Danau Kelimutu, Obyek Wisata Alam Unik di Flores NTT

Diposting pada

Obyek Wisata Danau Kelimutu, tempat ini merupakan tempat wisata berupa danau kawah. Lokasinya terletak di sebuah puncak Gunung Kelimutu,berada di Pulau Flores, Provinsi NTT, Indonesia. Lokasi gunung kelimutu tepatnya di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende Nusa Tenggara Timur.

Danau Kelimutu lebih dikenal dengan sebutan Danau Tiga Warna. Karena danau ini memiliki tiga warna yang berbeda, yaitu warna merah, biru, dan putih. meskpun begitu warna-warna tersebut akan selalu berubah-ubah seiring dengan perjalanan waktu namun yang familiar warna merah,biru dan putih. Danau Kali mutu berada di ketinggian sekitar 1.631 meter dari permukaan laut.

Nama danau kelimutu sendiri diambil dari gabungan kata keli yang artinya gunung dan sedangkan mutu mempunyai arti mendidih. Jika di gabungkan dan diambil kesimpulan arti secara umum kalimutu adalah gunung yang terdapat kawah mendidih. Menurut kepercayaan penduduk setempat, warna-warna pada danau Kelimutu memiliki arti masing-masing dan memiliki kekuatan alam yang sangat dahsyat.

Sejarah Awal Kelimutu Obyek Wisata Alam Unik  di Flores NTT

Danau Kelimutu, Obyek Wisata Alam Unik di Flores NTT

Pada awal mulanya Danau Kelimutu diketemukan oleh seorang bernama Van Such Telen, yang berkebangsaan Belanda pada tahun 1915. Keindahannya dikenal luas setelah Y. Bouman melukiskan dalam tulisannya tahun 1929. Sejak saat itu wisatawan asing mulai datang menikmati danau yang dikenal memiliki pemandangan indah namun angker ini menurut kepercayaan masyarakat sekitar Danau Kelimutu.

Wisatawan yang datang di Danau Kelimutu selain ingin menikmati keindahan alam ada juga yang datang ke danau tersebut untuk kepentingan penelitian, untuk mengetahui lebih mendalam kejadian alam yang amat langka tersebut. Danau Kelimutu sendiri yang terletak di puncak Gunung Kelimutu ini masih masuk dalam rangkaian Taman Nasional Kelimutu.

Danau Kelimutu mempunyai tiga kubangan raksasa, seperti yang sudah di sebutkan diatasm asing-masing kubangan mempunyai warna air yang selalu berubah tiap tahunnya. Air di salah satu tiga kubangan berwarna merah dan dapat menjadi hijau tua serta merah hati, di kubangan lainnya berwarna hijau tua menjadi hijau muda, dan di kubangan ketiga berwarna coklat kehitaman menjadi biru langit.

Danau Kelimutu sendiri terletak pada tiga kecamatan secara adminitratif diantaranya Kecamatan Detsuko, Kecamatan Wolowaru dan Kecamatan Ndona. Ketiga kecamatan tersebut merupakan kecamatan yang berada di Kabupaten Ende, Propinsi Nusa Tenggara Timur Indonesia.

Mitos Danau Kalimutu Obyek Wisata Alam Unik  di Flores NTT

Dari Ketiga danau yang mempunyai warna berbeda  di puncak Gunung Kelimutu ini masing-masing memiliki nama sendiri. Warga setempat percaya bahwa danau ini merupakan tempat bersemayam jiwa-jiwa dari orang yang meninggal. Nama ketiga danau ini antara lain Tiwu Ata Mbupu yang menjadi tempat jiwa-jiwa orang tua yang meninggal.

Tiwu Nuwa Muri Koo Fai yang menjadi tempat jiwa-jiwa orang muda yang meninggal, dan yang terakhir adalah Tiwu Ata Polo yang menjadi tempat jiwa-jiwa orang jahat yang meninggal. Tiwu sendiri dalam bahasa setempat berarti danau. Dari ketiga danau tersebut, yang paling sering berubah warna adalah Tiwu Nuwa Muri Koo Fai. Menurut warga setempat, hal ini dimungkinkan karena jiwa yang menempati danau ini masih muda dan labil sehingga mempengaruhi perubahan warna air danau.

Baca Juga: Jelajahi Nusa Tenggara Timur, Keindahan Alam Unggulan Indonesia

Akses Lokasi ke Danau Kelimutu Wisata Alam Unik  di Flores NTT

Akses lokasi untuk mencapai di Kawasan ini yaitu dari ibukota Propinsi Nusa Tenggara Timur, Kota Kupang, menggunakan pesawat menuju kota Ende, di Pulau Flores, dengan lama perjalanan kurang lebih sekitar 40 menit. Kelimutu terletak di Desa Koanara, Kecamatan Wolowaru, sekitar 66 kilometer dari kota Ende dan 83 kilometer dari Maumere.

Moni merupakan kota yang paling dekat, terletak di kaki Gunung Kelimutu. Kota kecil ini merupakan pintu gerbang untuk menuju Danau Kelimutu. Jarak antara Moni dan Kelimutu sekitar 15 kilometer. Untuk membawa ke area parkir sebelum menuju puncak Gunung Kelimutu bisa menggunakan ojek, mobil, atau moda transportasi umum. Terdapat bus kayu atau oto kol ke Ende dari Maumere yang melewati Moni. Dari sana, masih harus bejalan sekitar 15 kilometer menuju lokasi danau.

Okomodasi di Kelimutu Wisata Alam Unik  di Flores NTT

Danau Kelimutu yang merupakan sebagai salah satu objek wisata andalan di Flores. Di daerah wisata tersebut sudah tersedia akomodasi diantaranya sekitar danau sudah tersedia pondok jaga, shelter sebagai tempat berteduh dan istirahat untuk para wisatawan yang sedang berkunjung di Danau Kelimutu. Sebagai pelengkap untuk penunjang kenyamanan pengunjung juga sudah tersedia MCK, lahan parkir, serta beberapa losmen kecil untuk wisatawan yang ingin menginap.

Tips Perjalanan 

Kawasan Kelimutu biasanya di selimuti kabut, jadi untuk anda yang ingin mendapatkan pemandangan terbaik dari Danau Kelimutu, berangkatlah mendaki antara jam 2-3 pagi dari Moni yang merupakan desa terdekat dengan lokasi danau. Sesampainya di puncak, Anda bisa menyaksikan pemandangan matahari terbit di atas Danau Kelimutu yang luar biasa indah. Baca Juga: Pulau Ular Wisata Unik di Bima Nusa Tenggara Barat

Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *