Air Terjun Maribaya Tempat Wisata Alam di Lembang Bandung

Air Terjun Maribaya Tempat Wisata Alam di Lembang Bandung

Diposting pada
  • 1
    Share

Air Terjun Maribaya – Bandung adalah salah satu kota yang ada di provinsi Jawa Barat. di mana daerah tersebut terdapat berbagai tempat wisata terkenal di kalangan para traveler. Objek wisata di Bandung banyak sekali mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata pantai dan banyak lagi wisata lainnya.

Sehingga tidak heran kalau wisata lembang menjadi tujuan banyak wisatawan dari domestik maupun Internasional. Tempat wisata alam di lembang bandung yang terkenal salah satunya adalah objek wisata air terjun Maribaya. Merupakan salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi saat mereka berkunjung di Bandung.

Air Terjun Maribaya Tempat Wisata Alam di Lembang Bandung

Air Terjun Maribaya Tempat Wisata Alam di Lembang Bandung

Air terjun Maribaya atau Dalam bahasa sunda disebut Curug Maribaya ini adalah objek wisata yang mempunyai daya tarik berupa panorama alam yang begitu indah dan menakjubkan. Mungkin sebagian dari anda ada yang sudah pernah mengunjungi wisata alam di lembang Bandung, atau bagi anda yang belum pernah datang ke tempat wisata bandung ini, tidak ada salah membaca sedikit ulasan mengenai tempat wisata air terjun maribaya.

Air terjun dilembang ini terkenal karena memang memilki panorama yang indah dan tempatnya masih asri sehingga sangat cocok untuk anda yang sedang mencari tempat rekreasi di lembang bandung dengan suasana nyaman dan tenang.

Sejarah Asal Usul Maribaya Lembang Bandung

Pada zaman dahulu di kaki gunung Masigit terdapat sebuah perkampungan yang dialiri oleh dua sungai. Di perkampungan inilah hidup seorang wanita yang memilki seorang anak perempuan yang cantik yang bernama Maribaya, karena memiliki paras cantik anak tersebut menjadi wanita idaman oleh setiap para kaum lelaki di daerah tersebut.

Orang tua dari Maribaya pun takut akan terjadi malapetaka pada keluarganya akan kecantikan yang dimilki puterinya tersebut. Oleh karena itu untuk mencari wangsit mereka pun memutuskan untuk pergi bertapa ke gunung tangkuban perahu.

Eyang Raksa Dinata yang merupakan ayah dari Maribaya menjalankan wangsit untuk menumpahkan bokor, kemudian munculah sumber air panas yang mengandung belerang sekembalinya dari pertapaan. Pada tahun 1835 sumber air panas tersebut mulai dikembangkan oleh Eyang Raksa.

Sehingga pengunjung pun mulai berdatangan ke sana untuk rekreasi atau bertobat. Eyang Raksa yang awalnya hanya ingin menghindari pertumpahan darah karena anaknya. Justru mendapatkan suatu keberkahan yang berupa penghasilan dari pengunjung yang banyak berdatangan dari sumber air panas yang dikembangkannya tersebut, karenanya banyak yang datang ketempat tersebut.

Objek wisata Air Terjun Maribaya Bandung

Air Terjun Maribaya Tempat Wisata Alam di Lembang Bandung

Air terjun Maribaya atau biasa masyarakat setempat mengenal air terjun ini dengan sebutan Curug Oma. Di Kawasan Maribaya ada beberapa lokasi menarik yang dapat Anda kunjungi saat berada di tempat wisata ini, lokasi yang pertama yaitu air terjun Maribaya.

Air terjun ini merupakan air terjun yang masih sangat alami dengan karena bisa dilihat masih banyak ditumbuhi pepohonan yang menghijau, tempat ini bisa membuat Anda merasakan ketenangan bila berada di wisata alam ini.

Air terjun maribaya wisata di lembang ini memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 30 meter, di dekat air terjun ini juga terdapat dua jembatan yang dapat memudahkan para pengunjung dalam menikmati air terjun tanpa takut basah terkena air dari embun air yang jatuh.

Selain menikmati keindahan air terjun dari jembatan, Anda juga bisa menikmati keindahan air terjun dari dekat sambil berfoto dia atas bebatuan raksasa yang ada di bawah air terjun tersebut yang akan menambak ke eksotisan tempat wisata ini.

Baca Juga: Tempat Wisata Cikole Tujuan Liburan Favorit di Lembang Bandung

Lokasi dan Akses Objek Wisata Air Terjun Maribaya

Bagi anda yang belum mengetahui tempat wisata Air terjun/curug Maribaya adalah bagian dari Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda ini lokasinya di Jl. Maribaya, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat. Sekitar 5 km dari arah Timur Lembang dan sekitar 15 km dari kota Bandung.

Untuk yang menggunakan akses transportasi umum. Jalur yang harus Anda tempu yakni dengan naik angkot dari Lembang ke arah Maribaya. Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 5 km, Anda akan tiba di jembatan Maribaya.

Untuk dapat masuk ke lokasi wisata lembang bandung ini, Anda diharuskan membeli tiket terlebih dahulu, Harga tiket air terjun maribaya bisa dibilang sangat murah hanya sebesar Rp. 8.000/ orang.

Namun bagi anda ingin mandi di pemandian air panas maribaya, maka Anda harus membayar biaya tambahan sebesar Rp. 5.500 untuk orang dewasa dan Rp. 2.500 bagi anak-anak. Wisata Maribaya ini dibuka mulai pukul 8 pagi sampai dengan 4 sore.

Hotel atau Penginapan didekat Air Terjun Maribaya Lembang Bandung

Bagi anda yang ingin berlama-lama menikmati keindahan alam di maribaya terutama di objek wisata air terjun maribaya, ditempat ini banyak sekali penginapan atau hotel yang bisa anda gunakan diataranya  adalah:

Kastuba Resort

Jalan. Bukit Maribaya Kp. Sindangwangi RT. 01 RW. 09 Lembang, Bandung, Indonesia, 40391

Vila Bunga Merah Gelatik

Jalan. Maribaya No. 155A RT04 RW13 Desa Langensari, Bandung, Indonesia, 40391

Villa 121 Lembang

Jalan Maribaya 121, Belakang Pondok Pesona Hotel, Desa Cikidang, Lembang, Bandung, Indonesia

Villa Venety’s

Jalan Maribaya No. 155 E, Lembang, Indonesia, 40391

Villa Bata Merah

Jalan Raya Maribaya, Perumahan Mukara Langensari Kav 18-20, Lembang, Bandung, Indonesia

Rumah Sora

Jalan SMPN 2 Kav 28, Kampung Sukagalih, Desa Langensari, Lembang, Bandung Barat, Indonesia, 40391

Villa Aurellia Maribaya

Desa Cibodas, Kampung Sukamulya RW 02, Maribaya, Lembang, Bandung, Indonesia, 40391

Maribaya Glamping Tent

Jalan Maribaya 105 / 212, Lembang, Bandung, Indonesia

Airy Lembang Buka Negara 2 Bandung

Jalan Kampung Buka Nagara 1, Desa pagerwangi RT 05 RW 01, Lembang, Indonesia, 40391

The Radiant Villa’s & Function Hall

Jalan Kampung Buka Nagara, Desa Pagerwangi RT 05 RW 01, Lembang, Indonesia, 40391

Villa New Bukit Kasih

Jalan Maribaya Timur No.307,Cibodas,Lembang,Kabupaten Bandung Barat, Bandung, Indonesia, 40391

Villa Enggal Lembang

Jalan. Tangkuban Perahu No. 140 – 142, Lembang, Bandung, Indonesia

Avina Lembang

Jalan Kayu Ambon No.83, Lembang, Bandung, Indonesia, 40391

Baca Juga: 12 Air Terjun / Curug Andalan Tempat Wisata Majalengka di Jawa Barat

Tips Berwisata di Air Terjun Maribaya

Bagi anda yang ingi berwisata di air terjun maribaya tidak ada salahnya untuk mengikuti tips berikut:

1.Persiapkan terlebih dahulu baju ganti, jika Anda ingin melakukan aktivitas di kawasan objek wisata air terjun maribaya, karena sudah pasti Anda akan basah kuyub terkena percikan air yang deras.

Selain itu, Anda juga dapat berendam dalam air panas. Konon berendam dalam air panas di Maribaya dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit, terutama penyakit kulit.

2. Untuk Anda yang menyukai keindahan dengan jalan kaki dikawasan air terjun maribaya, Anda bisa mencoba trekking di Taman Hutan Raya Djuanda.

Anda bisa menemukan gua Belanda dan gua Jepang dalam melakukan trekking melalui taman ini. Bahkan Anda bisa keluar masuk gua ini, namun bila Anda memutuskan untuk masuk ke dalam gua jangan lupa untuk menyiapkan alat penerangan seperti senter.

Bagi anda yang tidak atau lupa, Tenang saja, di sini juga menyediakan tempat penyewaan lampu senter bagi para pengunjung objek wisata maribaya.

Mungkin cukup sekian artikel tentang Air Terjun Maribaya Tempat Wisata Alam di Lembang Bandung. Semoga artikel ini bisa bermanfaat serta bisa menambah daftar objek wisata Anda ketika berkunjung di wisata lembang bandung.

Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

2 thoughts on “Air Terjun Maribaya Tempat Wisata Alam di Lembang Bandung

  1. I’m truly enjoying the design and layout of your blog.
    It’s a very easy on the eyes which makes it much more pleasant
    for me to come here and visit more often. Did you hire out
    a designer to create your theme? Fantastic work!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *