9 Tempat Wisata Nganjuk Khusus Untuk Kamu Pencinta Air Terjun

36 views

Tempat Wisata Nganjuk – Nganjuk merupakan daerah yang berada di Jawa Timur, berbatasan dengan Kabupaten Bojonegoro pada bagian utara, Kabupaten Jombang pada bagian timur. Kabupaten Kediri dan Kabupaten Ponogoro di bagian Selatan dan Kabupaten Madiun di bagian Barat.

Daerah Nganjuk menjadi salah Tempat Wisata yang cocok untuk berwisata sejarah dan juga alam. Yang sudah pasti dijamin tidak akan membuat kamu kecewa.

Tempat Wisata Nganjuk Khusus Untuk Kamu Pencinta Air Terjun

Berikut ini, akan kami berikan beberapa Tempat Wisata nganjuk terbaik dan paling hits yang harus masuk dalam daftar liburan kamu berikutnya.

1. Sajian Gradasi Warna di Jurang Gatuk

9 Tempat Wisata Nganjuk Khusus Untuk Kamu Pencinta Air Terjun

Saat kamu berkunjung ke Jurang Gatuk yang merupakan tempat wisata di daerah Nganjuk ini, kamu akan terpesona dengan keindahan jurang yang benar-benar jauh berbeda dengan jurang pada umumnya yang identik dengan tempat menyeramkan dan suram.

Air terjun ini berada di Desa Gondang, Kecamatan Pace, Nganjuk. Jurang ini berbentuk semakin menyempit dimana air yang mengalir sangat jernih dan bersih.

Perpaduan air berwarna biru muda jernih dengan kombinasi warna gradasi hijau dan abu-abu pada bagian tebing membuat jurang ini benar-benar tampak sangat menakjubkan.

2. Suasana Menenangkan Air Terjun Ngebleng

9 Tempat Wisata Nganjuk Khusus Untuk Kamu Pencinta Air Terjun

Lokasi wisata berikutnya adalah Air Terjun Ngebleng yang terletak di perbatasan antara Nganjuk dengan Jombang yakni Dusun Tondowesi Lor, Desa Pule, Kecamatan Jatikalen, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Air terjun ini terbilang masih perawan sehingga terasa sangat alami.

Sedangkan untuk parkir kendaraan, kamu bisa menumpang di beberapa rumah warga setempat dengan sumbangan seikhlasnya. Ukuran Air Terjun Ngebleng ini tidak terlalu curam sehingga cocok untuk dijadikan destinasi liburan alam bersama dengan keluarga.

Suasana menyegarkan ditambah dengan pepohonan lebat di sekitar air terjun akan membuat liburan kamu semakin sempurna sekaligus melepas penat sesudah sekian lama bekerja di kota padat yang membosankan.

3. Kekuatan Supranatural Air Terjun Sedudo

9 Tempat Wisata Nganjuk Khusus Untuk Kamu Pencinta Air Terjun

Air Terjun Sedudo ini menjadi salah satu air terjun paling tinggi di Indonesia yang berada di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk. Ketinggian air terjun ini mencapai 1.438 meter dari permukaan laut, sedangkan untuk ketinggian air terjunnya sendiri mencapai 105 meter.

Selain menawarkan pemandangan mempesona. Lokasi air terjun ini juga cukup mudah untuk dijangkau sehingga menjadi salah satu destinasi favorit para wisatawan dari luar Nganjuk. Dari cerita masyarakat di sekitar lokasi air terjun, air pada Air Terjun Sedudo dipercaya mempunyai kekuatan supranatural.

Dimana saat bulan suro akan mendatangkan banyak berkah saat mandi di Air Terjun Sedudo yang diyakini bisa membuat seseorang lebih awet muda. Air Terjun Sedudo ini sudah terkenal dari jaman Majapahit yang diyakini sebagai Tirta Suci yang mengalir dari khayangan.

Dan digunakan sebagai tempat memandikan senjata pusaka atau arca pada upacara Parna Prahista. Fasilitas yang terdapat di lokasi wisata ini juga terbilang cukup lengkap. Seperti toilet, kamar ganti, kolam untuk tempat berendam, tempat peristirahatan, rumah makan bahkan toko cinderamata.

Untuk harga tiket lokasi air terjun ini kamu akan dikenakan biaya hanya Rp.2.500 untuk setiap orang dan parkir kendaraan sebesar Rp.1.000 untuk motor dan Rp.2.000 untuk kamu yang membawa mobil.

4. Air Terjun Singokromo

9 Tempat Wisata Nganjuk Khusus Untuk Kamu Pencinta Air Terjun

Air terjun yang berada di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk ini memiliki ketinggian 20 meter yang menawarkan suasana super sejuk. Karena lokasi wisata ini belum dikelola pemerintahan setempat, maka membuat akses menuju lokasi air terjun masih sedikit sulit untuk dilakukan.

Untuk menuju ke lokasi air terjun, kamu hanya bisa mengendarai motor saja yang nantinya akan dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 500 meter dengan waktu tempuh sekitar 15 menit.

Namun, perjalanan dan medan sulit yang kamu tempuh akan langsung terbayar. Dengan melihat keindahan serta keasrian Air Terjun Singokromo yang menawan lengkap dengan rimbunan pepohonan yang tumbuh subur di sekitar air terjun.

Baca Juga: Rekomendasi 7 Tempat Wisata Alam Jombang Sarat Akan Air Menyegarkan

5. Keeksotisan Air Terjun Gedangan

9 Tempat Wisata Nganjuk Khusus Untuk Kamu Pencinta Air Terjun

Nganjuk memang memiliki air terjun yang sangat banyak dengan keistimewaan berbeda di setiap lokasinya. Seperti air terjun yang berada di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Nganjuk yaitu Air Terjun Gedangan.

Kamu harus menempuh jalan berbatu dan berkelok serta menyebrangi sungai dan perkebunan hutan pinus lebat yang sangat memanjakan mata kamu.

Air terjun dengan ketinggian 4 meter ini memiliki aliran air deras dan berundak lengkap dengan bebatuan warna hitam di tebing air terjun yang semakin menambah keeksotisan Air Terjun Gedangan ini.

6. Air Terjun Kedung Maor

9 Tempat Wisata Nganjuk Khusus Untuk Kamu Pencinta Air Terjun

Air Terjun Kedung Maor berada di Desa Ngansaeng, Kecamatan Temayang yang merupakan air terjun dari Kali Soko serta air limpahan dari waduk Pacal. Jika kamu datang di saat musim hujan, maka kamu akan mendengar suara gemuruh air terjun yang terdengar sampai ke pemukiman warga sekitar.

Lokasi air terjun Tempat Wisata Nganjuk ini berada di kawasan Hutan Resort Pemangkuan Hutan atau RPH yang menjadi spot favorit para pencinta alam karena belum tersentuh oleh sarana tambahan atau dengan kata lain masih perawan.

7. Air Terjun Sumbermanik

9 Tempat Wisata Nganjuk Khusus Untuk Kamu Pencinta Air Terjun

Air terjun ini terlihat sangat eksotis karena aliran jernih yang merambat pada dinding tebing. Membentuk dua cabang di bukit batu dengan bentuk membulat. Untuk mengunjungi lokasi wisata Air Terjun Sumber manik ini, kamu bisa mengunjungi Desa Blongko, Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk.

Akses menuju lokasi air terjun memang bisa dikatakan lumayan sulit sebab kamu harus melewati jalan yang terjal dan berbatu. Akan tetapi, semua rasa lelah yang kamu rasakan akan langsung lenyap saat air terjun dengan ketinggian mencapai 35 meter tersebut ada di hadapan kamu.

Air Terjun Sumbermanik yang berada di lereng bukit Punjul Gunung Wilis ini menjadi destinasi alam terbaik yang harus kamu kunjungi saat datang ke daerah Nganjuk.

8. Air Terjun Roro Kuning

9 Tempat Wisata Nganjuk Khusus Untuk Kamu Pencinta Air Terjun

Satu lagi air terjun yang menawarkan keindahan alam alami khas Nganjuk yakni Air Terjun Roro Kuning. Air terjun yang berada di Desa Bajulan, Kecamatan Loceret ini memberikan tampilan berbeda dengan kebanyakan air terjun pada umumnya.

Sebab aliran air jatuh dengan merambat lewat bebatuan sehingga akhirnya dinamakan Air Terjun Roro Kuning. Kamu juga bisa menikmati fasilitas wisata lain di daerah ini. Seperti kolam renang serta melihat penangkaran rusa dan tentunya air terjun yang memiliki ketinggian antara 10 sampai 15 meter.

Air terjun yang mengalir dari antara bebatuan padas di bawah hutan pinus ini membuatnya menjadi air terjun unik yang wajib untuk kamu kunjungi.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Gresik Laksana Surga Siap Puaskan Pandanganmu

9. Pesona Keindahan Grojongan Duwur Subermiri

9 Tempat Wisata Nganjuk Khusus Untuk Kamu Pencinta Air Terjun

Grojongan Duwur Sumbermiri merupakan Tempat Wisata Nganjuk tepatnya berada di Desa Sumbermiri, Kecamatan Lengkong, Nganjuk. Objek wisata yang masih terawat kealamiannya dan siap untuk membuat kamu terhipnotis karena keindahan pemandangan yang ditawarkan.

Namun, untuk datang ke lokasi ini, kamu terlebih dulu harus melewati medan yang menanjak dan perjalanan yang sedikit menegangkan.

Jika ingin berkunjung kesini, kamu hanya perlu menyiapkan uang sebesar 5 ribu Rupiah untuk bisa parkir kendaraan. Berwisata ketempat wisata ini jangan lupa untuk membawa makanan serta minuman cukup. Sebab di lokasi ini juga belum tersedia penjual makanan atau warung.

Air Terjun Wisata Alam Wisata Jatim Wisata Nganjuk

Penulis: 
author

Posting Terkait