Traveluxion

Portal informasi masa kini

Pengertian Negara Menurut Logemann


Di dunia, ada banyak negara yang menjadi tempat tinggal masyarakat. Tentunya lengkap dengan sistem pemerintahan dan kebijakan yang ditetapkan oleh pemimpin. Apalagi banyak orang ahli mengartikan atau mendefinisikan negara, seperti halnya pengertian negara menurut Logemann yang diketahui masyarakat luas.

Pengertian Negara Menurut Logemann

Sejatinya, pengertian negara menurut Logemann adalah organisasi kemasyarakatan yang memiliki kekuasaan dengan tujuan mengatur dan mengurus masyarakat tertentu. Sejatinya, negara dapat ditinjau dari 4 sudut loh. Diantaranya adalah:

Negara Sebagai Organisasi Politik

Negara sebagai organisasi politik memiliki arti asosiasi yang fungsinya memilihara ketertiban di dalam masyarakat dan berdasarkan sistem hukum yang diadakan oleh pemerintah yang diberikan kekuasaan memaksa. Alhasil, negara dilihat dari sudut politik menjadi organisasi politik negara di bidang kekuasaan politik. Baca juga: Pengertian Perubahan Sosial Menurut Selo Sumarjan

Sementara tujuannya untuk mengatur hubungan antar manusia dan menertibkan atau mengendalikan berbagai gejala kekuasaan yang muncul di dalam masyarakat. Tentunya mengatasi tindak kecurangan atau kejahatan sehingga masyarakat bisa hidup aman dan tentram.

Negara Sebagai Aspek Organisasi Kekuasaan

Negara menjadi alat masyarakat yang memiliki kekuasaan sehingga dapat mengatur hubungan antar manusia dalam bermasyarakat. Hal itu menjelaskan pengertian negara menurut Logemann dan harold J. Laski.

Bahkan Logemann menyatakan, negara adalah organisasi kekuasaan yang memiliki tujuan mengatur masyarakatnya untuk kekuasaan yang dimiliki. Alhasil, negara dapat dihekaktakan sebagai suatu tata kerja sama membuat suatu kelompok manusia melakukan tindakan atau bersikap sesuai kehendak negara tersebut.

Negara Sebagai Organisasi Kesusilaan

Untuk negara sebagai organisasi kesusilaan termasuk penjelmaan seluruh masyarakat. Sedangkan menurut Friedrich Hegel sendiri, negara bisa dikatakan sebagai sebuah organisasi kesusilaan yang dapat timbul sebagai sintesa antara kemerdekaan universal dengan kemerdekaan individu.

Negara Sebagai Pendukung Antara Pemerintahan Dan Rakyat

Sementara negara sebagai pendukung antara pemerintahan dan rakyat menjadi kesatuan bangsa, bahkan individu menjadi bagian integrak negara yang pastinya memiliki kedudukan dan fungsi menjalankan tatanan negara.

Walaupun pengertian negara menurut Logemann memiliki perbedaan dari para ahli lainnya, tetapi semua tim ahli memiliki sudut pandang serupa mengartikan negara. Tujuannya agar masyarakat menjalankan kehidupan yang aman, damai dan tak ada ketakutan.
Author Profile

About Anisa

Lorem ipsum dolor sit amet, consetetur sadipscing elitr, sed diam nonumy eirmod tempor invidunt ut labore et dolore magna aliquyam erat.

0 Komentar

Posting Komentar