Goa Pindul Wisata Alam di Gunung Kidul Yang Menantang

Goa Pindul Wisata Alam di Gunung Kidul Yang Menantang

Diposting pada

Gua atau goa Pindul merupakan Wisata Alam di Gunung Kidul dengan kegiatan menarik menyusuri gua bawah tanah yang seru dan menantang. Objek wisata gua pindul sudah mulai dikembangkan sejak tahun 2010 yang lalu oleh masyarakat sekitar, dan menargetkan untuk menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun Interneasional.

Tempat wisata ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan yang menyukai tantangan, terutama saat melakukan kegiatan menyusuri sungai bawah tanah dengan menggunakan ban, yang dilengkapi dengan jaket pelampung. Jaket inilah yang berfungsi sebagai kemanan agar tetap mengampung jika terjadi sesuatu disungai, karena sudah memenuhi standar kemanan.

Goa Pindul Wisata Alam di Gunung Kidul

Tempat wisata ini dibagi menjadi 3 jenis sesuai dengan ukuran yang berbeda yaiut ukuran kecil untuk anak-anak, Ukuran sedang untuk semua orang, dan ukuran jumbo ini dikhususkan bagi yang memiliki ukuran tubuh jumbo/gendut. Bagi anda yang ingin menikmati keseruan yang menantang di telusur sungai ini wisatawan di wajibkan terlebih dahulu untuk menghubungi operator.

Selain itu juga wisatawan diharuskan membeli tiket, harga tiket di wisata gua pindul tidak terlalu mahal hanya 35.000,-/orang. Setelah anda membeli tiket di wisata gua pindul setiap wisatawan akan mendapatkan fasilitas berupa peminjaman alat yaitu jaket pelampung dan ban tubing, Fasilitas di basecamp , free wifi hotspot, free wedang pindul. Alat transportasi obyek wisata (pajero pindul), pemandu lokal dan asuransi.

Tentang Goa Pindul Wisata Alam di Gunung Kidul Jogja 

Goa Pindul Wisata Alam di Gunung Kidul Yang Menantang

Objek wisata Goa Pindul Gunungkidul ini memiliki panjang kurang lebih 350 meter, dalam kegiatan penyusuran sungai bawah tanah dapat ditempuh dengan waktu normal antara 40-60 menit, waktu tersebut tergantung situasi, kondisi dan keinginan pengunjung sendiri. Keadaan sungai memiliki Lebar antar dinding rata-rata 4 meter, ketinggian dari permukaan air dengan dinding atas sekitar 5 meter dan kedalaman air sungai sekitar 1-12 meter.

Namun Sungai yang disusuri tidak semua memiliki ukuran lebar yang sama, ada juga yang memiliki ukuran sempit cuma bisa dilewati hanya satu ban saja. Untuk bisa berlibur di gua pindul ini bisa di ikuti oleh semua kalangan usia, karena sudah terjamin kemanannya, batas minimum juga tidak ada ketentuan khusus yang membatasi berapa peserta yang akan ikut dalam petualangan menantang ini.

Di tempat wisata tersebut anda akan disambut dengan baik oleh pengelola wisata ini, dan selalu siap melayani dengan baik. Jadi anda tidak perlu kuatir dan takut tidak didampingi. Biarpun anda datang ketempat ini hanya seoarang diri pasti tetap akan dilayani. Disarankan agar anda berkunjung ditempat ini dengan rombongan agar lebih terasa keseruannya dibanding sendiri akan terasa kurang asik. 

Baca Juga: Wisata Embung Batara Sriten Telaga di Atas Awan GunungKidul Yogyakarta

Mitos Di Wisata Alam di Gunung Kidul Goa Pindul

Goa Pindul Wisata Alam di Gunung Kidul Yang Menantang

Perlu anda ketahu sebagai tempat wisata alam yang ada di kabupaten gunungkidul Jogja, Goa pindul memiliki daya tarik dan keunikan sendiri yang mungkin tidak anda temui di gua tempat lain. Bukan hanya kereruan liburan yang bisa anda dapatkan jika berwisata di Gua Pindul, konon ada mitos bahwa bebatuan yang ada di objek wisata gua Pindul tersebut akan membuat perkasa dan awet muda. Namun untuk kebenaran masih belum bisa dibuktikan.

Terlepas dari mitos tersebut keindahan alam di tempat wisata pindul sudah memikat banyak wisatawan. Penasaran untuk mengunjunginya sebagai tempat rekreasi jika sedang ke Kota Jogja khususnya di Gunungkidul. Sedikit gambaran tentang objek wisata gua pindul untuk wisatawan yang penasaran dan belum pernah mengunjunginya.

Pada saat penyusuran Goa Anda akan melihat pemandangan menarik yaitu brupa ornamen batu stalagtit yang masih aktif maupun sudah tidak aktif yang menghiasi Goa Pindul. Diantara batu tersebut ada juga batu yang diberi nama batu stalagmit Perkasa dan batu stalagtit Mutiara yang ada di zona ke dua yaitu zona remang.

Batu-batu tersebut dpercayai mempunyai mitos-mitos unik seperti yang sudah disebutkan diatas salah satunya untuk keperkasaan. Jangan kuatir nanti saat anda melewatinya pemandu bisa menjelaskan lebih detail tentang apa saja yang ada lihat.

Batu Stalagtit di Goa Pindul

Goa Pindul Wisata Alam di Gunung Kidul Yang Menantang

Saat anda berada tepat di tengah-tengah penyusuran akan menjumpai zona paling sempit. Karena di zona ini terdapat sebuah batu Stalagtit dengan ukuran lebar lima rentangan tangan orang dewasa (disebut dengan nama “Soko Guru”). Soko Guru sendiri berasal dari bahasa jawa kuno yang mempunyai makna “Soko = tiang penyangga dan Guru = Gunung / bukit”. Maka Soko Guru bisa dimaksudkan sebagai tiang penyangga kedua bukit yang berada di atas Goa Pindul, panjang stalaktit ini sekitar 7 meter. 

Walaupun setelah diteliti lebih lanjut, ternyata batu tersebut belum menyentuh sampai dasar sungai Pindul. Karena mengingat kedalaman air di zona tersebut berkisar antara 10-12 meter. Stalagtit ini merupakan terbesar di Goa Pindul dan konon mempunyai peringkat terbesar ke 4 di dunia. Setelah melewati zona gelap dan sempit, anda akan memasuki zona kelelawar.

Ini adalah zona terpanjang yang ada di Goa Pindul Wisata Alam di Gunung Kidul ini, banyak kelelawar kerdil yang tinggal di sini. Namun anda tidak perlu takut, kelelawar di Goa Pindul ini cukup jinak dan tidak akan pernah menyerang manusia. Karena Kelelawar jenis ini adalah pemakan serangga atau nyamuk.

Baca Juga: 16 Tempat wisata di Gunung Kidul Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Rute Akses ke Lokasi Gua Pindul

Gua Pindul salah satu dari sekian banyak obyek wisata di jogja. Tepatnya terletak di dusun Gelaran 2, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo kab. GunungKidul. Persis di sebelah timur kota Yogyakarta, Indonesia. Saat ini Desa tersebut sudah masuk dalam kategori Desa Wisata di Kabupaten GunungKidul Yogyakarta. Yang bisa ditempuh Jika anda dari arah Yogyakarta, maka arahnya searah dengan rute menuju Kids Fun dan bukit bintang.

Ikuti jalan besar tersebut hingga Anda akan melewati Hutan Tleseh yang rimbun. Setelah melewati hutan, Anda akan melewati  pertigaan Gading. selanjutnya pilih jalan yang lurus menuju Kota Wonosari. Dengan jarak tempuh sekitar 3 jam perjalanan. Tepat di tugu batas kota yang berupa gerbang, Anda akan melihat Bunderan Siyono. Disini Anda bisa menggunakan jasa ojek untuk mengantarkan Anda ke Goa Pindul.

Selain melewati rute tersebut, Anda juga bisa menyusuri riang road Wonosari. Setelah sekitar 1 km Anda akan menemukan perempatan PKU/ Dishub. Lalu arahkan kendaraan Anda untuk melewati perempatan Budegan hingga 1 kilo meter. Selanjutnya Anda bisa memacu kendaraan Anda lurus hingga perempatan Grogol. Setelah itu ambil belok kiri dan terus berjalan hingga ke pedesaan. Nantinya akan mengantarkan Anda langsung menuju objek wisata Goa Pindul.

Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *