Kalau Ke Jakarta Jangan Lupa Untuk Mencoba Jajanan Khas Betawi Ini

Kalau Ke Jakarta Jangan Lupa Untuk Mencoba Jajanan Khas Betawi Ini

Diposting pada

Selain kaya akan kebudayaan tradisional, Betawi juga menyimpan banyak jajanan khas Betawi yang beraneka ragam. Jajanan khas Betawi banyak terpengaruh oleh kuliner dari Tionghoa, Arab, dan juga Belanda. Hal tersebut mungkin dikarenakan oleh banyaknya pendatang dari negara-negara tersebut saat era penjajahan dulu.

Namun Sayangnya saat ini jajanan khas Betawi yang dulu bisa kita temui di berbagai sudut ibu kota Jakarta dengan mudahnya, kini semakin tergerus dengan jajanan modern yang banyak di jual di pasaran.

Jajanan Khas Betawi Ini Jangan Sampai Lupa kalau ke Jakarta

Dengan rasanya yang nikmat dan beraneka ragam jenisnya jajanan khas Betawi ini juga cocok melengkapi perjalanan anda saat berada di Jakarta, sebagai pelengkap wisata kuliner anda. Dari pada penasaran, berikut ini ada 5 jajanan khas Betawi yang bisa anda Coba:

1. Kue Pancong

Kalau Ke Jakarta Jangan Lupa Untuk Mencoba Jajanan Khas Betawi Ini

Kue pancong adalah kue yang terbuat dari bahan dasar tepung beras yang dicampur dengan kelapa parut sehingga kue pancong ini memiliki rasa yang sangat enak dan gurih. Jenis kue yang satu ini berasal dari betawi yang juga sangat banyak digemari.

Tidak hanya orang betawi yang suka dengan kue pancong tetapi orang dari berbagai daerahpun banyak yang menggemari kue ini karena kue pancong banyak peminatnya. Selain memiliki rasa yang sangat enak dan gurih, kue ini juga memiliki harga yang tergolong sangat murah.

2. Kue Cente Manis

Kalau Ke Jakarta Jangan Lupa Untuk Mencoba Jajanan Khas Betawi Ini

Kue cente manis merupakan dengan bahan dasar tepung kunkwe dan mutiara, rasanya yang kenyal dan manis membuat kue cente manis ini dikenal oleh masyarakat sejak zaman dahulu sampai sekarang.

Khusus bagi masyarakat Jakarta pasti tidak asing lagi jikan mendengar kue ini. Kenyal dari tepung kemudian dipadukan dengan campuran mutiara yang ada didalamnya membuat kue ente manis ini sangat pas di lidah jika anda merasakannya sangat cocok sebagai takjil buka puasa.

3. Kue Rangi

Kalau Ke Jakarta Jangan Lupa Untuk Mencoba Jajanan Khas Betawi Ini

Makanan ini biasanya dijual di pinggir jalan atau kaki lima. Pembelinya pun banyak berasal dari berbagai kalangan dan umur. Tetapi seiring dengan berkembangnya zaman, kue rangi menjadi sulit untuk ditemukan.

Penjual kue rangi yang dulu bisa dengan mudah ditemukan mulai menghilang. Padahal rasanya enak dan juga unik dan sayang sekali untuk dilewatkan. Karena semakin sulitnya untuk menemukan kue ini, maka sebagian orang menjadi penasaran untuk mencicipinya.

4. Kerak Telor

Kalau Ke Jakarta Jangan Lupa Untuk Mencoba Jajanan Khas Betawi Ini

Kerak telor adalah makanan khas Jakarta (Betawi) yang terbuat dari bahan dasar beras ketan putih, telur ayam, ebi dan bawang merah goreng yang nantinya diberi bumbu halus meliputi cabai merah, kencur, jahe, garam, gula pasir, merica butiran, dan suiran kelapa sangrai.

Kerak telor kerap hadir pada acara bertemakan Betawi, kehadirannya seakan melengkapi jajanan makanan khas Betawi. Ada yang unik dari cara pembuatan kerak telor, biasanya dilakukan oleh penjual keliling dengan dua tempat yang dipikul, yakni membalikkan wajan cekung saat kerak telor dalam keadaan setengah matang.

5. Kue Talam

Kalau Ke Jakarta Jangan Lupa Untuk Mencoba Jajanan Khas Betawi Ini

Kue talam merupakan salah satu aneka kue basah ini sudah menjadi favorite oleh sebagian orang. Mungkin hal tersebut mungkin karena kelembutan tekstur yang dimiliki oleh kue tersebut. Jadi tidak heran jika banyak yang mengidolakan kue ini.

Kue yang satu ini sangatlah populer, terlebih lagi pada bulan puasa sebagai takjil buka puasa. Jajanan bercitarasa legit ini terbuat dari tepung beras ketan yang dimasak dengan santan dan gula kemudian di masak dengan cara dikukus.

Semoga Kalau Ke Jakarta Jangan Lupa Untuk Mencoba Jajanan Khas Betawi Ini bisa melengkapi wisata kuliner anda saat di Jakarta. Dengan mencoba dan menyukai kuliner khas betawi berarti ikut melestarikan kekayaan kuliner Indonesia. Baca Juga: 5 Wisata Kuliner Jakarta Pusat yang Wajib Anda Kunjungi
Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *