Masjid Islamic Center Samarinda, Tempat Wisata Religi Favorit di Kalimantan Timur

Masjid Islamic Center Samarinda, Tempat Wisata Religi Favorit di Kalimantan Timur

Diposting pada

Masjid Islamic Center Samarinda merupakan masjid terbesar kedua di Asia Tenggara Setelah masjid Istiqlal di Jakarta. terletak di Kelurahan Teluk Lerong Ulu, Samarinda. Masjid ini dibangun pada tahun 2001 dan baru diresmikan pada tahun 2008. Masjid Islamic Center menjadi salah satu tempat wisata religi yang paling banyak dikunjungi di Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

Dengan latar depan Masjid berupa tepian sungai Mahakam membuat masjid ini tampak indah dan megah. Dengan kemegahan yang dimiliki masjid Islamic Center Samarinda ini membuat banyak para wisatawan yang sedang wisata di Samarinda penasaran ingin melihat secara langsung tentang keberadaannya. Anda akan merasa takjud setelah melihat secara langsung, selain besar masjid ini juga terlihat sangat megah.

Masjid Islamic Center Samarinda

Masjid Islamic Center Samarinda, Tempat Wisata Religi Favorit di Kalimantan Timur

Bukan hanya menikmati keindahan dan kemegahan didalam masjid saja, saat anda berada disini juga disuguhkan keindahan alam yang menarik. Karena masjid Islamic Center di Samarinda ini berada di Tepian Sungai Mahakam. Tak hanya menjadi rumah ibadah, Masjid Islamic Center Samarinda juga menjadi tempat wisata. Banyak pengunjung dari luar kota yang datang dengan sengaja untuk melihat kemegahan masjid ini.

Masjid Islamic Center Samarinda terlihat sangat cantik dari kejauhan dengan latar Sungai Mahakam dengan hiasan-hiasan yang ada disekitarnya. Apa lagi jika menjelang malam keindahan dan kemegahan dari masjid ini akan semakin tampak menakjubkan lagi, anda akan menyaksikan gemerlap lampu yang menghiasi masjid yang membuat dayatarik tersendiri akan keindahan dari masjid ini.

Tentang Masjid Islamic Center Samarinda

Jika dilihat dari Arsitektur bangunan masjid Masjid Islamic Center Samarinda, Kubah besar di atap utama nya di inspirasi dari kubah masjid hagha shofia di Istambul,Turki. Masjid ini memiliki satu menara utama setinggi 99 meter yang disesuaikan dengan asmaul husna, dan enam menara dengan ukuran lebih pendek yang melambangkan rukun iman. 

Pembangunan Masjid Islamic Centre Samarinda yang memiliki luas bangunan utama 43.500 meter persegi ini, diharapkan dapat membangkitkan semangat kebersamaan dalam upaya menghadapi era global, selain merupakan tuntutan masyarakat untuk Samarinda memiliki sebuah sarana tempat ibadah yang memadai. 

Masjid Islamic Center Samarinda, Tempat Wisata Religi Favorit di Kalimantan Timur

Lokasi tempat berdirinya ini sebelumnya merupakan areal penggergajian kayu milik PT. Inhutani I yang kemudian dihibahkan kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Proyek Islamic Center Samarinda didanai dengan dana APBD Pemerintah propinsi Kalimantan Timur. Proses perencanannya melibatkan konsultan perencana arsitektur PT. Anggara Architeam, perencana struktur PT. Perkasa carista estetika, Perencana M&E oleh PT. Meco Systech Internusa dan perencana estetika Biro Arsitektur Achmad Noe’man. 

Konsultan pengawas yang mengawasi jalannya pembangunan ICS Kaltim dipercayakan kepada PT. Adiya Widyajasa sedangkan pelaksanaan pembangunannya dipercayakan kepada Kontraktor PT. Total Bangun Persada Tbk. Proses pembangunan Islamic Center Samarinda dimulai pada tanggal 5 Juli 2001. 

Pemancangan tiang pancang pertama proyek pembangunan islamic Center Samarinda dilakukan oleh Presiden Megawati Soekarno. Dan tujuh tahun kemudian komplek Islamic Center Samarinda diresmikan oleh Presiden RI, Dr. H. Susilo Bambang Yudoyono pada tanggal 16 Juni 2008.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Samarinda Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Arsitektural Masjid Islamic Center Samarinda

Rancangan menara MICS di-ilhami dari menara masjid Nabawi di Madinah Almukarromah. Kubah utamanya di-ilhami masjid Haghia Sophia di Istambul, Turki. Menempati area seluas +/- 8 hektar, menyediakan lahan terbuka bagi masyarakat kota Samarinda.

Lahan tersebut sudah termasuk area parkir dan taman yang luas. Dilengkap dengan pohon kurma yang ditanam di halaman depan kawasan masjid. Luas bangunan utama Islamic Center Samarinda seluas 43.500 m2, luas bangunan 7.115 m2, luas lantai basement 10.235 m2. Sementara lantai dasar masjid seluas 10.270 m2, dan lantai utama seluas 8.185 m2, sedangkan luas lantai mezanin 5.290 m2.

Alamat Masjid Islamic Center Samarinda

Untuk wisata yang ingin wisata religi di Samarinda khususnya di Masjid Islamic Center silahkan menuju Alamat: Jalan Slamet Riyadi No. 1, Teluk Lerong Ulu, Sungai Kunjang, Tlk. Lerong Ulu, Sungai Kunjang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur , Indonesia. Baca Juga: Taman Agrowisata Batuah, Tempat Wisata Murah di Kalimantan Timur

Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *