Kesejukan 8 Air Terjun Pasuruan Paling Indah dan Wajib Dikunjungi

31 views

Air Terjun Pasuruan Paling Indah – Jika membicarakan tentang wilayah di Jawa Timur memang tidak lepas dari pesona objek wisata lengkap dan berbeda-beda. Mulai dari wisata alam, hiburan, bermain anak, sejarah, pulau, air terjun, pegunungan, sejarah dan berbagai keindahan destinasi wisata lainnya.

Seperti Kabupaten Pasuruan yang secara khusus akan kami ulas pada kesempatan kali ini. Kabupaten Pasuruan menjadi salah satu Kabupaten yang mempunyai banyak destinasi wisata. Terbagi menjadi dua bagian yakni Kota Pasuruan dan juga Kabupaten Pasuruan.

Air Terjun Pasuruan Paling Indah dan Wajib Dikunjungi

Daripada kamu semakin penasaran, langsung saja kamu simak beberapa rekomendasi lokasi wisata Air Terjun Pasuruan Paling Indah berikut ini.

1. Air Terjun Kakek Bodo

Kesejukan 8 Air Terjun Pasuruan Paling Indah dan Wajib Dikunjungi

Air Terjun Kakek Bodo berada di wisata Tretes pada lereng Gunung Welirang, pegunungan Prigen, Jawa Timur. Hutan Lindung RPH Prigen dengan ketinggian 850 meter dari permukaan laut dengan tinggi air terjun 40 meter.

Air Terjun Kakek Bodo menjadi salah satu destinasi wisata yang masih terjaga dengan baik keasriannya dengan berbagai pesona alam menarik yang siap untuk kamu jelajahi.

Ada banyak fasilitas yang disediakan disini sebagai pelengkap liburan kamu. Seperti shelter, mushola, tempat bermain untuk anak dan juga barisan warung kecil untuk mengisi perut kamu. Selain itu, kamu juga bisa puas berenang di kolam renang. Yang sudah disediakan dengan biaya karcis hanya 5 ribu Rupiah saja per orang. 

Sedangkan untuk kamu yang ingin berlibur dalam waktu lumayan panjang, maka kamu juga bisa menyewa villa atau hotel yang berada tidak jauh dari lokasi air terjun ini.

2. Air Terjun Gunung Baung

Kesejukan 8 Air Terjun Pasuruan Paling Indah dan Wajib Dikunjungi

Air Terjun Gunung Baung berada di Taman Wisata Air atau disingkat TWA yakni di lereng Gunung Baung.  Air Terjun Gunung Baung yang juga disebut dengan Coban Baung ini memiliki ketinggian 100 meter. Berada di area seluas 195.50 Ha berdekatan dengan Kebun Raya Purwodadi serta Desa Wisata Kertosari Purwosari.

Aliran air terjun yang ada disini merupakan hasil dari pertemuan dua buah aliran sungai yakni Sungai Beji dan Sungai Welang. Bagi kamu pencinta liburan bertema outdoor, tentunya Air Terjun Gunung Baung ini akan menjadi pengalaman menyenangkan dan tidak terlupakan.

Dimana kamu akan dimanjakan dengan lebatnya hutan hijau serta suara gemuruh dari air terjun yang akan merelaksasi pikiran dan tubuh kamu. Ditambah lagi dengan fasilitas camping groun untuk berkemah yang semakin melengkapi pelarian kamu dari ibukota. 

Baca Juga: 9 Tempat Wisata Nganjuk Khusus Untuk Kamu Pencinta Air Terjun

 3. Air Terjun Sumber Nyonya

Kesejukan 8 Air Terjun Pasuruan Paling Indah dan Wajib Dikunjungi

Air Terjun Sumber Nyonya berada di sebuah dusun bernama Dusun Gunung Sari, Desa Tutur yang lokasinya berdekatan dengan wisata Bukit Flora. Tidak hanya menawarkan pemandangan alam yang spektakuler. Namun air di Air Terjun Sumber Nyonya ini sangat jernih yang termasuk aman. 

Sebab tidak langsung jatuh ke tanah melainkan mengalir ke bebatuan terlebih dulu di tingkatan terendah sehingga kamu tidak akan merasakan hempasan air kencang di tempat ini.

4. Air Terjun Rambut Moyo

Kesejukan 8 Air Terjun Pasuruan Paling Indah dan Wajib Dikunjungi

Air Terjun Rambut Moyo terletak di kawasan Pegunungan Bromo Tengger pada ketinggian 1500 meter dari permukaan laut yang memiliki dua tingkatan dengan bagian atas terlihat lebih pendek dibandingkan dengan bagian bawahnya.

Sedangkan ketinggian air terjunnya adalah sekitar 40 meter lengkap dengan sebuah telaga kecil dengan air dangkal pada bagian bawahnya. Air terjun ini terletak di Dusun Krajan, Desa Palangsari, Kecamatan Puspo, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

5. Air Terjun Gumandar

Kesejukan 8 Air Terjun Pasuruan Paling Indah dan Wajib Dikunjungi

Air Terjun Gumandar terbilang menjadi air terjun yang cukup unik karena tidak memiliki aliran sungai sebagai aliran air yang akan diterjunkan dari atas tebing. Akan tetapi langsung masuk ke dalam tanah yang kemudian akan diserap dan dikeluarkan kembali dari sumber air disekitar pemukiman air terjun ini.

Tidak jauh dari Air Terjun Gumandar ini, terdapat sebuah air terjun lain bernama Air Terjun Deleg sehingga kamu bisa menikmati dua air terjun sekaligus dalam lokasi yang saling berdekatan. Air Terjun Gumandar lebih tepatnya berada di Desa Dayurejo, Kecamatan Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Untuk menuju ke lokasi air terjun, persiapkan fisik kamu sebaik mungkin karena kamu harus beberapa kali berganti kendaraan demi menikmati pesona air terjun yang memuaskan mata ini.

6. Air Terjun Putuk Truno

Kesejukan 8 Air Terjun Pasuruan Paling Indah dan Wajib Dikunjungi

Air Terjun Putuk Truno merupakan Air Terjun Pasuruan dengan ketinggian 45 meter. Letaknya ada di kaki Gunung Welirang serta Arjuno. Air terjun yang ada di wilayah Wisata Tretes ini juga berdekatan dengan Air Terjun Kakek Bodo yang hanya berjarak 400 meter saja.

Konon menurut cerita yang berkembang, nama air terjun ini diambil dari seorang pertapa bernama Joko Truno yang kemudian menjelma menjadi ular atau putuk.

Untuk menuju ke lokasi air terjun, kamu harus melakukan perjalanan cukup panjang dengan berjalan kaki menuruni jalan setapak. Setidaknya 300 meter yang sudah dibuat beton dan berundak sehingga akan lebih mempermudah kamu untuk menuju lokasi Air Terjun Putuk Truno ini.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Air Terjun Bangka Belitung Yang Masih Alami

7. Air Terjun Alap-Alap

Kesejukan 8 Air Terjun Pasuruan Paling Indah dan Wajib Dikunjungi

Air Terjun Alap-Alap ini ada di area Pegunungan Arjuno serta Welirang. Dengan ketinggian air terjun 40 meter serta memiliki tiga tingkatan. Debit air yang dihasilkan air terjun ini tidak terlalu besar dan mengalir terlebih dahulu ke sela bebatuan baru mengalir ke bawah.

Nama air terjun ini diambil dari salah satu jenis burung pemangsa yang juga dikenal dengan nama Elang Jawa. Air Terjun Alap-Alap berada di Desa Pecalukan, Kecamatan Prigen, kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Dengan akses lebih mudah jika dibandingkan dengan lokasi air terjun lainnya.

Kamu bisa menuju lokasi air terjun dengan diawali dari Bumi Perkemahan Wanawisata Kakek Bodo. Berlanjut dengan perjalanan menanjak menuju arah Selatan sekitar 3 kilometer. Menembus rindangnya hutan serta berbagai tebing yang terstruktur indah namun alami.

8. Air Terjun Coban Cemoro Gading

Kesejukan 8 Air Terjun Pasuruan Paling Indah dan Wajib Dikunjungi

Air Terjun Pasuruan Coban Cemoro Gading berada di Desa Ngadirejo, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Selalu ramai dikunjungi para wisatawan saat hari biasa. Apalagi di hari libur karena keindahan dan sensasi berbeda yang ditawarkan objek wisata air terjun yang satu ini.

Air Terjun Coban Cemoro Gading ini memiliki air yang sangat jernih dan termasuk aman untuk digunakan sebagai sarana liburan keluarga. Karena air terjun tidak jatuh langsung melainkan mengalir terlebih dulu ke bebatuan dan tidak terdapat kubangan dalam di bawahnya.

Air Terjun Coban Cemoro Gading ini menjadi air terjun tertinggi di Nongkojajar yang jauh dari keramaian. Memiliki udara sejuk serta fasilitas yang sudah lumayan lengkap. Seperti toilet, mushola, warung makan, parkir kendaraan dan berbagai fasilitas lainnya.

Air Terjun Wisata Madura Wisata Pasuruan

Penulis: 
author

Posting Terkait