4 Pesona Pantai Tulungagung Perawan Dengan Pemandangan Paling Eksotis

24 views

Pesona Pantai Tulungagung Paling Eksotis – Tulungagung yang masuk ke dalam wilayah Jawa Timur ini terkenal sebagai penghasil marmer terbesar Indonesia yang terletak di sebelah barat daya Surabaya.

Wilayah Tulungagung sendiri terdiri dari dataran rendah dan juga pegunungan sehingga tidak hanya menyajikan pantai nan indah, namun juga pemandangan pegunungan yang tidak kalah indahnya. Untuk kamu yang bingung menentukan destinasi wisata, Tulungagung layak untuk kamu coba.

Pantai Tulungagung yang wajib kamu kunjungi

Untuk menikmati berbagai wisata seperti wisata alam, sejarah dan berbagai tempat wisata lain bersama dengan keluarga kamu. Berikut beberapa pilihan objek wisata yang wajib kamu kunjungi di Tulungagung.

1. Pantai Lumbung

4 Pesona Pantai Tulungagung Perawan Dengan Pemandangan Paling Eksotis

Pantai Lumbung ini merupakan pantai perawan dan hanya dikelola oleh penduduk sekitar. Akan tetapi, jangan ragukan pesona alam yang ditawarkan sebelum kamu berkunjung ke lokasi wisata Pantai Tulungagung ini.

Pantai Lumbung yang terletak di Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban, Tulungagung ini berbatasan langsung dengan Samudera Hindia sehingga jelas sudah pesisir pantai yang ada disini sangat eksotis.

Belum lagi dengan hamparan pasir putih yang lembut serta tumpukan batu karang pada satu sisi pantai yang membuat pemandangan semakin terlihat dramatis. Sedangkan untuk kamu yang ingin melihat pemandangan lebih luas, maka bisa mendaki ke atas bukit yang sangat menggoda di Pantai Lumbung ini.

Keindahan lain yang tersaji di Pantai Lumbung adalah keberadaan sebuah batu berukuran raksasa yang ada di area pantai dan dijadikan ikon Pantai Lumbung ini.

Meskipun akses jalan menuju ke Pantai Lumbung ini terbilang sulit karena keadaan jalan yang masih rusak serta minim perawatan.

Namun semua akan langsung terbayar begitu kamu melihat pemandangan alami yang tersaji di lokasi wisata Pantai Tulungagung satu ini.

Sementara untuk fasilitasnya sendiri juga belum tersedia karena hanya dikelola oleh penduduk sekitar saja.

Jika dibandingkan dengan Pantai Molang dan Pantai Kedung Tumpang, Pantai Lumbung memang belum seterkenal kedua pantai yang sudah disebutkan.

Untuk menuju ke Pantai Lumbung ini, bisa kamu tempuh dari jalur pusat Kota Tulungagung yang diteruskan ke arah Kota Blitar dan tinggal mengikuti jalan sampai tiba di pertigaan Pasar Ngunut.

Baca Juga: 8 Tempat Wisata Alam dan Kuliner Madiun Paling Hits

2. Pantai Klatak

4 Pesona Pantai Tulungagung Perawan Dengan Pemandangan Paling Eksotis

Untuk menikmati pemandangan di Pantai Klatak, kamu harus menempuh perjalanan menembus hutan belantara menenangkan atau juga bisa menggunakan perahu yang bisa di sewa dari Pantai Popoh. Pantai Klatak berada di Desa Keboireng, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung.

Letaknya berdekatan dengan Pantai Gemah.
Pemandangan bukit nan hijau serta birunya langit akan menemani kamu di sepanjang perjalanan lengkap dengan ladang jagung dan kebun pisang yang semakin menenangkan pikiran sekaligus memanjakan mata kamu.

Dalam perjalanan, kamu juga akan melihat hamparan dari Pantai Sidem lengkap dengan Menara PLTU, Pantai Banyem dengan tambaknya dan juga Pantai Gemah dengan barisan pohon cemara.

Pantai Klatak memiliki warna hijau pada bagian lautnya serta terkenal dengan keramba lobster dengan pemandangan mempesona serta gradasi warna air hijau serta biru yang tampak sangat nyata.

Pantai Klatak merupakan perkampungan kecil nelayan, sehingga kamu juga bisa melihat pemandangan langka seperti para nelayan yang pergi melaut atau beberapa orang yang sedang memancing di sekitar pantai.

Untuk kamu yang senang berpetualang, kamu bisa menjelajahi deretan bukit nan hijau yang ada di sepanjang pinggir pantai terlihat alami seperti hutan hujan tropis dimana ini menjadi spot terbaik untuk melihat matahari terbit di ujung lautan.

Yang membuat Pantai Klatak ini berbeda dari pantai pada umumnya adalah adanya hamparan batu kali dimana saat terkena ombak akan terdengar bunyi klatak yang konon ceritanya adalah asal mula dari penamaan Pantai ini.

Disini kamu akan melihat puluhan keramba lobster yang tersebar agak menjorok ke tengah laut. Kamu juga bisa menyusuri jalan setapak menuju ke area tebing untuk menikmati area pinggir pantai. Dengan medan yang di dominasi oleh bebatuan yang kemungkinan berasal dari goa yang terintegritas oleh sungai bawah tanah.

3. Pantai Coro

4 Pesona Pantai Tulungagung Perawan Dengan Pemandangan Paling Eksotis

Pantai Coro juga menjadi pantai eksotis di diantara Pantai Tulungagung. berada tidak jauh dari Pantai Recu Sewu Popoh, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung.

Meskipun nama pantai ini adalah Coro yang dalam bahasa Jawa memiliki arti kecoa. Kamu tidak akan pernah menyangka jika lokasi wisata yang satu ini memiliki pemandangan yang luar biasa indah.

Keunikan yang disajikan di Pantai Coro ini adalah birunya pemandangan laut serta hamparan pasir putih yang membentang di sepanjang garis pantai. Serta beberapa tebing sebagai pembatas pantai yang semakin melengkapi keindahan objek wisata satu ini.

Di sepanjang pantai, kamu akan melihat beberapa penjual makanan serta minuman yang didirikan di tenda berukuran kecil untuk mengisi perut kamu yang keroncongan.

Sedangkan untuk kamu penghobi crosser, maka kamu bisa menyusuri sepanjang jalan di tepi Pantai Coro. Yang terkadang juga digunakan untuk berkemah para pencinta alam. Untuk tarif masuknya sendiri, kamu juga hanya diharuskan membayar sebesar 5 ribu Rupiah saja.

Sedangkan untuk parkir 5 ribu untuk motor dan 10 ribu untuk kamu yang membawa kendaraan roda empat. Sedangkan untuk fasilitas yang disediakan hanya berupa toilet sederhana. Karena memang masih menjadi objek wisata baru di Tulungagung.

Untuk mengunjungi Pantai Coro ini, kamu memang harus menempuh medan yang tidak terlalu ekstrim. Namun tetap harus melewati wilayah perbukitan serta tanjakan. Dan beberapa area perkebunan milik warga setempat yang bisa kamu lewati cukup mudah dengan memakai kendaraan.

Jika kamu ingin berkunjung dari alun-alun Kota Tulungagung maka bisa menuju ke arah selatan dengan kendaraan sendiri atau pun menyewa kendaraan yang sudah disediakan.

Perjalanan juga mungkin akan terasa lama karena akses menuju Pantai Coro juga naik turun serta berkelok. Apalagi jika kamu berkunjung saat musim penghujan, maka jalanan yang kebanyakan berupa tanah akan tergenang air dan lumpur.

Baca Juga: 6 Tempat Wisata Pantai di Kebumen Jawa Tengah Yang Terkenal

4. Pantai Cine

4 Pesona Pantai Tulungagung Perawan Dengan Pemandangan Paling Eksotis

Pantai Cine juga merupakan pantai nelayan yang memiliki pemandangan sunrise terbaik di seantero Tulungagung. Lengkap dengan indahnya suasana pantai serta bukti di seberang lautan.

Untuk berkunjung ke Pantai Tulungagung Cine dengan menggunakan mobil. Bisa kamu tempuh dari pusat Kota Tulungagung menuju ke arah timur yakni Kecamatan Sumbergempol.

Sedangkan jika dari Malang dan sekitarnya seperti Lumajang, Pasuruan, Bangil, Jember. Dan beberapa daerah lain bisa kamu tempuh dari Malang menuju ke arah Kepanjen.

Sebagai saran, jangan lewatkan waktu matahari terbit di Pantai Cine ini. Karena merupakan momen terbaik yakni dengan bermalam di pantai sambil mendirikan tenda. Karena jarak tempuh yang lumayan jauh dari pusat Kota Tulungagung tersebut.

Baca Juga: 8 Tempat Wisata Alam dan Kuliner Madiun Paling Hits

Demikian ulasan lengkap yang bisa kami berikan mengenai destinasi beberapa pantai menarik dan eksotik yang ada di Tulungagung. Dengan suasana alami, menenangkan cocok untuk sarana menyendiri kamu di kala liburan.

Wisata Jatim Wisata Pantai Wisata Tulungagung

Penulis: 
author

Posting Terkait