7 Wisata Menarik di Kota Tegal Sayang Jika Anda Lewatkan

7 Wisata Menarik di Kota Tegal Sayang Jika Anda Lewatkan

Diposting pada

Berkunjung ke Kota tegal serasa rugi jika kita tidak mengunjungi tempat- tempat wisatanya. Banyak sekali tempat Wisata Menarik di Kota Tegal bisa anda kunjungi, seperti wisata pantai salah satunya. Selain itu Anda bisa menghabiskan liburan di kota tegal di beberapa tempat yang berhubungan dengan wisata sejarah kota tegal.

Kota Tegal sendiri merupakan salah satu wilayah otonom di provinsi Jawa Tengah. Kota ini pernah menjadi cikal-bakal berdirinya Korps Marinir seperti tercatat dalam Pangkalan IV ALRI Tegal dengan nama Corps Mariniers, pada 15 November 1945. Di sebelah barat Kota Tegal  berbatasan langsung dengan Kabupaten Brebes, di sebelah utara Laut Jawa, sedangkan di sebelah selatan dan timur berbatasan dengan Kabupaten Tegal.

Saat ini demi mendukung sektor pariwisata kota tegal sudah banyak melakukan pembenahan infratuktur guna menarik banyak wisatawan. Untuk Pusat pemerintahan Kota Tegal saat ini berada di Pendopo Ki Gede Sebayu bekas Pendopo Kabupaten Tegal, di kawasan Alun-alun Mangkukusuman.

Destinasi Wisata Menarik di Kota Tegal Sayang Jika Anda Lewatkan

Untuk yang ingin berkunjung menghabiskan liburan di Kota Tegal bisa mengunjungi beberapa destinasi menarik yang akan diulas dibawah ini. Lebih jelasnya berikut ulasan tentang beberapa Wisata Menarik di Kota Tegal, Jawa tengah Indonesia.

 1. Rita Park Tegal Dufan Mininya Jawa Tengah

15 Tempat Wisata di Tegal Yang Menarik Untuk Anda Kunjungi

Rita Park Tegal merupakan tempat wisata keluarga yang menarik di Tegal dan tempat ini di sebut juga sebagai Dufan Mininya Jawa Tengah. Taman bermain diresmikan pada tahun 2013ini, menjadi salah satu ikon wisata kebanggan Kota Tegal. Rita Park merupakan wahana yang menyediakan taman bermain paling luas di Jawa Tengah dengan luas arena mencapai luas 2,4 hektar.

Obyek wisata Rita Park Tegal terletak  di Jl. Kol. Sugiono No. 155 tidak terlalu jauh dari pusat kota Tegal. Rita Park jam operasionalnya buka setiap hari mulai dari pukul 13.00-21.00 (hari Senin s/d Jum’at). Sedangkan untuk hari libur, Rita Park buka sejak pukul 09.30-18.00. Harga Tiket masuk Rita Park mulai dari Rp.25.000, tapi belum termasuk tiket wahana yang ada didalamnya.

2. Liburan Seru di Wisata air Gerbang Mas Bahari Waterpark Tegal 

15 Tempat Wisata di Tegal Yang Menarik Untuk Anda Kunjungi

Wisata air Gerbang Mas Bahari Waterpark Tegal  merupakan tempat wisata di Tegal. Berada dekat dengan terminal kota Tegal.Tempat ini sudah dibuka sejak 15 Juni 2010. Dibangun diatas lahan yang luasnya sekitar 5 hektar, sangat cocok untuk tujuan wisata keluarga. Banyak sekali terdapat fasilitas serta wahana permainan yang menyenangkan.

Wahana Permainan yang terdapat di Gerbang Mas Bahari Waterpark Tegal seperti Kolam Olympic, Wave Pool atau kolam ombak, Wet Futsal. Gerbang Mas Bahari Waterpark juga sudah menyiapkan tempat khusus untuk anak-anak yaitu Kiddy Pool. Untuk yang ingin menikmati semua fasilitas dan wahana yang ada di Gerbang Mas Bahari Waterpark dikenakan harga tiketnya masuk Rp.15.000,-/orang (hari senin-jum’at). Sedangkan pada waktu hari Sabtu, Minggu dan hari libur harga tiket masuk Rp25.000,-/orang.

Baca Juga: 15 Air Terjun / Curug Paling Indah di Jawa Tengah

3. Taman Poci, Tempat Santai dan Berburu kuliner Jajanan Khas Kota Tegal

7 Wisata Menarik di Kota Tegal Sayang Jika Anda Lewatkan

Taman Poci Tegal merupakan salah satu tempat wisata di Tega, Jawa Tengah tepatnya berada di Desa Panggung, Kecamatan Tegal Timur, Kabupaten Tegal, Provisin Jawa Tengah, Indonesia. Taman ini merupakan taman wisata andalan Kota tegal, dengan ciri khas patung ceret dan juga cangkir teh yang berada di Area taman Poci ini. 

Wisata Taman Poci Tegal telah meskipun aga kecil namun sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas terbilang cukup lengkap. Seperti fasilitas tempat ibadah, penginapan, area parkir,kamar mandi. Anda juga akan dengan mudah mencari makan di Taman Poci ini, karena banyak sekali pedagang kaki lima yang menjual jajanan khas kota tegal, mulai dari makanan ringan hingga makanan berat. 

Tempat wisata taman Poci ini tempat wisata yang biasa dikunjungi oleh para wisatawan baik di hari biasa maupun hari libur. Tempat yang nyaman dan asri sehingga banyak yang memanfaatkan taman poci sebagai bersantai atau sekedar jalan-jalan di sore hari.

4. Pantai Alam Indah, Syiknya Berkeliling Pantai Menggunakan Perahu

15 Tempat Wisata di Tegal Yang Menarik Untuk Anda Kunjungi

Pantai Alam Indah adalah objek wisata pantai yang berlokasi di Kota Tegal, wisata Pantai Alam Indah ini persisnya berada di Jalan Bali Kelurahan Mintaragen, Kecamatan Tegal Timur, Tegal, Jawa Tengah, Indonesia. Pantai yang biasa disebut masyarakat setempat dengan sebutan PAI ini memiliki pemandangan yang indah.

Wisatawan yang datang bisa berkeliling pantai dengan menggunakan perahu sewa yang disediakan di lokasi pantai tersebut. Pantai ini juga asyik untuk berenang, bagi yang belum mahir berenang dapat menyeban Ban di jasa penyewaan yang sudah ada di pantai ini.

5. Keindahan Kota Tegal dilihat dari Menara Air Tegal (waterleiding)

7 Wisata Menarik di Kota Tegal Sayang Jika Anda Lewatkan

Objek wisata menara air Tegal (waterleiding) salah satu tempat menarik untuk dikunjungi saat berada di kota Tegal. Menara air ini dibangun pada masa pemerintahan Belanda pada tahun 1931. Lokasi wisata Menara air  berada di Jl. Pancasila.

Tinggi Waterleiding ini adalah 42 meter yang terbagi menjadi 5 lantai, sehingga berada di atas menara anda bisa melihat Pemandangan kota Tegal dari atas yang akan terlihat lebih indah. Dari menara ini juga anda dapat melihat pemandangan menarik Pantai Alam Indah (PAI).

6.  Napak Tilas Sejarah di Monumen Yos Sudarso Kota Tegal

7 Wisata Menarik di Kota Tegal Sayang Jika Anda Lewatkan

Monumen Yos Sudarso ini sudah sangat terkenal dan sudah tidak asing lagi bagi masyarakat kota Tegal. Lokasi monumen ini berada di Jalan Pemuda Kota Tegal, Jawa Tengah, tepat di depan Gedung DPRD Kota Tegal. Monumen Yos Sudarso merupakan tugu prasasti yang didirikan sebagai wujud penghormatan bagi para pahlawan yang telah gugur dalam Pertempuran Laut Aru tanggal 15 Januari 1962.

Diresmikan kali pertama pada tanggal 15 Januari 1969 oleh Deputi Khusus, Laksamana Muda Laut Suharno.(sumber:wikipedia). Monumen tugu ini berbentuk seperti piramida ini menjadi salah satu tujuan wisata sejarah di kota Tegal.Ciri khas dari monumen adalah dibagian puncak tugu terdapat patung dada Komodor Jos Soedarso  dari bahan perunggu.

Baca juga: 5 Wisata Warisan Budaya di Kota Semarang Yang Menarik Untuk Dikunjungi

7. Melihat Koleksi Sejarah di Monumen Bahari Kota Tegal

7 Wisata Menarik di Kota Tegal Sayang Jika Anda Lewatkan

Monumen Bahari merupakan Wisata Menarik di Kota Tegal yang dapat anda kunjungi, untuk lebih mengenal sejarah dan berbagai koleksi sejarah seperti kendaraan tempur tank PT 76, kendaraan tempur Pintam BRDM, pesawat udara Nomad N-22, meriam darat, bouyance, lampu navigasi, jangkar dan rantai, ranjau tanduk, serta torpedo MK 44.

Monumen Bahari terletak masih dalam satu kawasan dengan Obyek Wisata Pantai Alam Indah (PAI) Kota Tegal. Biasanya wisatawan yang berkunjung kepantai alam indah akan menyempatkan untuk mengunjungi Monumen Bahari ini sambil melepas lelah setelah puas bermain air di pantai.

Monumen Bahari menjadi salah satu obyek wisata edukasi yang banyak dikujungi di Kota Tegal ini diresmikan pada 20 Desember 2008 oleh oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL). Laksamana TNI Tedjo Edhy Purdijatno SH, disaksikan Wakil Gubernur Jawa Tengah, Rustriningsih MSi dan Walikota Tegal pada masa itu, Adi Winarso S.Sos.

Sekian info mengenai 7 Wisata Menarik di Kota Tegal Sayang Jika Anda Lewatkan. semoga bermanfaat dan menjadi destinasi wisata kota tegal.Dapat anda masukan ke daftar tempat wisata yang akan anda kunjungi berikutnya saat liburan. Baca Juga: 15 Tempat Wisata di Tegal Yang Menarik Untuk Anda Kunjungi.

Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *