakan tempat Prabu Brawijaya V (raja terakhir Majapahit) membakar diri.

Pantai Ngobaran terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Di pantai ngobaran anda bisa menikmati kuliner khas yang tersedia di warung-warung makan di tempat ini adalah landak goreng. Jika anda penasaran rasanya bisa langsung datang dan mencicipi kuliner unik ini.

Baca Juga: 8 Kuliner Makanan Khas Jogja Yang Paling Populer

7. Pantai Sadeng

16 Tempat wisata di Gunung Kidul Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Menurut cerita pantai sadeng gunung Kindul ini merupakan muara dari sungai Bengawan Solo. Dulu banyak ditemukan jejak jalur aliran air yang sekarang sudah berubah menjadi ladang palawija. Pantai Sadeng tidak seperti pada umumnya wisata pantai yang ada di Gunung kidul. Pantai ini tidak memiliki karang-karang besar yang menjadi pembatas pada kedua sisinya.

Pemandangan hamparan laut lepas sangat terlihat jelas disini. Mengunjungi Sadeng juga bagaikan menyaksikan sebuah keindahan yang luar biasa indah dengan melihat berubahnya dataran rendah jalur aliran Bengawan Solo Purba.

Dari tempat mengalirnya air hingga menjadi ladang palawija seolah anda mengenang pantai yang semula muara sungai menjadi daerah sepi. Dan akhirnya berkembang menjadi pelabuhan perikanan terbesar di Yogyakarta. Alamat lokasi pantai sadeng berada di Songbanyu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

8. Pantai Kukup

16 Tempat wisata di Gunung Kidul Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Pnatai Kukup merupakan tempat wisata jogya di kabupaten wonosari ini kaya akan beragam biota laut seperti ikan hias, bintang laut dan terumbu karang. Dan banyak lagi lainnya yang menarik banyak minat wisatawan untuk mengunjungi tempat wisata jogja ini. Di pantai ini anda bisa melihat aquarium alami (cekungan) yang berada bagian laut dangkal di pinggiran pantai dan dibatasi oleh gundukan terumbu karang yang seakan menghadang hempasan ombak besar.

Untuk melihat keindahan yang ada di pantai kukup, anda bisa mengunjungi wisata ini yang lokasinya berada di  Kemadang, Yogyakarta, Kabupaten Gunung Kidul. Kawasan ini masih masuk dalam daftar Wisata Yogyakarta yang bisa di askes dengan menggunakan kendaraan umum maupun pribadi.

9. Pantai Seruni

16 Tempat wisata di Gunung Kidul Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Kesan pertama ketika sampai di Pantai Seruni adalah tenang dan damai. Sangat cocok bagi anda yang ingin berwisata dengan nuansa tenang. Karena tempat wisata yang satu ini tergolong sepi. Untuk akses menuju ke bibir pantai ini agak kurang bagus karena belum di perbaiki. Tatanan bebatuan cadas mengisi sepanjang jalur sangat cocok dijadikan tempat offroad.

Jika anda tertarik mengunjungi objek wisatalokasi pantai seruni terletak berdekatan dengan wisata populer yang kawasannya berada tidak jauh dari Goa Pindul dan Pantai Indrayanti.Tepatnya beralamat di Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta .

10. Goa Pindul

16 Tempat wisata di Gunung Kidul Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Goa Pindul Wisata Alam di Gunung Kidul Yang Menantang dan merupakan salah satu tempat wisata goa yang memiliki aliran sungai bawah tanah sepanjang 300 meter. Sensasi petualangan menarik saat wisatawan mengunjungi Goa Pindul adalah menyusurai sungai bawah tanah tersebut dengan menggunakan ban pelampung(cave tubing) selama 50-60 menit.

Aliran airnya yang dingin dan tenang memberikan suasana tersendiri dan olahraga cave tubing di Goa Pindul bisa dilakukan oleh segala umur, anak-anak maupun orang dewasa. Untuk bisa menikmati pengalaman yang menarik di Gua Pindul. Setiap pengunjung hanya ditarik tiket sebesar Rp.35.000,- dengan fasilitas ban, pelampung, helm, guide, sepatu dan asuransi, yang siap melengkapi petualangan wisata anda di Gua pindul, gunung kidul jogja.

11. Air Terjun Sri Gethuk

16 Tempat wisata di Gunung Kidul Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Objek wisata Air terjun ini sangat populer dikalangan para wisatawan. Mengunjungi tempat wisata air terjun Sri Gethuk anda seakan berada di Luar negeri. Karena lokasi wisata ini mempunyai kemiripan dengan salah satu objek wisata di luar negeri, yaitu Grand Canyon Arizona.di amerika. Aliran air di Air terjun sri gethuk tidak mengenal musim, meskipun kemarau panjang air tetap lancar mengalir.

Saat berada di tempat wisata ini anda akan menyaksikan bebatuan di bawah air terjun tertata rapi menyerupai undakan yang nampak indah. Sensasi saat anda mendekat dan merasakan air yang jatuh ke tubuh, serasa berada di negeri dongeng menikmati guyuran Air Terjun Sri Gethuk. Alamat lokasi Air Terjun Sri Gethuk berada di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Gunungkidul jogjakarta.

12. Pantai Ngandong

16 Tempat wisata di Gunung Kidul Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Tempat wisata jogja Pantai Ngandong adalah pesona bukit karst yang berwarna kehijauan menjadi pemandangan yang indah. Belum lagi dipadu dengan birunya ombak dan pasir putih bersih serta perahu nelayan yang terparkir di pinggiran pantai menambah ke eksotisan pantai di gunungkidul wonosari jogja ini.

Tentunya landscapte dari 2 pemandangan ini sangat disukai oleh para fotografer untuk background berfoto. Terutama disaat melihat keindahan matahari mulai tenggelam, cahaya senjanya akan menghipnotis setiap pengunjung wisata pantai ngandong. Lokasi wisata ini berada di sebelah barat Pantai Sundak, tepatnya di Jalan Pantai Sel. Jawa, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca Juga: 16 Wisata Pantai di Jogja Yang Sering di Kunjungi Wisatawan

13. Pantai Wediombo

16 Tempat wisata di Gunung Kidul Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Objek wisata yang harus anda kunjungi saat berada di Gunung kidul Jogja adalah Pantai Wediombo. Dayatarik wisata pantai wediombo yaitu terdapat kolam renang alami yang biasa dijadikan tempat berenang oleh pengunjung yang sedang menikmati liburan disini. Tempat berenang ini berada dipinggiran pantai yang dipisahkan oleh batu karang besar, juga sebagai pembatas dengan lautan lepas.

Tempat ini juga digunakan oleh Para pemancing sebagai pijakan sambil bisa menikmati pemandangan pantai wedi ombo. Lokasi wisata pantai wediombo berada di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Gunungkidul yogyakarta. Fasilitas di pantai sebagai pelengkap wisata anda bisa di lihat pinggir pantai ini banyak terdapat gubuk yang menyediakan berbagai kuliner bagi para wisatawan yang sedang menikmati liburan di pantai wediombo.

14. Pantai Ngrenehan

16 Tempat wisata di Gunung Kidul Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Pantai Ngrenehan merupakan wisata berupa sebuah teluk yang dikelilingi bukit kapur. Dinding perbukitan batu kapur tersebut berwarna kehijauan karena ditumbuhi pepohonan. Di waktu Hari Raya Nyepi, para umat Hindu melaksanakan upacara Melasti di Pantai Ngrenehan.

Selain Pantai Ngrenehan, di Kecamatan Saptosari juga terdapat Pantai Butuh, Pantai Langkap, Pantai Nguyahan dan Pantai Torohudan. Letakn lokasinya berada di sebelah timur Pantai Ngobaran, tepatnya berada di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta Indonesia.

15. Pantai Sepanjang

16 Tempat wisata di Gunung Kidul Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Wisata Pantai yang wajib Anda kunjungi bila sedang berlibur ke Yogyakarta adalah Pantai Sepanjang. Sesuai namanya sepanjang, karena memiliki garis pantai yang terpanjang diantara pantai-pantai lain yang ada di Kabupaten Gunung kidul jogja. Kondisi pantai ini disebut-sebut mirip dengan kondisi wisata Pantai Kuta yang ada di Pulau Bali.

Lokasi Pantai sepanjang terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Jika anda ingin mengetahui bagaimana keberadaan Pantai Kuta tempoe doeloe, Pantai Sepanjang lah tempatnya, karena hampir sama dengan wisata pantai kuta bali yang masih alami dulu.

16. Pantai Indrayanti

16 Tempat wisata di Gunung Kidul Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Pantai Indrayanti Jogja Kabupaten gunung kidul merupakan satu wisata pantai jogja yang relatif baru. Namun dari jejeran pantai di gunung kidul yang membentang dari barat ke timur, pantai indrayanti ini memiliki nilai tersendiri di hati para wisatawan.Jalan-jalan ke pantai di jogja Indrayanti ini bisa menjadi pilihan wisata yang wajib anda kunjungi jika sedang berada di kota pelajar Yogyakarta. Pantai Indrayanti ini memiliki keindahan yang tak kalah menarik dari pantai jogja lainnya seperti  parangtritis.

Lokasi Pantai indrayanti terletak berdekatan dengan pantai Baron, jika dari pantai Parangtritis, pantai ada berada jauh di sebelah timurnya. Perjalanan pun akan melewati daerah pebunungan gunung kidul. Pantai Indrayanti terletak bersebelahan dengan Pantai Sundak tepatnya di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupatan Gunung kidul Daerah Istimewa Yogyakarta. tiket masuk pantai indrayanti  cuckup murah hanya Rp. 5.000/ orang.

Itulah tadi ulasan mengenai 16 Tempat wisata di Gunung Kidul Jogja Yang Wajib Dikunjungi. Semoga informasi ini bisa anda jadikan referensi tujuan wisata jika sewaktu-waktu ingin berkunjung ke Yogyakarta, Indonesia. Baca Juga: 10 Tempat Wisata Bantul Jogja Paling Populer

  • 1
    Share
Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *