5 Tempat Wisata andalan di Kabupaten Pasaman Sumatera Barat

Diposting pada

Tempat Wisata andalan di Kabupaten Pasaman – Pasaman adalah salah satu Kabupaten yang ada di Provinsi Sumatera Barat, Indonesia dan Ibukota kabupaten ini terletak di Lubuk Sikaping. Seperti wilayah Indonesia lainnya, Provinsi Sumatera Barat khususnya Kabupaten Pasaman pernah dikuasai oleh kolonial Belanda.

Perang melawan penjajahan Belanda di Pasaman dipimpin oleh Tuanku Imam Bonjol yang dikenal dengan Perang Paderi (1821-1830). Karena terlalu banyak permasalahan di kubu Tuanku Imam Bonjol menyebabkan dia dan pengikutnya mengalami kekalahan melawan Belanda.

Kabupaten Pasaman merupakan Kabupaten yang terletak paling Utara dari propinsi Sumatera Barat. Kabupaten yang memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dijadikan tujuan travelling. Meskipun bidang pariwisata pasaman masih perlu dikembangkan lagi.

Tempat Wisata andalan di Kabupaten Pasaman Sumatera Barat

5 Tempat Wisata andalan di Kabupaten Pasaman Sumatera Barat

Banyak Tempat Wisata andalan di Kabupaten Pasaman yang bisa anda jadikan tujuan liburan. Karena di Kabupaten ini Selain objek wisata alam, juga memiliki objek wisata sejarah, dan objek wisata lainnya yang terkenal. Berikut tempat wisata Kabupaten pasaman yang bisa anda kunjungi.

1. Museum Tuanku Imam Bonjol

Museum Tuanku Imam Bonjol letak museum tuanku imam bonjol alamat museum tuanku imam bonjol sejarah museum tuanku imam bonjol

Bagi yang menyukai wisata sejarah tempat wisata terkenal di kabupaten pasaman salah satunya adalah Museum Tuanku Imam Bonjol. Museum ini memiliki koleksi peninggalan sejarah terutama alat-alat serta barang yang digunakan Imam Bonjol.

Tuanku Imam Bonjol adalah seorang pahlawan yang sangat gigih dan pantang menyerah, terbukti dengan peninggalan yang ada. Museum Tuanku Imam Bonjol terletak di kecamatan Bonjol tepat pada garis lintang Khatulistiwa.

Pada museum tersebut terdapat benda-benda peninggalan sejarah yang bisa pengunjung temui seperti keris, pedang, kitab-kitab yang menggambarkan perjuangan Tuanku Imam Bonjol sewaktu memimpin perang Padri.

2. Situs Prasati Kubu Sutan

Situ Prasati Kubu Sutan
Img: http://sumbarbagus.blogspot.co.id/2015/03/situs-prasasti-kubu-sutan.html

Situs prasasti tugu sutan merupakan Tempat Wisata andalan di Kabupaten Pasaman berupa peninggalan sejarah. Situs ini berukuran 5 X 5 M ini terdapat di Kecamatan Rao tepatnya di Desa Lubuk Layang. Berbeda dengan situs prasasti lainnya, situs ini sebagian badannya terpendam di dalam tanah, jadi hanya sebagian yang nampak.

Selain itu, situs ini juga berada dalam posisi miring. Prasasti ini menceritakan tentang keberadaan dua tokoh yaitu Jayawarman dan Jayendrawarman.

3. Candi Tanjung Medan

Candi Tanjung Medan komplek candi tanjung medan
Img: http://dodichandra.blogspot.co.id/2013/09/candi-tanjung-medan-pasaman.html

Tempat wisata sejarah andalan di Kabupaten Pasaman yang terkenal adalah Situs Candi Tanjung Medan. Candi ini secara administratif berada di Jorong Petok, Kecamatan Panti, Kenagarian Panti, Kabupaten Pasaman, berjarak sekitar 200 m dari jalan provinsi yang menghubungkan Provinsi Sumatera Utara dengan Sumatera Barat.

Masyarakat setempat biasa menyebut Candi Tanjung Medan sebagai Candi Puti Sangkar Bulan, tokoh yang oleh masyarakat dimitoskan karena kesaktiannya. Konon tokoh tersebut yang dimakamkan tidak jauh dari kompleks percandian tersebut.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Kabupaten Agam Sumatera Barat Yang Terkenal

4. Taman Wisata Alam Rimbo Panti

Taman Rimbo Panti taman margasatwa rimbo panti taman nasional rimbo panti taman wisata rimbo panti pasaman timur taman wisata rimbo panti taman nasional rimbo panti melindungi hewan hewan taman margasatwa rimbo panti hewan yang dilindungi taman margasatwa rimbo panti adalah
Img: http://azmisyamsul.blogspot.co.id/2015/02/taman-wisata-alam-rimbo-panti.html

Tempat Wisata andalan di Kabupaten Pasaman adalah Taman wisata rimbo pati, taman ini merupakan bagian dari cagar alam yang memiliki luas sekitar 570 ha. Objek wisata alam rombo pati ini menawarkan hawa sejuk alami dan merupakan habitat spesies herbarium tanaman langka.

Tempat wisata ini hanya berjarak sekitar 180 KMm dari Kota Padang. Di areal ini, selain dikenal dengan herbarium juga masih banyak terdapat binatang langka yang dilindungi seperti: Harimau Sumatera, Macan Tutul, Tapir, Rusa, Kambing Hutan, Beruang Madu, Siamang dan ratusan jenis burung.

Kawasan objek wisata Rimbo Panti,berada di lintasan jalan Sumatera yang membuat daya tarik tersendiri bagi wisatawan, letaknya yang sangat strategis membuat wisatawan mudah menjangkau daerah ini. Objek wisata rimbo panti ini memiliki banyak spesies tanaman pohon yang mampu dikelola secara optimal untuk menjadi daya tarik pengunjung.

5. Monumen Equator

Monumen Equator
Img: http://www.ummi-online.com/equator-sumatera.html

Berbicara mengenai tempat wisata berupa monumen equator tentu hampir semua orang mengingat tugu Khatulistiwa yang menjadi tujuan wisata di Kota Pontianak kalimantan Barat. Namun selain tugu khatulistiwa di pontianak ada Monumen lain yang ada di Indonesia tepatnya di kabupaten pasaman. tugu lintasan khatulistiwa ini berupa bola dunia yang disangga oleh tiga tiang utama.

Berwisata di Monumen equator anda tidak hanya melihat monumen sebuah monumen saja, anda juga dapat sekalian berkunjung ke sebuah museum yang merupakan museum perjuangan Tuanku Imam Bonjol. Relief perjuangan Tuanku Imam Bonjol dapat anda temukan di sekeliling meseum.

Museum ini sangat sering dikunjungi karena juga dilengkapi dengan taman, sehingga banyak yang datang baik bersama teman atau keluarga untuk bersantai menikmati keindahan tempat tersebut. Baca Juga: 16 Tempat Wisata Riau Paling Populer

Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

2 thoughts on “5 Tempat Wisata andalan di Kabupaten Pasaman Sumatera Barat

  1. Cari-cari info soal banjir pasaman barat dan pasaman timur, eh ketemu artikel ini hehehe
    Btw saya sudah mengunjunginya sbagian min, karena saya dari kab. Pasaman barat. Tetangganya pasaman timur hehe
    Oiya, apakah masih menerima penulis tamu di blog ini min ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *