Gunung Raung

Gunung Raung Tempat Pendakian Penuh Tantangan

Diposting pada

Gunung Raung Tempat Pendakian – Gunung Raung adalah gunung berapi berbentuk kerucut yang terletak di daerah ujung timur Pulau Jawa, Indonesia. Kawasan gunung ini termasuk dalam wilayah di tiga kabupaten di wilayah Besuki, Jawa Timur, yaitu Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember.

Gunung Raung memiliki ketinggian 3.332 M diatas permukaan laut. Gunung Raung merupakan gunung berapi yang masih aktif dan selalu mengeluarkan asap atau bahkan menyemburkan api sesekali. Letusan terbesar terjadi pada tahun 1638. Keeksotisan gunung ini terlihat dari Bali, tepatnya bila kita melihat di Pantai Lovina, Singaraja.

Rute Gunung Raung Tempat Pendakian

Rute Gunung Raung Tempat Pendakian

Gunung Raung merupakan bagian dari komplek pegunungan Ijen. Dimana terdapat gunung Suket, gunung Pendil, gunung Rante, gunung Merapi dan Kawah Ijen. Bagi pencinta alam hobi mendaki gunung dan ingin menaklukkan gunung Raung, terdapat beberapa rute pendakian yang bisa di tempuh.

Jalur dari arah Bondowoso – Sumber Wringin adalah jalur yang paling sering digunakan para pendaki. Sedangkan, jalur dari banyuwangi – Bajulmati juga bisa dilalui tapi sangat jarang dilewati, karena memiliki medan yang cukup menanjak dan curam.

Pada jalur pendakian, terdapat 4 pos pemberhentian dengan nama-nama yang agak sedikit seram” dan diambil menurut sejarah berdirinya pos-pos tersebut, yaitu: Pondok Sumur, Pondok Demit, Pondok Mayit dan Pondok Angin.

Untuk mendaki Gunung Raung harus melihat situasi dan kondisi dari gunung tersebut. Karena akan sangat berbahaya jika gunung sedang tak bersahabat mengingat gunung Raung masih sangat aktif.

Karena situasi teka menentu dari gunung raung makanya sebelum untuk memutuskan melakukan pendakian gunung untuk mempelajari terlebih dahulu keadaan dan kondisi Gunung Raung Tempat Pendakian demi menjaga keselamatan.

Baca Juga: Wisata Gunung Bromo Tempat Liburan Favorit di Jawa Timur

Berita Terkini Gunung Raung

Saat  ini untuk para pendaki gunung untuk tidak melakukan pendakian terlebih dahulu. Di karenakan situasi masih status waspada gunung raung. Jika anda ingin melaakukan pendakian di gunung raung harap untuk selalu melihat update berita terkini gunung raung. Jika sudah situasi tidak waspada baru bisa melakukan aktivitas pendakian. Baca juga: 5 Kebiasaan Buruk Pendaki Gunung Jangan Sampai Kamu Ikuti.

Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

0 thoughts on “Gunung Raung Tempat Pendakian Penuh Tantangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *