6 Tempat wisata Pantai di Kebumen Jawa Tengah Yang Terkenal

6 Tempat wisata Pantai di Kebumen Jawa Tengah Yang Terkenal

Diposting pada

Kebumen Jawa Tengah adalah salah satu Kabupaten yang memiliki berbagai keindahan alam. Ini didukung oleh kondisi wilayah Kebumen berupa pegunungan, pantai dan daratan rendah. Dengan kondisi wilayah seperti ini membuat daerah Kebumen memiliki berbagai macam objek wisata yang menarik. Walaupun belum terlalu dikenal seperti tempat wisata Jawa Tengah lainnya.

Kabupaten Kebumen Jawa Tengah juga merupakan daerah yang berbatasan dengan Samudra Hindia. Hal ini menjadikan destinasi wisata pantai di Kebumen sudah tidak diragukan lagi untuk pesonannya. Keindahan wisata yang siap anda kunjungi sebagai tempat wisata favorit wisatawan. Meskipun ada beberapa pantai di Kebumen masih belum terlalu terjamah dan masih kurang pengunjungnya.

Daftar Tempat Wisata Pantai di Kebumen Jawa Tengah Yang Terkenal

Sebetulnya banyak sekali Tempat wisata Pantai di Kebumen Jawa Tengah. Namun kali ini traveluxion hanya menampilkan ulasan mengenai beberapa destinasi wisata pantai di Kebumen. Berikut ulasannya.

1. Pantai Menganti

6 Tempat wisata Pantai di Kebumen Jawa Tengah Yang Terkenal

Berada di wisata pantai Menganti Anda akan merasakan udara pantai yang masih segar dan alami. Di Pantai menganti juga sudah terdapat fasilitas yang bisa dinikmati seperti Gubuk, Tempak Duduk, bahkan sudah ada Villa Keluarga. Semua fasiltas tersebut dapat dinikmati jika anda sedang berada di pantai sambil menikamti pemandangan laut lepas.

Selain itu anda juga akan melihat keindahan Sunrise maumpun Sunset di Pantai menganti sambil berjalan dipasir putih. Beningnya air laut merupakan pemandangan yang tidak bisa dipisahkan sebagai daya tarik tersendiri di pantai menganti. Satu lagi tempat menarik bisa anda temukan di pantai wisata yang ada di Kebumen ini yaitu menara Mercusuar. Letaknya berada di bagian atas bukit yang tingginya sekitar 20 meter

Mercusuar bisa anda gunakan untuk melihat pemandangan pantai yang begitu indah dari ketinggian. Jadi anda bisa melihat dengan jelas hamparan pasir putih dengan deburan ombak yang menambah pesona wisata pantai menganti. Pantai Menganti sendiri berada di Desa Karang duwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Jika perjalanan dari kecamatan Gombong kurang lebih sekitar 40 km.

Untuk menuju lokasi wisata pantai di kebumen ini disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi (sepeda motor), jika menggunakan mobil mengingat jalan menuju pantai menganti cukup terjal dan membahayakan. Jadi dengan menggunakan sepeda motor bisa mempermudah dan mempercepat pejalanan ke pantai ini. Untuk angkutan umum sendiri di daerah ini masih sangat sulit ditemui mungkin memang jalannya yang kurang memadai.

Baca Juga: 10 Objek Wisata Alam di Jawa Tengah Paling Terkenal

2. Pantai Karang Agung

6 Tempat wisata Pantai di Kebumen Jawa Tengah Yang Terkenal

Pantai Karang agung  merupakan pantai di kebumen yang berbeda dari pantai lainnya. Karena di Pantai karang agung anda bukan melihat hamparan pasir putih yang biasa anda temui di wisata panatai lain, karena di pantai karang agung anda akan disuguhkan pantai yang dipenuhi oleh batu-batu karang di sepanjang pantai. 

Sedikit menjolok ke laut berdiri sebuah batu karang yang cukup besar yang tinggi dan berdiri koko dan ini juga yang menjadi ciri khas yang unik di pantai Karang agung. Konon katanya pantai ini cukup sakral dan dikeramatkan penduduk sekitar. Pantai Karang Agung lokasinya terletak di Desa Argopeni, Kecamatan Ayah, kabupaten Kebumen. 

Pantai ini masih asri tersembunyi di balik bukit kapur yang berjajar hijau ditumbuhi lebat pepohonan. Karena lokasinya yang tersembunyi, perjalanan menuju pantai ini harus dilalui dengan berjalan kaki melintasi hutan jati di sepanjang bukit. Rute yang harus dilewati masih berupa jalan setapak yang dibuat oleh warga sekitar secara apa adanya, namun sudah layak dan nyaman untuk dilalui.

3. Pantai Lembu purwo

6 Tempat wisata Pantai di Kebumen Jawa Tengah Yang Terkenal

Pantai Lembupurwo berada di Desa Lembupurwo yang lokasinya di bagian timur dari pusat kota Kebumen. Jalan untuk menuju lokasi ini sudah sangat bagus dan mudah unuk dilalui menggunakan kendaraan pribadi. Walaupun pantai ini berpasir hitam namun dengan air laut yang bersih akan membuat anda betah untuk berlama-lama bersantai di pantai ini. Ketika anda nyampai ketempat ini akan disambut pasir hitam bersih yang cukup luas dan dengan garis pantai yang panjang dari ujung timur hingga ujung barat.

Lautnya bersih, berwarna biru dan berombak besar. Biasanya Pantai lembupurwo akan rame jika hari libur, seperti hari minggu atau hari raya, pantai ini selalu ramai dan ada beberapa pedagang yang akan berjualan di gubuk-gubuk kecil tepi pantai. Sambil menikmati hembusan angin pantai yang menyegarkan.

Di pantai ini anda juga bisa sambil menikamti kuliner khas daerah ini yaitu tempe mendoan dengan rasanya yang khas. Serta ada juga Rempeyek undur-undur yang rasanya hampir mirip seperti udang. Di pantai Lembupurwo, anda dapat menikmati sunrise dan juga sunset yang tak kalah dengan tempat wisata pantai di tempat lain. Banyak kegiatan yang bisa anda lakukan di pantai lembupurwo seperti bermain bola, layang-layang, serta berlairian di tepi pantai.

Baca Juga: 4 Pesona Pantai Tulungagung Perawan Dengan Pemandangan Paling Eksotis

4. Pantai Suwuk

6 Tempat wisata Pantai di Kebumen Jawa Tengah Yang Terkenal

Pantai Suwuk juga merupakan salah satu pantai yang cukup ramai dan menjadi salah satu wisata andalan di Kebumen Jawa Tengah. Setiap harinya pantai ini tak pernah sepi oleh pengunjung. Sebagai salah satu objek wisata di kebumen yang cukup ramai dan terkenal. Pantai Suwuk memiliki beberapa fasilitas yang terbilang lengkap diantaranya masjid, toilet, pusat souvenir, tempat makan dan beragam wahana bermain yang siap memanjakan pengunjung pantai suwuk

Yang membedakan Pantai Suwuk dengan objek wisata lain ialah keberadaan wahana bermain di Pantai ini. Pantai Suwuk memiliki wahana menunggang kuda dimana terdapat kuda sekaligus joki yang siap menemani Anda menyisir garis pantai. Di Pantai Suwuk pula, Anda dapat mengajak sang buah hati untuk berwisata sekaligus edukasi. Di tempat ini terdapat wahana bermain berupa pesawat yang dibuat dari bekas badan pesawat Garuda Boeing 737 produksi tahun 2000.

Bukan hanya pesawat, helikopter heli C100 yang diproduksi tahun 1987 juga dapat Anda saksikan disini. Lokasi Pantai Suwuk berada di Desa Suwuk, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen. untuk menuju tempat Pantai Suwuk anda bisa menempuh berjarak kurang lebih sekitar 22 km perjalanan di sebelah selatan Gombong. Dari Gombong, Anda membutuhkan waktu sekitar 45 menit menuju Pantai Suwuk.

5. Pantai Pecaron

6 Tempat wisata Pantai di Kebumen Jawa Tengah Yang Terkenal

Pantai Pecaron Kebumen merupakan salah satu tempat wisata baru yang ada di kawasan pantai selatan Kebumen Jawa Tengah Indonesia. Destinasi wisata pantai di Kebumen begitu banyak yang tersebar dari mulai kecamatan paling timur bagian selatan yaitu kecamatan Mirit sampai kecamatan paling barat di sebelah selatan, yaitu  kecamatan Ayah. Hampir semua tempat wisata pantai di sepanjang pantai selatan Kebumen selalu ramai dikunjungi wisatawan terutama di waktu akhir pekan maupun hari libur lainnya tertama akan rame sekali jika libur hari-hari besar.

Pantai Pecaron memang tidak terlalu luas. Namun suasana disana terasa sangat menyenangkan karna masih sangat sepi dan natural. Pantai ini berada di kecamatan Ayah. Sama dengan pantai Meganti dan pantai Logending. lokasi pantai Pecaron terletak di desa Srati, kecamatan Ayah, kabupaten Kebumen, propinsi Jawa Tengah.

6. Pantai Ayah (Logending)

6 Tempat wisata Pantai di Kebumen Jawa Tengah Yang Terkenal

Pantai Logending atau yang lebih dikenal dengan Pantai Ayah Merupakan Objek wisata yang memiliki keindahan alam yang pantut untuk anda kunjungi saat berwisata di Kabupaten Kebumen. Keadaan alam yang memanjakan setiap mata pengunjung yang akan membuat betah berlama-lama menikmati keindahannya. Pantai Ayah mempunyai area yang luas. Di pantai ini Anda bisa menikmati sejuknya udara di sekitar pantai.

Tidak hanya itu, di pantai ini Anda dapat bermain sepakbola, voli pantai, atau hanya bersantai sambil menikmati keindahan alam di Pantai Ayah. Anda pun bisa bermain di hutan yang letaknya cukup dekat dengan pantai ayah ini yang merupakan bumi perkemahan disekitar Hutan Logending. Pantai Ayah lokasinya terletak di  8 km selatan Gua Jatijajar, 48 km dari Kota Karanganyar dan 63 km dari kota Kabupaten Kebumen, tepatnya di Desa/Kecamatan Ayah. Baca Juga: 15 Air Terjun / Curug Paling Indah di Jawa Tengah

Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *