5 Makanan Khas Bangka Belitung yang Harus anda Coba

5 Makanan Khas Bangka Belitung yang Harus anda Coba

Diposting pada

Bangka Belitung merupakan salah satu tujuan wisata yang menarik di Indonesia. Banyak sekali tempat-tempat yang bisa anda jadikan tujuan saat liburan. Begitu juga Makanan Khas Bangka Belitung yang beraneka ragam ini bisa melengkapi anda saat liburan di daerah tersebut. Bangka Belitung adalah merupakan salah satu provinsi di Indonesia dengan ibukota Pangkal Pinang. Baca Juga: 7 Tempat Wisata di Kota Pangkalpinang Bangka Belitung Yang Terkenal

Daerah ini terdiri dari 2 pulau utama, yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung. Dan ditambah lagi pulau-pulau kecil lainnya seperti P. Lepar, P. Pongok, P. Mendanau dan P. Selat Nasik. Total pulau yang telah bernama berjumlah 470 buah. Sedangkan pulau yang berpenghuni hanya 50 pulau. Berlokasi di bagian timur Pulau Sumatera, dekat dengan Provinsi Sumatera Selatan.

Makanan Khas Bangka Belitung Yang Harus Anda Coba

Banyak yang tahu bahwa Bangka Belitung dikenal sebagai daerah penghasil timah. Namun sebenarnya Bangka belitung juga memiliki kuliner dengan citarasa tinggi. Untuk itu dalam artikel kali ini traveluxion.web.id akan memberikan referensi makanan Khas Bangka Belitung. Yang sudah penasaran apa saja kuliner bangka belitung, yuk simak ulasannya dibawah ini.

1. Kericu  Khas Bangka Belitung

Kericu  Khas Bangka Belitung

Kericu merupakan kuliner masih masuk dalam kategori sea food yang mempunyai rasa cukup enak. Kericu juga merupakan makanan dengan gizi tinggi karena campuran dari sea food tersebut. Makanan ini bentuknya lonjong kering sebagai camilan seperti kerupuk. Makanan ini berbahan utama telur cumi-cumi dan sagu.

Cara pembuatan kuliner ini adalah telur cumi-cumi dihaluskan sampai lembut. Adonan telur cumi-cumi yang sudah lembut kemudian ditambah tepung sagu (tapioka). Setelah itu, adonan ditambahi bumbu lainnya seperti lengkuas, bawang merah, bawang putih, garam, serta bumbu-bumbu lainnya. Setelah adonan dibentuk menjadi lonjong dengan sisi ujung runcing, maka adonanpun siap di masak.

Cara memasak kuliner yang renyah ini ialah dengan digoreng sampai kering. Agar makanan ini menjadi awet, anda bisa menaruh makanan ini diwadah tertutup. Makanan ini dapat anda jumpai di tempat-tempat yang menyediakan oleh-oleh kuliner Bangka Belitung.

Kericu sendiri sebenarnya hampir sama dengan Amplang Kerupuk Tenggiri Khas Kota Ketapang. Cuma beda bahan campurannya saja jika kericu di campur dengan telur cumi-cumi sedangkan amplang dibuat dengan campuran ikan tenggiri, tapi yang lebih penting keduanya sama nikmatnya dan menambah kekayaan kuliner Indonesia.

2. Pantiaw khas Bangka Belitung

5 Makanan Khas Bangka Belitung yang Harus anda Coba

Pantiau adalah makanan berkuah khas Bangka Belitung yang sayang patut anda coba. Dengan suiran kecil-kecil ikan, makanan ini terasa sangat nikmat dan pas di lidah, dipadu dengan kuah dengan ragam rasa dari bawang, seledri dan bumbu-bumbu lainnya. Membuat makanan ini terasa akrab di lidah masyarakat Indonesia khususnya masyarakat belitung.

Rasa yang tergambar di Pantiau adalah pedas gurih manis. Masakan yang satu ini bisa juga ditambah bakso maupun mie sebagai pelengkap yang mempernikmat dan semakin menambah sensasinya. Secara keseluruhan makanan ini hampir sama dengan sup ikan, cap cay, soto, dan kuliner berkuah lainnya. Bagi anda yang suka makanan-makanan tersebut, maka anda wajib juga mencoba Pantiaw jika anda sedang wisata di Bangka Belitung.

3. Lempah Kuning Khas Bangka Belitung

5 Makanan Khas Bangka Belitung yang Harus anda Coba

Lempah merupakan masakan berkuah yang biasanya berbahan dasar sea food atau bisa juga daging sapi yang dibumbui rempah-rempah yang beraroma kuat. Mengenai kuliner Lempah, biasanya masyarakat Bangka Belitung menyajikanya dengan beragam jenis dan bahan. Salah satu jenis Lempah adalah Lempah Kuning.

Dinamai demikian karena Lempah jenis ini berbahan dasar nanas yang di iris-iris dan disajikan dengan kuah kuning kunyit mendominasi. Selain itu, Lempah jenis lain juga memiliki bahan bahan yang tidak kalah unik yakni Lempah Darat.

Lempah darat memadukan sayuran dengan kacang-kacangan seperti kacang kedelai. Lempah jenis lain yang bisa kita jumpai yaitu Lempah Kulat yang berbahan dasar Jamur. Banyak sekali jenis lempah tergantung dari bahan dasar yang dibuat untuk masakan khas belitung ini.

4. Rusip Ikan Teri Khas Bangka Belitung

5 Makanan Khas Bangka Belitung yang Harus anda Coba

Makanan ini terbuat dari ikan teri yang diasinkan dan diperam selama satu pekan. Kemudian disimpan didalam botol-botol untuk diawetkan. Rasanya asin-asin manis. Biasanya dimakan sebagai temannya nasi. Untuk orang asli Bangka tentu rusip bukanlah satu makanan yang aneh atau asing lagi.

Rusip adalah makanan berbahan dasar ikan teri yang difermentasikan dalam botol atau tempat yang di tutup rapat dengan menggunakan garam dan ditambahkan dengan gula dan penyedap. Makanan ini juga dapat menambah nafsu makan. Rusip bisa menjadi pengganti sambal dan sangat cocok dimakan bersama lalapan. Pada umumnya cara mengkonsumsi rusip sangat mudah.

Rusip dapat dimakan tanpa dimasak terlebih dahulu. Cukup hanya ditambahkan serai, bawang merah, jeruk sambel dan cabe rawit, rusip sudah siap dikonsumsi. Tetapi ada juga yang memakannya dengan dimasak/ dipanaskan diatas api terlebih dahulu. Jadi, jangan pernah ragu untuk mengkonsumsi makanan tradisional ini karena rasanya benar-benar nikmat dan dijamin bisa menambah nafsu makan anda.

5. Lakso Kuah Santan  Khas Bangka Belitung

5 Makanan Khas Bangka Belitung yang Harus anda Coba

Lakso adalah makanan terbuat dari tepung beras yang disajikan dengan kuah santan yang terbuat dari daging ikan. Mantap dan nikmat disajikan panas apalagi ditambah dengan sambal cabe rawet pasti makin pas nikmatnya. Makanan ini juga bisa anda coba jika sedang berkunjung ke Bangka belitung sebagai pelengkap wisata kuliner anda.

Bangka Belitung adalah sebuah provinsi kepulauan yang dikelilingi laut. Jadi jangan heran jika sebagian besar makanan khas nya kebanyakan dari hasil olahan yang berbahan dasar dari laut. Tentu Makanan Khas Bangka belitung ini sangat bergizi dan mengandung protein yang sangat tinggi. Bila sedang di bangka Belitung anda bisa mendapat semua makanan ini  di toko dan pasar di kota Pangkal Pinang. Baca Juga: 5 Wisata Pantai di Bangka Belitung Paling Menarik

Tapi jika ingin mendapat harga lebih murah, Anda bisa membelinya di pasar-pasar tradisional. Akan tetapi  untuk pasar tradisional waktunya terbatas karena hanya buka sampai sore hari. Jadi Harus pandai menyiasati, sedangkan untuk di toko anda bisa menemukannya sampai malam hari.

  • 1
    Share
Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *