4 Pesona Keindahan Desa Wisata Cibuntu Kuningan Ini Cocok Untuk Liburan

4 Pesona Keindahan Desa Wisata Cibuntu Kuningan Ini Cocok Untuk Liburan

Diposting pada

Daerah Kuningan, Jawa Barat (Jabar) salah satu wilayah yang memiliki banyak potensi wisatanya, terutama wisata alamnya yang indah. Salah satu daerah wisata yang dikenal karena kekompakan warganya. Desa ini telah merancang konsep Desa Wisata yang terletak di Lereng Gunung Ciremai. Desa wisata tersebut berada di Desa wisata Cibuntu Kuningan, tepatnya di Kecamatan Pesawahan, Kabupaten Kuningan.

Selain tempat wisatanya yang indah dan unik, prestasi yang pernah diraih Desa Cibuntu sangat membanggakan yaitu dinobatkan menjadi Desa wisata terbaik urutan lima tingkat ASEAN pada tahun 2016 untuk bidang homestay. Bahkan Di tahun 2017 ini, desa Cibuntu kembali terpilih sebagai desa wisata terbaik peringkat kedua di Indonesia dalam ajang Community Based Tourism atau CBT Kementerian Pariwisata Indonesia.  Artinya secara otomatis, tahun depan Cibuntu akan mewakili Indonesia kembali di level ASEAN.

Patut diakui memang tempat wisata Desa Cibuntu sangat indah serta dilengkapi puluhan homestay yang bersih,  bahkan dilengkapi juga dengan Wisata bumi perkemahan dan situs yang memiliki daya tarik bagi para wisatawan. Jika anda tertarik untuk berkunjung ke sana, Desa tersebut letaknya di lereng gunung sehingga wisatawan dapat melihat pemandangan Gunung Ciremai yang indah. Berkeliling desa ini tak membosankan karena segalanya telah diatur agar membuat wisatawan betah dan tak bosan-bosan melihat pemandangannya yang menyegarkan mata.

Destinasi Wisata di Desa Wisata Cibuntu Kuningan

Desa wisata yang Launching awalnya pada tahun 2012 ini memiliki hanya sekitr 1000 penduduk, namun terlihat msyarakatnya sangat kompak menata dan mewijudkan desa Cibuntu menjadi desa wisata hingga mendapat penghargaan terbaik seluruh Indonesia dan ASEAN. Jadi bagi anda yang berkunjung ke daerah Kuningan, Jawa Barat, tidak lengkap rasanya jika anda belum berkunjung atau mampir ke desa Cibuntu.

Sambutan yang hangat dan penduduknya yang ramah tamah serta pelayanannya yang terbaik selama Anda disana akan Anda rasakan ketika berkunjung ke desa Cibuntu. Nuansa kehangatan pedesaan terasa sangat kental ketika Anda menginjakkan kaki disana, perjamuan saat datang, mengenal kegiatan masyarakat desa yang kompak, berkeliling menikmati keindahan alam yang tiada duanya, serta tarian daerah yang bisa anda nikmati semuanya disini.

Situs Purbakala Desa Wisata Cibuntu Kuningan

4 Pesona Keindahan Desa Wisata Cibuntu Kuningan Ini Cocok Untuk Liburan

Salah satu tokoh yang disetting bernama Ki Lengser akan menyambut kedatangan anda ketika mulai memasuki Desa Wisata, bertugas untuk menyambut para wisatawan. Aktor atau tokoh tersebut dinamakan Ki Lengser. Ketika anda akan memasuki rumah warga, maka Ki lengser akan mengajak melihat beberapa situs purbakala yang masuk dalam kategori Cagar Budaya Kabupaten Kuningan. Kabarnya situs-situr tersebut adalah berkaitan dengan sejarah yang ada di Desa Cibuntu.

Beberapa situs yang paling terkenal diantaranya yaitu Situs Bujal Dayeuh. Sekilas tentang Situs yang diberi nama Bujal Dayeuh adalah salah satu situs bersejarah yang terdapat di Desa tersebut. Arti dari Bujal Dayeuh sendiri yaitu berarti perutnya Dayeuh.

Menurut sejarah sebelumnya pada tahun 1970 juga ditemukan beberapa perkakas bersejarah seperti Kapak, Batu, Gelang dan Situs Hulu Dayeuh. Masih ada lagi situs menarik lainnya, yaitu situs yang berbentuk Arca jenis perempuan, biasanya warga sekitar desa Cibuntu menyebutnya sebagai situs Saurip yang berarti satu kehidupan atau kebersamaan.

Keindahan Desa Wisata Cibuntu Kuningan Dengan Curug Gongseng nya

4 Pesona Keindahan Desa Wisata Cibuntu Kuningan Ini Cocok Untuk Liburan

Tiba saatnya setelah anda lelah berkeliling, anda bisa melepas lelah dengan menginap dirumah warga sekitar. Anda akan disuguhi dengan masakan-masakan dan kuliner khas masyarakat sekitar desa Cibuntu. Esok harinya, jika anda berjalan-jalan pagi hari, anda bisa singgah sebentar di salah satu wisata keesokan harinya.

Ketika jalan-jalan di pagi hari anda bisa singgah di salah satu tempat wisata  favorit yaitu Air Terjun Curug Gongseng. Keindahan air terjun gongseng memberikan kesan tersendiri serta dipadukan dengan panorama yang indah dari hutan hijau. Tentu saja memberikan pemandangan yang luar biasa dan pengalaman yang tidak terlupakan.

Hutan –hutan desa Cibuntu yang berada disekitar air terjun Gongsseng juga menyimpan puluhan Flora dari pohon buah-buahan sampai obat-obatan. Selain itu selama anda berjalan-jalan, anda juga akan melihat berbagai situs purbakala berumur 5000 sampai 10000 tahun lalu, yaitu era zaman megalitikum kasar.

Baca Juga : Cibulan Tempat Wisata Kuningan Terkenal dengan Legenda Ikan Dewa

Desa Wisata Cibuntu Kuningan Anda Bisa Melihat Kampung Kambing

4 Pesona Keindahan Desa Wisata Cibuntu Kuningan Ini Cocok Untuk Liburan

Ciri khas desa Cibuntu tidak hanya udaranya yang sejuk dan situs peninggalan sejarah. Desa Cibuntu juga memiliki daerah yang di beri nama Kampung Kambing. Sesuai dengan namanya memang daerah tersebut banyak kandang-kandang yang dihuni domba dan kambing yang dipelihara disana. Awalnya dibuat kampung kambing, yaitu saat Launching pada tahun 2012.

Di Desa Cibuntu Kandang domba itu tidak ada di perkampungan, masyarakat yang memiliki domba dipisahkan dan disatukan di lahan tersendiri. Jadi tidak heran jika pada saat masuk ke kampung kambing tersebut, aroma tak sedap dari kotoran kambing pasti akan langsung tercium oleh Anda. Karena sekeliling sawah yang ada terdapat puluhan kandang Kambing yang berjumlah ratusan ekor.

Uniknya jika sekilas Anda melihat dari kejauhan seperti perumahan biasa, padahal jika didekati itu adalah perumahan yang dihuni oleh kambing-kmbing. Pada saat mendirikan “perumahan” bagi kambing-kambing itu, warga sekitar bergotong royong membangun kadang-kandang kambing tersebut.

Jadi jangan heran bila melihat pemandangan unik, dimana para orang tua bergantian memikul pakan kambing tersebut bergantian. Bahkan Andapun para wisatawan, backpacker, dan traveler bisa ikut memberikan pakan untuk kambing-kambing tersebut.

Menikmati Sumber Mata Air Cikahuripan di Desa Wisata Cibuntu Kuningan

Keistimewaan wisata desa Cibuntu bukan hanya pada peninggalan sejarahnya. Tetapi udara sejuknya, dan tidak kalah istimewanya adalah sumber mata air Kahuripan. Keistimewaan sumber mata air ini adalah, airnya berwarna bening, dingin dan segar. Tak mengherankan hampir seluruh pengunjung yang datang ke desa Cibuntu ingin merasakan dinginnya air cikahuripan yang menyegarkan.

Tidak hanya sekedar membasuh muka, tapi meminum langsung air Cikahuripan tersebut. Kabarnya  air yang  keluar dari mata air tersebut sangat segar dan bersih, sehingga bisa langsung diminum.

Baca Juga : 10 Tempat Wisata di Kuningan Yang Paling Populer

Itulah beberapa tempat wisata favorit yang ada di desa wisata Cibuntu, Kuningan, Jawa barat. Tempat wisata yang bisa dijadikan tempat liburan anda bersama keluarga, teman atau relasi anda. Semoga bisa menjadi inspirasi tempat liburan yang rekomended. Selamat berlibur…

Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *