7 Tempat Wisata di Kota Pangkalpinang Bangka Belitung Yang Terkenal

7 Tempat Wisata di Kota Pangkalpinang Bangka Belitung Yang Terkenal

Diposting pada

Tempat Wisata di Kota Pangkalpinang – Provinsi Kepualauan Bangka Belitung terdiri dari beberapa Kabupaten Kota, salah satu diantaranya adalah Kota PangkalPinang  yang terletak di bagian timur Pulau Bangka dan Sekaligus menjadi ibu kota Provinsi. Kondisi topografi wilayah Kota Pangkapinang pada umumnya bergelombang dan berbukit.

Secara morfologi daerah kota PangkalPinang berbentuk cekung, di mana pada bagian pusat kotanya berada didaerah dataran rendah. Untuk bagaian yang berbukit mengelompok di bagian barat dan selatan kota Pangkalpinang. Beberapa bukit yang utama yang terkenal adalah Bukit Girimaya yang berada di ketinggian sekitar 50 m dpl dan Bukit Menara.

Sedangkan untuk hutan kota sendiri berada di Kelurahan Tua Tunu Indah. Itulah sekilas tentang Kota pangkalpinang di provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia. Jika dilihat dari kondisi topografi dan morfologi Kota pangkalPinang banyak menyimpan destinasi wisata yang menarik, mulai dari destinasi wisata alam, wisata religi dan wisata lainnya.

Daftar Tempat Wisata di Kota Pangkalpinang

Potensi Tempat Wisata di Kota pangkal pinang indonesia tempat wisata bisa dibilang berkembang sangat pesat. Terbukti banyak bangunan hotel yang terus meningkat. Mulai dari hotel kelas melati sampai dengan hotel yang berbintang. Bagi anda yang sudah penasaran apa saja Tempat Wisata di kota pangkal pinang tempat menarik berikut ulasanya.

1. Pantai Pasir Padi

7 Tempat Wisata di Kota Pangkalpinang Bangka Belitung Yang Terkenal

Pantai Pasir Padi merupakan wisata alam pangkal pinang yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Terutama wisatawan lokal atau masyarakat Kota Pangkalpinang dan sekitarnya. Pengunjung pantai ini akan meningkat pada hari-hari libur. Selain memiliki panorama yang indah dan laut birunya, anda juga dapat mengunjungi sebuah daratan kecil yang tidak jauh dari bibir pantai bernama Pulau Punai.

Pulau punai ini termasuk objek wisata pulau bangka yang banyak di kunjungi. Karena aksesnya sangat mudah. Dapat dijangkau hanya dengan berjalan kaki, namun harus pada saat air laut sedang surut. Lokasi Tempat Wisata di Kota Pangkalpinang Pantai Pasir Padi terletak di kelurahan Air Itam. Sekitar 8 km dari pusat kota Pangkalpinang, yang merupakan kawasan pariwisata potensial di kota Pangkalpinang.

Pantai Pasir Padi memiliki garis pantai dengan hamparan pasir putih yang indah sepanjang 2 km. Salah satu keunikan Pantai Pasir Padi adalah struktur pantainya yang landai, kontur pasir yang padat sehingga pantai ini nyaman untuk dijadikan tempat liburan sambil menikmati panorama dengan berjalan kaki di sekitar pantai.

2. Pantai Tanjung Bunga

7 Tempat Wisata di Kota Pangkalpinang Bangka Belitung Yang Terkenal

Tanjung Bunga adalah objek wisata pantai di pangkalpinang yang memiliki pantai landai dan berbatuan. Terletak sebelah selatan Pantai Pasir Padi dengan jarak hanya sekitar 2,5 Km saja. Dipantai ini anda juga  bisa melakukan kegiatan menyusuri pantai dengan suguhan panorama perbukitan yang tampak indah. Anda bisa menggunjungi pantai ini dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan rental yang Jaraknya tidak lebih dari 30 menit dari pusat kota Pangkalpinang.

Kawasan Pantai Tanjung Bunga juga telah memiliki siteplan sebagai kawasan wisata Tanjung Bunga dan sirkuit kawasan terpadu TAC TOS (Tanjung Bunga Circuit and Town Square) dan Exhibition Hall.

Baca Juga: 5 Air Terjun Tempat Wisata Alam Bangka Belitung

3. Taman Sari (wilhelmina park)

7 Tempat Wisata di Kota Pangkalpinang Bangka Belitung Yang Terkenal

Tamansari (wilhelmina park) merupakan salah satu Cagar Budaya yang ada di Kota Pangkalpinang yang dirancang oleh Van Ben Benzenhorn, merupakan fasilitas pendukung dari rumah Residen yang berfungsi sebagai taman, konservasi tanaman, tempat berolahraga ringan dan tempat berangin-angin. Luas areal Tamansari saat ini 3.780 m².

Di taman ini juga dibangun sebuah Tugu Pergerakan Kemerdekaan yang diresmikan oleh Wakil Presiden RI, Drs. Mohammad Hatta pada bulan Agustus 1949. Awalnya taman Sari bernama wilhelmina park dan diubah menjadi Tamansari pada saat setelah kemerdekaan bersamaan dengan perubahan nama jalan Merdeka (resident straat). Tamansari juga dijadikan sebagai nama satu kecamatan di Pangkalpinang tempat lokasi taman tersebut.

4. Taman Merdeka

7 Tempat Wisata di Kota Pangkalpinang Bangka Belitung Yang Terkenal

Taman Kota adalah salah satu tujuan wisata untuk mengisi waktu bersantai khususnya bagi masyarakat yang tinggal di seputaran kota.  Begitu juga di kota pangkalpinang terdapat sebuah Alun-alun yang bernama Taman Merdeka yang menjadi pusat rekreasi keluarga terutama oleh warga kota Pangkalpinang. Taman ini dikeliling oleh empat jalan berbeda, yaitu Jl. Jenderal Sudirman, Jalan Merdeka, Jalan Rustam Effendi, dan Jalan Diponegoro.

Setiap harinya taman ini selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat Kota pangkalpinang dan sekitarnya, terutama pada malam hari. Banyak masyarakat yang datang ke teman ini untuk sekedar bersantai bersama keluarga. Biasanya taman merdekan pada hari sabtu dan minggu pagi, dipenuhi dengan warga yang berolahraga.

5. Museum Timah

7 Tempat Wisata di Kota Pangkalpinang Bangka Belitung Yang Terkenal

Museum Timah merupakan Tempat Wisata di Kota Pangkalpinang yangt menjad museum kebanggaan masyarakat Pangkal pinang. Karena museum timah ini satu-satunya di Indonesia. Berdiri pada tahun 1958 dan resmi dibuka untuk umum pada tanggal 2 Agustus 1997 oleh PT. Timah Tbk. Museum ini memiliki koleksi yang lengkap tentang tambang pertimahan di kota Pangkal Pinang.

Dimuseum ini anda akan tahu sejarah proses penambangan timah dari alam sampai pengolahan secara tradisional maupun modern. Baik berupa dokumen maupun foto-foto yang bisa anda lihat museum ini. Sehingga tempat ini bisa menjadi wisata edukasi untuk menambahkan wawasan. Alamat Museum Timah berada di jalan sedang Kota Pangkalpinang. Lokasinya juga sangat mudah untuk dijangkau, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Untuk tiket masuk museum timah tidak dikenakan biaya alias gratis.

6. Masjid Jami’

7 Tempat Wisata di Kota Pangkalpinang Bangka Belitung Yang Terkenal

Masjid Jamik salah tempat tujuan wisata religi di kota Pangkalpinang dan masjid ini merupakan masjid terbesar dan paling tertua yang dibangun pada tanggal 3 Syawal 1355 H atau 18 Desember 1936. Info ini tertulis pada sebuah meja marmer yang berada dalam area Masjid Jami. Luas Masjid sekitar ± 900 m² di atas lahan seluas 5.662 m² dengan daya tampung jamaah sekitar 2000 orang dan termasuk salah cagar budaya yang dilindungi di Pangkalpinang.

Salah satu keunikan yang menjadi daya tarik masjid ini adalah antara tangga depan (berbentuk setengah lingkaran) dengan atapnya dihiasi oleh tiang penyangga (ukuran kecil) berjumlah 5 tiang. Bisa diartikan sebagai Rukun Islam dan antara tembok depan dengan atapnya dihiasi oleh tiang penyangga kecil sebanyak 6 buah (3 sebelah kanan dan 3 sebelah kiri), dapat diartikan sebagai Rukun Iman.

7. Makam Belanda (Keerkhof)

7 Tempat Wisata di Kota Pangkalpinang Bangka Belitung Yang Terkenal

Makam Belanda (Keerkhof) adalah sebuah tempat wisata sejarah berupa kompleks pemakaman umum orang Belanda. Ini membuktikan bahwa Pangkalpinang dulu memiliki nilai strategis bagi Pemerintah Hindia Belanda pada waktu itu. Di sini terdapat sekitar 100 makam dengan nisan bertuliskan bahasa Indonesia, Jepang dan Belanda.

Kompleks Pemakaman Belanda (Kerkhof) ini lokasinya secara administratif terletak di Jalan Hormen Maddati yang dahulunya bernama Jalan Sekolah, termasuk Kelurahan Melintang, Kecamatan Rangkui, Kota Pangkalpinang. Tepatnya berada di persimpangan Jalan Solihin GP dan Jalan Hormen Maddati.

Demikian ulasan mengenai 7 Tempat Wisata di Kota Pangkalpinang Yang Terkenal. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda yang sedang merencanakan liburan di kota Pangkalpinang, Bangka Belitung Indonesia. Baca Juga: 5 Makanan Khas Bangka Belitung yang Harus anda Coba

  • 2
    Shares
Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *