Fenomena Alam Api Biru, Menjadikan Danau Kawah Ijen Tujuan Wisata Favorit di Banyuwangi

Fenomena Alam Api Biru, Menjadikan Danau Kawah Ijen Tujuan Wisata Favorit di Banyuwangi

Diposting pada

Fenomena Alam Api Biru Kawah Ijen – Kawah ijen merupakan tempat wisata di Indonesia lokasinya berada di kawasan Gunung Ijen. Gunung Ijen sendiri merupakan sebuah gunung berapi yang masih aktif terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.443 mdpl dan terletak berdampingan dengan Gunung Merapi.

Gunung Ijen terakhir meletus pada tahun 1999. Salah satu fenomena alam yang paling terkenal sampai saat ini dari Gunung Ijen adalah kawah yang terletak di puncaknya yang di sebut sebagai kawah ijen dan ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi pengunjung Gunung Injen.

Sebenarnya Gunung ijen ini lokasi tempat penambangan belerang terbesar di Jawa Timur tepatnya berlokasi daerah kabupaten banyuwangi. Selain lokasi tempat penambangan saat ini kawasan gunung ijen menjadi lokasi wisata favorit di banyuwangi, karena keindahan alamnya yang di tawarkan dan fenomena yang bisa anda temukan di objek wisata Injen.

Fenomena Alam Api Biru (blue fire) di Danau Kawah Ijen

Fenomena Alam Api Biru

Perlu anda ketahui Kawah Ijen adalah sebuah danau kawah yang bersifat asam yang berada di puncak Gunung Ijen dengan kedalaman danau 200 meter dan luas kawah mencapai 5.466 Hektar. Kawah Ijen merupakan objek wisata di Kabupaten Banyuwangi sangat terkenal bukan hanya wisatawan lokal tapi sudah terkenal sampai mancanegara.

Objek wisata Kawah Ijen masih masuk dalam wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Bagi anda yang ingin melihat keindahan fenomena alam yang terjadi di tempat wisata ini, Anda bisa Setiap dini hari sekitar pukul 02.00 hingga 04.00, di sekitar kawah anda bisa menjumpai fenomena alam yaitu blue fire atau biasa disebut api biru.

Dan perlu anda ketahui juga pemandangan alami ini hanya terjadi di dua tempat di dunia yaitu Islandia dan Ijen. Selain menikmati keunikan wisata Kawah Ijen yang menakjubkan, anda juga dapat melihat deretan gunung yang terletak tak jauh dari Kawah Ijen yaitu Gunung Suket, Gunung Raung, Gunung Merapi, Gunung Rante.

Ditempat ini anda akan melihat dan bertemu dengan para penambang belerang yang lalu lalang mencari belerang dengan ciri yang sangat khas dengan beban yang sangat banyak, pastikan saat di sana anda selalu menggunakan masker wajah, agar anda terhindar dari uap belerang yang menyengat.

Baca Juga: Wisata Waduk Bajulmati, Miniatur Raja Ampat di Banyuwangi

Fasilitas Di kawah Injen

Fenomena Alam Api Biru

Sebagai Destinasi wisata yang ada di kabupaten Banyuwangi, kawah ini sudah memiliki Fasilitas pendukung pariwisata yang bisa dibilang sudah cukup lengkap dan memadai, seperti sudah bisa anda temukan penginapan dan hotel di kawah Injen.

Jika anda ke kawah Injen Banyuwangi mengambil rute dari barat anda bisa menginap di hotel kawasan Bondowoso. Untuk hotel yang terdekat ke kawah ijen adalah hotel Catimor dan Hotel Arabica.  Jika dari arah Banyuwangi anda bisa menginap di hotel tebaik yang bisa di pilih adalah Hotel Ijen Resort and Villas.

Akses Lokasi Kawah Ijen

Fenomena Alam Api Biru di Wisata Kawah Ijen secara administratif terletak Kabupaten Banyuwangi. Dibagian utara berbatasan dengan hutan lindung Gunung Remuk dan sebelah Barat berbatasan dengan jalan lintas Banyuwangi – Bondowoso, sedangkan bagian selatan berbatasan dengan Sungai Banyu Linu dan batas sebelah timur adalah lereng Gunung Merapi.

Harga Tiket Masuk Kawah Ijen

1. Harga Tiket Masuk Wisatawan Domestik :

  • Weekday Harga Tiket – Rp. 5.000
  • Weekend Harga Tiket – Rp. 7.500

2. Harga Tiket Masuk Wisatawan Mancanegara :

  • Weekday Harga Tiket – Rp. 100.000
  • Weekend Harga Tiket – Rp. 150.000

3. Harga Tiket Tambahan :

  • Kamera Video Komersil/film komersial – Rp. 10.000.000
  • Handycamp – Rp. 1.000.000
  • Photo Camera – Rp. 250.000

(Harga tiket Sewaktu-Waktu Dapat Berubah)

Rute Dan Jalur Menuju Lokasi Blue fire Kawah Ijen

Akses Lokasi Kawah Ijen

Bagi anda yang berkeinginan liburan di wisata kawah injen banyuwangi menikmati Fenomena Alam Api Biru bisa mengikuti rute  bisa di tempuh dari Surabaya, Malang maupun dari Banyuwangi. 

1. Jika Anda berniat liburan dan berkunjung ke lokasi wisata kawah ijen bisa melalui rute perjalanan menuju ijen dari kota malang,kota surabaya maupun kota banyuwangi. Rute dan jalur perjalanan menuju lokasi ijen dari malang dan surabaya bisa di tempuh dengan jalan darat selama 6-7 jam jika jalan dengan kecepatan normal tanpa ada kendala kemacetan. Jika anda menuju lokasi wisata ijen dari banyuwangi bisa ditempuh dengan berkendara selama 1-2 jam perjalanan.

2. Sedangkan untuk Rute dan jalur perjalanan menuju lokasi wisata gunung ijen dari banyuwangi bisa di lalui dari jalur timur (bali – banyuwangi) maupun jalur barat (surabaya/malang). Surabaya/Malang kemudian menuju kawasan Bondowoso dengan jarak tempuh  sekitar191 Km. Setiba di Bondowoso diteruskan menuju desa Sempol kurang lebih jaraknya 165 Km. Jika sudah tiba di desa Sempol Bondowoso kemudian menuju desa Banyupait dengan jarak sekitar 14 Km.

Dari Banyupait menuju pos Paltuding sejauh kurang lebih 4Km Tiba di paltuding. Berarti Anda sudah sampai ke lokasi dimulainya pendakian menuju gunung ijen tersebut. Kemudian dari Paltuding menuju puncak Kawah Gunung Ijen harus mendaki lagi sejauh 3 Km untuk mencapai kawah Injen. Baca Juga: 15 Objek Wisata di Banyuwangi Yang Wajib Dikunjungi

Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *