8 Keindahan Wisata Alam Bondowoso Yang Tersembunyi dan Spektakuler

50 views

Wisata Alam Bondowoso – Bondowoso merupakan sebuah kota kecil yang terletak di daerah kaya akan pegunungan, perbukitan dan juga dataran rendah. Sehingga tidak heran jika Bondowoso menjadi salah satu destinasi yang paling banyak diminati karena keindahan alamnya tersebut.

Biasanya, para wisatawan akan mengunjungi beberapa pesona alam yang terhampar di daerah ini. Seperti telaga, air terjun, kawah dan beberapa pesona alam lainnya.

Destinasi Wisata Alam Bondowoso Yang Tersembunyi dan Spektakuler 

Untuk kamu yang masih bingung tentang kawasan Wisata Alam Bondowoso, langsung saja disimak informasi selengkapnya berikut ini.

1. Air Terjun Polo Agung

8 Keindahan Wisata Alam Bondowoso Yang Tersembunyi dan Spektakuler

Air terjun ini letaknya berada di perkebunan masyarakat setempat yakni di Desa Sukorejo, Kecamatan Sumberwingin. Dari mulai tahun 2003, air terjun ini dikelola oleh kantor pariwisata seni dan budaya Kabupaten Bondowoso.

Wisata Alam Bondowoso berupa Air terjun ini mempunyai ketinggian 30 m yang disekelilingnya tersaji pemandangan lembah hijau nan indah serta udara yang sejuk. Disini, kamu bisa menikmati air terjun sambil bersantai di 3 buah shelter yang sudah disediakan.

Karena keindahan dari Air Terjun Polo Agung ini, maka selalu dipadati pengunjung tidak hanya waktu liburan atau weekend saja, namun juga hari biasa. Fasilitas yang ada di tempat wisata ini juga sudah terbilang lengkap seperti rumah makan, gazebo, kamar mandi, mushola, lahan parkir dan berbagai fasilitas lainnya.

Kamu akan menikmati pemandangan berbeda dengan kebanyakan air terjun lainnya. Sebab kontur bukit yang berada diatas air terjun membuat air terbelah menjadi 2 saat jatuh ke bawah.

Sehingga tercipta air terjun kembar. Disekitar air terjun, kamu juga masih bisa menikmati suara binatang kelar yakni kera yang bergelantungan dari pohon ke pohon.

2. Pemandian Tasnan

8 Keindahan Wisata Alam Bondowoso Yang Tersembunyi dan Spektakuler

Pemandian Tasnan terletak di Desa Taman, Kecamatan Grujugan, Kabupaten Bondowoso yang merupakan kolam pemandian alami yang sudah ada sejak jaman Belanda yang dulunya dipakai sebagai tempat beristirahat tentara Belanda.

Pemandian ini juga dikelilingi dengan hutan pinus lebat yang semakin menyempurnakan suasana alam menyejukan di area wisata ini. Untuk fasilitasnya sendiri juga terbilang cukup lengkap seperti rumah makan, kamar mandi, mushola, area parkir dan sebagainya.

Air dari kolam pemandian ini merupakan sumber mata air yang tentunya bebas dari kaporit dan pemutih sehingga jauh lebih sehat. Kalau kamu lapar atau haus, makanan yang disediakan disini juga sangat murah seperti roti, kentang goreng atau makanan berat seperti ayam, udang, ikan dan sebagainya yang semuanya tidak lebih dari 15 ribu setiap porsinya.

  • Alamat: Desa Taman, Grujugan, Taman Grujugan, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.
  • Jam buka: 08:00 – 16:00
  • Harga Tiket: Rp.10.000 [Weekend]
  • Tiket parkir: Rp.2.000 [Motor], Rp.7.500 [Mobil]

3. Surga Tersembunyi Kawah Wurung

8 Keindahan Wisata Alam Bondowoso Yang Tersembunyi dan Spektakuler

Ingin merasakan nikmatnya surga tersembunyi dengan pemandangan hamparan hijau nan luas di Wisata Alam Bondowoso?, Kawah Wurung jawabannya. Kawah ini terletak di Desa Jampit, Kecamatan Sempol, Bondowoso.

Lokasi kawah ini memang belum dibuka sebagai lokasi wisata, akan tetapi dengan pemandangan luar biasa yang disajikan, tempat ini menjadi lokasi recomended untuk kamu yang memang mencintai alam.

Kamu akan disuguhi dengan pemandangan perkebunan serta hutan pinus berhawa sejuk yang juga cocok dijadikan tempat off road. Tidak hanya itu, untuk kamu yang senang dengan olahraga adrenalin, kamu bisa merasakan terbang melayang menikmati pemandangan dengan gantole dan paralayang.

Saat kamu datang pada musim panas, bukan hamparan hijau yang akan kamu lihat, melainkan pada savana yang berwarna merah muda agak kekuningan sangat mempesona sehingga tidak salah jika dikatakan sebagai surga tersembunyi.

Baca Juga: 8 Tempat Wisata Jombang Yang Paling Menarik di Kunjungi

4. Pesona Mistis Awet Muda Air Terjun Tancak Kembar

8 Keindahan Wisata Alam Bondowoso Yang Tersembunyi dan Spektakuler

Lokasi wisata air terjun yang satu ini, konon ceritanya mempunyai kekuatan mistis sehingga seseorang bisa awet muda, sebab Dewi Rengganis yang merupakan putri Majapahit mandi di air terjun ini.

Disini terdapat 2 buah air terjun dengan jarak 20 meter yang memiliki ketinggian sama. Air terjun ini kemudian dinamakan tancak atau kembar dan disimbolkan menjadi laki-laki dan perempuan.

Tidak hanya bisa menikmati keindahan pesona alam dan keindahan air terjun saja, disini kamu juga bisa melihat pusat penelitian kopi Arabika dan kakao dengan luas 180 hektar.

  • Alamat: Andungsari, Pakem, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur
  • Harga Tiket: Rp.3.000
  • Parkir: Rp.5.000 [Mobil], Rp.2.000 [Motor]

5. Bosamba Rafting Grand Canyon Bondowoso

8 Keindahan Wisata Alam Bondowoso Yang Tersembunyi dan Spektakuler

Di Bondowoso, ternyata juga menyimpan lokasi wisata dengan pemandangan yang tidak kalah menarik seperti Grand Canyon yakni Bosamba Rafting. Tempat ini berada di Desa Ramankrocok, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Bondowoso yang masih satu lokasi dengan Kawah Ijen.

Rafting atau arung jeram yang ada disini bersumber dari 6 anak Sungai Gunung Putri yang lengkap dengan 27 jeram kecil dan besar serta panjang 14 km dengan waktu tempuh sekitar 2 jam melewati 5 buah Desa.

Jangan pertanyakan pemandangan yang dihadirkan disini, Sebab sangat eksotis, spektakuler ditambah dengan udara sejuk dan segar yang semakin menikmati liburan kamu. Di pinggir sungai, kamu juga akan melihat keeksotisan tebing yang sangat cocok untuk dijadkan background foto selfie kamu.

Selain itu, kamu juga bisa menjelajah di gua kelelawar serta melihat banyak kera liar yang berada di hutan kecil aliran Sungai Sampean Baru. Alamat: Jl.Ahmad Yani, Badean, Kecamatan Bondowoso, Jawa Timur.

6. Gunung Batu Solor Situs Megalitikum

8 Keindahan Wisata Alam Bondowoso Yang Tersembunyi dan Spektakuler

Wisata Gunung Batu Solor adalah lokasi wisata yang menawarkan keindahan pra sejarah jaman megalitikum yang juga harus kamu kunjungi saat berliburan ke Bondowoso. Kamu akan disajikan dengan pemandangan tumpukan batu raksasa yang sangat artistik namun tersusun secara alami.

Warga setempat percaya jika tumpukan batu tersebut adalah peninggalan dari Raja Blambangan I yang juga mengandung unsur keramat. Jika ingin berkunjung kesini, kamu harus melakukan perjalanan yang terbilang menantang sekaligus seru.

Disini juga masih terbilang sangat alami, sehingga berbagai fasilitas yang umumnya ada di tempat wisata lain tidak akan kamu temukan disini. Alamat: Desa Solor, Cermee, Solor, Bondowoso, Kabupaten Bondowoso.

7. Wringin Arak-arak

8 Keindahan Wisata Alam Bondowoso Yang Tersembunyi dan Spektakuler

Jika berbicara tentang arak-arak, maka akan langsung teringat dengan kawasan pegunungan yang memiliki rute berkelok. Wringin Arak-arak terletak di Desa Sumber Canting. Pemandangan yang tersaji disini sangat eksotis seperti air terjun kecil bersusun yang terlihat sangat unik.

Tebing yang dilengkapi dengan ceruk pada bagian tengah seperti goa, hamparan pepohonan luas dan masih banyak lagi pesona keindahan alam yang ditawarkan Wringin Arak-arak ini. Wringin Arak-arak juga sudah dilengkapi dengan lahan parkir, tempat berisitirahat serta jajaran warung makanan untuk mengisi perut kamu.

Lokasi wisata ini menjadi destinasi para pengendara yang ingin beristirahat sekaligus menikmati pemandangan dan juga foto selfie dengan bakckground sangat mempesona.

8. Pemandian Damar Wulan

8 Keindahan Wisata Alam Bondowoso Yang Tersembunyi dan Spektakuler

Pemandian Damar Wulan @http://www.eastjava.com

Pemandian air panas Damar Wulan merupakan salah satu lokasi wisata yang berada di Desa Kalianyar yang selalu ramai dikunjungi para wisatawan tidak hanya weekend namun juga hari biasa. Kamu akan disajikan pemandangan indah mempesona dan tentunya udara yang sangat sejuk.

Pemandian ini adalah pemandian air hangat alami yang bisa membuat badan kamu rileks sambil menikmati pesona alam sekitar, itambah lagi dengan hamparan perkebunan kopi, teh dan hamparan hutan pinus yang mengelilingi pemandian ini.

  • Alamat: Kalianyar, Sempol, Kabupaten Bondowoso, jawa Timur
  • Jam Buka: 05:00 – 18:00

Baca Juga: Taman Nasional Baluran, Wisata Alam di Jawa Timur Bernuansa Afrika

Wisata Alam Wisata Bondowoso Wisata Jatim

Penulis: 
author

Posting Terkait