Coban Manten di Malang, Keindahan Wisata alam Yang Tersembunyi

Coban Manten di Malang, Keindahan Wisata alam Yang Tersembunyi

Diposting pada
Coban Manten di Malang – Coban adalah daerah yang masih berada di kawasan Pandesari kecamatan Pujon Kabupaten Malang Jawa Timur, Indonesia. Mungkin bagi sebagian orang, baru mendengar nama coban tempat wisata ini. Untuk yang belum mengetahui tentu ada rasa penasaran mengenai objek wisata air terjun dengan nama coban manten.

Menurut cerita legenda Wisata Coban Manten atau biasa dikenal dengan sebutan Coban Kembar merupakan coban yang berada di ketinggian 1.300 m dari permukaan air laut. Pada bagian bawah coban ini terdapat air terjun bernama coban dudo (tengah), yang kemudian mengalir ke bawah menjadi coban rondo.

Asal Usul / Sejarah Coban Manten

Coban Manten di Malang, Keindahan Wisata alam Yang Tersembunyi

Objek wisata air terjun coban manten, asal usul nama ini karena di sini terdapat dua coban yang posisinya saling berjajar dalam satu tebing. Sehingga terlihat seperti sepasang pengantin. Oleh sebab itu disebut air terjun ini disebut ‘manten’ yaitu bahasa jawa menikah. Selain itu coban ini juga disebut Coban Kembar karena ada dua coban yang berjajar tersebut.

Lokasi Objek Wisata alam Coban Manten di Malang

Sumber air dari ketiga air terjun ini berada di atas coban manten ini, Lokasi Wisata air terjun Coban Manten adalah suatu kawasan berupa dataran tanpa ditumbuhi pohon satu pun tepatnya di daerah kepundan. Untuk mencapai ke mata air ini membutuhkan akses dengan perjalanan menggunakan jalan kaki yang dengan perjuangan ekstra, mengingat medan yang dilalui sangat licin.

Sedangkan untuk Jarak lumayan jauh sekitar 4 km dan harus dengan cara susur sungai. Oleh sebab itu coban ini jarang di datangi para wisatan, kecuali yang memang hobi berpetualang di alam, seperti para pendaki gunung. Tempat ini dinamakan wisata Coban Manten karena ada dua air terjun. Berdiri sejajar layaknya pasangan pengantin yang bersanding di pelaminan.

Air terjun Coban manten memiliki ketinggian airnya terbilang cukup tinggi karena hampir mencapai 85 meter. Air terjun ini adalah rangkaian air terjun yang paling atas setelah  Coban Tengah dan Coban Rondo. Air terjun ini kondisinya masih sangat alami, sehingga sangat direkomendasikan kepada anda yang suka dengan wisata alam dengan suguhan alami.

Tiket Masuk Objek Wisata alam Coban Manten

Jika berbicara masalah biaya tiket masuk, untuk memasuki kawasan coban rondo tergolong masih sangat terjangkau. Tapi untuk selanjutnya jika anda ingin berwisata ke Coban Dudo dan Coban Manten di Malang ini tidak akan di kenakan biaya lagi alias gratis. Untuk berpetualang ke Objek wisata coban manten sebaiknya anda membawa perbekalan. Karena ditempat tersebut anda tidak akan menemui penjual yang menjual makanan.

Baca Juga:  13 Destinasi Wisata di Malang yang Wajib Anda Kunjungi

Yang perlu di Ingat Jika anda berwisata Coban Manten di Malang dan membawa makanan harap tetap menjaga kebersihan. Dengan cara sampahnya di bawa turun kembali agar tempat wisata ini tetap terjaga keindahannya. Dan jangan lupa untuk tidak merusak alam sekitar dengan cara apapun. Semoga sedikit ulasan ini bisa menambah pengetahuan anda tentang objek wisata air Coban Manten dan air terjun disekitarnya.

Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *