Gunung Poteng, Tempat Wisata di Kota Singkawang Dengan Nuansa Alam

32 views
Tempat Wisata Kota Singkawang– Gunung Poteng adalah salah satu wisata alam pegunungan yang ada di Kota Singkawang yang merupakan salah satu kawasan yang masuk dalam hutan Cagar Alam Raya Pasi dengan luas 3.700 ha yang telah ditetapkan sesuai SK Menhut Nomor 111/Kpts-II/1990 pada tanggal 20 Mei 1978 ini memiliki beraneka ragam pesona alam yang indah.

Gunung Poteng merupakan tempat wisata alam bagi yang menyukai hobi dengan suasana alam dan berpetualang menjelajah hutan. Di kawasan gunung poteng inilah tempat tumbuhnya bunga rafflesia tuan mudae, anggrek singkawang (Dendrobium Singkawangense), bunga law belacan (Rhizanthes Zippelii) serta berbagai jenis fauna seperti beruang madu, trenggiling dan landak.

Pemangan Gunung Poteng Kota Singkawang wisata kota singkawang

Gunung ini menyimpan kekhasan flora seperti Bungai Bangkai (Amorphopallus sp), Bunga Padma Raksasa (Rafflesia Tuan Mudae), Bunga Bintang (Rizhantes Zepelii), dan aneka ragam anggrek yang dilindungi. Beruang madu, trenggiling, dan landak adalah fauna penghuni Gunung Poteng.

Gunung Poteng merupakan tempat wisata alam pegunungan yang sangat menarik untuk di kunjungi serta sering menjadi media untuk para pendaki menjelajah hutan. Gunung Poteng letaknya hanya 9 kilometer sebelah timur Kota Singkawang ini kondisinya masih sangat alami.

Gunung Poteng Kota Singkawang  kalimantan barat
Salah satu wisata Alam yang indah di Kota Singkawang, Kalimantan barat, Indonesia yang memiliki berbagai fasilitas seperti :Penginapan desa,Pemandangan Alam pegunungan,Restoran & Cafe kampung,Kolam Pemandian,Sungai Alami indah.

Bulan November sampai dengan Januari, adalah saat yang tepat untuk berwisata sekaligus menikmati kuliner durian Poteng. Tersedia pondok-pondok penunggu durian, banyak wisatawan dari berbagai daerah berkunjung untuk menikmati buah durian asli Poteng yang memiliki kenikmatan rasa tersendiri, didukung segarnya hawa pegunungan. 

Keaslian dan keaneragaman hayati dari Gunung Poteng harus tetap dijaga,agar bisa menarik menat wisatawan yang akan berkunjung ke Kota Singkawang Kalbar.Potensi ini merupakan salah satu penghasilan dari wisata daerah yang dapat meningkatkan taraf hidup masyarakatnya.
Penulis: 
author

Posting Terkait