Makanan dan Minuman Khas Riau Yang Terkenal

Makanan dan Minuman Khas Riau Yang Terkenal

Diposting pada

Makanan dan Minuman Khas Riau – Setiap daerah yang ada di Indonesia memiliki makanan khas tidak terkecuali juga Provinsi Riau. Banyak sekali ditemukan makanan khas Riau terutama makanan khas melayu, karena memang mayoritas penduduk Riau kebanyakan adalah suku melayu. Berbicara mengenai wisata kuliner ini tidak bisa dipisahkan dengan namanya wisata dan Kuliner menjadi pelengkap saat anda melakukan traveling.

Provinsi Riau selain menawarkan destinasi wisata baca  10 Objek Wisata di Kabupaten Rokan Hulu Riau Paling Populer. juga menawarkan berbagai kuliner masakan khas Melayu Riau.  Bisa anda coba saat mengunjungi tempat-tempat menarik di Riau. Mulai dari makanan ringan sampai dengan makanan berat belum lagi di tambah dengan minuman khas riau yang meyegarkan. Makanan atau masakan khas Riau pada umumnya memang berasal dari daerah tersebut. Namun ada juga dari adopsi daerah lain yang di khaskan oleh daerah tersebut.

Dengan begitu makin memperkaya cita rasa kuliner suatu daerah terutama di provinsi Riau. Ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berburu kuliner di provinsi dengan ibukota pekanbaru ini. Biasanya yang banyak dicari wisatawan untuk kuliner yang mempunyai ciri khas dan keunikan tersendiri. Makanan yang jarang ditemui di tempat lain.

Daftar Makanan dan Minuman Khas Riau Yang Terkenal

Seperti halnya daerah lain di Indonesia memiliki makanan Khas daerah, seperti makanan khas Jawa, makanan khas kalimantan, makanan khas padang. Di Riau juga mempunyai makanan khas seperti masakan tradisional riau yang memang didominasi masakan khas melayu Riau. Semua itu akan semakin memperkaya daftar masakan indonesia.

Adapun Makanan dan Minuman Khas Riau yang terkenal bisa anda coba atau bisa anda jadikan oleh oleh khas riau saat anda pulang dari berwisata dari provinsi Riau adalah sebagai berikut:

1. Sate Senapelan Pekanbaru Riau

Makanan dan Minuman Khas Riau Yang Terkenal

Kita tahu Sate juga merupakan makanan khas Indonesia yang sudah sangat terkenal. Namun Sate yang satu ini juga cukup unik karena biasanya sate itu dari potongan kecil baru kemudian ditusuk dan dipanggang. Sedangkan untuk kategori Makanan dan Minuman Khas Riau sate ikan senapelan ini berbeda.

Ikan senapelan terlebih dahulu diolah menjadi gulai ikan dahulu sebelum di tusuk sate lalu dipanggang. Karena ada pengolahan tersendiri tentu rasanya berbeda dari sate pada umumnya dan yang lebih penting mempunyai rasa tambah nikmat tentunya.

2. Soto Khas Pekanbaru Riau

Makanan dan Minuman Khas Riau Yang Terkenal

Soto merupakan makanan khas Indonesia yang sangat terkenal. Banyak daerah punya resep soto masing masing yang membuat tiap daerah punya soto khas masing masing. Termasuk daerah Pekanbaru Riau yang punya dengan soto Pekanbaru. Tentu rasanya unik dan punya ciri khas jika dibandingkan dengan soto dari daerah lain.

Perbedaan yang peling kentara adalah soto ini tidak menggunakan bihun melainkan menggunakan bahan lain yaitu mi sagu. Bahan utama soto pada umumnya adalah daging ayam tapi soto ini menggunakan daging ikan salai yang rasanya sangat nikmat dan aroma yang menggoda.Bagi wisata kuliner Sangat direkomendasikan makanan yang satu ini saat anda sedang berwisata di pekan baru riau.

3. Mie Sagu Makanan Khas Riau 

Makanan dan Minuman Khas Riau Yang Terkenal

Patut annda  coba lagi makanan khas riau yang satu ini yaiutu mie sagu, Mie sagu adalah kuliner selingan atau bisa juga sebagai makan pengganti. Makanan khas masyarakat di Riau khususnya masyarakat Selat panjang, di Pulau Tebing Tinggi dan sekitarnya, Kab.

Kepulauan Meranti (pecahan Kab. Bengkalis), Provinsi Riau, Indonesia sudah sangat familier dengan makanan bernama mie sagu. Jika penasaran dengan rasanya silahkan mencoba jika sedang berwisata di riau tepatnya di kabupaten kepulauan meranti.

4. Ikan Salai Khas Riau

Makanan dan Minuman Khas Riau Yang Terkenal

Ikan Salai adalah ikan basah yang masih segar lalu dikeringkan melalui proses pengasapan. Ikan Salai merupakan salah satu menu makanan yang cukup terkenal terutama bagi masyarakat Riau  yang tinggal di sepanjang sungai-sungai besar yang ada di Riau, Salah satunya di Kabupaten Pelalawan.

Ikan salai dengan aroma khasnya tentu akan menggoda setiap penikmat kuliner. Selain untuk kuliner yang khas ikan salai juga merupakan cara pengawetan ikan secara tradisional untuk bisa tahan lama di simpan. dengan begitu bisa di masak setiap saat.

5. Roti Jala Khas Riau

 Makanan dan Minuman Khas Riau Yang Terkenal

Roti pada umumnya berbentuk kurang lebih sama. Namun roti jala punya bentuk yang unik, seperti namanya roti jala mempunyai berlobang seperti jala. Bentuk uniknya ini juga tentunya diperoleh dari hasil pembuatannya yang unik juga. Roti ini memiliki rasa yang gurih karena roti ini digoreng bukan seperti roti pada umumnya.

Makanan ini biasanya dihidangkan bersamaan dengan kari ayam sebagai pelengkapnya. Karena bentuk dan rasanya yang spesial makanan ini biasanya identik dengan makanan berkelas yang rasanya enak sekali anda  haru coba makanan khas riau ini.

6. Bolu Kemojo Riau

 Makanan dan Minuman Khas Riau Yang Terkenal

Tentu semua sudah tidak asing dengan yang namanya kue bolu, tapi di riau ada bolu yang unik namanya bolu kemojo. Ini merupakan sejenis kue bolu yang merupakan hidangan khas Pekanbaru dan dihidupkan oleh Bu Dinawati. Kue bolu yang awalnya hanya dibuat untuk makanan keluarga saja kini merupakan buah tangan yang sangat terkenal dari kota Pekanbaru.

7. Kue Bangkit

Makanan dan Minuman Khas Riau Yang Terkenal

Diberi nama kue bangkit karena ukuran dari kue ini setelah matang dan dikeluarkan dari oven akan berukuran dua kali lipat dari ukuran adonan semula.Warna kue bangkit ini putih kekuningan dan kadang dipercantik dengan diberi noktah berwarna merah di atasnya.

Tekstur kue bangkit yang sangat halus dan gampang remuk. Kue bangkit akan lumer di dalam mulut dan mempunyai rasa yang renyah ketika dikunyah. Rasanya yang manis ini menjadi daya tarik bagi anak-anak.

8. Es Laksamana Mengamuk

Makanan dan Minuman Khas Riau Yang Terkenal

Es ini merupakan minuman segar yang menghadirkan bahan utama buah kueni. Namanya yang unik kabarnya disebabkan oleh kisah seorang laksamana yang mengamuk karena istrinya dilarikan oleh seorang pemilik kebun kueni. Karena amarahnya, ia menebaskan pedangnya ke segala arah hingga tertebaslah buah-buah kueni di kebun tersebut yang akhirnya hancur.

Setelah sang laksamana pulang, para penduduk yang tinggal di dekat kebun tersebut memunguti buah-buah yang sudah tercincang tersebut dan menjadikannya minuman. Es laksamana mengamuk terasa sangat segar dengan kombinasi air santan dengan pemanis gula merah.

9. Es Air Mata Pengantin

Makanan dan Minuman Khas Riau Yang Terkenal

Ini merupakan satu lagi nama es yang menarik yang merupakan kuliner khas Melayu riau. Es ini mengandung agar-agar dengan berbagai warna, biji selasih, blewah serta nata de coco. Minuman ini disajikan dengan es batu serut dan menjadi pelepas dahaga yang sangat ampuh pada siang hari yang terik.

Dari namanya yang unik dan rasanya yang segar dan nikmat es air mata pengantin menjadi salah satu minuman favorit di riau yang merupakan minuman khas riau.

10. Es Lancang Kuning

Makanan dan Minuman Khas Riau Yang Terkenal

Es lancang kuning di buat dengan bahan dasar menggunakan buah mangga. Caranya, potong buah mangga menjadi kotak-kotak kecil. Sisa dari buah mangga tadi dibuatkan jus. Kamu juga bisa menggunakan buah mangga yang lain sebagai jus nya. Saat diblender jangan lupa tambahkan gula dan susu. Setelah jus mangga jadi, masukkan potongan mangga yang telah dipotong.

Masukkan juga nata de coco agar rasanya lebih mantap. Sebenarnya Masih banyak sekali kuliner khas riau yang bisa anda coba saat berwisata dengan ibukota provinsi Pekanbaru tersebut. Namun pada artikel ini cukup membahas beberapa saja  makanan dan minuman khas riau yang terkenal yang bisa anda jadikan referensi saat mencari kuliner di Riau.

Dari semua Makanan dan Minuman Khas Riau diatas tentu akan membuat anda jadi penasaran ingin mencobanya. Namun jika anda tidak sempat atau belum bisa berwisata di Provinsi Riau anda juga bisa membuatnya sendiri meskipun nantinya rasa agak beda tapi tidak ada salahnya mencobanya. Baca Juga: 5 Oleh-oleh Khas Riau, Kue dan Jajanan ini Bisa Jadi Pilihan

Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *