6 Tempat Wisata Jember Cocok Untuk Mengisi Waktu Liburan

68 views

Tempat Wisata Jember – Salah satu kota yang berada di Jawa Timur dan merupakan salah satu rekomendasi daerah wisata untuk kamu yang ingin menghabiskan waktu liburan dengan menikmati suasana alam nan asri dan perawan.

Tempat -tempat indah yang ada di jawa timur ini akan memuaskan setiap mata pengunjung dengan berbagai keeksotisan alam Indonesia.

Ada banyak lokasi tempat wisata di Jember yang bisa kamu nikmati dan kebanyakan adalah berupa pantai, sebab Kota Jember sendiri berbatasan langsung dengan Samudera Indonesia.

Tempat Wisata Jember Cocok Untuk Liburan

Ada begitu banyak destinasi wisata di Kota Jember yang layak kamu kunjungi, akan tetapi pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan beberapa tempat wisata jember terbaik.

Tempat wisata jember yang menawarkan pesona alam menawan dan pantas untuk kamu kunjungi dalam menghabiskan waktu liburan. Berikut silahkan langsung saja baca  ulasan selengkapnya Tempat Wisata Jember. 

1. Nikmati Kombinasi Suasana Penuh Misteri dan Keindahan Pulau Nusa Barong

Nikmati Kombinasi Suasana Penuh Misteri dan Keindahan Pulau Nusa Barong

Pulau Nusa Barong merupakan Tempat Wisata Jember dengan luas 6100 hektare di Samudera Indonesia. Pulau ini memiliki keunikan floa dan dan eksosistem yang tidak dimiliki daerah lainnya. Pulau ini berada di Desa Puger Wetan, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Tempat ini sudah dijadikan sebagai Cagar Alam Pulau Nusa Barong sejak tahun 1920 sehingga menjadi daerah yang sangat kaya akan hewan, tumbuhan serta ekosistem unik dan langka yang sangat indah.

Tidak hanya pesona alam yang ditawarkan, namun Pulau Nusa Barong juga menyimpan cerita misteri dari para penduduk sekitar yang dipercaya sebagai tempat tinggal demit atau makhluk halus. Inilah yang menyebabkan Pulau Nusa Barong tidak berpenghuni.

Kamu bisa menikmati pesona bukit serta tebing yang terbungkus dengan tanaman hijau meneduhkan, habitat satwa rusa Cervus timorensis, penyu Chelonidae dan juga aneka jenis burung laut yang tidak pernah kamu lihat di tempat lain sebelumnya.

2. Pemandangan Instagramable Pantai Tanjung Papuma

Pemandangan Instagramable Pantai Tanjung Papuma

Pantai Papuma atau dikenal juga dengan nama Pantai Tanjung Papuma teletak di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember, Jawa Timur yang siap untuk menawarkan pemandangan ekstra luar biasa untuk kamu.

Hamparan pasir putih halus ini terletak menjorok ke laut yang nampak seperti tanjung. Saat menuju ke lokasi wisata ini, kamu juga akan dimanjakan dengan hutan pohon jati luas yang sangat teduh. Di pantai ini juga terdapat tujuh buah karang ukuran besar sehingga tampak menyerupai pulau.

Inilah spot terbaik untuk kamu yang ingin mengabadikan foto instagramable terbaik sebagai koleksi. Disini juga sudah tersedia penginapan dengan harga yang sangat terjangkau yakni antara 70 ribu sampai 100 ribu per harinya.

3. Pantai Watu Ulo Unik Dengan Bentuk Bersisik Eksotis

Pantai Watu Ulo Unik Dengan Bentuk Bersisik Eksotis

Salah satu pantai di Jember ini terbilang menjadi pantai dengan tampilan yang menarik. Sebab di pantai ini terdapat deretan batu memanjang yang berada tepat di bibir pantai dengan bentuk seperti ular lengkap dengan sisik yang membuat pantai ini mendapat julukan pantai eksotik Indonesia.

Tidak hanya siang hari, namun saat malam pantai ini juga ramai dikunjungi para wisatawan yang menginap disini. Pantai Wotu Ulo juga menyimpan cerita mistis tersendiri. Dimana konon dikatakan jika pantai ini dikuasai oleh seekor ular raksasa bernama Nogo Rojo yang dalam bahasa Indonesia berarti Raja Ular.

Ular ini kemudian bertarung dengan warga setempat untuk memperebutkan wilayah dan berhasil dikalahkan sampai tubuh ular ini terbelah menjadi 3 bagian dan batu bersisik tersebut akhirnya dipercaya sebagai bagian dari potong tubuh Nogo Rojo.

Saat berkunjung ke pantai ini, kamu juga akan disajikan dengan ritual warga setempat serta berburu kerajinan tangan menarik khas penduduk sekitar. Kamu juga bisa menjelajah ke goa Jepang bernama Goa Kelelawar yang masih satu wilayah dengan Pantai Watu Ulo ini.

Baca Juga: Sisi Lain Kekayaan Alam tempat Wisata di Jember Paling Eksotis dan Mistis

4. Kecantikan Pantai Bandealit Dengan Misteri Manusia Kerdil

Kecantikan Pantai Bandealit Dengan Misteri Manusia Kerdil

Satu lagi pantai di wilayah Jember yang tidak hanya menyuguhkan keindahan. Namun juga cerita misteri menarik yang membuat area ini layak untuk kamu sambangi yakni Pantai Bandealit. Pantai ini terletak di Taman Nasional Meru Betiri yang juga terkenal dengan teluk hijau pelepasan penyu.

Banyak wisatawan yang sudah pernah berkunjung ke pantai ini dan berhasil mengabadikan foto jejak manusia kerdil, misteri dari Pantai Bandealit terkenal tersebut.

Ada juga pengunjung yang pernah melihat  langsung manusia kerdil dengan ukuran tidak sampai 1 meter yang sedang berkeliaran dengan tombak untuk mencari ikan.

Masyarakat nelayan juga pernah diganggu manusia kerdil tersebut dengan membuat hasil tangkapan mereka berantakan serta dicuri manusia kerdil.

Terlepas dari cerita misteri di daerah ini, Pantai Bandealit yang terkenal angker ini memiliki pemandangan menakjubkan. Khususnya saat kamu berkunjung dan nikmati pantai ini pada malam hari sambil berkemah.

Kamu tidak akan merasakan suasana menyeramkan seperti beberapa cerita diatas. Melainkan suasana sangat menenangkan ditemani dengan suara ombak serta keeksotisan pantai kota Jember ini.

Kamu juga bisa merasakan serunya menaiki cano yang disewakan pengelola Taman Nasional Meru Betiri sambil mengarungi liukan ombak menegangkan.

Kamu juga bisa berkunjung ke konservasi penyu yang dikelola Taman setempat sekaligus menginap di tenda yang bisa dididirikan pada area camping ground yang sudah disediakan.

5. Ritual Larung Sesaji Pantai Puger

Ritual Larung Sesaji Pantai Puger

Saat memasuki Pantai Puger, kamu akan langsung disambut dengan deburan suara ombak. Sekaligus melihat pemandangan dari Pulau Nusa Barong yang indah sebab berada dalam lokasi yang sama.

Pantai ini menjadi tempat digelarnya ritual larung sesaji. Dimana penduduk setempat akan melarung nasi tumpeng dan buah-buahan sebagai ungkapan rasa syukur pada Tuhan atas rejeki yang sudah mereka dapatkan.

Untuk kamu yang gemar memancing, pantai ini menjadi destinasi terbaik untuk kamu kunjungi. Sebab memiliki perairan tenang yang menjadi spot terbaik untuk memancing.

Supaya sensasi memancing kamu tambah seru, kamu bisa menyewa perahu nelayan untuk merasakan acara memancing yang lebih menantang.

Pantai ini juga terkenal sebagai tempat pelelangan ikan, sehingga kamu bisa berburu berbagai jenis ikan dengan harga murah untuk kamu bakar dan santap di pantai sambil menikmati keindahan pantai ini.

Baca Juga: Wisata Gunung Bromo Tempat Liburan Favorit di Jawa Timur

6. Pantai Rowo Cangak

Pantai Rowo Cangak

Pantai Rowo Cangak adalah pantai yang terletak di Desa Ungkalan, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember yang bisa kamu kunjungi dengan 2 jalur alternatif yakni dari Naggelan atau Desa Sabrang.

Kamu juga bisa memarkir kendaraan kamu sampai ke bibir pantai dengan hanya membayar 5 ribu Rupiah untuk parkirnya. Di tempat ini kamu bisa menikmati keindahan pohon pandan. Berfoto dari ketinggian bukit sampai populasi andanus tectorius yang merupakan mangrove terbanyak di area ini.

Tidak jauh dari area pantai, kamu juga bisa melihat perkebunan semangka dimana pada musim tertentu juga akan ditanami dengan tumbuhan yang berbeda.

Sajian suana tenang di Pantai Rowo Cangak ini sangat cocok untuk kamu yang ingin mengasingkan diri dari kepadatan dan kejenuhan ibukota sehari-hari yang cukup membosankan. Baca Juga: 15 Objek Wisata di Banyuwangi Yang Wajib Dikunjungi.

Wisata Alam Wisata Jatim Wisata Jember

Penulis: 
author

Posting Terkait