5 Oleh-oleh Khas Riau, Kue dan Jajanan ini Bisa Jadi Pilihan

5 Oleh-oleh Khas Riau, Kue dan Jajanan ini Bisa Jadi Pilihan

Diposting pada

Oleh-oleh Khas Riau – Indonesia terkenal dengan kuliner yang berbagai macam, dan setip daerah biasanya memiliki makanan khas mulai dari makanan ringan atau cemilan sampai dengan makanan berat. Begitu juga di provinsi riau juga mempunyai makanan dan minuman khas Riau yang bisa anda coba saat berwisata di provinsi yang mayoritas penduduknya adalah melayu ini.

Kuliner adalah sebagai pelengkap suatu daerah untuk menunjang kegiatan wisata yang banyak diburu oleh para wisatawan. Terutama makanan, kue atau jajanan tradisional yang memiliki ciri khas daerah tersebut. Menikmati makanan khas daerah biasa untuk melengkapi kegiatan wisata, namun jika jajanan tradisional  biasanya berkaitan dengan oleh-oleh saat para traveler pulang dari berwisata.

Oleh-oleh Khas Riau, Kue dan Jajanan ini Bisa Jadi Pilihan

Karena banyaknya jenis kue atau jajanan khas Riau yang menjadi pilihan. Agar anda tidak bingung apa saja bisa dijadikan oleh-oleh khas riau, berikut Kue atau Jajanan Tradisional khas Riau yang rokomended.

1. Bolu Kemojo

5 Oleh-oleh Khas Riau, Kue dan Jajanan ini Bisa Jadi Pilihan

Bolu kemojo merupakan jajanan khas Riau yang cukup populer. Sering kali kue bolu kemajo dijadikan sebagai oleh – oleh khas Riau saat wisatawan berwisata ke Privinsi Riau. Namun selain di Pakanbaru Riau biasa kue ini juga sering di jumpai jika anda sedang di Palembang, Jambi dan Bengkulu. Bolu  kemajo ini adalah Kue tradisional khas Pekanbaru Riau yang memiliki rasa manis dengan sedikit terasa aroma dan rasa telur saat menyantapnya.

Teksturmya padat dan lebih cenderung seperti kue basah. Bukan seperti bolu pada umumnya yang lembut layaknya cake. Bulu Kemojo mempunyai dua varian rasa yang khas yaitu pandan dan durian. Warnanya yang hijau cantik dengan rasa dan aroma pandan menjadi daya tarik utama bolu ini. Jajanan khas pekanbaru Riau ini salah satu kue yang bisa jadikan oleh-oleh khas Riau khususnya saat anda pulang dari Pekan baru.

2. Kerupuk Atom

5 Oleh-oleh Khas Riau, Kue dan Jajanan ini Bisa Jadi Pilihan

Kerupuk atom merupakan Jajanan khas Riau cucok sebagai makanan Camilan yang berbentuk bulat kecil dan renyah. Hampir sama dengan Gurihnya Amplang Kerupuk Tenggiri Khas Kota Ketapang. Jika dilihat dari bahan untuk membuatnya, yaitu sama-sama terbuat dari bahan dasar dari ikan yang tercampur berbagai bahan tambahan. Karena lain daerah maka lain pula namanya meskipun hampir sama.

Kerupuk atom ini memiliki rasa yang enak dan gurih, sehingga cocok untuk dijadikan sebagai cemilan dalam perjalanan tak terkecuali juga sebagai buah tangan oleh-oleh khas Riau. Selain mudah membawanya jajanan ini juga tahan lama, asalkan membawanya tidak terkena angin agar tetap terjaga kerenyahannya.

3. Kue Bangkit

5 Oleh-oleh Khas Riau, Kue dan Jajanan ini Bisa Jadi Pilihan

Kue Bangkit jajanan khas riau ini sebenarnya merupakan kue khas Melayu Riau. Kue yang memiliki ciri putih kekuningan dengan noktah merah diatasnya. Tekstur kue bangkit ini sangat halus dan cenderung rapuh sehingga mudah hancur. Anda akan merasakan sensasi tersendiri saat memakan makanan ini. Karena saat masuk mulut, kue bankit ini langsung lumer karena terkena basahnya air liur, namun terasa nikmat.

Ukuran kue bangkit yang kecil jmenjadikan orang mudah menyantapnya dalam sekali lahap.Kue ini lebih dominan memiliki rasa manis, sehingga banyak di gemari anak-anak. Sangat cocok untuk di jadikan oleh-oleh khas Riau. Jika anda ingin mencari kue bangkit sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang bisa anda temui dengan mudah di toko oleh-oleh khas Riau.

4. Lempuk Durian

5 Oleh-oleh Khas Riau, Kue dan Jajanan ini Bisa Jadi Pilihan

Jajanan khas yang sudah sangat terkenal yang terbuat dari Olahan Buah Durian yang mungkin bukan hanya di riau tapi hampir diseluruh daerah di Indonesia yang menghasilkan buah durian  pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya lempuk durian. Namun tidak ada salahnya jika sedang berkunjung di Riau untuk membawa oleh-oleh lempok durian.

Jika anda mencari jajanan ini di riau bisa dengan mudah diperoleh di toko oleh-oleh di Riau. Oleh-oleh Lempuk Durian Riau selalu jadi favorit. Selain rasanya yang nikmat, Lempuk Durian ini juga jajanan yang bisa tahan tahan lama. Sehingga tidak takut basi jika anda ingin menjadikannya oleh-oleh.

Baca Juga: Aneka Makanan Tradisional Yang Dibuat Dari Buah Durian

5. Kacang Pukul

5 Oleh-oleh Khas Riau, Kue dan Jajanan ini Bisa Jadi Pilihan

Kue Khas Riau ini khususnya untuk daerah Bagan Siapi-api di Kabupaten Rokan Hilir. Kacang pukul terbuat dari kacang tanah yang dicampur gula. Kemudian ditumbuk dan dibentuk sesuai selera. Perpaduan antara kacang dan rasa manisnya ini lah yang membuat kue tersebut menjadi favorit para wisatawan.

Cemilan khas Riau ini mempunyai tekstur agak padat dan memiliki rasa manis yang khas. Dulunya makanan ini dibuat oleh masyarakat keturunan Tionghoa di Bagan Siapi-api secara turun menurun. Sekarang makanan ini jadi salah satu oleh-oleh khas Riau yang jarang dilewatkan oleh para wisatawan yang berkunjung ke Riau.

Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *