Kawah Wurung di Bondowoso, Menikmati Keindahan Padang Savana dari Ketinggian

Kawah Wurung di Bondowoso, Menikmati Keindahan Padang Savana dari Ketinggian

Diposting pada

,Kawah Wurung di Bondowoso – Nama Kabupaten Bondowoso mungkin masih belum setenar dan sepopuler jika dibandingkan dengan kabupaten Banyuwangi yang merupakan kabupaten tetangganya. Walaupun begitu, Kabupaten Bondowoso ini ternyata mempunyai banyak tempat wisata menarik yang tak kalah indah dari tempat wisata Banyuwangi.

Salah satunya tempat wisata di kabupaten Bondowoso yang terkenal adalah Kawah Wurung. Kawah ini merupakan destinasi wisata alam berupa sebuah kawasan perbukitan yang memiliki pemandangan sangat indah dan menawan. Wisata alam Bondowoso ini belakangan semakin terkenal dan populer di Kalangan para traveller.

Wisata Alam Kawah Wurung di Bondowoso

Kawah Wurung di Bondowoso, Menikmati Keindahan Padang Savana dari Ketinggian

Mungkin saat pertama kali mendengar nama objek wisata kawah wurung di Bondowoso. Anda akan berfikiran bahwa tempat wisata ini akan memberikan keindahan dengan aroma gas belerang. Karena memang kawah identik dengan objek wisata yang mengeluarkan asap belerang. Seperti wisata kawah di Indonesia pada umumnya. 

Namun berbeda sekali dengan kawah Wurung Bondowoso, aroma gas belerang tidak akan pernah anda temukan di tempat ini. Akan tetapi anda akan melihat sebuah pemandangan berupa hamparan Padang rumput hijau yang luas seperti dengan cerukan seperti sebuah kawah. Namun jika anda mengunjungi tempat wisata pegunungan berupa kawah pada umumnya terdapat endapatan dan bau belerang yang menyengat.

Beda halnya jika anda mengunjungi kawah wurung di Bondowoso. Di objek wisata ini anda tidak akan menemukan hal tersebut, melainkan akan melihat suguhan pemandangan perbukitan dengan dihiasi rumputan hijau seluas mata memandang. 

Kawah Wurung di Bondowoso Spot Selfi Menarik

Kawah Wurung di Bondowoso, Menikmati Keindahan Padang Savana dari Ketinggian

Bagi yang hobi selfi tempat ini sangat cocok sekali untuk dibadikan dengan jepretan kamera. Oleh karena itu jika berkunjung ke Kawah Wurung di Bondowoso jangan lupa untuk membawa kamera. Agar nantinya anda tidak kehilangan moment menarik yang akan anda abadikan. 

Berwisata di Kawah wurung jangan lupa juga untuk mengunjungi bukit cincin yang arealnya masih di kawasan tersebut. Yaitu sebuah kubangan besar kering yang hijau karena rumput. Bentuknya seperti kaldera besar yang sangat menawan dan indah.

Pemandangan landscape yang disajikan oleh tempat wisata Kawah Wurung di Bondowoso ini akan benar-benar buat anda kagum. Jadi sayang jika anda melepaskan moment ini dengan tidak mengabadikannya. Karena Kawah Wurung ini  tempat yang sangat fotogenik di jepretan lensa kamera. Hasil jepretanya pasti akan membuat terpesona dan akan memutuskan untuk segera berlibur ketempat ini. 

Saat ingin mengunjunngi tempat ini dalam perjalanan anda akan merasakan Hawa sejuk dan dingin karena posisinya yang berada di ketinggian 1500 mdpl, belum lagi ditambah nuansa alam pepohonan yang masih banyak anda temukan. Sejarah Awalnya tempat wisata kawah Wurung masih belum dikelola sebagai sebuah tempat wisata dan tidak ada diberlakukan tiket masuk.

Namun terkenal dan populer kawah wurung dan banyak traveler yang datang ke tempat wisata ini, mulailah diberlakukan sistem tiket. Para pengunjung yang ingin menikmati keindahan pemandangan di Kawah Wurung diharuskan  untuk membayar sejumlah uang tertentu. Namun tak perlu khawatir karna harga tiket masuknya tidak terlalu mahal dan masih sangat terjangkau sekali. 

Baca Juga: 8 Keindahan Wisata Alam Bondowoso Yang Tersembunyi dan Spektakuler

Akses dan Lokasi Objek Wisata Kawah Wurung

Kawah Wurung di Bondowoso, Menikmati Keindahan Padang Savana dari Ketinggian

Dilihat secara administratif Kawah Wurung di Bondowoso lokasinya berada di Desa Jampit, Kecamatan Sempol. Namun akses untuk menuju kawah wurung masih belum di kelola dengan baik, jalanan juga masih belum tidak terlalu bagus dilalui karena masih jalan tanah dan bebatuan. Anda bisa menuju tempat ini dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Mnegunjungi kawah wurung lebih baik jika anda menggunakan kendaraan roda dua agar lebih nyaman untuk jalan trek seperti ini. Meskipun kondisi jalur menuju kawah wurung tidak begitu menanjak. Namun kondisi jalan bergelombang dan agak sempit. Sehingga bisa dikatakan cukup menyulitkan perjalanan, dengan menggunakan kendaraan roda dua ini akan lebih memudahkan.

Akan tetapi yang terpenting Anda harus tetap berhati-hati dalam berkendara, apa lagi jika belum pernah melintasi mendan ini. Dengan selalu waspada anda akan terhindar dari hal-hal yang tidak di inginkan.

Rute Ke Objek Wisata Kawah Wurung di Bondowoso

Kawah Wurung di Bondowoso, Menikmati Keindahan Padang Savana dari Ketinggian

Jika Anda ingin mengunjungi objek wisata Kawah Wurung di Bondowoso dengan mengambil rute dari Banyuwangi. Anda bisa mengikuti rute yang menuju kawah ijen, setelah air terjun kali pahit sekitar 2 km. Disini anda akan melihat penunjuk arah dengan plang kecil bertuliskan menuju kawah wurung. Silahkan anda belok kiri dan kemudian tinggal ikuti arah tersebut.

Tidak usah kuatir tersesat karena sudah banyak penunjuk arah dan akhirnya sampai. Jalur banyuwangi sudah dikelola masyarakat sekitar dengan tiket masuk 5 ribu / orang. Jika anda mengambil rute dari Bondowoso, silahkan ikuti jalan menuju Kawah Ijen. 

Tiba di kawasan sempol anda harus mengambil jalur menuju jampit. Berbeda dari arah Banyuwangi jika Dari sempol penunjuk arah sangat minim dikarenakan belum ada pengelolaan yang resmi. Jika nada ragu bisa berhenti dulu dan bertanya Penduduk ke penduduk Sekitar. Baca Juga: Desa Teletubis Tempat Wisata Unik di Prambanan Yogyakarta

Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *