Traveluxion

Portal informasi masa kini

Pengertian Globalisasi Menurut Peter Drucker


Tahukan Anda kalau dalam kamus besar bahasa Indonesia atau KBBI sebenarnya telah dijelaskan bahwa globalisasi diartikan sebagai proses masuknya ke ruang lingkup dunia. Nggak heran sampai saat ini, globalisasi termasuk fenomena dengan beragam definisi sehingga tak pernah habis dibahas secara resmi. Salah satunya, pengertian globalisasi menurut Peter Drucker yang dikenal masyarakat seluruh dunia.

Jelaskan Pengertian Globalisasi Menurut Peter Drucker!

Perlu diketahui, Peter Drucker mengungkapkan bahwa globalisasi termasuk zaman transformasi sosial. Diibaratkan, setiap beberapa ratus tahun di dalam sejarah manusia, suatu transformasi hebat tersebut terjadi dan menimbulkan perubahan yang signifikan.

Bahkan menurutnya, masyarakat mampu berubah secara signifikan walaupun hitungan dekate. Yaitu, berubah menjadi lebih baik dalam berbagai pandangan dunia. Misalnya mengartikan nilai-nilai dasar, sosial maupun kesenian, struktur sosial dan perubahan lainnya yang bermuatan positif. Mengingat perubahan yang dialami masyarakat secara merata, beberapa dekade lagi muncul dunia baru yang membuat masyarakat senang menyikapinya. Baca juga: Pengertian Negara Menurut Logemann

Perlu diingat, globalisasi dapat mengakibatkan masyarakat semakin terbuka terhadap dunia luar. Alhasil tuntutan masyarakat terhadap berbagai hal semakin meningkat, salah satunya kebebesan dan penghidupan layak bagi keturunan. Mereka rela pergi ke luar negeri dan menggali inovasi menciptakan berbagai bisnis agar kehidupan anak cucunya terjamin walaupun kehidupan semakin ketat.

Hal tersebut menyebabkan terjadi perjuangan ideologi kurang relevan, bahkan hal tersebut telah dibuktikan dari pergeseran konsep ideologi di dalam pemerintahan loh. Tepatnya sejak abad 16 mengenai konsep keselamatan secara kolektif yang fokus dibidang agama.

Banyak orang yang bingung bagaimana hubungan globalisasi dengan konsep keruangan, padahal pada hakikatnya terjadi hubungan yang sangat erat loh. Apalagi saat ini banyak orang asing masuk ke berbagai negara tanpa ada aturan ketat atau kekerasan, yang terpenting memiliki kelengkapan untuk pergi ke suatu negara.

Tugas pemerintah adalah menyeleksi dan menjamin masyarakatnya hidup bahagia, aman dan sejahtera sehingga globalisasi memberikan dampak positif. Dengan begitu masyarakat tidak tertekan dan sulit menjalani kehidupan dengan keluarga.

Sejatinya, pengertian globalisasi menurut para ahli dan kesimpulannya adalah mencerdaskan masyarakat dan bangsa menghadapi globalisasi beserta faktor pendukungnya. Jangan sampai globalisasi membuat kerukunan bermasyarakat hancur dan menimbulkan pertikaian. Untuk itulah pengertian globalisasi menurut Peter Drucker dapat dijadikan acuan perihal maksud globalisasi.
Author Profile

About Anisa

Lorem ipsum dolor sit amet, consetetur sadipscing elitr, sed diam nonumy eirmod tempor invidunt ut labore et dolore magna aliquyam erat.

0 Komentar

Posting Komentar