Jemput-Jemput Jajanan Tradisional Khas Pontianak Kalbar

Jemput-Jemput Jajanan Tradisional Khas Pontianak Kalbar

Diposting pada
  • 1
    Share

Jajanan Tradisional Khas Pontianak – Jemput-jemput merupakan makanan yang terbuat dari pisang, merupakan makanan cemilan yang mengenyangkan. Karena terbuat dari bahan baku utama dari pisang masak jemput-jemput menpunyai rasa yang manis.

Jemput-jemput Jajanan Tradisional Khas Pontianak

Sebenarnya jemput-jemput kurang lebih hampir sama dengan pisang goreng. Cara membuatnya juga dengan cara di goreng, tapi untuk membedakannya cukup mudah dari bentuknya saja saja sudah bisa terlihat.

Kalau pisang goreng bentuknya biasa pipih karena pisangnya di belah-belah menjadi beberapa bagian walaupun tidak mutlak bentuknya seperti itu. untuk jemput-jemput sendiri mempunyai bentuk tampilannya agak bulat dengan ciri khasnya.

Jemput-Jemput Jajanan Tradisional Khas Pontianak Kalbar

Karena pembuatannya sendiri pisang masak di potong kecil-kecil kemudian di balut dengan tepung di bentuk menggumpal sehingga hampir bulat. Untuk rasa sendiri jemput-jemput lebih manis dibanding dengan pisang goreng biasa. Karena kebanyakan orang membuat jemput-jemput dengan pisang masak bahkan sudah agak lembut, tekturnya juga lebih lembut.

Tidak tahu pasti nama jemput-jemput itu darimana. Tapi kalau dihubungkan dengan cara membuatnya dan dalam bahasa pontianak jemput berarti memang di jemput di ambil atau di lumat. Sehingga membentuk jemputan, bingung juga kalau harus menjelaskan bahasa Indonesia ya intinya sama sebagai makanan cemilan atau makan alternatif pengganjal perut.

Untuk menikmati jemput-jemput bisa juga di suguhkan dengan segelas kopi untuk sarapan pagi atau bisa untuk menikmati saat santai. jangan lupa kalau jalan-jalan ke kotak pontianak untuk merasakan makanan cemilan bernama jemput-jemput. Baca Juga: Nikmatnya Sotong Pangkong, Makanan Khas Kota Pontianak

Bahan dan Cara Membuat Jemput – Jemput Pisang

Bahan-bahan

  • 3 buah pisang yg sudah matang
  • 3 sdm gula pasir
  • 3 sdm tepung terigu
  • 2 sdm tepung beras
  • 1/2 sdt soda kue
  • secukupnya meses ceres

Cara membuat Jemput-jemput

  • Hancurkan pisang pakai garpu secara merata.
  • Masukan gula, aduk lagi secara merata
  • Masukan t.trigu,t.beras dan soda kue
  • Campurkan meses ceres. aduk kembali
  • Goreng bulat2 dalam minyak panas.

Ingat apinya kecil aja takut gosong dan ga mateng dlmnya. setelah matang smua, sajikan hangat2 bersama secangkir teh.

Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

0 thoughts on “Jemput-Jemput Jajanan Tradisional Khas Pontianak Kalbar

  1. olahan pisanga yang sangat unik, seperti yang di ulas di atas keunggulan dari jemput – jempu rasanya yang lebih manis karena pisang yag di gunakan harus benar – benar maasak inilah yang menurut saya keunggulan jemput – jemput dari olahan pisang lainya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *