8 Makanan Khas Kalimantan Barat Yang paling Terkenal

8 Makanan Khas Kalimantan Barat Yang paling Terkenal

Diposting pada

Makanan Khas Kalimantan Barat– Berwisata ke Kalimantan tidak lengkap rasanya jika tidak mencoba kuliner khas daerah yang di kenal dengan nama Borneo ini. Banyak sekali makanan Khas Kalimantan yang bisa anda coba sebagai pelengkap kegiatan wisata anda. Namun Kali ini akan mengulas tentang makanan khas kalimantan Khususnya Makanan Khas Kalimantan Barat. Banyak sekali aneka kuliner yang ada di Kalimantan barat yang bisa dijadikan tempat tujuan wisata kuliner.

Makanan Khas Kalimantan Barat Yang paling Terkenal

Untuk anda yang ingin mencoba Makanan khas Kalimantan Barat, banyak sekali jenisnya. Sehingga beraneka ragam jenisnya makanan khas ini menjadi dayatarik bagi wisatawan untuk mengunjunginya. Bagi anda yang sudah penasaran, berikut makanan Khas yang paling terkenal harus anda coba saat ingin menikmati wisata kuliner di Kalimantan Barat.

1. Bubur Pedas Sambas

8 Makanan Khas Kalimantan Barat Yang paling Terkenal

Bubur Pedas kuliner khas kalimantan barat ini bukanlah bubur yang mempunyai rasa selalu harus pedas, namun bubur pedas ini akan sangat enak jika dimakan dalam keadaan pedas. Bubur pedas terbuat dari beras yang ditumbuk halus dioseng dan kaya akan rempah serta sayuran, tidak heran jika bubur ini dinilai penuh gizi. 

Sayuran seperti kangkung, pakis, daun kesum menjadi campuran yang menyehatkan. Belum lagi paduan gorengan kacang tanah plus ikan teri yang digoreng kering menambah citarasa. Selengkapnya baca: Bubur Pedas, Makanan Khas Sambas Kaya Akan Gizi

2. Kerupuk Basah Kapuas Hulu

8 Makanan Khas Kalimantan Barat Yang paling Terkenal

Kerupuk Basah merupakan Makanan khas Kalimantan Barat yang sudah sangat terkenal dikalangan para pecinta kuliner di Kalbar. Olahan makanan yang berbahan dasar ikan ini jika dilihat sekilas mirip seperti pempek khas Palembang. Perbedaan pepek Palembang dengan kerupuk basah dilihat dari bentuknya yang lonjong memanjang dengan panjang berkisar 15 hingga 25 sentimeter dengan diameter sekitar 2-3 sentimeter.

Kerupok basah biasanya dibuat dari bahan dasar ikan yaitu ikan toman atau ikan belida. Penganan yang diolah dengan campuran sedikit tepung ini dikukus terlebih dahulu dan paling enak dinikmati selagi masih panas. Rasa kenyal, pedas manis dan aroma ikan berpadu ketika anda menyantapnya.

3. Ale-ale Ketapang

8 Makanan Khas Kalimantan Barat Yang paling Terkenal

Ale-ale makanan khas kalimantan barat ini makanan sejenis kerang yang memiliki cangkang kulit keras licin dan isinya putih bening, dan hanya bisa didapati di Kota Ketapang Kalimantan Barat. Ale-ale makanan yang memiliki rasa sangat gurih Apabila dimasak dan memiliki kadar protein yang tinggi jika diolah menjadi makanan.

Untuk menambah cita rasa ale-ale dapat disajikan dengan saos kecap dan cabai potong atau bumbu sesuai selera masing-masing dan disantap dengan nasi panas pasti akan terasa sensasinya nikmatnya.

4. Nasi Sungkui Sanggau

8 Makanan Khas Kalimantan Barat Yang paling Terkenal

Nasi Sungkui merupakan masakan khas Melayu Kabupaten Sanggau dan masuk dalam daftar Makanan khas kalimantan barat yang terkenal. Makanan ini dibuat dari nasi yang diolah menjadi makanan dengan betuk lonjong dan tipis serta memanjang. 

Namun, di balik kesederhanaanya itu, makanan Khas kalimantan Barat ini mempunyai keistimewaan dengan bau harum yang khas. Nasi Sungkui dapat dihidangkan dengan lauk pauk pilihan lainnya seperti serondeng, sambal nanas, opor ayam, gulai dan rendang sapi.

5. Asam Pedas Tempoyak

8 Makanan Khas Kalimantan Barat Yang paling Terkenal

Asam pedas merupakan Makanan khas kalimantan Barat terutama bagi suku melayu, asal makanan ini dari daerah Ketapang Kalimantan Barat. Jika asam pedas memang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Kalimantan Barat, namun yang membedakan asam pedas khas Ketapang dengan yang lainnya adalah penambahan tempoyak. Baca: Aneka Makanan Tradisional Yang Dibuat Dari Buah Durian.

Asam pedas khas Ketapang menggunakan ikan patin sebagai bahannya. Ikan patin memiliki daging yang lembut serta rasa yang khas. Sangat cocok jika dikombinasikan dengan tempoyak. Asam Pedas Tempoyak ini semakin nikmat jika ditemani dengan nasi panas.

6. Mie Sagu

8 Makanan Khas Kalimantan Barat Yang paling Terkenal

Makanan Khas Kalimantan barat yang terkenal berikutnya adalah Mie Sagu, makanan ini bahan dasar yaitu tepung sagu yang di campur dengan air kemudian di iris tipis sehingga menyerupai menjadi mie. 

Kemudian setelah mie sagu dipotong kecil-kecil, pemasakan yang terakhir mie direbus dan setelah matang dihidangkan dengan bumbu khas sesuai selera. lebvih nikmat bila disantap selagi masih dalam keadaan hangat.

7. Pengkang Pontianak

8 Makanan Khas Kalimantan Barat Yang paling Terkenal

Pengkang makanan ini rasanya tidak jauh dari lemper yaitu Gurih dan cepat mengenyangkan karena terbuat dari beras ketan. Pengkang yang terbuat dari ketan ini dimasak dengan santan setelah itu dibungkus daun pisang, diisi ebi lalu dijepit sebilah bambu dan dimasak dengan cara di bakar menggunakan bara dari tempurung kelapa.

Asap dari tempurung, daun pisang yang terbakar dan rasa udang kering itu lah yang sedikit membedakannya dari lemper ayam. Umumnya Pengkang dimakan dengan sate dan sambal kepah, semacam kerang yang banyak hidup  di hutan mangrove di Kalimantan Barat. Selengkapnya baca: Pengkang Makanan Nikmat Khas Pontianak Kalimantan Barat.

8. Sotong Pangkong

Sotong Pangkong

Sotong Pangkong adalah makanan khas kalimantan barat terbuat dari sotong atau cumi yang telah dikeringkan. Cara memasak atau mengolahnya dengan cara di panggang. Usai dipanggang, lalu di pangkong (dipukul-pukul_ menggunakan palu, agar dagingnya terasa lebih empuk.

Kemudian sontong pangkong yang sudah masak disajikan bersama dengan kuah sambal kacang atau asam pedas manis. Saat dilumuri kuah sambal, rasanya menjadi gurih dan terasa nikmat. Baca: Nikmatnya Sotong Pangkong, Makanan Khas Kota Pontianak

Itulah 8 Makanan Khas Kalimantan Barat Yang paling Terkenal bisa anda jadikan referensi saat ingin berwisata kuliner di kalimantan Barat. Dengan berburu kuliner jadi perjalanan anda semakin lengkap dan menyenangkan.

  • 1
    Share
Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *