5 Destinasi Wisata Pulau Bintan Tempat Menarik Untuk Liburan

5 Destinasi Wisata Pulau Bintan Tempat Menarik Untuk Liburan

Diposting pada
  • 1
    Share

Wisata Pulau Bintan – Pulau Bintan merupakan pulau terbesar yang terdapat di kepulauan Riau, terletak disekitar selat malaka berseberangan dengan Negara Singapura dan Malaysia, menjadikan Pulau Bintan sangat strategis untuk dijadikan destinasi wisata. Kaarena dulunya jalur disekitar Pulau bintan ini adalah tempat persinggahan kapal dagang yang berasal dari Arab, India, dan juga Tiongkok.

Destinasi wisata yang terdapat di Pulau bintan ini sangat menarik, salah satunya daya tarik pulau bintan pantai yang berpasir putih yang lansung menghadap ke arah laut cina selatan. Disekitar Pulau Bintan Ini terdapat kepulauan yang cukup terkenal dengan keindahan Alam bawah Lautnya yaitau Kepulauan Anambas dan juga kepulauan di Laut Cina Selatan.

Pantai di Pulau Bintan Kepulauan Riau ini memanjang dengan luas sekitar 23 ribu hektar, sehingga memiliki pesona pantai yang sangat eksotis. Selain itu di Pulau Bintan juga terkenal dengan jejak sejarah yang sangat memukau diwilayah Tanjung Pinang dan penyengat. Selain itu disana juga terdapat spot terbaik untuk Surfing, ekowisata serta berbagai event – event internasional.

Baca Juga: Keindahan Wisata Pantai Nongsa Batam Kepulauan Riau

Menganal Destinasi Wisata Pulau Bintan

5 Destinasi Wisata Pulau Bintan Tempat Menarik Untuk Liburan

Perlu anda ketahui dulunya Keindahan dari Pulau ini pernah menjadi rebutan dari para pedagang Eropa, Belanda, Inggris, dan juga Portugis pada abad ke 18. Sewaktu itu Pulau tersebut merupakan bagian dari Semenanjung Melayu dan dikuasai oleh Kesultanan Johor – Riau.

Pada tahun 1884 Belanda dan Inggris mengakhiri pertentangan diantara mereka yang terjadi di Pulau Bintan ini dengan menandatangani perjanjian yang dibuat oleh inggris yaitu Treaty of London yang kemudian secara keseluruhan wilayah utara Singapura diserahkan kepada Inggris dan wilayah selatan singapura diserahkan kepada Belanda.

Pantai di utara Pulau Bintan menawarkan berbagai macam Penginapan dan Hotel berkelas, dibangun di area lahan seluas lebih dari 300 hektar yang juga memiliki Lapangan Golf terbaik serta memiliki arsitektur unik membuat Bintan Resort menjadi Tempat yang sangat nyaman untuk wisatawan yang sedang menghabiskan liburan.

Selain itu pada Resort tersebut juga menawarkan berbagai fasilitas seperti SPA yang cukup mewah. anda dapat menikmati keindahan panorama dan angin laut disekitar pantai pada siang dan malam hari. disebelah barat Pantai Bintan anda dapat menjumpai Tanjung Pinang yang dulunya tempat tersebut merupakan Kota Sunyi dan telah berubah menjadi Ibu Kota Propinsi yang cukup sibuk.

Bagi para pengunjung yang suka akan Wisata Kuliner, anda dapat menikmatinya ketika malam tiba, disini para wisatawan akan disuguhkan dengan kuliner laut yang terdapat di sepanjang jalan.  Jalan ini yang sengaja ditutup untuk dijadikan stand dan warung – warung yang menjual aneka jenis masakan laut.

Seperti Udang Kukus, kepiting bumbu pedas, Ikan panggang Saus pedas, dan juga Makanan khas Riau yang disebut gong – gong sejenis tiram. Pokoknya sangat pas banget buat anda yang ingin berwisata sambil menikmati kuliner di Pulau Bintan.

Destinasi Wisata Pulau Bintan yang bisa anda kunjungi saat liburan di pulau ini.

Berikut ini Hanya referensi tempat wisata di Pulau Bintan yang bisa anda jadikan tujuan wisata, supaya jika anda sudah sampai ke pulau bintan tidak bingung menentukan mana saja objek wisata pulau bintan yang akan anda kunjungi. Ini hanya sekedar gambaran saja dan anda bisa mengeksplore sendiri setelah anda sudah sampai di Pulau bintan.

1. Lagoi Bay 

5 Destinasi Wisata Pulau Bintan Tempat Menarik Untuk Liburan

Untuk yang belum tahu menentukan tujuan wisata mana di pulau bintan anda bisa memilih Lagoi Bay atau Teluk Lagoi. Tempat wisata merupakan tempa yang paling populer di Pulau Bintan yang sudah dikembangkan dengan baik sebagai pusat untuk kunjungan wisatawan. Hal ini bisa anda lihat dari fasilitas yang berada di sekitar lokasi lagoi Bay.

Di pantai berpasir putih yang sangat luas ini banyak dijumpai resort mewah seperti di kawasan Marina Bay. Kedua, segala transaksi di berbagai resort yang ada di sana menggunakan mata uang dollar. Hal tersebut dilakukan karena kebanyakan pengunjung yang datang ke pantai ini adalah wisatawan mancanegara.

2. Pulau Penyengat 

5 Destinasi Wisata Pulau Bintan Tempat Menarik Untuk Liburan

Bagi yang ingin berwisata sejarah Pulau Penyengat merupakan pilihan yang tepat. Karena pulau ini banyak menyimpan peninggalan Kesultanan Johor lewat bangunan-bangunan kuno yang ada. Salah satu bangunan peninggalan Kesultanan Johor yang paling terkenal adalah Masjid Raya Sultan Riau. Masjid yang megah dan sangat kontras dengan bangunan lain di sekitarnya sehingga mudah sekali bagi wisatawan mengenali masjid ini.

Masjid Raya Sultan Riau ini sangat unik dan menarik untuk anda kunjungi, sebab pembangunannya dari pembangunannya sendiri memakan waktu hingga 40 tahun. Dimana untuk membuat dinding masjid tidak menggunakan semen melainkan putih telur. Masjid ini berwarna kuning dan hijau yang akan terlihat jelas saat sebelum anda berlabuh ke pulau Penyengat.

3. Pantai Senggiling

5 Destinasi Wisata Pulau Bintan Tempat Menarik Untuk Liburan

Pantai Senggiling  memang masih kurang dikenal wisatawan di banding dengan Wisata Pulau Bintan lainnya. Namun pulau ini pantainya berada bersebelahan dengan kawasan Lagoi. Namun karena akses jalannya yang sedikit sulit membuat pantai ini kurang dikenal. Pantai Senggiling memiliki keindahan pantai yang sangat panjang.

Berada bersebelahan dengan kawasan wisata Lagoi Bay. Untuk menuju ke sana anda bisa mengakses lewat kota Tanjung Uban dengan perjalanan darat selama 1 jam atau lewat Tanjungpinang yang bisa ditempuh selama 1,5 jam.

4. Pantai Trikora 

5 Destinasi Wisata Pulau Bintan Tempat Menarik Untuk Liburan

pantai trikora ini memiliki daya tarik dengan batu granitnya besar yang indah. Untuk bisa menikmati pemandangan indah tersebut anda berwisata kepantai ini yang terletak di pesisir timur Pulau Bintan. Pantai dengan garis yang sangat panjang ini menampilkan lanskap yang komplit yang akan membuat anda betah beerlama-lama di pantai ini.

Banyak kegiatan yang bisa anda lakukan jika berkunjung ke Pantai Trikora mulai dari bersantai di pasir pantai sambil menikmati hembusan angin. Melihat-lihat batu granit yang eksotik, snorkeling, atau menyewa pondok-pondok kecil untuk berteduh dari sinar matahari sambil menikmati keindahan pantai.

5. Pulau Beralas Pasir 

5 Destinasi Wisata Pulau Bintan Tempat Menarik Untuk Liburan

Pulau Beralas Pasir atau disebut juga dengan White Sands Island adalah sebuah pulau yang terletak di dalam wilayah Teluk Bakau,Bintan. Pulau ini tidak berpenghuni dan hanya ada penjaga pulau saja yang merawatnya. Namun pulau ini menjadi tujuan utama tamu-tamu yang menginap di resort-resort yang ada di sekitar Kawal, Teluk Bakau dan juga Trikora.

Dari kota Tanjungpinang anda bisa menggunakan jalur darat menuju ke Teluk Bakau dengan menempuh perjalanan selama kurang lebih satu jam. Setelah itu dilanjutkan dengan menyeberang selama 20 menit lagi untuk sampai di Pulau beralas pasir yang indah.

Bagi anda yang ingin berwisata kepulau ini bisa dengan mengikuti paket wisata yang ditawarkan oleh agen trip lokal. Harga yang ditawarkan jauh lebih murah dibandingkan anda mengambil paket wisata dari salah satu resort di sekitaran Teluk Bakau.

Sebetulnya masih banyak sekali destinasi wisata pulau bintan yang bisa anda kunjungi. diatas hanya sedikit gambaran umum saja. Ulasan ini bertujuan Agar anda bisa ada bayangan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk berwisata menghabiskan liburan dipulau Bintan Kepulauan Riau.

Beberapa contoh tempat Wisata Pulau Bintan yang memang sudah sangat populer di kalangan para wisatawan terutama wisatawan mancanegara. Semoga info ini bermanfaat bagi anda yang ingin merencanakan liburan di kepulauan riau khususnya di kawasan wisata pulau Bintan. Baca Juga: Tempat Wisata Menarik Untuk Anda Kunjungi di Kota Batam

Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *