Destinasi Wisata Teluk Jailolo Surga Tersembunyi di Halmahera Barat

Destinasi Wisata Teluk Jailolo Surga Tersembunyi di Halmahera Barat

Diposting pada

Destinasi Wisata Teluk Jailolo – Pulau Halmahera Barat  dikenal juga dengan nama lain Jailolo (masyarakat setempat menyebut Gailolo) ini salah satu daerah yang berada di Provinsi Maluku Utara. Halmahera Barat dihuni oleh penduduk yang beraneka ragam suku, baik itu suku asli Halmahera maupun suku pendatang. Antara lain seperti suku Sahu, suku Wayoli, suku Gorap, suku Loloda dan Suku Gamkonora.

Sedangkan untuk suku pendatang yang mendiami Halmahera Barat yaitu suku Sangier, suku Makian, suku Ambon, suku Tidore, suku Jawa, dan suku Gorontalo. Halmahera Barat ini selain terdapat beraneka ragam suku juga kaya akan destinasi wisata dan budaya. Destinasi wisata yang tidak kalah menarik dan eksotis dengan tempat-tempat wisata lain yang ada di Indonesia.

Saat anda  memutuskan berkunjung (berwisata) ke Halmahera Barat anda akan melihat salah satu sudut surga wisata di Indonesia. Halmahera Barat (Jailolo) ini  memiliki banyak teluk sehingga membuat tempat ini dikelilingi pemandangan alam luar biasa indah.

Wisata Teluk Jailolo di Halmahera Barat

Destinasi Wisata Teluk Jailolo Surga Tersembunyi di Halmahera Barat

Salah satu teluk yang terkenal di Halmahera Barat salah satunya adalah Wisata Teluk Jailolo yang berada di antara pulau Ternate, Tidore, dan Pulau Halmahera. Jailolo terkenal dengan keindahan wisata bawah laut, karena kawasan Halmahera Barat termasuk dalam kawasan coral triangle dunia.

Jailolo memiliki potensi alam bawah laut yang beragam serta menjadi salah satu daya tarik destinasi wisata minat khusus untuk para penyelam (diving). Selain itu, Halmahera Barat juga memilki potensi sebagai destinasi wisata sejarah karena pada zaman kolonial dulu daerah ini juga sangat terkenal sebagai sumber penghasil rempah-rempah dunia.

Wisata Budaya Teluk Jailolo Halmahera Barat

Destinasi Wisata Teluk Jailolo Surga Tersembunyi di Halmahera Barat

Selain memiliki tempat wisata alam yang indah dengan pesona alam di Teluk Jailolo ada hal yang menarik yang bisa nikmati saat berada disini yaitu Festival Budaya Teluk Jailolo. Festival teluk jailolo ini merupakan festival budaya yang diadakan secara rutin setiap tahunnya (acara tahunan).

Kegiatan festival Teluk Jailo tersebut didukung langsung oleh pemerintah daerah dan departemen pariwisata. Guna untuk memaksimalkan potensi wisata dan menarik banyak wisatawan untuk berkunjung ke Halmahera Barat. Keunikan dari festival itu sendiri yaitu akan di tampilkan acara yang bernama Horom Sasadu.

Dalam acara Horom Sasadu Ada tiga hal menarik bisa anda saksikan yaitu semua orang yang terlibat dalam acara Horom Sasadu akan terus makan. Namun anehnya mereka tidak pernah merasa kenyang. Kegiatan makan tersebut mereka lakukan sambil terus menari dan bernyanyi tanpa lelah dan kantuk. Bahkan kuat tidak tidur berhari-hari, mereka juga minum minuman tradisional, tapi tidak pernah membuat mereka mabuk.

Baca Juga: Keunikan Pantai Tobololo di Ternate Dengan Sumber Air Panas

Akses Transportasi ke Wisata Teluk Jailolo

Destinasi Wisata Teluk Jailolo Surga Tersembunyi di Halmahera Barat

Dari Jakarta (ibu kota negara), Objek wisata Jailolo bisa ditempuh bisa menggunakan jalur udara maupun jalur laut.  Bagi anda yang ingin berwisata Halmahera khususnya ke teluk Jailolo dapat di Akses menggunakan penerbangan dari Jakarta menuju Ternate.  Lama perjalanan dari Bandara Soekarno Hatta Cengkareng ke Bandara Sultan Babullah (Ternate) selama kurang lebih 3 jam.

Pesawat yang melayani rute Jakarta-Ternate antara lain Garuda, Lion Air, dan Sriwijaya. Rute tersebut tersedia setiap hari yaitu sebanyak 9 kali dalam sehari. Harga tiket mulai dari Rp 1,3 juta. Namun, bisa saja mendapatkan harga lebih murah untuk tiket promo.

Ada perbedaan waktu dua jam antara Jakarta dan Ternate. Selain melalui Jakarta, bisa juga melalui Makassar. Setelah itu perjalanan dilanjutkan dari Bandara Sultan Babullah menuju Pelabuhan Dufa-dufa. Dari Pelabuhan Dufa-dufa di Kota Ternate, Anda lanjutkan perjalanan lagi melalui jalur laut dengan menggunakan speed boat selama kurang lebih 40 menit.

Akomodasi di Objek Wisata Teluk Jailolo

Destinasi Wisata Teluk Jailolo Surga Tersembunyi di Halmahera Barat

Di kawasan Wisata Teluk Jailolo termasuk kawasan wisata yang sudah didukung oleh penunjang wisata. Seperti bisa anda lihat dengan adanya hotel disini, meskipun baru hanya terdapat hotel kelas melati. Jika anda ingin lebih santai di teluk Jailolo juga sudah tersedia Homestay yang bisa disewa dari masyarakat sekitar.

Dengan adanya hotel maupun homestay di Teluk Jailolo ini akan membuat  anda dan para wisatawan yang datang ketempat ini bisa lebih lama dan merasakan nyaman, kunjungi juga Objek wisata Danau Tolire Tempat Liburan Menyenangkan di Ternate Maluku Utara.

  • 1
    Share
Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *