7 Wisata Gua di Bantul Jogja Yang Paling Terkenal

7 Wisata Gua di Bantul Jogja Yang Paling Terkenal

Diposting pada
  • 2
    Shares

Wisata Gua di Bantul Jogja – Kabupaten Bantul merupakan sebuah kabupaten yang terletak di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Dimana ibukota kabupaten ini terletak di Bantul. Secara topografi wilayah, bentangan alam Kabupaten Bantul berupa pegunungan kapur yang terletak di ujung barat dari Pegunungan Sewu.

Selain itu, sungao besar yang mengalir melewati wilayah Kabupaten Bantul adalah sungai Progo. dengan kondisi alam ini Kabupaten Bantul terkenal dengan wisata alam yang indah. Namun kali ini bukan akan mengulas tempat wisata di Bantul Jogja yang menarik dikunjungi sebagaimana biasanya.

Daftar Wisata Gua di Bantul Jogja Yang Paling Terkenal

Kali ini akan mengulas tentang wisata alam berupa Wisata gua di Bantul. Dimana saja lokasi Gua di bantul tersebut? berikut ulasan 7 Wisata gua di Bantul Jogja yang terkenal bisa anda jadikan tujuan liburan.

1. Gua Jepang Pundong

7 Wisata Gua di Bantul Jogja Yang Paling Terkenal

Goa Jepang Pundong merupakan salah satu wisata gua di Bantul bekas peninggalan Jepang pada masa Perang Dunia II. Gua Jepang atau yang lebih tepatnya bunker perlindungan ini terletak di Dusun Ngreco dan Poyahan, Desa Seloharjo, Pundong sekitar 20 Km dari Kota Bantul. Goa (bunker) ini dibangun di atas tebing di daerah Pundong pada tahun 1942-1945.

Gua ini dulunya berfungsi sebagai tempat pertahanan sekaligus pengintaian musuh yang datang dari Pantai Selatan. Secara keseluruhan, terdapat 18 bunker yang saling berhubungan satu dengan lainnya dengan fungsi yang berbeda-beda di sini. Ada yang dilengkapi dengan menara pengintai, ruang pertemuan hingga dapur.

Saat berkunjung menikmati wisata gua jepang Bantul, anda berada di ketinggian kurang lebih 400-500 meter. Sehingga pengunjung selain melihat gua juga dapat melihat dan menikmati pemandangan pantai selatan dari ketinggian.

2. Gua Sunan Mas (Surocolo)

7 Wisata Gua di Bantul Jogja Yang Paling Terkenal

Salah satunya tujuan wisata sejarah di bantul anda dapat mengunjungi Situs Gua surocolo. Objek wisata gua Sunas Mas ini lokasinya terletak di dusun Poyahan, kelurahan seloharjo, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Indonesia. Goa ini disebut juga dengan nama Goa Sunan Mas. Karenakan tempat ini dipergunakan sebagai tempat persembunyian Sunan Amangkurat III atau Sunan Amangkurat Mas sewaktu penjajahan  Belanda dulu.

Seperti gua jepang, Gua Surocolo juga berada di sebuah tebing pegunungan di dekat pemukiman desa poyahan. Keberadaan goa mempunyai kedalaman sekitar 6-7 meter. Dengan mulut goa berukuran 1,5 m x 1 m dengan ketinggian langit langit goa tertinggi sekitar 7 meter.

Gua Sunan mas atau disebut juga Gua surocolo di tempat ini juga ditemukan beberapa peninggalan berupa Arca Mahakal, Jaladwara, batu batu candi dan prasasti. Dilihat dari keberadaan arca tersebut di duga kuat merupakan peninggalan masa hindu yang berlanjut sampai islam.

Baca Juga: 6 Wisata di Situs Sejarah Bantul Yogyakarta Yang Menarik Untuk di Explore

3. Gua Gajah Dlingo

7 Wisata Gua di Bantul Jogja Yang Paling Terkenal

Gua Gajah Dlingo merupakan salah satu objek wisata Gua di bantul Jogja. Tepatnya lokasi gua gajah dligo berada di Dusun Kembang Sore Pedukuhan Lemah Abang  Desa Mangunan Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul. Lokasi itu berada 25 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta atau sekitar 3 kilometer selatan objek wisata Kebun Buah Mangunan Dlingo Bantul.

Gua ini tidak terlalu dalam, sekitar 150 meter. Atau cukup 15 menit perjalanan kaki ketika menyusuri lorong gua. Meski tidak terlalu dalam untuk ukuran gua, tetapi di dalam Gua Gajah pengunjung bisa menikmati pemandangan menakjubkan yang tidak ditemukan di gua pada umumnya. Ketika berada di mulut gua, kesan pertama yang timbul pasti menakutkan dan menyeramkan.

Berada di dalam gua gajah dlingo ini anda akan mendengar suara gemuruh kelelawar, hewan penghuni gua. Selain itu Pengunjung juga bisa menikmati Pemandangan menakjubkan yaitu sebuah stalaktit sebesar pohon kelapa menjulur dari langit gua. Panjangnya cukup mencengangkan,  Stalaktit warna putih mirip kayu yang ditancapkan di langit gua. Semakin ke bawah, ukurannya mengecil dan runcing.

Gua Gajah memiliki karakter berbeda dengan kebanyakan gua di Bantul. Jarak dasar dan langit gua sangat tinggi, ada yang mencapai 10 meter lebih. Meski kedalaman gua tidak terlalu dalam, sebelum menyusuri gua untuk mencapai pendapa gua terlebih dulu anda harus masuk melewati lubang kecil. Hal ini akan memberikan sensasi tersendiri bagi yang pertama kali mengunjungi Gua Gajah dligo bantul jogja.

4. Gua Cerme Imogiri

7 Wisata Gua di Bantul Jogja Yang Paling Terkenal

Gua Cerme merupakan wisata alam yang ada di kabupaten Bantul, gua ini merupakan gua peninggalan sejarah. Goa Cerme merupakan goa yang diyakini sebagai tempat perkumpulan para Walisongo. Dari kata “cèrme” yang berarti ceramah atau pembicaraan, Goa Cerme ini dulunya digunakan oleh para Walisongo untuk menyebarkan Islam di Jawa. 

Karena itulah goa ini digunakan oleh Walisongo untuk bertemu dan membicarakan berbagai hal tentang Islam. Gua cerme lokasinya terletak di dusun Srunggo, Selopamioro, Imogiri, Bantul atau sekitar 20 km selatan Yogyakarta Indonesia. Gua Cerme memiliki panjang 1,5 km yang tembus hingga sendang di wilayah Panggang, desa Ploso, Giritirto, Kabupaten Gunung kidul.

Sebenarnya Gua Cerme ini lokasinya berada dalam dua kabupaten. Pintu masuk Goa Cerme berada di Dusun Srunggono, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul dan tembus hingga Ploso, Desa Giritirto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta yang merupakan pintu keluar gua Cerme.

5. Goa Payaman Sedayu

7 Wisata Gua di Bantul Jogja Yang Paling Terkenal

Goa payaman merupakan objek wisata bantul memiliki jumlah gua dua, yang bernama Goa payaman lanang dan goa payaman wadon. Menurut masyarakat setempat Goa ini pernah sebagai tempat persembunyian. Dan tempat tinggal sampai wafatnya Prabu Kerta Bumi atau Browijoyo V dengan putranya yang bernama Raden Panekti beserta cantriknya.

Hal ini dikuatkan dengan adanya makam disekitar goa tersebut yakni yang berada didekat goa payaman wadon. Dan makam tersebut diyakini sebagai makam dari Browijoyo V dan putranya serta 3 orang cantriknya. Goa ini pada masa perang Diponegoro, pernah sebagai tempat persembunyian Pangeran Diponegoro saat kediamannya di Tegalrejo diserang oleh para tentara Belanda.

Goa Lanang merupakan tempat pertapaan bagi Browijoyo V dan juga Raden Bekel Prawiro Purbo sedangkan goa payaman Wadon sebagai  tempat beristirahat Browijoyo V dan putranya serta para cantriknya. Goa payaman terletak di Payaman, Kepuhan, Argorejo, Sedayu Bantul,Yogyakarta sekitar 14 Km dari kota Yogyakarta. 

6. Gua Lawa Imogiri

7 Wisata Gua di Bantul Jogja Yang Paling Terkenal

Tempat wisata Gua Lawa (lowo) disebut juga dengan nama Gua Nagasari atau Gua Nagabumi. Gua ini terletak di atas sebuah bukit yang menjadi satu dengan jajaran kaki Bukit Nawungan dengan Kedalaman gua sekitar 60 meter. Tinggi mulut gua sekitar 7 meter sedangkan lebar mulut gua sekitar 12 meter. Gua ini memiliki pintu kayu yang menutupi seluruh mulut gua.

Untuk dapat memasuki gua orang pun harus menemui jurukunci terlebih dahulu. Di dalam gua telah dibangun lantai berbentuk persegi dengan ukuran sekitar 5 x 5 meter. Lantai ini digunakan untuk tempat istirahat pengunjung gua, namun belum dilengkapi dengan penerangan yang memadai dan permanen.

Guna keperluan penerangan gua pengunjung harus membawa alat penerangan seperti lampu senter maupun obor. Gua Lawa lokasinya terletak di Dusun Nogosari, Kalurahan Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Propinsi DIY.

7. Gua Selarong

7 Wisata Gua di Bantul Jogja Yang Paling Terkenal

Goa Selarong merupakan tempat wisata religi di Bantul yang sangat bersejarah. Dahulu Goa Selarong ini sering digunakan Pangeran Diponegoro untuk menyendiri, dan kemudian digunakan sebagai markas perang gerilya melayan Hindia Belanda.

Goa Selarong terdapat di Dukuh Kembangputihan, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Provinsi DI Yogyakarta. Banyak orang yang berkunjung ke Goa Selarong ini, karena ingin mengingat kembali sejarah perjuangan Pengeran Diponegoro melawan Penjajah Belanda.

Selain terdapat wisata Gua di bantul, kabupaten ini khususnya di kawasan gua Selarong saat ini juga sudah dibangun bumi perkemahan. Jangan lupa baca juga: Tempat Wisata Seni dan Budaya Bantul Jogja Yang Menarik Dikunjungi

Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *