5 Makanan Khas Kalimantan Timur Yang Sangat Terkenal Lezat

174 views

Makanan Khas Kalimantan Timur – Berwisata disuatu daerah di Indonesia kurang lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner atau makanan khas yang ada di daerah tersebut. Begitu juga saat anda wisata di kalimantan khususnya Tempat wisata di Kalimantan Timur.

Selain menikmati keindahan alam, seni dan budaya, provinsi Kalimantan timur juga banyak terdapat makanan khas yang bisa anda coba. Makanan Khas Kalimantan Timur banyak jenis dan ragamnya yang akan membuat penasaran.

Dengan citarasa dan ciri khas, Makanan Khas Kalimantan Timur  banyak diburu oleh para penikmat wisata kuliner. Bukan hanya masakan dari jenis seafood namun Makanan Khas Kalimantan Timur lainnya juga bisa anda temui disini.

Makanan Khas Kalimantan Timur Yang Sangat Terkenal Lezat

Beberapa makanan khas kalimantan timur yang wajib anda coba saat mengunjungi provinsi Kalimantan Timur diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Nasi Bakepor Sambal Raja

Nasi Bakepor Sambal Raja

Mendengar Nama Nasi Bakepor Sambal Raja Makanan Khas Kalimantan Timur yang satu cukup unik, namun yang pasti rasanya juga tidak kalah unik dan nikmat. Dulunya Nasi Bakepor Sambal Raja adalah makanan Khas Kerajaan Kutai.

Nasi Bakepor Sambal Raja merupakan makanan khas Kalimantan Timur yang terbuat dari nasi putih di campur dengan Rempah-rempah, dan dengan Sayur Gangan Asam kukar yang di olah bersama kepala ikan.

Untuk Sambal Raja nya seperti Urap-urap, Sayur-sayuran di tambah irisan bawang merah lalu di siram dengan bumbu halus dengan rasa pedas yang segar.

Namun untuk saat ini anda sudah bisa dengan mudah menikmatinya, karena banyak Warung-warung yang menjual Makanan Khas ini. Jadi anda tidak perlu nunggu moment tepat untuk dapat mencicipi rasa nikmat dari masakan Nasi Bakepor.

2. Ayam cincane

Ayam cincane

Ayam cincane adalah masakan khas Kalimantan Timur yang biasanya menu masakan ini sering dijumpai pada acara-acara besar, seperti pada acara pesta pernikahan dan acara penyambutan tamu-tamu kehormatan.

Namun saat ini, masakan Ayam Cincane sudah dapat anda dijumpai di beberapa kedai ataupun rumah makan. Daging ayam kampung yang disajikan bersama bumbu berwarna kemerahan menjadi ciri khas tersendiri dari menu masakan ayam cincane ini.

Bila anda sedang wisata ke kalimantan Timur sudah tidak perlu lagi susah-susah untuk menunggu acara besar, karena untuk bisa menikmati Ayam Cincane anda cukup beli di rumah makan yang menjualnya.

3. Pepes kepiting

Pepes kepiting

Pepes kepiting adalah Makanan Khas Kalimantan Timur jenis seafood yang menggunakan bahan utama menggunakan kepiting soka yang dimasak dengan menggunakan bumbu seperti cabe rawit, cabe merah, serai, daun kemangi, dan rempah-rempah yang lain.

Kemudian kepiting soka serta bumbu digabungkan menjadi satu untuk ditumis serta dibungkus dengan daun pisang. Baru setelah itu, kepiting yang dibungkus daun pisang dikukus serta dibakar diatas bara api sampai masak.

Dengan ciri khas memasaknya, sehingga menimbulkan aroman yang sedap dan khas. Jadi jika anda sedang traveling di provinsi ini jangan lupa untuk mencoba kuliner yang lezat yang akan menambah selera makan anda.

4. Nasi Kuning Samarinda

Nasi Kuning Samarinda

Nasi Kuning mungkin sudah tidak asing bagi orang Indonesia, karena hampir setiap daerah di Indonesia bisa anda jumpai masakan yang satu ini. Namun untuk Nasi Kuning Samarinda ini beda dari nasi kuning pada umumnya.

Memiliki cita rasa yang khas dan lauk yang sedikit tidak sama dari nasi kuning biasanya. Nasi kuning Samarinda adalah nasi yang berwarna kuning (kuning dengan kunyit) seperti pada umumnya namun yang membedakan terletak di lauknya.

Karena nasi kuning Samarinda menggunakan pelengkap seperti ikan gabus (ikan haruan), bawang goreng, telur bumbu bali, serta serundeng. Untuk dapat menikmati makanan ini biasanya bisa dijumpai saat pagi atau malam hari.

5. Sate Payau 

Sate Payau

Sate payau adalah Makanan khas Kalimantan Timur yang sudah cukup populer dikalangan wisatawan, khususnya bagi para pecinta kuliner. Bila anda sedang berkunjung jangan sampai terlewatkan untuk mencoba makanan khas ini.

Sate Payau ini beda dengan sate pada umumnya karena terbuat dari daging rusa. Tetapi sayangnya, makanan khas yang satu ini terbilang sudah langka, sebab rusa yaitu satu diantara hewan satwa yang dilindungi.

Walau demikian, makanan khas yang satu ini masih dapat anda temui di beberapa acara festival yang di gelar di KalTim. Sate payau memiliki struktur daging yang lembut serta empuk, bila dibanding dengan daging sapi. Baca Juga: Sate Kambing dan Asal mula Sate di Indonesia.

Kuliner Kaltim Makanan Khas Kaltim

Penulis: 
author

Posting Terkait