5 Tempat Wisata di Samarinda Yang Menarik Untuk Dikunjungi

5 Tempat Wisata di Samarinda Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Diposting pada

Tempat Wisata  di Samarinda sangat banyak sekali, mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata religi dan wisata lainnya. Sangat cocok jika anda sedang mencari destinasi wisata, Samarinda juga bisa menjadi tujuan. Bagi yang belum tahu, Samarinda ini merupakan ibukota dari Kalimantan Timur. Termasuk mempunyai penduduk terpadat diantara kota lainnya, jika dibandingkan dengan beberapa kota lain yang ada di Kalimantan.

Meskipun Tempat wisata di Samarinda belum begitu banyak yang dikenal dikalangan traveler, bila dibandikan dengan daerah lain yang ada di Indonesia. Contoh seperti wisata jogja, wisata bali, karena wisata samrinda masih belum di kelola dengan baik. Sehingga wisatawan banyak yang belum tahu mengenai informasi wisata di Kalimantan Timur.

Tempat Wisata di Samarinda Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Padahal sebenarnya kota Samarinda ini menyimpan banyak sekali destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. bagi yang penasaran simak ulasan beberapa destinasi wisata menarik di Samarinda yang bisa anda jadikan referensi untuk liburan.

1. Air Terjun Pinang Seribu

5 Tempat Wisata di Samarinda Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Tempat wisata di Samarinda yang satu ini terbilang unik, karena air terjun ini seperti bertangg-tangga. Sehingga air terjun tersebut dapat dinaiki dan aman juga untuk bermain khususnya bagi anak-anak. Air terjun ini juga tidak terlalu deras, namun menawarkan pemandangan alam yang indah dan asri. Di Air Terjun Seribu ini juga terdapat danau buatan yang dapat Anda nikmati menggunakan sepeda air yang disewakan.

Anda juga dapat berenang di kolam renang yang disediakan di tempat ini. Sangat cocok sekali apabila Anda mengajak keluarga berlibur ke tempat ini dan membuat betah berlama-lama menikmatinya. Lokasi wisata Air Terjun Pinang Seribu ini berada di kawasan Bengkuring, Kelurahan Sempaja Utara, Samarinda, Kalimantan Timur. tidak terlalu jauh untuk mencapai lokasi ini dari pusat kota samarinda.

2. Air Terjun Tanah Merah

5 Tempat Wisata di Samarinda Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Wisata di Samarinda selanjutnya adalah wisata air terjun tanah merah. Tempat wisata ini cukup terkenal dimasyarakat Samarinda. Saat liburan wisata air terjun samarinda ini banyak sekali wisatawan yang berkunjung. Air di air terjun sangat bening dan bersih, namun saat di bawah airnya akan menjadi keruh, karena tanah di tempat ini berupa gambut.

Sampai di tempat ini jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen menggunakan kamera sebagi kenangan. Untuk mengakses objek wisata air terjun tanah merah, pengunjung dapat dengan mudah menjangkaunya dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Air terjun Tanah Merah terletak di Dusun Purwosari, Desa Tanah Merah kecamatan Samarinda Utara atau sekitar 14 Km ke arah timur laut Kota Samarinda, di ruas jalan poros Samarinda-Bontang.

3. Desa Budaya Pampang

5 Tempat Wisata di Samarinda Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Desa yang dihuni oleh suku Dayak ini biasanya pada hari Minggu mengadakan pertunjukan budaya. Di sini anda dapat melihat pertunjukan budaya yang ada di Indonesia, khususnya budaya Dayak. Jadi tempat wisata di Samarinda ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat wisata untuk edukasi. Ajaklah keluarga atau anak anak agar mereka dapat belajar tentang budaya yang ada di Indonesia.

Letak Desa Budaya Pampang berada di bagian kiri jalan poros sebelum Bandara Sungai Baru. Dari papan nama di pintu masuk menuju kawasan Desa Dayak, wisatawan masih harus menempuh jarak kurang lebih 1 kilometer menuju lokasi.

4. Pulau Beras Basah

5 Tempat Wisata di Samarinda Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Pulau beras basah terletak di Bontang dan butuh waktu 3 jam untuk mencapai pulau ini dari Samarinda. Pulau Beras Basah memiliki panorama alam yang indah khususnya panorama pantai nya. Pantai dengan pasir yang putih dan bersih membuat pantai ini semakin menawan. Udara yang segar dapat Anda nikmati disini. Jadi saat berlibur di pantai ini membuat Anda akan betah berlama-lama menikmati panoramanya.

Mengunjungi Pulau beras basah tidaklah sulit, bagi Anda yang berasal dari daerah diluar kota, Anda bisa menggunakan sarana transportasi udara dengan tujuan kota Balikpapan. Dari sini perjalanan akan dilanjutkan dengan menggunakan transportasi Bus dengan kisaran waktu 5 jam perjalanan hingga sampai di Bontang. Kemudian Anda bisa menyewa trasnportasi kapal disekitar Tanjung Laut dan Bontang Kuala untuk menuju Pulau Beras Basah.

5. Masjid Islamic Center Samarinda

5 Tempat Wisata di Samarinda Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Masjid Islamic Center Samarinda Propinsi Kalimantan Timur terletak di kelurahan Teluk Lerong Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Sisi depannya berada di Jl. Slamet Riyadi No 1 Samarinda, sedang kanan kirinya diapit oleh Jl. Anggi dan Jl. Meranti sedangkan bagian belakang berada di Jl. Ulin, juga menghadap ke sungai Mahakam.

Sangat mudah untuk menemukan Islamic Center Samarinda, lokasinya hanya +/- 2 km dari jembatan Mahakam. Bagi Anda yang ingin berwisata religi, sebaiknya datanglah ke Masjid Islamic Center Samarinda. Di sini anda akan melihat masjid bergaya Turki, karena itu banyak pengunjung yang datang ke sini untuk melakukan ibadah sekaligus berwisata religi.

Demikian tadi mengenai 5 Tempat Wisata di Samarinda Yang Menarik Untuk Dikunjungi, untuk mengeksplore lebih banyak lagi tempat tempat menarik yang bukan hanya di samarinda namun mencakup provinsi Kalimantan Timur bisa baca: 15 Tempat Wisata di Kalimantan Timur Yang Paling Terkenal. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menambah daftar tempat wisata yang akan anda kunjungi berikutnya.

Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *