Air Terjun Riam Berawan’t Wisata Alam di Bengkayang Kalimantan Barat

28 views

Air Terjun Riam Berawan’t – Bengkayang merupakan Daerah yang di dominan dengan wilayahnya sebagain besar berupa perbukitan. Maka tidak heran jika banyak sungai yang ada di perbukitan membentuk atau biasa di sebut dengan Air Terjun.

Masyarakat Bengkayang sering menyebut air terjun dengan sebutan sebagai Riam. Salah satu Air terjun yang ada di Kabupaten Bengkayang adalaha Air Terjun Riam Berawan’t. Dalam Bahasa Dayak Berawan’t berarti emas.

Air Terjun Riam Berawan’t Wisata Alam di Bengkayang

Riam Berawan riam berawan sanggau ledo riam berawant riam berawan kalbar bengkayang - riam berawan - kalimantan barat riam berawan bengkayang

Air terjun riam berawan’t mempunyai ketinggian sekitar 75 M. Termasuk wisata air terjun yang lumayan tinggi. Sehingga sangat indah di pandang mata. Karena perpaduan alam yang masih asri.

Sangat cocok untuk tujuan wisata alam bagi yang menyukai suasana alam yang tenang dan alami. Di Air terjun Riam Berawan’t masih terbilang air terjun yang masih perawan. Karena di kelilingi hutan yang masih alami dan terjaga.

Baca Juga: Air Terjun Riam Merasap Wisata Alam Andalan Kabupaten Bengkayang

Lokasi Wisata Air Terjun Riam Berawan’t

Letak lokasi wisata air terjun ini jauh dari kota Kabupaten Bengkayang. Merupakan masuk dalam kategori air terjun tertinggi yan di Bengkayang Kalbar.

Tepatnya Riam Berawan’t tersebut terletak di Desa Sahan, Dusun Melayang, Kecamatan Seluas, Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat. Untuk akses menuju Riam Berawan’t anda akan menempuh Jarak sekitar 76 Km dari kota Bengkayang menuju lokasi wisata. 

Jika anda ingin berkunjung ke tempat wisata ini dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan roda dua dan empat. Akan tetapi untuk menuju lokasi anda harus dilanjutkan dengan berjalan kaki selama kurang lebih 30 menit. 

 kabupaten bengkayang air terjun riam berawan't

Sarana yang telah disediakan untuk mencapai lokasi tersebut telah dipermudah oleh Pemda Bengkayang. Seperti dengan diperbaikinya jalan menuju lokasi air terjun. Menyediakan plang nama objek wisata Riam Berawan.

Cerita Legenda di Balik Keindahan Riam Berawan’t

Menurut kepercayaan masyarakat setempat Riam Berawan ini mempunyai suatu legenda tersendiri. Konon dahulu kala ada seekor ular raksasa yang sedang bertempur dengan seorang panglima perang masyarakat setempat.

Karena panglima perang tersebut mempunyai kesaktian yang luar biasa akhirnya luar raksasa tersebut mati terpotong-potong. Anehnya, potongan tersebut menjelma menjadi sebuah Riam yang sangat besar dan sangat tinggi.

Wisata Air Terjun Riam Berawan't Kabupaten Bengkayang

Terdapat lagi kejadian yang sangat unik yaitu adanya penampakan seekor rusa dari tengah riam tersebut yang memancarkan sinar keemas-emasan, sehingga sampai sekarang riam ini dikenal dengan nama riam Berawan atau Riam Emas.

Baca Juga: Air Terjun Jugan, Tempat Wisata Alam di Bengkayang Menarik Untuk Liburan

Jika anda berkunjung ke wisata air terjun riam berawan’t sebaiknya membawa bekal terlebih dahulu. Bisa beli di pasar seluas atau bisa juga anda sudah persiapkann dari rumah. Mengingat lokasi air terjun Riam Berawan’t jauh dari keramain dan belum ada warung di lokasi tersebut. 

Dengan menempuh jarak yang jauh tentu harus persiapkan terlebih dahulu fisik agar tidak mengganggu saat anda melakukan perjalanan ke Air Terjun Riam Berawan’t.

Air Terjun Wisata Alam Wisata Bengkayang Wisata Kalbar

Penulis: 
author

Posting Terkait