17 Tempat Wisata di Medan Sumatera Utara Yang Terkenal

17 Tempat Wisata di Medan Sumatera Utara Yang Terkenal

Diposting pada

Tempat wisata di medan sangat banyak pilihan sangat cocok bagi anda yang ingin mencari tempat liburan. Mulai dari tempat wisata pantai yang lagi hits maupun romantis bisa anda temukan disini.Sehingga anda bisa memuaskan liburan dengan tempat yang indah yang bisa diabadikan dengan berfoto selfi ria sebagai kenang-kenangan.Bagi yang berwisata bersama keluarga terutama yang membawa anak-anak, di Medan juga banyak terdapat tempat bermain anak saat liburan.

Namun sebelum menjelajah wisata medan alangkah baiknya terlebih dahulu untuk mengenal sedikit tentang gambaran kota Medan. Medan merupaka sebuah ibu Kota provinsi  Sumatera Utara, Indonesia. Kota medan termasuk dalam kategori Kota metropolitan terbesar di luar Pulau Jawa yang merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya.

Kota ini merupakan pintu gerbang wilayah Indonesia bagian barat dan juga sebagai pintu gerbang bagi para wisatawan untuk menuju tempat wisata Brastagi yang berada di daerah dataran tinggi Karo yaitu objek wisata penangkaran orangutan di Bukit Lawang, serta kawasan Danau Toba yang merupakan wisata andalan di Medan Sumatera Utara.

Tempat Wisata di Medan merupakan destinasi wisata yang sudah terkenal dikalangan wisatawan lokal dan wistawan mancanegara. Karena banyak Tempat wisata di Medan yang bisa menjadi tujuan wisata. Ini merupakan tempat wisata favorit dikalangan para traveler. Walaupun tempat wisata di medan tidak setenar seperti objek wisata bali maupun Keindahan Tempat Wisata Kepulauan Raja Ampat Yang Sudah Mendunia.

Tempat Wisata di Medan Sumatera Utara Yang Terkenal

Jika dilihat Secara fasilitas penunjang pariwisata di kota medan memang terbilang sudah sangat mendukung. Baik itu mengenai info hotel maupun tempat belanja sovenir khas medan yang bisa anda temui dengan mudah disana. Untuk lebih jelasnya  Berikut daftar Tempat Wisata di Medan Sumatera Utara Yang Terkenal dan menarik untuk anda kunjungi.

1. Huta Siallagan Medan

17 Tempat Wisata di Medan Sumatera Utara Yang Terkenal

Huta Siallagan Merupakan tempat wisata Budaya di Medan Sumatera Utara, Indonesia  dengan Luas sekitar 2.400 m² dan dikelilingi tembok batu tersusun rapi setinggi 1,5 hingga 2 meter. Anda akan terkagum-kagum mengamati bagaimana perkampungan ini dikelilingi batu-batu besar disusun bertingkat secara rapi.

Dulunya tembok tersebut dilengkapi bambu dan benteng ini berfungsi untuk menjaga perkampungan dari gangguan binatang buas maupun serangan suku lain. Perkampungan ini dibangun pada masa raja huta pertama yaitu Raja Laga Siallagan. Kemudian diwariskan kepada Raja Hendrik Siallagan dan seterusnya hingga keturunan Raja Ompu Batu Ginjang Siallagan.

Tempat wisata Budaya Huta Siallagan ini berada di Desa Ambarita, Kecamatan Simanindo, Pulau Samosir, Kabupaten Samosir, terletak 150 m dari pinggiran Danau Toba, Pulau Samosir bagian Timur, berjarak 3 km dari Tuktuksiadong (pusat perhotelan) atau 5 km dari huta/kampung Tomok (dermaga Ferry) sementara melalui danau berjarak 12 km dari kota Parapat. 

2. Air Terjun Sigura-gura Sumatera Utara

17 Tempat Wisata di Medan Sumatera Utara Yang Terkenal

Air terjun paling tinggi di Indonesia merupakan tempat wisata di medan yang banyak menarik wisatawan dengan suara air yang dapat terdengar sampai jauh dan aliran yang deras dengan ketinggiannya mencapai Kurang lebih 250 meter. Beberapa kegiatan yang biasa dilakukan di sini seperti berkemah, rafting, mengambil foto dengan latar belakang keindahan air terjun.

Air terjun sigura-gura terletak di Kabupaten Toba Samosir dekat dengan danau toba. Air terjun sigura-gura masih dalam kawasan waduk Sigura-Gura yang terletak 23,3 km dari hulu Sungai Asahan (Danau Toba), atau 8,8 km dari Bendungan Siruar atau sekitar 1 km dari waduk Sigura-Gura.

3. Air Terjun Sipiso-piso

17 Tempat Wisata di Medan Sumatera Utara Yang Terkenal

Air terjun sipiso-piso merupakan obyek wisata alam di medan yang terkenal dan termasuk Air Terjun tertinggi setelah air terjun sigura-gura, Air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 120 meter. Berada di ketinggian air terjun sipiso-piso anda juga dapat menyaksikan panorama alam Indah Danau Toba. Apabila anda ingin menikmati air terjun dari bawah, anda harus menuruni 1000 anak tangga berliku lebih dahulu.

Air Terjun Sipiso-piso Lokasinya berada di Desa Tongging, Kec. Merek, Kab. Karo, Sumatra Utara, dekat dengan lokasi Gunung Sipiso-piso, Sedangkan Kecamatan Merek  sendiri terletak kurang lebih 24 km dari Kota Kabanjahe. 

4. Air Terjun Telaga Sibolangit

17 Tempat Wisata di Medan Sumatera Utara Yang Terkenal

Sibolangit adalah pegunungan dengan hawa yang segar dan keindahan alam sangat eksotis. Air terjunnya ada dalam hutan Sibolangit. Sesuai namanya, air terjun ini memang mempunyai dua warna yaitu putih untuk air hangat dan biru untuk air dingin. Jika anda berada di Sibolangit dan ingin mencapai lokasi air terjun, dapat menempuh perjalanan selama 3 jam. 

Bagi anda yang menyukai wisata alam, tempat ini tak boleh dilewatkan. Namanya Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit atau Air Terjun Sibolangit. Jika ditempuh dari Kota Medan, butuh waktu 2 jam perjalanan. Yang berada di Desa Durin Sirugun, Kec. Sibolangit, Deli Serdang Sumatera Utara. Artikel Terkait: Pesona Wisata Air Terjun Dua Warna Sibolangit Sumatera Utara.

5. Danau Toba Sumatera Utara

17 Tempat Wisata di Medan Sumatera Utara Yang Terkenal

Tempat wisata danau toba yang merupakan wisata medan yang sudah sangat pupuler , Danau toba sendiri danau vulkanis yang paling besar di dunia dan sudah sangat terkenal ke mancanegara. Danau ini terbentuk karena letusan gunung berapi yang teramat besar. Letusan tersebut membentuk kawah yang besar dan lama-kelamaan akan terisi air. 

Danau Toba mempunyai air biru jernih, dengan pegunungan hijau di sekelilingnya, dan udara yang sejuk. Di tengah Danau Toba ada sebuah pulau kecil bernama Pulau Samosir, luasnya kurang lebih 647 kilometer persegi. Untuk menikmati indahnya danau, anda dapat berkeliling menggunakan sepeda yang dapat disewa. Keliling di sepanjang tepi danau, kegiatan yang sungguh menyenangkan. 

Aktivitas lain yang dapat dilakukan ketika berkunjung ke Danau Toba antara lain adalah olahraga air, berenang, dan menyewa boat untuk jelajah danau. Bagi anda yang ingin berwisata lebih lama di Danau Toba yang berada di Parapat, Sumatera Utara ini dapat menyewa penginapan atau hotel yang tersedia di sekitar obyek wisata.

6. Cagar Alam Sibolangit

17 Tempat Wisata di Medan Sumatera Utara Yang Terkenal

Tempat wisata yang satu ini cukup menjadi rekomendasi bagi para penyuka alam. Udara yang sejuk menjadi penenang pikiran sekaligus penghilang penat dari segala macam aktivitas yang telah dijalani. Cagar alam sibolangit juga menjadi salah satu contoh tempat wisata untuk mengkkampanyekan go green karena semakin panasnya bumi akibat pemanasan global.

Hiruk pikuk Kota Medan terkadang membuat penat. Jika hal ini terjadi pada anda, cobalah untuk berlibur ke Cagar Alam Sibolangit yang masih memiliki suasana yang asri dan segar. Untuk sampai lokasi wisata jika dari Kota Medan sekitar 40 km  tempatnya berada di Kecamatan Sibolangit, Deli Serdang. Naik kendaraan butuh waktu sekitar 1 jam. 

7. Sipinsur

17 Tempat Wisata di Medan Sumatera Utara Yang Terkenal

Obyek wisata yang terkenal di Kabupaten Humbang, salah satunya adalah Sipinsur. Berdiri di atas lahan seluas 2 hektar dengan tinggi sekitar 1.213 meter di atas permukaan air laut, mempunyai pemandangan yang indah. Para pengunjung akan melihat keindahan alam mulai dari laut, bukit dan pegunungan di waktu bersamaan karena dapat di lihat dari ketinggian.

Hal ini lah yang membuat wisata sipinsur menjadi wisata favorit keluarga untuk di kunjungi. Tak hanya itu, wisata ini banyak dijadikan tempat untuk fotografi. Salah satunya adalah panorama Danau Toba dan Pulau Samosir. Di bawah lokasi Sipinsur juga tampak Pulau Sibandang dan Kota Muara. 

8. Pantai Pandan

17 Tempat Wisata di Medan Sumatera Utara Yang Terkenal

Pantai Pandan adalah salah satu tempat wisata di Medan berupa pantai yang paling popular di Sibolga. Sibolga sendiri adalah nama sebuah kota kecil yang terletak di pesisir Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Sibolga cukup terkenal dengan wisata baharinya. Pantai Pandan terletak di pesisir Sibolga, selalu ramai dikunjungi baik hari biasa maupun hari libur.

Wisata Pantai Pandan memiliki ombak yang biru bergulung dengan hamparan pasir lembut. Wisata pantai menjadi salah satu lokasi wisata favorit bagi semua orang. Indonesia yang merupakan negara kepulauan, tak heran kalau punya banyak pantai nan indah dan menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Pantai Pandan ini. Pastinya pantai ini akan sangat menarik untuk di jarikan surfing para peselancar.

9. Pemandian Air Panas Lau Sidebuk

17 Tempat Wisata di Medan Sumatera Utara Yang Terkenal

Tempat wisata di Medan yang satu ini sudah cukup terkenal di kalangan wisatawan, banyak para pengunjung yang berulang kali datang ke tempat ini bahkan untuk  melakukan terapi berendam di kolam air belerang. Pemandian air panas ini merupakan pemandian yang mengandung belerang dan banyak memiliki kolam. 

Dipercaya dapat menyembuhkan aneka macam sakit kulit. Pemandian Air Panas Lau Sidebuk terletak di Desa Douluh, 3 menit dari Penatapan. Bukan hanya itu,Tempat ini juga menyuguhkan makanan khas medan yang cukup menggugah selera.

10. Air Terjun Sikulikap

17 Tempat Wisata di Medan Sumatera Utara Yang Terkenal

Air Terjun Sikulikap terletak di Desa Doulu, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Untuk mencapai lokasi Air Terjun Sikulikap, kita harus menempuh perjalanan dari gapura Air Terjun Sikulikap di sebelah kiri jalan dekat Gerbang Selamat Datang di Kabupaten Karo. Turun lewat anak tangga tak jauh dari gapura tersebut, butuh waktu sekitar 20 menit.

Air terjun dengan ketinggian 30 meter ini memiliki banyak tebing di sekeilingnya. Banyak yang menggunakan tebing-tebing tersebut untuk olahraga panjat tebing. Di lokasi Air Terjun Sikulikap terdapat dua buah pondok yang berbentuk melambangkan khas suku karo, pondok tersebut diperuntukkan sebagai tempat istirahat ataupun berteduh.

11. Kebun Raya Tongkoh

17 Tempat Wisata di Medan Sumatera Utara Yang Terkenal

Berastagi  merupakan surganya para penikmat tanaman holtikultura. berwisata di Dataran Tinggi Karo, desa Tongkoh, Kecamatan Dolat Rayat Karo, Brastagi banyak sekali penangkar tanaman hias yang siap kita bawa pulang sebagai oleh -oleh, dikanan kiri juga banyak kebun milik masyarakat yang bisa petik sendiri ditempat. 

Ada kebun Strawberry, Markisa Khas Berastagi dan Jeruk Berastagi yang langsung bisa kita petik di Kebun-kebun miliki masyarakat yang ada disekitar desa Tongkoh. Dengan latar belakang gunung sinabung, Berastagi semakin terlihat indah dengan warna-warni tanaman hias yang berjejer di Desa Tongkoh. Disini pula terdapat taman hutan raya Bukit Barisan yang terletak tepat disamping gapura selamat datang dikota Berastagi.

Baca Juga: 7 Wisata Indonesia Yang Instagramable Untuk Mendapatkan Ribuan Like

12. Bukit Kubu Berastagi

17 Tempat Wisata di Medan Sumatera Utara Yang Terkenal

Berwisata di alam terbuka merupakan hal paling menyenangkan untuk menghabiskan libur di akhir pekan, sehingga anak-anak dapat bermain bebas kesana kemari dengan gembira dengan aman dan nyaman. Salah satu tempat yang menyediakan hal tersebut adalah hotel bukit kubu berastagi. Disana anak-anak dapat bermain layangan, flying fox, naik kuda/delman ataupun berlari lari menikmati hamparan padang rumput yang luas.

Bukit kubu sangat cocok untuk tempat bersantai bersama keluarga, walaupun cuaca sangat cerah tidak akan menghalangi anak-anak untuk bermain di padang rumput yang luas ini, karena hembusan angin di bukit kubu ini begitu menyejukkan, sehingga anak-anak akan betah bermain disini.

Bagi pengunjung yang tidak membawa bekal, disini juga tersedia kantin di sekitar bukit kubu, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir kekurangan makanan di tempat ini. Untuk menempuh tempat ini di butuhkan waktu sekitar satu jam lebih dari kota medan. Bukit kubu ini juga tidak terlalu sulit di cari, karena berada di pinggir jalan dan tertera tulisan Bukit Kubu Hotel pada bagian tembok gerbangnya.

13. Hillpark Sibolangit

17 Tempat Wisata di Medan Sumatera Utara Yang Terkenal

Hillpark Sibolangit merupakan  sebuah tempat wisata di Medan yang wajib anda kunjung. Kota Medan adalah kota ketiga terbesar di Indonesia setelah Ibukota Jakarta dan Kota Surabaya. Kota Medan terletak di propinsi Sumatra Utara. Sedangkan Hillpark Sibolangit adalah sebuah taman bermain (themepark) yang terletak di Sibolangit dan diklaim sebagai yang terbesar di pulau Sumatera.

Terbagi menjadi 3 tema besar yaitu Lost City, Toon town, dan Heritage. Wahana yang ada diantaranya Roller Coaster (Gelegar), Ferries Wheel (Kincir raksasa), 4D theatre, dan amphiteathre berkapasitas 1,200 untuk pertunjukan dan konser. Jadi tempat wisata ini sangat Pas jadi tujuan wisata keluarga.

Beraneka ragam permainan yang bisa dinikmati di tempat ini, mulai dari roller coster yang menjadi bagian wahana ekstrim hingga kora-kora dan bianglala yang menjadi favorit para pengunjung yang patut untuk di coba. Masih banyak lagi wahana lain yang bisa di nikmati oleh anak-anak dan orang tua. Hillpark Sibolangit cukup lengkap untuk menjadi destinasi liburan bersama keluarga.Hillpark simbolangit ini lokasinya berada di Green Hill City medan Sumatera Utara.

14. Pemandian Air Soda 

17 Tempat Wisata di Medan Sumatera Utara Yang Terkenal

Pemandian air soda ini adalah salah satu wisata alam yang perlu dicoba saat berkunjung ke sumatera Utara. Selain keindahannya, kita patut bangga karena pemandian yang satu ini hanya ada 2 buah di seluruh dunia, dan salah satunya adalah Indonesia. Ditemani keindahan alam di sekitar kolam menjadikan tempat ini banyak dikunjungi  wisatwan, terlebih berendam air soda cukup jarang ada di beberapa tempat di Indonesia. 

Oleh karenanya, tempat ini tak pernah sepi pengunjung meskipun pada saat hari libur. Mata Air Soda Tarutung terletak di kaki bukit daerah Tarutung, di Desa Parbubu I, Kabupaten Tapanuli Utara. Mata air soda ini hanya berjarak satu kilometer dari pusat kota Tarutung.

15. Muara Tapanuli Utara

17 Tempat Wisata di Medan Sumatera Utara Yang Terkenal

Muara Tapanuli Utara merupakan salah satu tempat wisata di Medan yang berada di kota kecil dekat Danau Toba. Keindahannya Danau Toba dapat terlihat jelas dari sini. Berbeda dengan kota atau daerah lain yang digunakan untuk melihat keindahan danau Toba. Dari Muara kita bisa menikmati indahnya Danau Toba lewat berbagai sudut. 

Antara lain tepi pantai dengan perahu kecil, atas bukit, bahkan naik sedikit lewat jalan raya, Danau Toba pun telah memancarkan keindahan. Muara adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Indonesia. Ibukota kecamatan ini berada di desa Huta Nagodang.

16. Menara Padang Tele Samosir

17 Tempat Wisata di Medan Sumatera Utara Yang Terkenal

Dari Menara Pandang Tele Tempat ini menjadi tempat paling pas untuk melihat semua keindahan pulau samosir, anda juga bisa Melihat Hamparan Danau Toba yang begitu Indah. Perbukitan hijau yang membuat mata teduh dan nyaman saat melihatnya. Menara pandang Tele ini memiliki 4 Tingkat, namun dilantai 4 berbentuk seperti ruangan namun tertutup kaca, Sebenarnya dilantai 4 ini lah kita bisa melihat dengan jelas pemandangan danau toba.

Lokasinya yang berada di ketinggian di tambah lagi menara yang bertingkat-tingkat ini membuat siapa saja yang melihat keindahan pulau samosir dari tempat ini akan terkagum-kagum. Terutama pada saat matahari terbenam yang luar biasa bagusnya. Keindahan danau toba dan pulau samosir akan tergambarkan dari menara padang tele samosir ini.

17. Bukit Gundaling

17 Tempat Wisata di Medan Sumatera Utara Yang Terkenal

Salah satu dari tempat wisata di Medan yang melengkapi keindahan kota Berastagi adalah Bukit Gundaling. Bukit yang berjarak sekitar 3 kilometer dari pusat kota Berastagi ini, berada diketinggian sekitar 1.575 meter dari permukaan laut. Bukit tersebut menjadi salah satu tujuan bagi wisatawan yang mengunjungi Berastagi.Bukit Gundaling memiliki keindahan alam yang tak kalah mempesona dengan Bukit Lawang dan Gunung Sibayak. 

Ini termasuk dalam obyek wisata alam di pinggiran Brastagi. Untuk mencapai Gundaling, dapat menggunakan kendaraan umum atau pribadi. Jarak yang ditempuh dari Kota Medan ke obyek wisata ini sekitar 60 km. Bukit Gundaling ini tak hanya ramai oleh wisatawan domestik tetapi juga banyak dikunjungi wisatawan Mancanegara.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Samosir Sumatera Utara Yang Wajib Dikunjungi

Itulah 17 Tempat Wisata di Medan Sumatera Utara Yang Terkenal yang menarik banyak wisatawan. Destinasi wisata dengan berbagi macam keindahan dan keunikan tersendiri, bisa membuat kesan bagi setiap pengunjungnya.

Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

One thought on “17 Tempat Wisata di Medan Sumatera Utara Yang Terkenal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *